Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 4 Halaman 77, 78, 79, 80.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 4 Halaman 77, 78, 79, 80. Pembelajaran 4 Tema 8 Kelas 6 Bumiku Subtema 2 yang materi dan kunci jawaban tematik mengenai Bumiku dan Musimnya tepatnya terdapat pada halaman 77, 78, 79, 80.

Selain membahas tentang jawaban soal-soal, terdapat juga rangkuman materi Tema 8 Kelas 6 SD Kurikulum 2013 (K13) yang terdapat pada pembelajaran 4 subtema 2 yaitu pada halaman 77, 78, 79, 80.

Buku Tematik Siswa yang digunakan sebagai sumber pembelajaran di kelas 6 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Cetakan ke-2 Revisi 2018.

Dalam Materi Pembelajaran 4 Subtema 2 Bumiku dan Musimnya terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan oleh siswa secara mandiri, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kunci jawaban tematik pada halaman 77, 78, 79, 80, setiap soal tematik yang ada pada buku siswa tematik  terpadu kurikulum 2013 (K13) kelas 6 ini.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 8 Pembelajaran 4 Subtema 1 bumiku dan musimnya Halaman 77, 78, 79, 80.


Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 8 Pembelajaran 4 Subtema 1 bumiku dan musimnya Halaman 77 78 79 80

Vietnam

Keadaan Sosial Budaya

Orang Vietnam  merupakan kelompok terbesar di negara Vietnam. Mereka disebut Viet atau Kinh. Mereka tinggal di tepi pantai. Orang Hoa (etnis Tionghoa) tinggal di dataran rendah. Pakaian tradisional wanita Vietnam disebut Ao Dai. Ao Dai dahulu dipakai oleh wanita dan pria. Sekarang kebanyakan dipakai oleh wanita.

Thailand

Keadaan Sosial Budaya

Thailand dikenal sebagai Negeri Gajah Putih. Penduduknya adalah etnis Thai dan Lao. Sebagian besar penduduk Thailand memeluk agama Buddha Theravada. Ada juga pemeluk agama Islam,  Kristen, dan Hindu. Bahasa Thailand merupakan bahasa nasionalnya. Bahasa inggris diajarkan di sekolah. Olahraga tinju tradisional Thailand disebut Muay Thai. Thailand merupakan daerah  tujuan  wisata. Banyak wisatawan mancanegara yang berkunjung. Mereka ingin mengunjungi objek  wisata pantainya, misalnya Pantai Pattaya.

Bacalah kembali informasi tentang  kadaan geografis negara Vietnam dan Thailand. Bersama dengan temanmu lakukan analisis sederhana tentang hubungan keadaan geografis negara-negara tersebut dengan keadaan sosial budayanya.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 3 Halaman 77

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 8 Pembelajaran 4 Subtema 1 bumiku dan musimnya Halaman 77 78 79 80

Kondisi Geografis Vietnam

Daerah Vietnam terdiri atas bukit-bukit dan gunung-gunung berhutan lebat dan sedikit dataran rendah. Pegunungan Utara terletak di bagian barat laut. Puncak tertingginya adalah Fan-Si-Pan(3.143 m). Di wilayah bagian utara terdapat gunung Tsin Ho dan di bagian selatan terdapatgunung Chu Yang Sin.Delta sungai Merah membentang dari pegunungan Utara sampai teluk Tonkin. Wilayah ini merupakan daerah pertanian. Pegunungan Annam merupakan rangkaian pegunungan di wilayah barat dari pegunungan Utarasampai 80 km di utara Ho Chi Minh City. Dataran pantai meliputi wilayah timur dan bagian tengah, membentang dari delta sungai Merahsampai sungai Mekong. Delta Mekong terbentuk oleh sungai Mekong. Sungai Mekong merupakan sungai yang sering dilanda banjir setiap tahunnya. Vietnam beriklim tropis musim.

Kondisi Sosial Budaya Vietnam

Bentuk pemerintahan Vietnam adalah republik sosialis dengan kepala negara presiden. Kepala pemerintahannya perdana menteri. Ibu kotanya Hanoi. Mata uang Vietnam adalah Dong. Bahasa nasionalnya adalah bahasa Vietnam. Agama yang dianut penduduknya adalah Buddha, Konghucu, Taoisme. Lagu kebangsaannya Tien Quan Ca (The March to the Front).Mayoritas penduduknya adalah etnis Vietnam, Khmer, dan Cham.

Analisis Hubungan Kondisi Geografis dan Sosial Budaya

Vietnam terletak di Semenanjung Indocina. Beriklim tropis, memiliki dua musim, yaitu penghujan dan kemarau. Dilewati Sungai Mekong, Sungai Songcay, Sungai Songgam, Sungai Songcau, sehingga tanahnya sangat subur, terutama di dataran rendah Sungai Songka (Sungai Merah). Sehingga banyak penduduknya yang berprofesi sebagai petani. Kegiatan ekonomi penduduk Vietnam yang utama adalah pertanian dengan hasil utama padi yang banyak diusahakan di delta-delta utama dan sepanjang dataran pantai. Kebudayaan Vietnam berpegang teguh pada konfusianisme yang menekankan pada tugas-tugas yang bersifat kekeluargaan.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 8 Pembelajaran 4 Subtema 1 bumiku dan musimnya Halaman 77 78 79 80

Kondisi Geografis Thailand

Medan di Thailand kebanyakan merupakan dataran tinggi. Sebagian besar Thailand utara terdiri dari pegunungan. Dataran rendah terdapat pada daerah di sekitar aliran sungai Chao Phraya yang mengalir ke teluk Thailand. Terdapat teluk Bangkok di sebelah selatannya. Gunung tertinggi di Thailand adalah gunung Doi Inthanon dengan ketinggian 2.565 meter diatas permukaan laut.

Pemerintah membagi Thailand menjadi enam wilayah geografis. Keenam wilayah geografis berbeda dalam hal populasi, sumber daya alam, kontur alam, dan tingkat pembangunan sosial dan ekonomi. Secara politis, Thailand terdiri dari 77 provinsi termasuk Bangkok. Penamaan provinsi disesuaikan dengan nama ibukota provinsi masing-masing.


Luas Thailand mencapai 513.120 kilometer persegi. Menjadikannya sebagai negara terluas ke-51 di dunia. Sedikit lebih kecil dari Yaman dan sedikit lebih luas dari Spanyol. Thailand memiliki panjang negara 1.609 km dan lebar 805 km.

Kondisi Sosial Budaya

Keadaan sosial budaya thailand suku yang terbesar di Thailand adalh suku Thai, Tionghoa, Melayu, Khmer, dll. Sebagian besar penduduk beragama Budha. Mereka tinggal di daerah utara dan tengah.

Analisis Hubungan Kondisi Geografis dan Sosial Budaya

Pemerintah membagi Thailand menjadi enam wilayah geografis. Keenam wilayah geografis berbeda dalam hal populasi, sumber daya alam, kontur alam, dan tingkat pembangunan sosial dan ekonomi. Secara politis, Thailand terdiri dari 77 provinsi termasuk Bangkok

Ayo Membaca

Bacalah Bacaan dibawah ini!

Garis bawahi kata kunci dan informasi penting yang kamu temukan dari bacaan!

Pembangunan Sektor Pertanian di Asia Tenggara

Pertanian merupakan sektor yang sangat strategis untuk menumbuhkan perekonomian negara, khususnya bagi negara-negara berkembang di kawasan Asia Tenggara. Tiga negara, yaitu Thailand, Vietnam, dan Kamboja, menjadi contoh dalam penelitian ini untuk melihat pembangunan sektor pertanian. Bagi ketiga negara tersebut, sektor pertanian adalah ‘kunci’ perekonomian mereka dari waktu ke waktu. Sektor pertanian mempunyai arti yang sangat

penting bagi masyarakat dan sangat berarti untuk menopang perekonomian negara di Asia Tenggara. Raja Bhumibol Adulyadej dari Thailand mengibaratkan “agriculture is  the human life” (RRI & DOA, 2004: 30), yang dapat diartikan bahwa kehidupan masyarakat sangat bergantung pada sektor pertanian.

Selain sebagai penyumbang perkembangan perekonomian, keuntungan lain yang  didapatkan dari  sektor pertanian adalah penyerapan tenaga kerja yang tinggi, khususnya tenaga kerja di pedesaan. Di Thailand, misalnya, dari  tahun 2001 sampai dengan 2006, sektor pertanian menyerap 38% sampai dengan 39% dari  seluruh total tenaga kerja (Encyclopedia of the Nations, 2001; Library of Congress, 2007). Sektor ini pun  telah berjasa dalam menyerap tenaga kerja yang  terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) ketika krisis  ekonomi regional melanda Thailand pada tahun 1997-1998. Sementara itu, Kamboja Data World Bank  (2005) menyebutkan bahwa sekitar 75%-85% penduduk bekerja pada sektor pertanian.

Sektor pertanian, terutama pertanian padi, merupakan sumber pendapatan utama bagi mayoritas petani di Thailand, Vietnam, maupun Kamboja. Ketiga negara ini mempunyai kelebihan sumber daya alam, antara lain  terdapatnya kawasan subur untuk budidaya  tanaman padi, seperti di Delta  Sungai Mekong. Sebagai penghasil beras yang utama, kawasan Delta Mekong ini seringkali disebut sebagai “rice  bowl”. Produksi pertanian  di  negara negara yang  termasuk dalam kawasan DAS Mekong menjadi andalan utama untuk mencukupi kebutuhan penduduknya, dan juga untuk ekspor. Saat ini, Thailand adalah produsen beras pertama terbesar di dunia, yang diikuti oleh Vietnam.

Walaupun Thailand, Vietnam, dan Kamboja dikenal sebagai negara-negara pengekspor beras, tetapi fluktuasi produksi beras tetap saja mereka alami. Di Vietnam dan Kamboja sebagai contoh, produksi beras sempat menurun ke level terendah ketika kedua negara ini masing-masing mengalami perang saudara. Perang telah membuat rusaknya lahan pertanian dan infrastruktur penunjang, seperti saluran irigasi. Setelah perang berakhir, produksi beras perlahan pulih dan bangkit.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 3 Halaman 78 & 79

Ayo Berlatih

Dari bacaan di atas, kesimpulan apa yang kamu dapatkan?

• Tuliskan secara ringkas kesimpulan yang kamu dapatkan dari bacaan.
Sebelumnya, identifikasi terlebih dahulu informasi penting yang kamu dapatkan dari bacaan.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 8 Pembelajaran 4 Subtema 1 bumiku dan musimnya Halaman 77 78 79 80

Gagasan Utama :
Pertanian merupakan sektor yang sangat strategis untuk menumbuhkan perekonomian negara di wilayah Asia Tenggara.

Kata Kunci :
  • Pertanian
  • Perekonomian Negara
  • Kawasan Asia Tenggara
Ringkasan Bacaan :
  • Pertanian merupakan sektor penggerak perekonomian negara-negara di kawasan Asia Tenggara. Negara itu antara lain yaitu, Thailand, Vietnam, dan Kamboja. Selain penyumbang perkembangan perekonomian, juga mempu menyerap tenaga kerja yang sangat tinggi. Sektor pertanian terutama padi, merupakan sumber utama bagi petani di Negara Thailand, Vietnam maupun Kamboja.

• Bekerjalah bersama dengan temanmu. Masing-masing membuat lima pertanyaan dari bacaan "Pembangunan Sektor Pertanian di Asia Tenggara." Tukarkan pertanyaan yang kamu buat dengan pertanyaan yang temanmu buat. Jawablah pertanyaan tersebut, kemudian periksalah jawabannya. Gunakan bacaan sebagai acuan untuk memeriksa jawaban.

Ayo Mengamati

Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 menyatakan bahwa warga negara  Indonesia berhak untuk mendapatkan  penghidupan yang layak. Setiap warga negara berhak untuk hidup secara layak di Indonesia dan mengusahakan suatu usaha untuk mencapai tujuan tersebut.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 4 Halaman 80

Pernyataan tersebut tercantum dalam Pasal 27 Ayat 2.
Pesan apa yang kamu dapatkan dari bunyi  pasal di atas?

Pesan yang didapat adalah warga negara berhak untuk mendapatkan pekerjaan guna memenuhi kebutuhannya hidupnya.

Apakah menurutmu dalam pasal tersebut juga disinggung tentang tanggung jawab warga negara dalam mengusahakan kehidupan yang  layak?

Ya

Kalimat yang  manakah yang  menyatakan hal tersebut?

Warga Negara Indonesia berhak untuk mendapatkan penghidupan yang layak.

Amatilah lingkungan sekitarmu.

Identifikasi kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh warga negara sebagai perwujudan tanggung jawabnya untuk mendapatkan kehidupan yang layak!

  • Bekerja dengan sungguh-sungguh.
  • Mendapat Upah yang baik.
  • Bekerja, berdagang atau membuka usaha mandiri.

Apa yang akan terjadi apabila warga negara tersebut tidak melakukan tanggung jawabnya?

Yang akan terjadi apabila warga negara tidak melakukan tanggung jawabnya maka akan sulit untuk tercapainya kehidupan yang layak bagi negara itu sendiri.

Demikianlah hasil dari pembahasan soal tematik mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 4 Halaman 77, 78, 79, 80. semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian serta juga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Untuk adik-adik sekalian perbanyaklah membaca buku dan giat-giat lah mengerjakan latihan soal tematik dan jangan lupa bersyukur untuk hari ini. Terimakasih, Salam Pintar ☺

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 4 Halaman 77, 78, 79, 80."

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel