Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 11, 13, 14, 15, 16, 18

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 8 Halaman 11, 13, 14, 15, 16, 18. Pembelajaran Tema 8 Kelas 6 Bumiku Subtema 1 Pembelajaran 2 yang materi dan kunci jawaban tematik mengenai Perbedaan Waktu dan Pengaruhnya tepatnya terdapat pada halaman 11, 13, 14, 15, 16, 18.

Selain membahas tentang jawaban soal-soal, terdapat juga rangkuman materi Tema 8 Kelas 6 SD Kurikulum 2013 (K13) yang terdapat pada pembelajaran 2 subtema 1 yaitu pada halaman 11, 13, 14, 15, 16, 18.

Buku Tematik Siswa yang digunakan sebagai sumber pembelajaran di kelas 6 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Cetakan ke-2 Revisi 2018.

Dalam Materi Pembelajaran 1 Subtema 1 Perbedaan Waktu dan Pengaruhnya terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan oleh siswa secara mandiri, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kunci jawaban tematik pada halaman  11, 13, 14, 15, 16, 18, setiap soal tematik yang ada pada buku siswa tematik  terpadu kurikulum 2013 (K13) kelas 6 ini.

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa sehingga diharapkan dapat membantu peserta didik khususnya siswa-siswi kelas 6 SD dalam melatih keterampilan menjawab soal Tema 8 yang nantinya dapat berguna pada saat mengerjakan soal-soal penilaiaan harian (PH), Penilaian Tengah Semester (PTS) maupun Penilaian Akhir Semester (PTS).

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman  11, 13, 14, 15, 16, 18.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 11 13 14 15 16 18

Saat  bangun  pagi, Udin   teringat  akan  mimpinya semalam.  Ia  bermimpi bertemu dengan teman-teman lama yang  berada di daerah lain  di Indonesia. Udin  rindu ingin bertemu dengan mereka. Ia kemudian bertanya dalam hati, sedang melakukan apakah mereka di sana sepagi ini?

Ayo Mengamati

Saat  bangun  pagi, Udin   teringat  akan  mimpinya semalam.  Ia  bermimpi bertemu dengan teman-teman lama yang  berada di daerah lain  di Indonesia. Udin  rindu ingin bertemu dengan mereka. Ia kemudian bertanya dalam hati, sedang melakukan apakah mereka di sana sepagi ini?

Yuk, kita amati kegiatan teman-teman Udin di bawah ini.
Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 11 13 14 15 16 18
Batusangkar, Sumatera Barat Pukul 05:00 WIB
Sayup-sayup terdengar ayam berkokok. Buyung menggeliat malas untuk membuka matanya. Sejuk  pagi masih terasa. Akan tetapi, Buyung harus segera bangun untuk menunaikan ibadah dan bersiap-siap ke sekolah.

Mamuju, Sulawesi Barat Pukul 06:00 WITA
Alang  mengayuh sepedanya menuju sekolah. Cukup  20 menit mengayuh, ia sudah tiba di sekolah. Masih ada waktu 10 menit, sebelum bel masuk berbunyi. Alang selalu datang lebih  awal agar ada waktu untuk bermain dengan teman-teman sebelum mulai belajar.

Jailolo, Maluku Utara Pukul 07:00 WIT
Ferdi membaca sekilas soal  di kertasnya dengan tersenyum. Hari ini, ulangan matematika pada jam  pertama. Kemarin sore,  Ferdi sudah belajar dengan teman-temannya. Ia yakin,  soal  yang diberikan Pak  Sammy dapat dikerjakannya dengan mudah. 

Waktu menunjukkan pukul 19.00 WIB, 20.00 WITA , 21.00 WIT

Batusangkar, Sumatera Barat Pukul 19:00 WIB
Buyung mengambil nasi dan sayur. Buyung dan keluarganya makan malam bersama. Pada waktu makan malam, mereka biasa bertukar cerita tentang kegiatan hari itu.  Buyung bersyukur, Ayah dan Ibu selalu menemaninya setiap malam. Waktu  makan malam selalu menjadi waktu yang  dinanti.

Mamuju, Sulawesi Barat Pukul 20:00 WITA
Alang  sedang mengerjakan PR. Tidak terlalu banyak PR hari ini, Alang sudah mengerjakan sebagian tugasnya sejak beberapa hari yang  lalu. Satu jam lagi Alang  harus bersiap-siap tidur. Pada hari sekolah, Ibu tidak mengizinkan Alang  menonton televisi. Alang paham, Ibu ingin dia konsentrasi dalam belajar.

Jailolo, Maluku Utara Pukul 21:00  WIT
Hujan rintik-rintik masih terdengar di luar.  Dingin udara malam mulai terasa. Ferdy sudah akan berselimut di tempat tidurnya. Kantuk mulai datang, tetapi Ferdy masih mencoba untuk menyelesaikan membaca beberapa halaman bukunya. Ia terbiasa membaca buku  sebelum tidur. Namun, Ferdy tidak membaca sambil tiduran.

Amati kembali peta perbedaan waktu yang disajikan di halaman sebelumnya. Tuliskan perbedaan waktu yang kamu temui berdasarkan wilayah pada peta. Bagaimana perbedaan itu  memengaruhi kegiatan teman-teman  Udin  yang diceritakan di atas?

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 11

Menurutmu, apa penyebab perbedaan waktu tersebut?

Perbedaan waktu karena rotasi bumi dan juga perbedaan garis bujur. Setiap tempat di muka bumi memiliki selisih garis buju 15 derajat dan akan mempunyai selisih waktu 1 jam.

Dari cerita tentang kegiatan  teman-teman Udin yang tinggal di tempat berbeda, apa yang  dapat kamu simpulkan?

Indonesia di bagi menjadi 3 bagian waktu, Yaitu Waktu Indonesia Bagian Barat, Waktu Indonesia Bagian Tengah, Waktu Indonesia Bagian Timur. Perbedaan waktu tersebut mempengaruhi kegiatan manusia sehari-hari.

Ayo Mengamati

Wilayah Indonesia dibagi  menjadi tiga daerah waktu. Pembagian ini menyebabkan adanya perbedaan waktu. Perbedaan waktu ini akan memengaruhi kegiatan sehari-hari.

Kegiatan  Udin  berbeda dengan kegiatan teman-temannya yang berada di daerah lain pada waktu yang sama. Perbedaan tersebut ada hubungannya dengan pembagian waktu di Indonesia. Oleh karena itu, Udin ingin mengetahui apa yang menjadi dasar pembagian waktu di Indonesia. Udin juga ingin mengetahui pembagian waktu di dunia.

Kamu akan membantu Udin untuk memahaminya melalui kegiatan berikut.

1. Amati gambar peta berikut atau bola dunia yang ada di kelasmu!
Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 11 13 14 15 16 18
2. Amati  garis yang  melintang pada globe/ petamu yang  membelah Bumi  menjadi belahan utara dan selatan !

3. Amati pula garis membujur yang  membelah Bumi  menjadi belahan barat dan timur !

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 13

Tuliskan hal-hal lain yang kamu temui dari  hasil pengamatanmu pada kotak berikut !

Pada peta atau bola dunia terdapat garis-garis pada peta atau bola dunia terdapat garis yang melintang yang di sebut garis lintang dan garis yang menbujur yang disebut garis bujur.

Ayo Membaca

Bacalah dan cermati teks informasi berikut ini!

Sebelum kamu mulai membaca, lakukan kegiatan di bawah ini!

1. Sebutkan kata kunci yang kamu temukan pada judul bacaan!

Kata kunci pada judul bacaan adalah "Akibat Perputaran Bumi".

2.   Berdasarkan kata kunci  tersebut, perkirakan informasi yang  akan kamu dapatkan dari  bacaan.

Perkiraan Informasi yang akan didapatkan dari bacaan :
  • Pengertian garis bujur dan garis lintang
  • Akibat yang ditimbulkan perputaran bumi

3.   Buatlah  kelompok yang   terdiri atas  empat  orang. Secara bergantian, sebutkan kata kunci  yang  ditemukan pada judul  dan perkiraan informasi yang  akan didapatkan dari  bacaan.

Perputaran Bumi dan Akibatnya

Bumi kita berputar membentuk lingkaran 360 derajat dan membutuhkan waktu 24  jam  untuk satu kali  putaran. Apa  akibat perputaran tersebut? Untuk mengetahuinya, amati bola  dunia atau peta dunia serta garis yang tampak di dalamnya. Tahukah kamu, garis yang  tampak pada bola  dunia atau peta dunia disebut garis lintang (paralel) dan garis bujur  (meridian).

Garis lintang adalah garis khayal horizontal yang melingkari Bumi. Garis lintang dibedakan  menjadi  dua, yaitu Lintang Utara (LU) dan Lintang Selatan (LS). Garis lintang itu digunakan sebagai pedoman untuk pembagian wilayah iklim.

Garis bujur adalah garis khayal membujur yang membelah Bumi menjadi belahan barat dan belahan timur. Garis bujur yang terletak di belahan barat disebut garis Bujur Barat (BB), sedangkan yang  terletak di belahan timur disebut garis Bujur Timur (BT). Garis bujur digunakan sebagai pedoman untuk pembagian wilayah waktu.

Garis Bujur Barat (BB) dan garis Bujur Timur  (BT) berhimpit di garis 0˚ Greenwich. Garis  ini  melalui Greenwich Observatory di  Kota  London, Inggris. Oleh  karenanya, kota itu ditetapkan sebagai penentu waktu inter- nasional.

Saat berotasi 1° derajat, maka Bumi membutuhkan waktu 4 menit. Apabila berputar 15°, Bumi membutuhkan waktu satu jam. Berdasarkan perhitungan itulah, setiap tempat di muka Bumi  yang  mempunyai selisih garis bujur 15° akan mempunyai perbedaan waktu satu jam.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 14

Ayo Berlatih

Dari bacaan di  atas, temukan kosakata-kosakata baru. Tuliskan kosakata-kosakata tersebut pada kolom yang disediakan. Carilah definisinya dengan melihat Kamus Besar Bahasa Indonesia. Gunakan kosakata tersebut dalam kalimat. Jelaskan makna kosakata tersebut kepada temanmu sesuai dengan kalimat yang kamu buat.
Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 11 13 14 15 16 18

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 15

Ayo Membaca

Bacalah kembali teks bacaan yang  berjudul “Perputaran Bumi dan Akibatnya”. Garis bawahi kata-kata yang menunjukkan informasi-informasi penting. Tuliskan informasi-informasi penting tersebut dalam tabel berikut.
Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 11 13 14 15 16 18

Informasi Penting Paragraf 1 :
Bumi berputar membentuk lingkaran 360 derajat, perputaran tersebut membutuhkan waktu 24 jam untuk satu kali putaran. Garis yang tampak pada bola dunia disebut garis lintang (paralel) dan garis lurus (median).

Informasi Penting Paragraf 2 :
Garis lintang adalah khayal horizontal yang melingkari bumi yang digunakan sebagai pedoman untuk pembagian wilayah iklim; Garis lintang dibedakan menjadi dua yaitu Lintang Utara (LU) dan Lintang Selatan (LS).

Informasi Penting Paragraf 3 :
Garis bujur adalah garis khayal membujur yang membelah Bumi menjadi belahan Barat dan Timur yang digunakan sebagai pedoman untuk pmbagian wilayah waktu. Garis bujur lyang terletak sebelah barat disebut garis Bujur Barat (BB), sedangkan yang terletak di belahan Timur disebut garis Bujur Timur (BT).

Informasi Penting Paragraf 4 :
Garis Bujur Barat (BB) dab garis Bujur Timur (BT) berhimpit di garis OGreenwich. 

Informasi Penting Paragraf 5 :
Saat Bumi berotasi 1o, maka Bumi membutuhkan waktu 4 menit dan setiap tempat dimuka Bumi yang mempunyai selisih garis bujur 15akan mempunyai perbedaan waktu 1 jam. 

Ayo Berkreasi

Buatlah kelompok kerja yang terdiri atas tiga atau empat orang.

Kumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang peristiwa rotasi Bumi dan dampaknya.

Olahlah kembali informasi-informasi tersebut dan sajikan dalam bentuk buku informasi.

Ikuti langkah-langkah berikut.

1. Bagilah kertas A4 menjadi empat bagian yang sama besarnya. Tentukan judul bukumu. Buatlah judul yang menarik sehingga membuat orang ingin membacanya.

2. Tentukan gambar yang akan kamu gunakan untuk sampul depan buku informasimu.

3. Halaman 2 berisi penjelasan tentang peristiwa rotasi Bumi dan akibatnya.

4. Halaman 3 berisi kegiatan percobaan yang dapat dilakukan untuk menunjukkan fenomena rotasi bumi dan akibatnya.

5. Halaman 4 berisi kosakata-kosakata yang berkaitan dengan peristiwa rotasi bumi dan definisinya.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 16

Judul : 
Peristiwa Rotasi Bumi dan Dampaknya

Penjelasan tentang peristiwa rotasi Bumi dan akibatnya :
Rotasi bumi adalah perputaran bumi pada porosnya. Bumi berputar membentuk lingkaran sampai 360 derajat dan membutuhkan waktu 24 jam untuk satu kali putaran.

Rotasi Bumi mengakibatkan terjadinya siang dan malam serta perbedaan waktu dan setiap tempat yang mempunyai selisih garis bujur 15 derajat akan mempunyai perbedaan waktu 1 jam.

Kegiatan percobaan yang dapat dilakukan untuk menunjukkan fenomena rotasi bumi dan akibatnya :
  1. Peganglah senter dan satu temanmu mememang globe
  2. Arahkan senter (jangan dinyalakan) menghadap globe. Amati globe.
  3. Nyalakan senter. Amati globe.
  4. Terdapat perbedaan pada globe, antara sebelum dan sesudah senter dinyalakan.
Globe (Bumi) mengelilingi porosnya. Bagian globe yang mendapatkan sinar senter (matahari) menjadi terang (siang) dan yang tidak terkena sinar senter menjadi gelap (malam)

Kosakata-kosakata yang berkaitan dengan peristiwa rotasi bumi dan definisinya.
  1. Paralel : Sejajar
  2. Meridian : Lingkaran khayal pada permukaan bumi
  3. Lintang : Garis atau lingkaran dari Timur ke Barat pada peta Globe
  4. Bujur : Posisi timur atau barat suatu tempat di permukaan bumi
  5. Khayal : Yang di angan-angankan seperti benar-benar ada.

Ayo Bernyanyi

Sungguh luar  biasa keagungan Tuhan. Bumi, langit dan isinya adalah bukti nyata mahakarya Tuhan Yang Maha Esa. Sudah selayaknya kita selalu mengucapkan syukur atas anugerah tersebut. Alam   raya ciptaan Tuhan sungguh mengagumkan. Rasa kagum manusia  terhadap ciptaan Tuhan dapat diungkapkan melalui berbagai cara, salah satunya adalah melalui lagu. Ingatkah kamu tentang interval nada?

Kamu telah mempelajari tentang interval  nada di tema sebelumnya. Ayo, kita ingat kembali materi tentang interval nada.

Jarak antara dua buah nada dikenal sebagai interval. Jika dua buah nada tersebut dimainkan secara  bersama-sama, kita mengenalnya dengan istilah interval harmonis. Jika dua buah nada tersebut dimainkan satu nada  kemudian disusul dengan nada yang lain secara berurutan, kita mengenalnya dengan istilah interval melodis.

Pernahkah kamu mendengar lantunan lagu “Ambilkan Bulan, Bu“?

Lagu “Ambilkan Bulan, Bu” merupakan lagu anak-anak ciptaan Bapak A.T. Mahmud. Bapak A.T. Mahmud menciptakan banyak lagu anak-anak yang sarat dengan makna.

Amati lirik dan notasi lagu ”Ambilkan Bulan, Bu” di bawah ini!
Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 11 13 14 15 16 18

Identifikasilah interval nada pada lagu  “Ambilkan  Bulan,  Bu” dengan tangga nada C mayor. Gunakan gambar interval nada di bawah ini sebagai acuanmu !
Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 11 13 14 15 16 18

Dapatkah kamu menemukan interval dalam lagu “Ambilkan Bulan,  Bu”?

Interval  seperti   apa   yang kamu temukan dalam lagu tersebut?

Berlatihlah menyanyikan lagu  “Ambilkan Bulan,  Bu”. Lantunkan lagu  tersebut di depan kelas dengan percaya diri.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 18

Ayo Renungkan

Kamu  sudah belajar tentang banyak hal hari ini. Buatlah ringkasan sederhana untuk mengingatkanmu kembali tentang hal-hal yang  sudah kamu pelajari.

Kamu dapat menggunakan poin-poin di bawah ini sebagai acuan untuk membuat ringkasanmu. 

• Jelaskan kosakata-kosakata yang  terkait dengan topik (rotasi, garis lintang, garis bujur).
  • Paralel : Sejajar
  • Meridian :Lingkaran khayal pada permukaan bumi
  • Garis meridian adalah garis khayal membujur yang membelah Bumi menjadi belahan Barat dan Timur.
  • Lintang : Garis atau lingkaran yang dibuat dari arah timur ke barat pada peta bumi dan globe sebagai salah satu koordinat untuk menentukan letak tempat pada suatu permukaan bumi.
  • Bujur : Posisi Timur atau Barat suatu tempat di permukaan bumi
  • Khayal : Yang diangan-angankan seperti benar-benar ada.

• Jelaskan pembagian waktu khususnya di Indonesia.

Pembagian Waktu di Indonesia :
  • Waktu Indonesia Bagian Barat (WIB)
  • Waktu Indonesia Bagian Tengah (WITA)
  • Waktu Indonesia Bagian Timur (WIT)

• Jelaskan pengaruh dari peristiwa rotasi bumi.

Peristiwa rotasi bumi menyebabkan terjadinya siang dan malam yang menunjukkan adanya perbedaan waktu.

Demikianlah hasil dari pembahasan soal tematik mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 11, 13, 14, 15, 16, 18, semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian serta juga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Untuk adik-adik sekalian perbanyaklah membaca buku dan giat-giat lah mengerjakan latihan soal tematik dan jangan lupa bersyukur untuk hari ini. Terimakasih, Salam Pintar ☺

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 11, 13, 14, 15, 16, 18"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel