Ajaran PSHT dalam Islam, Musyrik atau Sesat. .??

Srikandi psht bercadar


Persaudaraan Setia Hati Terate adalah suatu perguruan ataupun organisasi pencak silat yang memiliki basis perguruan dengan anggota terbanyak di Dunia.

Dalam perjalanannya Setia Hati Terate insan manusia setia hati Terate dituntut untuk mendekatkan diri kepada Tuhan sang Maha Pencipta.

Bukan hanya tentang pencak silat bertahan maupun menyerang. Di Persaudaraan Setia Hati Terate juga di ajarkan tentang Ke-SH-an Atau kerokhanian. Dimana mereka di bekali untuk tetap mencari sangune mati (Bekal untuk mati kelak). 

Bekal itulah yang ditanamkan kepada setiap anggota warganya kelak bisa menjadi manusia yang berbudi luhur tahu benar dan salah serta selalu berbakti kepada Tuhan nya.

Persaudaraan Setia Hati Terate Sesat Atau Musyrik?

Perlu diketahui masyarakat luas sebelum ke era sekarang ini dulu nama siswa Persaudaraan Setia Hati Terate juga di sebut santri. Santri adalah seorang murid yang belajar agama Islam. Namun seiring perkembangan zaman banyaknya siswa yang ikut latihan dari agama lain maka sebutan santri tersebut di ganti dengan sebutan siswa.

Sebenarnya ajaran Persaudaraan Setia Hati Terate tidaklah jauh dengan ajaran agama Islam. Berikut ini beberapa bahwa Persaudaraan Setia Hati Terate itu beragama. Bukan Ajaran musyrik ataupun ajaran sesat.

Ajaran Persaudaraan.

Ajaran Persaudaraan di SH Terate adalah ajaran paling dasar yang harus di tanamkan kepada seluruh anggota warga maupun Siswa PSHT. Lihat hadits berikut ini.

Al hujurat ayat 10

“Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapatkan rahmat.” (Al-Hujurat: 10)

Bahwasanya orang-orang yang dalam beriman maupun umat Allah SWT semuanya adalah bersaudara. Yang membuat mereka selalu ada timbul rasa bermusuhan adalah ada beberapa perbedaan dalam perjalanan hidupnya masing-masing. Namun tidak dalam organisasi pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate. Semua warga maupun siswa adalah PSHT. Bahkan di antara mereka bisa melebihi rasa saudara kandung.

Bukan tentang persaudaraan, beberapa kata falsafah Persaudaraan Setia Hati Terate juga satu sama lain saling berkaitan dengan ajaran agama Islam. 

Seperti "Ojo gawe susah ingin liyan, Apa alane gawe seneng ingin liyan"

Yang artinya " Jangan buat susah orang lain, apa jeleknya membuat senang orang lain". Itu adalah falsafah yang selalu di tanamkan oleh almarhum Kangmas Tarmadji Boediharsono. 

Beliau selalu tak henti-hentinya selalu mengingatkan bahwa tidak ada salahnya kita membuat orang lain senang atau bahagia. 

Berikut hadist dalam Islam yang menjelaskan.
Dari Ibnu ‘Umar, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

أَحَبُّ النَّاسِ إِلَى اللَّهِ تَعَالَى أَنْفَعُهُمْ لِلنَّاسِ , وَأَحَبُّ الأَعْمَالِ إِلَى اللَّهِ تَعَالَى سُرُورٌ تُدْخِلُهُ عَلَى مُسْلِمٍ , أَوْ تَكَشِفُ عَنْهُ كُرْبَةً , أَوْ تَقْضِي عَنْهُ دَيْنًا , أَوْ تَطْرُدُ عَنْهُ جُوعًا , وَلأَنْ أَمْشِيَ مَعَ أَخِ فِي حَاجَةٍ أَحَبُّ إِلَيَّ مِنْ أَنْ أَعْتَكِفَ فِي هَذَا الْمَسْجِدِ يَعْنِي مَسْجِدَ الْمَدِينَةِ شَهْرًا

“Manusia yang paling dicintai oleh Allah adalah yang paling memberikan manfaat bagi manusia. Adapun amalan yang paling dicintai oleh Allah adalah membuat muslim yang lain bahagia, mengangkat kesusahan dari orang lain, membayarkan utangnya atau menghilangkan rasa laparnya. Sungguh aku berjalan bersama saudaraku yang muslim untuk sebuah keperluan lebih aku cintai daripada beri’tikaf di masjid ini -masjid Nabawi- selama sebulan penuh.” (HR. Thabrani di dalam Al Mu’jam Al Kabir no. 13280, 12: 453. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan sebagaimana disebutkan dalam Shahih Al Jaami’ no. 176).

Allah SWT dalam (Qs. At-Tahrim Ayat 6 / 66:6) berfirman:

Qs At Tahrim ayat 6

Artinya : Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap  apa yang di perintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang di perintahkan. "(Qs. At-Tahrim ayat 6 / 66:6)"

Siapapun yang membuat orang lain bahagia atau senang dialah orang yang selalu di cintai oleh Allah SWT. Tentu ini ada persamaan tentang falsafah yang selalu di ajarkan oleh Persaudaraan Setia Hati Terate.

Kata falsafah Persaudaraan Setia Hati Terate berikutnya yang memiliki keterkaitan dengan hadits Rasulullah SAW adalah  “Sura diro Jayaningrat lebur dining Pangastuti”. Artinya "Segala kekuatan, keras hati, picik dan Angkara murka akan kalah dengan kesabaran. Dalam surat Asy Syura menjelaskan:

وَمِنْ آيَاتِهِ الْجَوَارِ فِي الْبَحْرِ كَالْأَعْلَامِ إِن يَشَأْ يُسْكِنِ الرِّيحَ فَيَظْلَلْنَ رَوَاكِدَ عَلَىٰ ظَهْرِهِ ۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَاتٍ لِّكُلِّ صَبَّارٍ شَكُورٍ

“Dan, di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah kapal-kapal (yang berlayar) di laut seperti gunung-gunung. Jikalau Dia menghendaki, Dia akan menenangkan angin, maka jadilah kapal-kapal itu terhenti di permukaan laut. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kekuasaan) -Nya bagi setiap orang yang bersabar dan banyak bersyukur”. [Asy-Syura : 32-33]

Sesungguhnya orang yang selalu memiliki rasa sabar dan bersyukur kepada Alah SWT adalah orang yang disayangi oleh Allah SWT. Ajaran di Persaudaraan Setia Hati Terate  juga di ajarkan untuk kita selalu bersabar selama menghadapi perjalanan hidup ini. Karena kesabaranlah yang akan menang pada akhirnya kelak.

Kata falsafah berikutnya adalah "Memayu Hayuning Bawono" artinya Ikut serta menjaga kelestarian dan kedamaian alam atau dunia ini. Para warga dan siswa PSHT di ajarkan tentang bagaimana Memayu Hayuning Bawono dalam hadits menjelaskan: 

قَا لَ رَسُوْل اللهِ صلي اللهُ عليهِ وسلّمَ : اِرْحَمُوْا مَنْ فِي الاَرْضِ يَرْحَمُكُمْ مَنْ في السماءِ (رواه البخار مسلم)

• Artinya:
“Sayangilah yang ada di bumi niscaya semua yang ada di langit akan menyayangi kalian” 

Apapun dan siapapun makhluk hidup yang ada di bumi dan alam perlu kita sayangi dan lestarikan. Itulah ajaran sesepuh kita Setia Hati Terate dalam memberikan pelajaran kepada kita. 

Mungkin itu saja yang cukup admin berikan. Sebenarnya masih banyak keterikatan antara Persaudaran Setia Hati Terate dan agama Islam namun admin akan membahas lain kali. Untuk keterikatan dengan Agama lain tentu ada tapi maaf admin kurang begitu memahami dengan ajaran atau surah Agama lain. Mungkin yang bisa menambahkan bisa kalian tambahkan di kolom komentar. Sekian.


Untuk warga PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATE  jgn lupa like dan bagikan agar kamu dan dulur-dulur senantiasa istiqomah dan bisa meningkatkan ketakwaannya kepada ALLAH SWT.

Agar masyarakat luas tau begitu indah nya ajaran PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATE.

Semoga bermanfaat.


Ya ALLAH...
? Muliakanlah Dulur-dulur yang membaca artikel ini
? Entengkanlah kakinya untuk melangkah ke masjid
? Lapangkanlah hatinya
? Bahagiakanlah keluarganya
? Luaskan rezekinya seluas lautan
? Mudahkan segala urusannya
? Kabulkan cita-citanya
? Jauhkan dari segala Musibah
? Jauhkan dari segala Penyakit, Fitnah, Prasangka Keji, Berkata Kasar dan Mungkar.
? Dan dekatkanlah jodohnya.
Aamiin ya Rabbal'alamin

Belum ada Komentar untuk "Ajaran PSHT dalam Islam, Musyrik atau Sesat. .??"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel