Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 4 Halaman 32, 33, 35, 36, 37, 38, 39.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 4 Halaman 32, 33, 35, 36, 37, 38, 39 - Pembelajaran 4 Tema 8 Kelas 4 Daerah Tempat Tinggalku Subtema 1 yang materi dan kunci jawaban tematik mengenai Lingkungan Tempat Tinggalku tepatnya terdapat pada halaman 32, 33, 35, 36, 37, 38, 39.

Buku Tematik Siswa yang digunakan sebagai sumber pembelajaran di kelas 4 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (k13) Cetakan ke-4 Revisi 2017.

Dalam Materi Pembelajaran 4 Subtema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan oleh siswa secara mandiri, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kunci jawaban tematik kelas 4 tema 8 pada halaman 32, 33, 35, 36, 37, 38, 39, setiap soal tematik yang ada pada buku siswa tematik  terpadu kurikulum 2013 (K13) kelas 4 ini. 

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa dapat diharapkan membantu guru dan siswa khusus nya kelas 4 SD supaya dapat menemukan jawaban alternatif dari soal tematik, berikut ini kami bagikan alternatif Kunci Jawaban soal Tematik kelas 4 tema 8 subtema 1 pembelajaran 4 yang terdapat pada halaman 32, 33, 35, 36, 37, 38, 39.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 8 Pembelajaran 4 Subtema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku Halaman 32, 33, 35, 36, 37, 38, 39.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 8 Subtema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku Pembelajaran 3 Halaman 32 33 35 36 37 38 39

Dayu dan Kak Gusti memiliki kegemaran olahraga berbeda. Dayu gemar bersepeda dan Kak Gusti gemar berlari. Keduanya sering berolahraga bersama. Bahkan, terkadang Kak Gusti membonceng Dayu apabila kecapaian. Dayu dengan senang hati membantu kakaknya.

Keragaman karakteristik individu tidak hanya keragaman fisik, tetapi juga dapat berupa keragaman kegemaran. Seperti Dayu dan Kak Gusti, mereka memiliki kegemaran berbeda. Namun, keduanya dapat hidup rukun dan saling membantu. Bagaimana denganmu? Apa kamu juga memiliki kegemaran berbeda dengan anggota keluargamu? Ayo, lakukan kegiatan berikut.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 4 Halaman 32 & 33

Ayo Menulis

1. Lakukan wawancara dengan anggota keluargamu.

2. Tanyakanlah mengenai kegemaran setiap anggota keluargamu.

3. Lengkapilah kolom berikut berdasarkan hasil wawancara yang telah kamu lakukan.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 8 Subtema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku Pembelajaran 3 Halaman 32 33 35 36 37 38 39

4. Apa manfaat keragaman kegemaran yang ada dalam keluargamu?

Manfaat nya adalah sebagai salah satu alat persatuan dan keharmonisan dalam keluarga dan melatih sikap toleransi.

5. Tuliskan kesimpulan hasil wawancaramu pada kolom berikut.

Kegemaran dalam keluarga sangatlah beragam mulai dari Ayah gemar bermain Bulu Tangkis dan Ibu gemar memasak sedangkan kakak gemar bermain Sepak Bola dan saya gemar Membaca.

Kegiatan ekonomi adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan, barang, atau jasa tertentu dengan tujuan mencapai kesejahteraan dalam hidupnya. Berikut macam-macam kegiatan ekonomi.

1.  Produksi adalah kegiatan menghasilkan barang dan jasa. Orang yang melakukan kegiatan ini disebut produsen.

2.  Distribusi adalah  kegiatan  menyalurkan barang hasil  produksi dari produsen kepada konsumen. Orang yang melakukan kegiatan ini disebut distributor.

3.  Konsumsi adalah kegiatan memakai barang-barang hasil produksi.
Orang yang melakukan kegiatan ini disebut konsumen.

Ayo Membaca

Kabupaten Tabanan

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 8 Subtema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku Pembelajaran 3 Halaman 32 33 35 36 37 38 39

Tabanan merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Bali. Kabupaten ini terletak di bagian selatan Pulau Bali. Daerah Tabanan didominasi oleh pegunungan dan pantai.

Sepertiga wilayah Kabupaten Tabanan digunakan sebagai lahan persawahan sehingga kabupaten ini  dikenal sebagai daerah agraris. Potensiunggulan Kabupaten Tabanan adalah bidangpertanian . Sebagian besar mata pencaharian penduduknya adalah petani.

Hasil pertanian di Kabupaten Tabanan berupa padi dan sayuran. Sayuran dihasilkan di daerah bertopografi tinggi seperti Baturiti. Hasil sayuran digunakan untuk memenuhi kebutuhan hotel, restoran, dan supermarket di Bali.

Selain pertanian, ternak unggulan Kabupaten Tabanan adalah ayam. Peternakan ayam buras, petelur, dan pedaging berada di Desa Udu dan Bolangan, Kecamatan Penebel. Di Kabupaten Tabanan juga berkembang industri kerajinan, seperti anyaman bambu, keramik, gerabah, logam, dan perak. Industri ini berkembang di Desa Pejaten, Kecamatan Kediri.

Objek wisata di Kabupaten Tabanan juga berkembang pesat. Objek wisata tersebut antara lain Tanah  Lot, Alas Kedaton, Bedugul, Ulun,

Danau Berantan, dan Kebun Raya Eka Karya. Perkembangan objek wisata ini mendukung berkembangnya usaha jasa seperti restoran, hotel, dan penginapan. Selain dimanfaatkan sebagai objek wisata, potensi kelautan Kabupaten Tabanan juga dimanfaatkan masyarakat sekitar untuk menangkap ikan.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 4 Halaman 35 & 36

Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan bacaan di atas.

1. Apa saja kegiatan ekonomi di Kabupaten Tabanan?

a. Produksi :
Kegiatan produksi meliputi pertanian, perternakan dan industri kerajinan.

b. Distribusi :
Kegiatan distribusi meluputi perdagangan/penjualan.

2. Apa saja jenis pekerjaan yang terkait dengan kegiatan ekonomi di Kabupaten Tabanan?

a. Produksi :
Petani, Peternak, Perajin dan Nelayan.

b. Distribusi :
Pedagang, Sopir, Kuli Angkut, dan Agen.

c. Konsumsi:
Kegiatan konsumsi meliputi pembelian sayuran unttuk masyarakat dan hotel.

Ayo Mengamati  

1. Amatilah tempat tinggalmu.

2. Identifikasilah kegiatan ekonomi yang ada di lingkungan tempat tinggalmu.

3. Identifikasi pula jenis pekerjaan yang terkait dengan kegiatan ekonomi itu.

4. Tuliskan hasilnya pada kolom berikut.

a. Contoh kegiatan ekonomi di lingkungan tempat tinggalku.

1. Produksi :
Petani, Peternak (Siswa dapat menambahkan sendiri jawabannya sesuai keadaan tempat tinggal masing-masing)

2. Distribusi :
Kegiatan distribusi meliputi perdagangan dan penjualan

3. Konsumsi :
Kegiatan konsumsi meliputi pembelian sayur dan daging

b. Jenis pekerjaan yang terkait dengan kegiatan ekonomi di lingkungan tempat tinggalku.

1. Produksi :
Nelayan, Petani, Peternak

2. Distribusi :
Pedagang, Sopir dan Peternak

3. Konsumsi :
Kegiatan konsumsi meliputi pembelian Sayuran, ikan dan telor yang dilakukan oleh masyarakat.

5. Tuliskan kesimpulan dari  hasil pengamatanmu.

Di daerah tempat saya tinggal kegiatan ekonominya sangat beragam dan berjalan dengan lancar karena adanya perbedaan kebutuhan bagi masyarkat.

Pada pembelajaran sebelumnya, kamu telah mempelajari tentang tokoh pada cerita fiksi.  Tokoh  cerita fiksi  dibedakan menjadi  dua,  yaitu  tokoh utama dan tokoh tambahan. Tokoh utama adalah tokoh yang  memiliki peran penting dalam  cerita, ditampilkan terus-menerus,  dan  mendominasi  cerita. Tokoh tambahan adalah tokoh yang dimunculkan sekali atau beberapa kali dalam cerita. Tokoh  ini  biasanya untuk menghidupkan cerita atau sekadar pemanis cerita. Dapatkah kamu mengidentifikasi tokoh utama dan tokoh tambahan dalam
sebuah cerita fiksi? Ayo lakukan kegiatan berikut.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 4 Halaman 38 & 39

Ayo Berlatih

1. Bacalah kembali cerita berjudul “Asal Mula Bukit Catu” pada pembelajaran sebelumnya.

2. Identifikasilah tokoh utama dan tokoh tambahan pada cerita tersebut.
Kemudian, jawablah pertanyaan berikut.

a. Siapa tokoh utama dalam cerita berjudul“Asal Mula Bukit Catu”?

Suami dan Istri

b. Mengapa tokoh tesebut disebut tokoh utama? Jelaskan alasanmu.

Karena memiliki peran yang sangat penting dalam cerita yang berjudul Asal Mula Bukit Catu.

c. Siapa tokoh tambahan dalam cerita berjudul“Asal Mula Bukit Catu”?

Para Penduduk Desa

d. Mengapa tokoh tesebut disebut tokoh tambahan? Jelaskan alasanmu.

Karena penduduk Desa hanya beberapakali muncul dalam cerita

Demikianlah hasil dari pembahasan soal tematik mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 4 Halaman 23, 24, 25, 26, 28, 29. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian serta juga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi.. Terimakasih, Salam Pintar ☺

2 Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 4 Halaman 32, 33, 35, 36, 37, 38, 39."

  1. Terima kasih 😄😄😄

    BalasHapus
  2. Trrimakasih google 😘✍aku bisa jadi pintar 😎🤩🙏👍

    BalasHapus

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel