Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 8, 10, 13, 14.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 8, 10, 13, 14 - Pembelajaran 1 Tema 8 Kelas 5 Lingkungan Sahabat Kita Subtema 1 Pembelajaran 2 yang materi dan kunci jawaban tematik mengenai Manusia dan Lingkungan tepatnya terdapat pada halaman 8, 10, 13, 14.

Buku Tematik Siswa yang digunakan sebagai sumber pembelajaran di kelas 5 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (k13) Cetakan ke-2 Revisi 2017.

Dalam Materi Pembelajaran 2 Subtema 1 Manusia dan Lingkungan terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan oleh siswa secara mandiri, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kunci jawaban tematik kelas 5 tema 8 pada halaman 8, 10, 13, 14, setiap soal tematik yang ada pada buku siswa tematik  terpadu kurikulum 2013 (K13) kelas 5 ini.

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa dapat diharapkan membantu guru dan siswa khusus nya kelas 5 SD supaya dapat menemukan jawaban alternatif dari soal tematik, berikut ini kami bagikan alternatif Kunci Jawaban soal Tematik kelas 5 tema 8 subtema 1 pembelajaran 2 yang terdapat pada halaman 8, 10, 13, 14.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 8 Pembelajaran 2 Subtema 1 Manusia dan Lingkungan Halaman 8, 10, 13, 14.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 8 Subtema 1 Manusia dan Lingkungan Pembelajaran 2 Halaman 8 10 13 14

Hari  itu  Siti dan teman-teman mempelajari lagu  baru. Lagu  itu  berjudul “Air Terjun” ciptaan A.T. Mahmud. Inilah lagu yang dipelajari Siti dan teman-teman.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 8 Subtema 1 Manusia dan Lingkungan Pembelajaran 2 Halaman 8 10 13 14

Ayo Bernyanyi

Pelajarilah lagu  “Air Terjun” hingga kamu dapat menyanyikan dengan baik dan benar. Kemudian,  nyanyikan bersama teman-temanmu.  Jika  perlu,  gunakan alat musik yang  ada di  sekitarmu untuk mengiringi. Perhatikan keselarasan suara dan musik (jika  kalian menggunakan alat musik).

Lagu yang kamu pelajari bercerita tentang air. Air sangat penting bagi kehidupan di  bumi. Setiap hari kita  membutuhkan air  untuk berbagai keperluan, mulai dari  membersihkan diri sampai memasak. Ingatlah kegiatanmu menggunakan air mulai dari  bangun pagi hingga saat ini.

Begitu seringnya  kita   menggunakan air   sehari-hari.  Dari   mana  asal  air? Bagaimana alam menjaga ketersediaan air?

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 8

Ayo Mengamati

Buatlah kelompok beranggotakan 4-5 siswa. Bersama kelompokmu perhatikan gambar berikut.
Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 8 Subtema 1 Manusia dan Lingkungan Pembelajaran 2 Halaman 8 10 13 14

1. Ceritakan gambar di atas.

Gambar diatas menceritakan tentang siklus air. Siklus air merupakan perputaran air secara terus menerus dari bumi ke atmosfer lalu kembali lagi ke bumi.

2. Proses apa sajakah yang  terjadi pada gambar tersebut? Coba jelaskan. Ceritakan hasil pengamatan kelompokmu. Lakukan bergantian dengan kelompok lain.

Proses yang terjadi pada gambar ditas adalah penguapan, pengendapan air, dan pengembunan air. 

Kamu telah melakukan pengamatan dan menceritakan gambar. Peristiwa yang terjadi pada gambar yang kamu amati itu disebut siklus air. Bacalah bacaan berikut untuk menambah pengetahuanmu.

Ayo Membaca

Siklus Air

Manusia selalu membutuhkan air dalam kehidupan sehari-hari. Kegunaan air antara lain  untuk keperluan rumah tangga, pertanian, industri, dan untuk pembangkit  listrik. Begitu besarnya  kebutuhan manusia akan air. Kita bersyukur, air senantiasa tersedia di bumi. Oleh karena itu, manusia seharusnya senantiasa bersyukur kepada Tuhan pencipta alam.

Mengapa air selalu tersedia di bumi? Air selalu tersedia di bumi karena air mengalami siklus. Siklus air merupakan sirkulasi (perputaran) air secara terus-menerus dari bumi ke atmosfer, lalu kembali ke  bumi. Siklus air ini terjadi melalui proses penguapan, pengendapan, dan pengembunan. Perhatikan skema proses siklus air berikut ini!
Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 8 Subtema 1 Manusia dan Lingkungan Pembelajaran 2 Halaman 8 10 13 14
Air di laut, sungai, dan danau menguap akibat panas dari sinar matahari. Proses penguapan ini  disebut evaporasi. Tumbuhan juga mengeluarkan uap air ke udara. Uap air dari permukaan  bumi naik   dan berkumpul di  udara. Lama-kelamaan, udara tidak dapat lagi  menampung uap air  (jenuh). Proses ini disebut presipitasi (pengendapan). Ketika  suhu udara  turun, uap air  akan berubah menjadi titik-titik air.  Titik-titik air  ini  membentuk awan. Proses ini disebut kondensasi (pengembunan)

Titik-titik air di awan selanjutnya akan turun menjadi hujan. Air hujan akan turun di darat maupun di laut. Air hujan itu akan jatuh ke tanah atau perairan. Air hujan yang  jatuh di tanah akan meresap menjadi air tanah. Selanjutnya, air tanah akan keluar melalui sumur.

Air tanah juga akan merembes ke danau atau sungai. Air hujan yang  jatuh ke perairan, misalnya sungai atau danau, akan menambah jumlah air di tempat tersebut. Selanjutnya air sungai akan mengalir ke laut. Namun, sebagian air di sungai dapat menguap kembali. Air sungai yang  menguap membentuk awan bersama dengan uap dari  air laut  dan tumbuhan. Proses siklus  air pun  terulang lagi.

Dari proses siklus air itu dapat disimpulkan bahwa sebenarnya jumlah air di bumi secara keseluruhan cenderung tetap. Hanya wujud dan tempatnya yang  berubah.

Ayo Mencoba

Kamu telah membaca teks “Siklus  air”. Bersama kelompokmu, gambarlah bagan sederhana karyamu sendiri untuk menjelaskan siklus  air. Tambahkan kalimat-kalimat untuk menjelaskan proses siklus air. Presentasikan hasil diskusi kelompokmu di depan kelompok lain dan Bapak/Ibu Guru.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 8 Subtema 1 Manusia dan Lingkungan Pembelajaran 2 Halaman 8 10 13 14

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 13

Jelaskan peristiwa pada cerita “Semut dan Beruang” dengan bahasamu sendiri. Tulislah dalam bahasa Indonesia yang  baik dan benar. Perhatikan penggunaan kata-kata baku. Perhatikan pula  penggunaan tanda baca yang  benar. Tulislah dalam kotak berikut, lalu bacalah di depan teman-teman dan Bapak/Ibu Guru.

Urutan peristiwa pada cerita “Semut dan Beruang”

Beri si Beruang melihat seekor semut hitam berjalan membawa guci untuk mengambil air. Beri mengancam Semut, namun Semut hitam kecil itu tidak memperhatikan ancaman Beri. Beri beruang sangat marah dan mencari Semut, namun tidak ketemu. Akhirnya ia kembali dengan jengkel ke sarangnya di dekat pohon oak.

Akhirnya semut-semut yang haus berbaris menuju mata air. Salah satu semut melihat guci air milik Semut Hitam yang tergeletak di jalan. Mereka berpikir Semut Hitam mendapat masalah.

Seekor kelinci mencoba melarang semut agar tidak pergi ke mata air itu. Akan tetapi semut-semut itu tidak takut dan akan pergi menuju sarang Beruang. Semut-semut itu berbaris seperti tali sepatu di rumput menuju sarang Beruang.

Di tengah jalan seekor tupai mengingatkan Semut agar tidak ke rumah Beruang yang sedang marah. Semut-semut itu tak mau kembali dan terus berjalan. Sampai di depan pohon oak tua mereka menggali sebuah lubang. Seekor tikus tanah yang juga pernah diancam Beruang membantu Semut menggali jebakan.

Suatu malam Beri Beruang marah dan menghentakkan kakinya ke lantai sarangnya. Lantai sarangnya jebol dan jatuh ke lubang di bawah sarangnya.

Semut-semut itu akhirnya hidup damai di lembah semut. Semut Hitam saudara mereka juga sudah kembali ke rumah. Ternyata ia hanya terpeleset di jalan. Para semut dengan bebas pergi mencari makan dan minum di hutan.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 14

Ayo Renungkan

Apa yang telah kamu pelajari hari ini?

Saya mempelajari tentang siklus air, lalu lagu air terjun ciptaan A.T Mahmud dan cerita Semut dan Beruang.

Hari ini saya belajar tentang:

Nada lagu Air Terjun Ciptaan A.T Mahmud, Proses siklus air serta berbagi dan tolong menolong kepada yang lainnya seperti di cerita Semut dan Beruang.

Demikianlah hasil dari pembahasan soal tematik mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 8, 10, 13, 14. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian serta juga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi.. Terimakasih, Salam Pintar ☺

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 8, 10, 13, 14."

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel