Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 5 Halaman 42, 43, 44, 45, 46.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 5 Halaman 42, 43, 44, 45, 46. Pembelajaran Tema 8 Kelas 6 Bumiku Subtema 1 Pembelajaran 5 yang materi dan kunci jawaban tematik mengenai Perbedaan Waktu dan Pengaruhnya tepatnya terdapat pada halaman 42, 44, 45, 46.

Selain membahas tentang jawaban soal-soal, terdapat juga rangkuman materi Tema 8 Kelas 6 SD Kurikulum 2013 (K13) yang terdapat pada pembelajaran 2 subtema 1 yaitu pada halaman 42, 43, 44, 45, 46.

Buku Tematik Siswa yang digunakan sebagai sumber pembelajaran di kelas 6 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Cetakan ke-2 Revisi 2018.

Dalam Materi Pembelajaran 1 Subtema 1 Perbedaan Waktu dan Pengaruhnya terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan oleh siswa secara mandiri, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kunci jawaban tematik pada halaman  42, 43, 44, 45, 46, setiap soal tematik yang ada pada buku siswa tematik  terpadu kurikulum 2013 (K13) kelas 6 ini.

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa sehingga diharapkan dapat membantu peserta didik khususnya siswa-siswi kelas 6 SD dalam melatih keterampilan menjawab soal Tema 8 yang nantinya dapat berguna pada saat mengerjakan soal-soal penilaiaan harian (PH), Penilaian Tengah Semester (PTS) maupun Penilaian Akhir Semester (PTS).

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 5 Halaman  42, 43, 44, 45, 46.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 8 Pembelajaran 5 Subtema 1 Perbedaan Waktu dan Pengaruhnya Halaman 42 44 45 46

Ayo Membaca

Ketika musim hujan tiba, Bumi menjadi basah karena tersiram air hujan. Banyak tanaman mulai tumbuh, pohon-pohon yang layu karena kekurangan air tampak segar kembali. Para petani mulai menanam padi di sawah. Cuaca yang semula panas menjadi sejuk. Musim hujan selalu dinantikan oleh banyak orang. Namun, ada kalanya, musim hujan menyebabkan bencana.

Pada bulan-bulan tertentu, curah hujan sangat tinggi. Namun, pada bulan lainnya hujan, hampir tidak pernah terjadi. Mengapa demikian? Ayo, kita cari  tahu.

Saat membaca koran, Edo terlihat keheranan. Mengapa? Di koran diinformasikan bahwa saat  ini  di  Argentina sedang terjadi musim panas. Namun, pada saat bersamaan, di Kanada, sedang terjadi musim dingin. Mengapa terjadi perbedaan musim di antara negara-negara di dunia? Mari, kita amati gambar berikut!

Ayo Mengamati

Amati gambar berikut untuk memperjelas jawabanmu!

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 8 Pembelajaran 5 Subtema 1 Perbedaan Waktu dan Pengaruhnya Halaman 42 44 45 46

Bacalah fakta-fakta sains dari  gambar di atas!

1. Bumi membuat sebuah jalur atau orbit  berbentuk elips saat mengelilingi Matahari yang disebut revolusi.

2. Jalur atau orbit ini ditempuh dalam waktu satu tahun untuk satu putaran.

3. Selama setahun, belahan Bumi  utara dan belahan Bumi  selatan secara bergantian menghadap  dan membelakangi Matahari sehingga  terjadi perbedaan musim.

4. Akibat revolusi Bumi terhadap Matahari, negara yang berada di belahan Bumi utara dan selatan setiap 3 bulan sekali mengalami perubahan musim.

Kanada terletak di belahan bumi utara, sebaliknya Argentina terletak di belahan Bumi selatan. Pada saat matahari memanasi Bumi  bagian selatan, Argentina mengalami musim panas. Sebaliknya, negara yang  terletak di belahan Bumi utara seperti Kanada mengalami musim dingin.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 5 Halaman 42

Berdasarkan gambar di halaman sebelumnya dan bola dunia yang kamu miliki, lengkapi tabel musim di wilayah belahan Bumi utara dan belahan Bumi selatan berikut!
Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 8 Pembelajaran 5 Subtema 1 Perbedaan Waktu dan Pengaruhnya Halaman 42 44 45 46
Ayo Mencoba
Saatnya kamu mempraktikkan gerakan Bumi mengelilingi Matahari yang disebut revolusi Bumi.
Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 8 Pembelajaran 5 Subtema 1 Perbedaan Waktu dan Pengaruhnya Halaman 42 44 45 46

1. Buatlah orbit Bumi berbentuk elips (seperti gambar) dan Matahari sebagai titik  tengahnya di lapangan sekolahmu!

2. Gunakan bola dunia dan senter untuk membantu!

3. Siswa yang berada di tengah memegang senter dan berperan sebagai Matahari.

4. Satu siswa lainnya memegang globe dan berperan sebagai Bumi.

5. Siswa yang menjadi Bumi akan mengelilingi Matahari sesuai orbit yang dibentuk sambil memutar bola dunia yang dibawanya. Siswa dapat pula berputar seperti bola dunia yang dipegangnya.

6. Cara berputar seperti terlihat pada gambar (berlawanan dengan arah jarum jam).

7. Saat berpindah dari satu titik  ke tiga titik lainnya, jelaskanlah musim yang sedang terjadi di belahan Bumi  utara dan belahan Bumi selatan!
  • Perhatikan juga posisi siswa yang berputar (Bumi) terhadap senter (Matahari).
  • Apakah jarak teman yang menjadi Bumi dan temanmu yang menjadi Matahari selalu sama?

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 5 Halaman 43

Ukurlah jarak A dari  keempat titik, yaitu  B1, B2, B3, dan B4. Tuliskan hasil pengukuran jarakmu pada tabel di bawah ini!

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 8 Pembelajaran 5 Subtema 1 Perbedaan Waktu dan Pengaruhnya Halaman 42 44 45 46
  • Dari hasil pengukuran jarak di atas, apa yang dapat kamu simpulkan tentang bentuk orbit Bumi?

Ayo Mengamati

Ketika  belahan Bumi  utara mengalami puncak musim panas, tempat-tempat di  dekat Kutub  Utara condong ke  Matahari sehingga hampir sepanjang hari terang. Sebaliknya, daerah-daerah dekat Kutub Selatan saat itu dalam keadaan gelap.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 8 Pembelajaran 5 Subtema 1 Perbedaan Waktu dan Pengaruhnya Halaman 42 44 45 46

Revolusi  Bumi  menyebabkan Matahari tampak bergeser ke arah belahan Bumi utara dan selatan. Padahal sesungguhnya, Matahari tidak bergerak. Peristiwa ini disebut sebagai gerak semu tahunan Matahari.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 5 Halaman 44

Ayo Mencoba

Menjadi  Reporter

Apakah kamu tahu yang  disebut reporter? Bacalah informasi singkat di bawah ini!

Repoter adalah orang yang  bertugas meliput berita di  lapangan dan melaporkannya kepada publik

Bacalah informasi singkat dibawah ini !

Repoter adalah orang yang  bertugas meliput berita di  lapangan dan melaporkannya kepada publik.  

Laporan dapat berbentuk tulisan untuk media cetak. Laporan juga dapat berbentuk lisan yang  disampaikan melalui media elektronik seperti radio dan televisi.

Dalam kegiatan ini, kamu akan bermain peran menjadi reporter cilik. Bekerjalah besama  teman  sebangkumu.  Carilah informasi  dari   berbagai sumber tentang gerak revolusi Bumi  dan dampaknya.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 5 Halaman 45

Sajikan informasi yang  kamu temukan dalam format five  finger facts seperti gambar berikut.

Nama :. . . . . . . . . . . .  . . . . .                                     Kelas :. . . . . . . . . . . . . . . . . . . 

Petunjuk : Temukan lima  informasi penting mengenai gerak revolusi Bumi dan dampaknya. Tuliskan informasi yang  kamu temukan di tiap gambar jari.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 8 Pembelajaran 5 Subtema 1 Perbedaan Waktu dan Pengaruhnya Halaman 42 44 45 46

Fakta 1:
Bumi Mengelilingi Matahari pada orbitnya membutuhkan waktu selama 365,25 hari atau satu tahun.

Fakta 2:
Akibat peredaran bumi mengelilingi Matahari (Revolusi Bumi) adalah adanya perbedaan lama siang dan malam.

Fakta 3:
Akibat revolusi Bumi adalah adanya perubahan Rasi Bintang.

Fakta 4:
Akibat revolusi Bumi adalah adanya gerak semu tahunan Matahari.

Fakta 5:
Akibat revolusi Bumi adalah adanya perubahan musim.

Olahlah kembali poin-poin informasi yang kamu dapatkan menjadi poin-poin berita dengan menggunakan gaya penyajian berita seperti seorang reporter.

Naskah Reportase tentang Gerak Revolusi Bumi dan Dampaknya

Assalamualaikum Wr. Wb.
Selamat pagi para pemirsa yang ada di kelas 6. 
Reportase kami hari ini adalah mengenai Revolusi Bumi dan dampaknya. Revolusi Bumi adalah peredaran Bumi mengelilingi Matahari. Seperti yang diketahui bersama, Bumi mengelilingi Matahari membutuhkan waktu tepatnya 365,25 hari atau satu tahun surya, dan disebut sebagai kala revolusi Bumi. 

Adapun dampak dari revolusi Bumi adalah sebagai berikut

Dampak 1 :
Adanya perbedaan lama siang dan malam. Revolusi dan kemiringan sumbu Bumi menyebabkan gejala yang terjadi selalu berulang setiap tahun. Peristiwa alam tersebut bisa terlihat di kutub utara dan selatan. Karena perbedaan jarak dekat atau jauhnya kutub dengan Matahari menyebabkan adnya perbedaan lama siang dan malam.

Dampak 2 :
Adanya perubahan rasi bintang. Rasi bintang adalah kumpulan bintang-bintang yang membentuk pola tertentu. Rasi bintang yang biasa dikenal umum antara lain : rasi bintang Biduk, rasi bintang Scorpio, rasi bintang Leo. Revolusi Bumi mengakibatkan rasi bintang-bintang tersebut terlihat berubah.

Dampak 3 :
Adanya Gerak semu tahunan Matahari. Pergeseran posisi Matahari ke arah belahan Bumi utara dan pergeseran posisi Matahari dari belahan Bumi utara ke belahan Bumi selatan disebut gerak semu harian Matahari. Gerak revolusi Bumi dengan sumbu rotasi yang miring mengakibatkan Matahari seolah-olah bergesar

Dampak 4 :
Adanya perubahan musim. Perubahan musim terjadi di belahan Bumi utara dan belahan Bumi Selatan. Musim yang terdapat di Bumi antara lain musim semi, musim panas, musim gugur, dan musim dingin. Musim-musim tersebut terjadi pada tanggal tertentu.

Dampak 5 :
Penggunaan Kalender Masehi. Kalender masehi ditetapkan berdasarkan revolusi bumi.

Presentasikan naskah reportasemu di depan kelas bergantian dengan teman- teman sekelasmu.

Catatlah hasil laporan berita dari  temanmu untuk melengkapi informasi yang kamu miliki.

Berdasarkan hasil laporan reportase dari teman-temanmu, buatlah rangkuman tentang gerak revolusi Bumi dan dampaknya.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 5 Halaman 46

Catatan tentang Revolusi Bumi dan Dampaknya :

Revolusi Bumi adalah peredaran Bumi nmengelilingi Matahari. Dampak dari Revolui Bumi antara lain :
  • Perbedaan lama siang dan malam
  • Perubahan rasi bintang
  • Gerak semu tahunan Matahari
  • Adanya perubahan musim
  • Ditetapkannya kalender Masehi

Demikianlah hasil dari pembahasan soal tematik mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 5 Halaman 42, 43, 44, 45, 46, semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian serta juga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Untuk adik-adik sekalian perbanyaklah membaca buku dan giat-giat lah mengerjakan latihan soal tematik dan jangan lupa bersyukur untuk hari ini. Terimakasih, Salam Pintar ☺

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 5 Halaman 42, 43, 44, 45, 46."

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel