Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 16, 17, 18, 19

Infopesilat.comKunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 7 Halaman 17, 18, 19. Pembelajaran Tema 7 Kelas 4 Indahnya Keragaman di Negeriku Subtema 1 Pembelajaran 2 yang materi dan kunci jawaban tematik mengenai Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku tepatnya terdapat pada halaman 17, 18, 19.

Buku Tematik Siswa yang digunakan sebagai sumber pembelajaran di kelas 4 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (k13) Cetakan ke-4 Revisi 2017.

Dalam Materi Pembelajaran 1 Subtema 1 Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan oleh siswa secara mandiri, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kunci jawaban tematik pada halaman 17, 18, 19, setiap soal tematik yang ada pada buku siswa tematik  terpadu kurikulum 2013 (K13) kelas 4 ini.

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa dapat diharapkan membantu guru dan siswa khusus nya kelas 4 SD supaya dapat menemukan jawaban alternatif dari soal tematik, berikut ini kami bagikan alternatif Kunci Jawaban soal Tematik yang terdapat pada halaman 17, 18, 19.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 17, 18, 19.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 16 17 18 19

Salah satu suku bangsa di Indonesia adalah suku bangsa Papua. Suku bangsa Papua mayoritas tinggal di Pulau Papua. Ayo, mengenal salah satu lagu  dari  Papua.

Ayo Mengamati

Salah satu lagu terkenal dari Papua adalah “Apuse”. Lirik lagu “Apuse” menceritakan kisah perpisahan seseorang dengan kakek dan neneknya. Si cucu ini akan merantau ke negeri seberang. Perhatikan notasi lagu  “Apuse” berikut. Dengarkan gurumu menyanyikan lagu  ini.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 16 17 18 19

Ayo Bernyanyi

Bapak/Ibu gurumu telah memberi contoh menyanyikan lagu  “Apuse”. Cobalah menyanyikan bersama teman-temanmu, lalu nyanyikan sendiri secara bergantian.

Ayo Bercerita

Ceritakan hasil diskusimu kepada teman-teman sekelasmu. Lakukan bergantian dengan kelompok lain.

Siti, Edo, Dayu, dan teman-teman menyanyikan lagu  “Apuse” sambil menggerakkan kaki dan tangan. Mereka melangkah ke kanan, ke kiri, ke depan, lalu ke belakang sambil menggerakkan tangan. Gerakan mereka melibatkan otot kaki dan tangan.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 16 17 18 19

Ayo Mencoba

Lakukan kegiatan ini dengan teman sebangkumu.

1.  Siapkan beberapa buah buku,  lalu ajaklah teman sebangkumu untuk bertukar buku.

2.  Catatlah kegiatan-kegiatan yang  kamu lakukan ketika melakukan proses penukaran buku.

3.  Tuliskan hasil kegiatan yang  kamu lakukan.

4.  Gaya  apa yang  digunakan dalam kegiatan penukaran buku  ini?

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 16 17 18 19

Aktivitas bertukar buku merupakan salah satu contoh pemanfaatan gaya otot. Dengan memanfaatkan  gaya otot,   kita  dapat memindahkan benda-benda ringan dengan mudah. Gaya  otot sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 17

Ayo Berdiskusi

Tuliskan contoh-contoh pemanfaatan gaya otot dalam kehidupan sehari-hari. Tuliskan dalam bentuk tabel seperti berikut ini. Diskusikan dengan teman- teman sekelompokmu, lalu bacakan hasilnya di depan Bapak/Ibu guru dan kelompok-kelompok lain.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 16 17 18 19

1. Memindahkan Benda = Sapi Menarik Pedati

2. Menggerakan Tubuh = Berjalan

3. Memindahkan Mobil = Mendorong mobil

4. Mengangkat Beban = Olahraga

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 18

Pengetahuan-pengetahuan apa  yang   kalian dapatkan  dari   teks  tersebut? Bedakan pengetahuan  yang   sudah  kalian ketahui sebelum membaca teks dan pengetahuan baru yang  kalian dapatkan setelah membaca teks. Tuliskan dalam bentuk tabel sebagai berikut.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 16 17 18 19

Pengetahuan yang Sudah Diketahui :
  • Sejak dulu kala bangsa Indonesia hidup dalam keberagaman
  • Kalimat Bhineka Tunggal Ika melekat di Lambang Garuda Pancasila bukan hanya slogan saja
  • Penduduk Indonesia terdiri dari beragam suku bangsa, Bahasa, Agama, Adat Istiadat akan tetapi semua guyub rukun dalam bermasyarakat

Pengetahuan yang Tidak Diketahui :
  • Berdasarkan sensus BPS 2010, Bangsa Indonesia memiliki 1.3331 suku
  • Berdasarkan sensus tersebut, suku terbesar di Indonesia adalah suku jawa yang meliputi 40,2% dari penduduk Indonesia
  • Suku Jawa terdiri dari gabungan : Jawa, Osing, Tengger, Samin, Bawean, Naga, dan suku-suku lainnya.

Ayo Bercerita

Bacakan hasil diskusi kelompokmu di depan Bapak/Ibu guru dan teman- temanmu. Lakukan bergantian dengan kelompok lain.  Bandingkan hasil diskusi setiap kelompok. Apa yang  dapat kamu simpulkan?

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 18 & 19

Ayo Renungkan

Apa yang kamu ketahui tentang gaya otot ?

Gaya otot merupakan yang berdiri dari otot manusia atau hewan. Gaya otot umumnya apabila melakukan mengangkat beban atau mendorong sesuatu barang.

Bagaimana membedakan nada tinggi dan nada rendah pada lagu ?

Cara membedakan nada tinggi adalah semakin tinggi nadanya makan akan terdengar semakin naik. Sedangkan nada rendah biasanya akan terdengar semakin turun

Demikianlah hasil dari pembahasan soal tematik mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 16, 17, 18, 19. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian serta juga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi.. Terimakasih, Salam Pintar ☺

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 16, 17, 18, 19"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel