Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 2, 3, 4, 6, 7, 8, 10, 11.

Infopesilat.com - Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 7 Halaman 2, 3, 4, 6, 7, 8, 10, 11 - Pembelajaran Tema 7 Kelas 4 Indahnya Keragaman di Negeriku Subtema 1 Pembelajaran 1 yang materi dan kunci jawaban tematik mengenai Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku tepatnya terdapat pada halaman 2, 3, 4, 6, 7, 8, 10, 11.

Buku Tematik Siswa yang digunakan sebagai sumber pembelajaran di kelas 4 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (k13) Cetakan ke-4 Revisi 2017.

Dalam Materi Pembelajaran 1 Subtema 1 Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan oleh siswa secara mandiri, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kunci jawaban tematik pada halaman 2, 3, 4, 6, 7, 8, 10, 11, setiap soal tematik yang ada pada buku siswa tematik  terpadu kurikulum 2013 (K13) kelas 4 ini. 

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa dapat diharapkan membantu guru dan siswa khusus nya kelas 4 SD supaya dapat menemukan jawaban alternatif dari soal tematik, berikut ini kami bagikan alternatif Kunci Jawaban soal Tematik yang terdapat pada halaman 2, 3, 4, 6, 7, 8, 10, 11.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 2, 3, 4, 6, 7, 8, 10, 11.


Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 2 3 4 5 6 7 8 10 11

Ayo Membaca

Bacalah dalam hati teks berikut!

Berdasarkan hasil sensus Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2010, bangsa Indonesia terdiri atas 1.331 suku. Berdasarkan sensus itu pula, suku bangsa terbesar adalah Suku Jawa yang meliputi 40,2 persen dari penduduk Indonesia. Suku Jawa ini merupakan gabungan dari suku-suku bangsa di  Pulau Jawa, yaitu: Jawa, Osing, Tengger, Samin, Bawean, Naga, dan suku-suku lainnya. Suku yang paling sedikit jumlahnya adalah Suku Nias dengan jumlah 1.041.925 jiwa atau hanya 0,44 persen dari  jumlah penduduk Indonesia. Namun, suku-suku Papua yang terdiri atas 466 suku, jumlahnya hanya 2.693.630 jiwa  atau 1,14 persen dari jum lah penduduk Indonesia. Sedangkan etnis Tiong h oa jum lah nya 2.832.510 jiwa atau 1,2 persen penduduk Indonesia.

Ayo Berdiskusi

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 2 & 3

Bentuklah kelompok bersama 4-5 temanmu. Bacalah dalam hati teks ”Suku
Bangsa di Indonesia”.

1.  Adakah kata sulit  yang  kalian temukan pada bacaan tersebut? Jika ada, tuliskan lalu carilah artinya. Tuliskan dalam bentuk tabel seperti berikut.

Kata Sulit : Slogan

Artinya : Moto atau frasa yang dipakai pada konteks politik, komersial agama dan lainnya, sebagai ekpresi sebuah ide atau tujuan yang mudah diingat.

2.  Ada berapa paragraf pada teks “Suku Bangsa di Indonesia”? Tuliskan pokok  pikiran dari  setiap paragraf.

Paragraf 1 : Indonesia memiliki beraneka ragaman namun tetap selalu hidup rukun seperti kalimat Bineka Tunggal Ika yang terdapat pada lambang burung Garuda

Paragraf 2 : Suku Indonesia sebanyak 1331 suku bangsa bukti bahwa Indonesia beraneka ragam

Ayo Bercerita

Ceritakan hasil diskusi kelompokmu. Bandingkan dengan hasil diskusi kelompok lain.  Apakah ada perbedaan?

Dari kegiatan sebelumnya, kamu mengetahui bahwa di Indonesia terdapat ribuan suku bangsa.  Setiap suku bangsa  kemungkinan memiliki kebiasaan dan cara hidup berbeda. Salah satu contoh perbedaan cara hidup adalah transportasi. Pada zaman dahulu, alat transportasi menggunakan tenaga hewan seperti gambar-gambar berikut.

Apakah di daerahmu masih dijumpai alat transportasi seperti pada gambar di  atas? Coba,  ceritakan kepada teman-temanmu.  Apakah teman-temanmu juga menjumpai jenis alat transportasi seperti yang  kamu sebutkan?

Perhatikan lagi  gambar bendi, pedati sapi, dan pedati kerbau. Dapatkah kamu melihat persamaan dari  ketiga alat transportasi tradisional tersebut? Ada banyak persamaan, salah satunya adalah ketiga alat transportasi tersebut menggunakan binatang yang sama-sama menarik beban berupa bendi atau pedati.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 4 

Apa yang  terjadi saat kuda menarik bendi?

Bendi akan bergerak mengikuti arah kuda

Apa yang  terjadi saat kerbau atau kuda menarik pedati?

Pedati akan bergerak sesuai arah kerbau atau kuda yang menariknya

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 4 & 5

Ayo Mencoba

Lakukan kegiatan-kegiatan sederhana berikut.
1. Dorong meja belajarmu pelan-pelan hingga bergeser sedikit, lalu tarik  ke posisi semula.

  • Mendorong Meja : Meja Bergeser
  • Menarik Meja : Meja Bergeser

2. Angkat tas sekolahmu, lalu letakkan lagi ke posisi semula.

  • Mengangkat Tas : Tas Bergeser
  • Meletakkan Tas : Tas Bergeser

3. Ambil selembar kertas tak  terpakai, lalu lipat atau remaslah kertas tersebut.

Mengambil Kertas dan melipat atau meremas kertas : Bentuk kertas menjadi berubah


Aktivitas yang  telah kamu lakukan terhadap meja sehingga bergeser disebut gaya.

Aktivitas yang  kamu lakukan terhadap tas sekolah yang  kamu angkat disebut gaya.

Aktivitas yang  kamu lakukan terhadap kertas sehingga bentuknya berubah disebut gaya.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 2 3 4 5 6 7 8 10 11
Gaya adalah dorongan atau tarikan yang dapat menyebabkan benda bergerak atau berubah bentuk.

Tugas

Tuliskan pada buku  catatanmu, gaya apa yang  telah kamu lakukan atau kamu lihat dari  pagi sampai saat ini. Tulislah dengan menggunakan ejaan yang tepat. Kemudian, bacakan catatanmu di depan teman-teman dan gurumu.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 6 & 7

Ayo Mengamati

Kamu  telah mengetahui pengertian gaya. Sekarang, perhatikan gambar - gambar berikut. Lalu, jawablah pertanyaan pada setiap gambar.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 2 3 4 5 6 7 8 10 11

Gambar 1 : Membuktikan bahwa gaya dapat mempengaruhi benda diam menjadi bergerak

Gambar 2 : Karena adanya alran listrik melalui sambungan kabel menuju lampu

Gambar 3 : Karena jarum berbahan besi, magnet menarik suat benda yang terbuat dari besi

Gambar 4 : Karena buah itu sudah mengalami kematangan

Gambar 5 : Adanya geseran pada permukaan roda kursi dengan lantai


Gaya  mempunyai banyak jenis sesuai dengan sumber yang  melakukan gaya. Macam-macam gaya antara lain:  gaya otot,  gaya listrik,  gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesek.

Ayo Mengamati 

Perhatikan contoh kegiatan menggunakan gaya otot berikut.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 2 3 4 5 6 7 8 10 11

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 8

Diskusikan jawaban pertanyaan-pertanyaan berikut dengan kelompokmu.

1.  Apa yang  dimaksud gaya otot?

Gaya yang dilakukan oleh otot atau suatu energi yang dihasilkan oleh otot

2.  Perhatikan gambar contoh-contoh gaya otot di depan. Apa pengaruh gaya otot terhadap benda yang  dikenai gaya pada setiap gambar?

Gaya otot yang dilakukan oleh tenaga manusia dan hewan

Tuliskan hasil diskusi kelompokmu, bacakan di depan kelompok lain, lalu serahkan kepada Bapak/Ibu guru.

Kamu  telah mengetahui salah satu jenis gaya,  yaitu  gaya otot. Salah satu contoh penggunaan gaya otot yaitu pada pembuatan gerabah. Tahukah kamu bahwa seni membuat gerabah tersebar di Indonesia?

Ayo Membaca

Seni  Gerabah di Indonesia

Tahukah kamu, apa yang disebut gerabah? Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), gerabah yaitu alat-alat dapur (untuk masak - memasak dan sebagainya) yang dibuat dari tanah liat yang kemudian dibakar (misalnya kendi, belanga). Memang, awalnya pembuatan gerabah untuk memenuhi kebutuhan alat-alat dapur. Namun, dalam perkembangannya seni kerajinan gerabah meluas dan menghasilkan beraneka macam benda.

Pembuatan gerabah secara tradisional tersebar di wilayah Nusantara.  Di Jawa, tempat yang terkenal dengan pembuatan gerabah adalah Kasongan, Yogyakarta. Kasongan adalah nama daerah di Kecamatan Kasihan, Bantul. Letak Kasongan kurang lebih 8 km di sebelah barat daya Yogyakarta.  Gerabah Kasongan awalnya biasa saja. Perajin Kasongan dahulu hanya membuat barang-barang   rumah  tangga, seperti anglo, cobek, atau kendi. Namun, pada tahun 1970-an, Bapak Sapto Hudoyo, seorang seniman Yogyakarta mendidik perajin di  sana. Mereka diajari cara membuat karya seni dari  tanah liat. Sejak saat itu, seni gerabah semakin bermunculan. Para perajin membuat kendi yang  lebih  unik. Mereka juga membuat vas yang  dilengkapi aneka hiasan. Semakin hari, pengetahuan dan keahlian perajin makin berkembang. Hasilnya, seperti yang kita lihat hari ini. Gerabah Kasongan menjadi terkenal dan banyak dicari.

Di Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat ada sebuah daerah yang terkenal dengan seni pembuatan gerabah, yaitu di Banyumulek. Ada satu karya unik  dari  seni kerajinan gerabah dari  Banyumulek ini,  yaitu  “kendi  maling”. Umumnya, kendi (wadah air) mempunyai lubang di bagian atas untuk mengisi air. Namun, kendi dari Banyumulek ini mempunyai lubang untuk mengisi air pada bagian bawah. Konon, pada zaman dahulu, kendi ini  dibuat untuk raja sebagai pengaman supaya “maling” yang  berniat meracuni raja kebingungan mencari lubang di bagian atas kendi.

Masyarakat Pulau Ouw di Maluku Tengah juga membuat gerabah yang  disebut sempeh. Mereka kebanyakan membuat sempeh untuk keperluan rumah tangga. Ada  sempeh yang  digunakan sebagai kompor, tempat memasak makanan, dan membuat obat-obatan tradisional.  Ada pula  sempeh yang  digunakan sebagai wadah suguhan dan berfungsi seperti piring.

Di Papua, saat ini  tradisi pembuatan gerabah ditemukan di pesisir utara Papua, tepatnya di Kampung Abar.   Kampung  Abar   adalah  salah  satu  kampung di Danau Sentani, Kabupaten Jayapura. Umumnya, pembuatan   gerabah   di    Kampung   Abar    dilakukan wanita. Konsumen gerabah dari  Kampung Abar adalah para wisatawan yang  datang ke  Danau Sentani. Bagi para wisatawan, gerabah  Papua itu   menarik karena dibuat dengan tangan kosong tanpa mengandalkan teknologi alat pemutar. Bentuknya yang  tidak halus dengan motif-motif khas S
daya tarik  gerabah Papua.

Ayo Berdiskusi

Diskusikan bersama teman sebangkumu tentang informasi-informasi baru yang kamu dapatkan dalam teks “Seni Gerabah di Indonesia”. Tuliskan hasilnya pada buku catatanmu, lalu kumpulkan kepada Bapak/Ibu Gurumu.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 10 &  11

Ayo Renungkan

1. Apa yang kamu pelajari hari ini ?

Yang saya pelajari hari ini adalah tentang Suku Bangsa di Indonesia, Jenis Gaya dan Seni Gerabah di Indonesia

2. Berapa banyak suku bangsa di Indonesia ?

Berdasarkan hasil sensus Badan Pusat Statisti (BPS) tahun 2010, Indonesia terdiri dari 1.331 suku


Demikianlah hasil dari pembahasan soal tematik mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 10, 11. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian serta juga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Untuk adik-adik sekalian perbanyaklah membaca buku dan giat-giat lah mengerjakan latihan soal tematik dan jangan lupa bersyukur untuk hari ini. Terimakasih, Salam Pintar ☺

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 2, 3, 4, 6, 7, 8, 10, 11."

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel