Fungsi Kepemimpinan & Ciri-Ciri Kepemimpinan Yang Baik

Fungsi pemimpin

AZAZ DAN FUNGSI KEPEMIMPINAN


Azaz kepemimpinan yang baik adalah: Kepemimpinan yang mengandung kebenaran fundamental yang digali dari kepribadian/kebudayaan bangsanya.

Oleh sebab itu azaz kepemimpinan yang ada di Indonesia  haruslah berlandaskan falsafah bangsa Indonesia yaitu Pancasila (Mencerminkan Nilai-Nilai Luhur Pancasila)

Manifestasi kepemimpinan pancasila dijabarkan dalam 11 Asasi:

1. Taqwa
Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan sesungguhnya sehingga selalu ikhlas dan tunduk serta tat segala perintahya dan larangan-Nya. Dengan taqwa ini seorang pemimpin dapat menjadi tuntunan bahagia, bergairah dan bergembira yang sekaligus dapat terpenuhi kewajibannya dan amanah dari Allah dan amanah dari manusia yang memberikan kepercayaan kepada dirinya.

2. Ing Ngarso Sung Taladha
Seseorang pemimpin harus berdiri di depan dan memberi contoh tauladan yang baik, menjauhkan diri dari prilaku yang tidak hormat

3. Ing Madya Mbangun Karsa
Seseorang pemimpin harus ikut bergiat serta menggugah semangat anak buahnya melalui hubungan dan dialog yang akrab, kekeluargaan, terbuka, obyektif dan saling pengertian.

4. Tut Wuri Handayani
Seorang pemimpin memberikan dorongan dan mempengaruhi dari belakang dan dan menjauhkan sikap sewenang-wenang agar anak buahnya lebih bisa berprestasi.

5. Waspadha Purbawasesa
Seorang pemimpin selalu waspada serta sanggup dan berani memberikan koreksi yang benar pada ank buahnya selalu berusaha mencegah pengaruh-pengaruh negatif yang dapat merusak mental moral maupun disiplin anggota serta harus dapat melihat anak buahnya yang mempunyai dedikasi yang tinggi dan prestasi yang baik.

6. Ambek Paramarta
Seorang pemimpin harus dapat memilih dengan tepat mana yang harus dilakukan, yang harus mendapat prioritas di dalam melaksanakan program kerjanya. Azaz ini mengandung prinsip ekonomis, efektif dan efisien untuk dapat mengambil tindakan yang tepat dan dengan resiko yang kecil.

7. Prasojo
Seorang pemimpin yang mempunyai prilaku, tingkah laku yang berlebihan, kreatif dalam berfikir dan mampu menangani segala permasalahan yang dihadapi.

8. Setia
Seorang pemimpin harus mempunyai sikap loyal/rela berkorban demi bawahan dan organisasi.

9. Gemi Nastiti
Seorang pemimpin harus dapat membatasi penggunaan dan pengeluaran keuangan organisasinya pada kepentingan yang tidak benar-benar diperlukan (bisa menghemat pengeluaran organisasinya)

10. Bioko
Seorang pemimpin mempunyai kerelaaan, keberanian, untuk menutupi kekurangan/kesalahan.

11. Logowo
Mempunyai kemampuan dengan rela ikhlas pada saatnya menyerahkan tanggung jawab dan kedudukan kepada generasi berikutnya. Jabatan seseorang pemimpin tidak akan ada garansi untuk dipertahankan secara abadi.



NORMA ATAU CIRI-CIRI PEMIMPIN YANG BAIK

Untuk menjadikan pemimpin yang baik seharusnya mempunai kelebihan sikap tertentu diatas orang yang dipimpinnya yaitu meliputi pemikiran dan rasio/penalaran rohani dan jasmani.

Ciri-ciri kepemimpinan yang baik:
Berwibawa
Jujur
Terpercaya
Bijaksana
Mengayomi
Berani mawas diri
Mampu melihat jauh kedepan
Berani dan mampu mengatasi kesulitan
Bersikap wajar, tegas dan tanggung jawab atas segala keputusan yang diambil
Sederhana penuh pengabdian pada tugas dan kewajiban
Mempunyai sifat ingin tahu, mendorong untuk banyak berfikir atau belajar pada bawahannya untuk mencapai tujuan organisasi

Catatan : Inti dari kepemimpinan adalah pengambil keputusan, oleh sebab itu seorang pemimpin haruslah berhati-hati dan penuh pertimbangan pada keputusan yang telah diambilnya dan berani mempertanggung jawabkan apa yang telah dambilnya dengan resiko apapun.

Belum ada Komentar untuk "Fungsi Kepemimpinan & Ciri-Ciri Kepemimpinan Yang Baik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel