Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 3 Halaman 71, 73, 74, 75.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 3 Halaman 71, 73, 74, 75. Pembelajaran 3 Tema 8 Kelas 6 Bumiku Subtema 2 yang materi dan kunci jawaban tematik mengenai Bumiku dan Musimnya tepatnya terdapat pada halaman 71, 73, 74, 75.

Selain membahas tentang jawaban soal-soal, terdapat juga rangkuman materi Tema 8 Kelas 6 SD Kurikulum 2013 (K13) yang terdapat pada pembelajaran 3 subtema 2 yaitu pada halaman 71, 73, 74, 75.

Buku Tematik Siswa yang digunakan sebagai sumber pembelajaran di kelas 6 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Cetakan ke-2 Revisi 2018.

Dalam Materi Pembelajaran 3 Subtema 2 Bumiku dan Musimnya terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan oleh siswa secara mandiri, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kunci jawaban tematik pada halaman 71, 73, 74, 75, setiap soal tematik yang ada pada buku siswa tematik  terpadu kurikulum 2013 (K13) kelas 6 ini.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 8 Pembelajaran 3 Subtema 1 Bumiku dan Musimnya Halaman 71, 73, 74, 75.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 8 Pembelajaran 3 Subtema 1 bumiku dan musimnya Halaman 71 73 74 75

Ayo Membaca

Ayo, kita ingat kembali tentang negara-negara tetangga Indonesia.

Lalu,  bagaimana dengan kondisi sosial budayanya? Apakah sama dengan kondisi sosial budaya di Indonesia? Atau  berbeda?

Ayo, kita  baca informasi tentang keadaan sosial budaya di Singapura.

Singapura

Singapura termasuk negara dengan penduduk yang padat. Sebanyak 85% rakyat Singapura tinggal di rumah susun. Penduduknya terdiri atas etnis Tionghoa, Melayu, dan India. Rakyatnya menganut agama Buddha, Islam, Kristen, dan Tao. Penduduknya berbahasa Inggris, Mandarin, Melayu dan Tamil. Rakyat Singapura sangat disiplin dalam masalah kebersihan. Singapura menjadi negara paling bersih di Asia. Singapura banyak dikunjungi para wisatawan. Mereka ingin berbelanja di Singapura.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 3 Halaman 71

Bacalah kembali informasi tentang kadaan geografis negara Singapura. Bersama dengan temanmu lakukan analisis sederhana tentang hubungan keadaan geografis negara-negara tersebut dengan keadaan sosial budayanya.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 8 Pembelajaran 3 Subtema 1 bumiku dan musimnya Halaman 71 73 74 75

NEGARA SINGAPURA

Kondisi Geografis

Bahwa letak astronomis Singapura adalah 1°11’ LU – 1°28’ LU dan antara 103°38’BT – 104°5’ BT, luas wilayah negara ini kurang lebih 658 km persegi serta batas-batas geografisnya adalah:
  • Sebelah utara berbatasan dengan selat johor.
  • Sebelah selatan berbatassan dengan selat singapura.
  • Sebelah timur berbatasan dengan selat karimata.
  • Sebelah barat berbatasan dengan selat malaka.

Kondisi Sosial Budaya

Kondisi sosial budaya negara Singapura​ dapat dilihat berdasarkan jumlah penduduk, suku bangsa, bahasa dan agama yang dianut oleh penduduk Singapura. Yakni:

Jumlah Penduduk

Jumlah penduduk Singapura adalah sebanyak 6,209,660 pada tahun 2020.

Suku bangsa

Suku bangsa Singapura dapat dilihat di bawah ini, yakni:
  • Bangsa Tiongkok/ Cina sebesar 74.3%
  • Bangsa Melayu sebesar 13.4%
  • Bangsa India sebesar 9%
  • Bangsa lain seperti Filipina, Eropa, Amerika Utara, Australia, Bangladesh, Timur Tengah dan lainnya sebesar 3.2%
Bahasa

Bahasa yang digunakan adalah bahasa Inggris yang diikuti oleh bahasa Mandarin, bahasa Melayu, dan bahasa Tamil.

Agama

Agama yang dianut oleh Singapura dapat dilihat di bawah ini, yakni:
  • Agama Buddha sebesar 33.2%
  • Agama Kristen sebesar 18.8%
  • Tidak beragama atau netral sebesar 18.5%
  • Agama Islam sebesar 14%
  • Agama Tao sebesar 10%
  • Agama Hindu sebesar 5%
  • Agama lain sebesar 0.6%

Analisi Hubungan Kondisi Geografis dan Sosial Budaya

Singapura berawal dari kata sansekerta, yakni Singa dan Pura. Pura berarti kota. Singapura berarti kota Singa.  Singapura merupakan negara yang mempunyai kepadatan penduduk paling tinggi di dunia. Jumlah masyarakat Singapura mencapai 4.608.167 jiwa tahun 2008 dengan angka perkembangan penduduk mencapai 1,08%.  Hal tersebut dikarenakan masyarakat Singapura sebagian besar merupakan pendatang. Etnis kebanyakan menduduki Singapura adalah Etnis Cina, kurang lebih 77,3% sedangkan etnis lain adalah etnis Melayu kurang lebih 14%,  1% etnis india serta etnis Pakistan 7,3%, dan etnis lainnya sebesar 1,3%.  

Singapura merupakan negara maju yang mempunyai pendapatan per kapita sangat besar. Perekonomian Singapura adalah pengolahan barang impor serta ekspor pada industri manufakturing seperti pengerjaan minyak bumi, bahan kimia, elektronik, perkapalan, pengolahan, pengolahan karet serta pengolahan makanan. Hal tersebut dikarenakan letak geografis Singapura yang terletak di jalur perdagangan internasional. Keuntungan letak Geografis singapura mencakup:

Jalur perdagangan yang ramai menjadi sumber ekonomi, Singapura merupakan pelabuhan singgah bagi kapal dagang dari berbagai negari.  
Destinasi wisata yang bervariasi.

Setiap negara memiliki keunikan sosial budaya. Begitu juga dengan kondisi lingkungan alamnya. Meskipun memiliki lingkungan alam yang berbeda-beda, setiap negara pasti memiliki kepedulian yang sama terhadap kelestarian lingkungan hidupnya. Perhatikan infografis yang disajikan di bawah ini!

Bersama dengan temanmu, lakukan analisis terhadap infografis yang disajikan dan identifikasi informasi-informasi yang kamu dapatkan dari infografis tersebut.

Sajikan kembali informasi-informasi yang kamu temukan dalam bentuk peta pikiran.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 8 Pembelajaran 3 Subtema 1 bumiku dan musimnya Halaman 71 73 74 75

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 3 Halaman 73

Peta Pikiran Manfaat Konservasi Alam

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 8 Pembelajaran 3 Subtema 1 bumiku dan musimnya Halaman 71 73 74 75

Ayo Mengamati

Menjaga kelestarian lingkungan hidup merupakan tanggung jawab bersama. Setiap warga negara bertanggung jawab melakukan upaya-upaya untuk melestarikan lingkungan hidup. Apakah kamu tahu makna tanggung jawab?

Tangung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatan baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajibannya.

Setiap manusia memiliki tanggung jawab masing-masing sesuai dengan posisi dan kedudukan yang  dimilikinya. Misalnya dalam  sebuah  keluarga, setiap anggota keluarga memiliki tanggung jawab yang berbeda sesuai dengan posisinya.

Gambarlah pohon keluargamu. Identifikasilah tanggung jawab setiap anggota keluargamu. Bandingkan hasil identifikasi tanggung jawab di keluargamu dengan tanggung jawab di keluarga temanmu.

Gunakan format pohon keluarga di bawah ini untuk membantumu!

Upaya menjaga dan melestarikan lingkungan hidup merupakan tangung jawab setiap warga masyarakat yang tinggal di lingkungan tersebut. Upaya ini dapat dimulai dari hal yang sederhana, yaitu membuang sampah pada tempatnya.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 3 Halaman 74

Di bawah ini disajikan infografis tentang sampah di Jakarta. Bersama temanmu cermatilah infografis tersebut. Analisislah informasi yang  kamu dapatkan dari infografis tersebut.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 8 Pembelajaran 3 Subtema 1 bumiku dan musimnya Halaman 71 73 74 75

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 8 Pembelajaran 3 Subtema 1 bumiku dan musimnya Halaman 71 73 74 75

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 3 Halaman 75

Identifikasi tanggung jawab kita sebagai anggota masyarakat dalam menjaga lingkungan kita  dari  sampah.

  • Membuang sampah pada tempatnya
  • Menjaga kebersihan saluran air
  • Mendaur ulang sampah
  • Menggunakan sumber daya alam secukupnya saja
  • Menjaga lingkungan dari Polusi udara dan limbah

Demikianlah hasil dari pembahasan soal tematik mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 3 Halaman 71, 73, 75. semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian serta juga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Untuk adik-adik sekalian perbanyaklah membaca buku dan giat-giat lah mengerjakan latihan soal tematik dan jangan lupa bersyukur untuk hari ini. Terimakasih, Salam Pintar ☺

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 3 Halaman 71, 73, 74, 75."

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel