Didalam dirimu terdapat sekuntum TERATE SUCI

Srikandi Terate


SUMBER KEBIJAKSANAAN YANG TIADA BATAS

Kembangkanlah Welas asihmu dengan arif, maka kuntum Teratemu yang indah itu akan mekar.

Jangan sampaikan kepada dunia, bahwa jiwamu telah mengetahui apa yang ada dibalik yang nampak, apa yang telah tersembunyi dikedalaman kalbu, tapi jadilah sebagaimana TERATE yang tak menyadari keindahannya sendiri, dan tetap tinggal di kedalaman kolam.

Inilah kehidupan spiritual, yang berharap melalui tangan kan menemukan ketercerahan mengulurkan kebaikan keseluruh penjuru semesta ini. Melalui telinga bisa mendengarkan bisikan terdalam yang hidup di jiwa alam. Melalui hati menemukan kedamaian. Melalui Mata kan melihat Tuhan yang menyelinap di balik dedaunan dan seluruh wajah semesta alam. 

Inilah SYARI’AT yang harus meng-AKAR kuat di jiwa kita, sebelum batang dan rantingnya mengajak tumbuh untuk mencakar langit. Inilah dasar yang harus dihidupkan, bukannya dilalaikan, bahkan bukannya hal yang tak lagi dikenal setelah sang wajah mampu menyapa MATAHARI.

Ada BATANG dan RANTING yang menjadi lantaran bagi kehidupan Jiwa, inilah THARIQAT yang harus kita tempuh, jalan untuk menuju ladang-ladang pendakian yang lebih tinggi.

Ada HIJAU DEDAUNAN yang menampakkan bagi kehidupan akar dan batang. Ada HAQIQAT yang menjadi ciri dari kehidupan jiwa, setelah syari’at dan thariqat ia jalani.

Dan diatas semua itu, inilah BUNGA KEHARUMAN jiwa, puncak dari semuanya. Inilah MAKRIFAT yang tidak akan tumbuh selain dari akar yang sangat kuat, dari ranting dan batang yang sangat kokoh dan dari hijaunya dedaunan.

Ada KESEDERHANAAN untuk menjaga jarak dengan kehidupan duniawi, untuk menandakan bahwa jiwa tidak terikat akannya, dan tak silau oleh gemerlapnya ”ILANG SAMUBARANG NGGEMBOL KADONYAN“.

Ada KEPASRAHAN yang harus di hidupkan yang akan menjadi pertanda bagi kehidupan RAGA dan URIP.

Ada KEARIFAN yang akan menyembulkan putik keindahan menyemarakkan kehidupan kesucian di wajah bumi.

Ada KESABARAN yang hendaknya dihidupkan ketika sadar perjalanan kehidupan ibarat roda yang senantiasa berputar, dan takkan ada manusia yang bisa terhindar dari gilasannya. Hendaklah engkau selalu berada di porosnya.

Ada DUKA yang menemani SUKA, ada SUKA yang bersembunyi dibalik DUKA. Inilah dua sisi kehidupan yang hendaknya tidak kita abaikan. karena inilah jiwa masih hidup, ketika disadari keduanya ada dalam SATU ATAP KEHENDAKNYA.

Ada KETERLEPASAN yang hendaknya kita kembalikan kepada-Nya, ketika sadar perjalanan harus ditempuh, tidak lepas dari usaha2.

Ada PUTIK KEHARUMAN dibalik desah haru kita, menghantarkan kepada SANG KEKASIH dan menyerahkan sepenuhnya dalam jiwa kehendak-Nya.

Belum ada Komentar untuk "Didalam dirimu terdapat sekuntum TERATE SUCI"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel