5 Azaz yang perlu diketahui Pendekar SH TERATE

Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate

Azaz adalah prinsip dasar yang menjadi acuan berpikir sesorang dalam mengambil keputusan-keputusan yang penting dalam kepentingan hidupnya.

Azaz SH Terate meliputi :
1. Persaudaraan
2. Olahraga
3. Kesenian
4. Beladiri
5. Kerokhanian

1. Persaudaran ialah iakatan batin yang sangat kuat antara sesama warga SH Terates sehingga seperiti saudara kandung. Hal ini mengandung pengertian bahwa di dalam SH Terate tidak perduli itu kaya atau miskin pangkata dan tidak pangkat, besar kecil kalau sudah menjadi warga SH Terate harus saling menganggap sebagai saudara kandung dengan tujuan guyub rukun.

Agar rasa persaudaraan guyub rukun kekal dan abadi harus didasari :
1. Saling pengertian
2. Saling menyayangi
3. Saling bertanggung jawab

2. Olahraga dalam SH Terate ialah gerakan badan yang teratur dan berencana yang bertujuan menguatkan otot dan menyehatkan tubuh. Jadi, anggota SH sudah berolah raga sehingga di peroleh tubuh yang sehat karena pepatah mengatkan "Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat".

3. Kesenian di dalam SH disini bermaksud seni tari yaitu: gerakan badan yang indah, teratur dan berirama yang dapat di iringi bunyi-bunyian tertentu atau gemelan dan sebagainya sehingga akan menimbulkan kenikmatan tertentu bagi yang melihatnya.

Disitu anggota SH diharapkan dengan materi yang sudah dipelajari misalnya Senam, jurus dan lain-lain kecuali sebagai sarana olahraga juga dapat memainkan sebagai seni tari yang indah hal ini sesuai dengan pengertian "pencak" yaitu gerakan gerakan serang bela berupa tari yang berirama dengan peraturan adat kesopanan tertentu yang biasanya untuk pertunjukan umum.

4. Beladiriyaitu usaha untuk melepaskan, menghindari atau mempertahankan diri dari keadaan yang mengancam dirinya.

Disini jelas karena dalam SH diajarkan pencak silat kecuali sebagai sarana olahraga dan kesenian juga sebagai sarana untuk membela diri.

Inilah yang perlu diingat oleh anggota SH yaitu pencak silat yang dimiliki bukan untuk mencari lawan akan tetapi hanya untuk membela diri bila menghadapi bahaya yang menyerang dirinya, seperti pepatah SH mengatakan "kami tidak mencari pedang bermerah darah, tapi bila ada kami tidak akan lari meninggalkannya" atau "Musuh jangan di cari kalau ketemu jangan lari".

5. Kerokhanian yaitu pendidikan budi pekerti/akhlak yang mengarah pada tujuan SH yaitu mendidik warga SH untuk menjadi baik dan berbudi luhur yang tahu dan bisa membedakan mana yang benar mana yang salah.

Pendidikan budi pekerti dalam SH penting sekali sehingga di dalam SH ada istilah "Lebih baik menjadi warga SH yang matang ke-SH-an nya tapi mentah pencak nya dari pada matang pencaknya tapi mentah ke-SH-annya".

Ibaran pagar ke-SH-an ini adalah sarana untuk memagari warga SH mengenai apa yang boleh dikerjakan. Jadi ke-SH-an ini sebagai alat pengontrol bagi warga SH dalam berbuat atau tingkah lakunya di masyarakat.

Dalam SH diajarkan pencak silat karena pencak silat ini merupakan senjata yang tersembunyi bagi seseorang yang bila penggunaannya tidak pada tempatnya bisa mencelakakan orang lain. 

Oleh karena itu supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan SH mengikat warganya dengan ke-SH-an tersebut, ibarat sepucuk pistol bila dimiliki oleh seorang penjahat makan pistol itu akan menjadi alat pembunuh yang membahayakan.

Sebaliknya bila pistol tersebut dimiliki oleh seorang polisi maka pistol tersebut akan jadi pembasmi kejahatan.

Kurang lebih demikianlah pencak silat yang dimiliki oleh para warga SH, bila menguasai pencak silat tersebut mental atau budi pekertinya tidak baik akan bepotensi mencelakakan orang lain. 


Belum ada Komentar untuk "5 Azaz yang perlu diketahui Pendekar SH TERATE"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel