Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 6 Halaman 46, 50.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 6 Halaman  46, 50  - Pembelajaran 6 Tema 2 Kelas 5 Udara Bersih Bagi Kesehatan Subtema 1 yang materi dan kunci jawaban tematik mengenai Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih tepatnya terdapat pada halaman 46, 50.

Buku Tematik Siswa yang digunakan sebagai sumber pembelajaran di kelas 5 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (k13) Cetakan ke-2 Revisi 2017.

Dalam Materi Pembelajaran 6 Subtema 1 Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan oleh siswa secara mandiri, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kunci jawaban tematik kelas 5 tema 2 pada halaman 46, 50, setiap soal tematik yang ada pada buku siswa tematik  terpadu kurikulum 2013 (K13) kelas 5 ini.

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa dapat diharapkan membantu guru dan siswa khusus nya kelas 5 SD supaya dapat menemukan jawaban alternatif dari soal tematik, berikut ini kami bagikan alternatif Kunci Jawaban soal Tematik kelas 5 tema 2 subtema 1 pembelajaran 6 yang terdapat pada halaman 46, 50.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 2 Pembelajaran 6 Subtema 1 Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih Halaman 46, 50.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 2 Subtema 1 cara tubuh mengolah udara bersih Pembelajaran 6 Halaman 46 50

Ayo Membaca

Suatu sore  Lani  bersama ayah dan ibu  sedang duduk di  teras. Teras rumah mereka menghadap taman  di  depan rumah. Di  taman itu  tumbuh aneka tanaman bunga. Di sudut taman  juga tumbuh pohon mangga. Suasana di teras rumah terasa sejuk.

Tiba-tiba Lani terbatuk-batuk. Lani mencium bau asap. Kelihatannya seseorang tengah membakar sampah daun-daun yang  belum kering. Asap sampah yang dibakar itu begitu pekat. Udara jadi  tercemar asap.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 6 Halaman 46

Ayo Berdiskusi

Ada  orang membakar sampah berupa daun-daun  yang   belum kering. Pembakaran sampah itu  menimbulkan asap tebal. Udara jadi  tercemar asap. Banyak orang jadi batuk-batuk akibat menghirup asap itu.

Menurutmu, bagaimana tindakan orang yang  membakar sampah itu?

Tindakan orang yang membakar sampah merupakan tindakan yang sangat tidak benar dan tidak bertangggung jawab.

Apakah dia  memenuhi tanggung jawabnya sebagai warga masyarakat?

Tentu tidak memenuhi tanggung jawabnya

Jika tidak, apa akibat dari  tindakannya itu?

Membakar sampah sembarangan dapat berbahaya bagi kesehatan dan dapat menyebabkan polusi udara.

Tuliskan pendapatmu, lalu diskusikan bersama teman-teman sekelasmu. Menjaga kenyamanan  lingkungan merupakan  salah  satu  tanggung  jawab warga  masyarakat.  Apa   saja  jenis-jenis  tanggung  jawab  sebagai  warga masyarakat? Bacalah teks bacaan berikut.

Jenis-Jenis Tanggung Jawab sebagai Warga Masyarakat

Tanggung jawab bersifat kodrati dan selalu melekat pada diri  setiap individu, terutama dalam kedudukannya sebagai warga masyarakat. Sebagai warga masyarakat, setiap individu hendaknya memperhatikan hal-hal yang menjadi tanggung jawabnya agar tercipta kehidupan masyarakat yang harmonis. Berikut jenis-jenis tanggung jawab warga masyarakat.

1. Memelihara Ketertiban dan Keamanan Hidup  Bermasyarakat

Memelihara ketertiban dan keamanan  hidup bermasyarakat menjadi tanggung  jawab setiap  anggota  masyarakat. Ketertiban  dan keamanan hidup bermasyarakat dapat diupayakan dengan membuat peraturan untuk dipatuhi bersama segenap warga masyarakat. Sebagai contohnya membuat peraturan jam   masyarakat dan jadwal kegiatan ronda malam. Peraturan jam   masyarakat dan  jadwal kegiatan ronda malam tersebut  hendaknya dilaksanakan setiap anggota masyarakat sebagai bentuk tanggung jawabnya sebagai warga masyarakat.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 2 Subtema 1 cara tubuh mengolah udara bersih Pembelajaran 6 Halaman 46 50
Kegiatan Siskamling
2. Menjaga dan Memelihara Rasa Persatuan dan Kesatuan Masyarakat

Masyarakat merupakan kumpulan dari  berbagai  individu yang mempunyai latar  belakang kehidupan berbeda-beda,  tetapi  mempunyai tujuan yang  sama. Oleh  karena itu, dalam masyarakat tentu banyak terjadi perbedaan.  Meskipun demikian, setiap anggota masyarakat harus tetap menjaga dan memelihara persatuan dan kesatuan antarwarga masyarakat. Dalam menjaga  dan  memelihara  persatuan  dan  kesatuan  antarwarga masyarakat hendaknya dipegang prinsip-prinsip dasar sebagai berikut.
  • Membina keserasian, keselarasan, dan keseimbangan dalam berbagai lingkungan kehidupan.
  • Saling mengasihi, membina, dan memberi antarsesama.
  • Tidak menonjolkan perbedaan tetapi mencari kesamaan.

Dengan prinsip di  atas, kamu hendaknya bisa menunjukkan perilaku yang  mencerminkan sikap menjaga dan memelihara rasa persatuan dan kesatuan antarwarga masyarakat seperti berikut.
  • Hidup  rukun dengan semangat kekeluargaan antarwarga masyarakat.
  • Setiap warga masyarakat menyelesaikan masalah sosial secara bersama- sama.
  • Bergaul dengan sesama warga masyarakat tidak membedakan-bedakan suku,  agama, ras,  ataupun antargolongan.
  • Menggunakan bahasa Indonesia secara baik  dan benar dalam bergaul antarsuku bangsa.
  • Mengadakan bakti sosial di lingkungan masyarakat.
Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 2 Subtema 1 cara tubuh mengolah udara bersih Pembelajaran 6 Halaman 46 50
Kerja Bakti

Dengan membiasakan menjaga dan memelihara rasa persatuan dan kesatuan antarwarga masyarakat banyak manfaat yang  bisa kamu peroleh. Beberapa manfaat yang  dimaksud seperti berikut.
  • Terwujudnya kehidupan masyarakat yang  serasi, selaras, dan seimbang. 
  • Pergaulan antarsesama warga masyarakat akan lebih  rukun dan akrab. 
  • Terwujudnya  sikap saling mencintai dan saling membantu antarwarga masyarakat.
  • Dapat mengatasi semua perbedaan yang  ada dengan penuh kesadaran.
  • Pembangunan nasional akan berjalan lebih  baik  dan lancar.
  • Pelaksanaan gotong royong akan dapat berjalan lancar dan baik.

3. Meningkatkan Rasa Solidaritas Sosial  sebagai Sesama Anggota Masyarakat

Masyarakat terbentuk  atas  dasar  persamaan  tujuan  dan  budaya antarwarga masyarakat meskipun saling berbeda latar belakang asal usul. Atas  dasar kepentingan bersama yang  hendak dicapai dalam masyarakat, setiap warga masyarakat hendaknya dapat memperkuat hubungan antaranggota   dengan   mengabaikan  perbedaan-perbedaan   di    antara anggota  masyarakat.  Dengan  demikian, perbedaan  dalam  masyarakat menjadi hal  yang  dianggap wajar karena mereka dapat saling bergaul dan saling memaklumi perbedaan-perbedaan yang  ada.

Solidaritas (rasa setia kawan) sebagai warga masyarakat terus ditingkatkan dengan mengutamakan kepentingan bersama daripada kepentingan pribadi atau golongan. Sikap  solidaritas sosial dalam masyarakat meliputi saling membantu, saling  peduli, bisa bekerja sama, dalam mendukung pembangunan wilayah baik  secara keuangan maupun tenaga.

Salah satu  bentuk solidaritas sosial adalah  kerja sama  atau  gotong royong. Gotong royong merupakan  suatu  bentuk  tolong-menolong  yang berlaku di daerah perdesaan Indonesia. Berdasarkan sifatnya gotong royong terdiri atas gotong royong bersifat tolong menolong dan bersifat kerja bakti. Gotong royong dilakukan untuk menangani  permasalahan  yang   menjadi kepentingan bersama.


4. Menghapuskan Bentuk-Bentuk Tindakan Diskriminasi dalam Kehidupan di Masyarakat untuk Menghindari Perpecahan Masyarakat, Bangsa, dan Negara.

Tiap-tiap warga masyarakat mempunyai persamaan derajat yang  harus dijunjung tinggi dan tidak boleh diabaikan oleh  siapa pun. Menghormati persamaan derajat bertujuan untuk mencegah terjadinya perpecahan antarwarga masyarakat.

Secara harfiah diskriminasi berarti “perbedaan perlakuan”. Diskriminasi ini memiliki arti  memperlakukan orang atau kelompok (biasanya minoritas) secara berbeda berdasarkan  karakteristik seperti asal, ras,  negara, agama, keyakinan politik atau agama, kebiasaan sosial, jenis kelamin, bahasa, dan usia.

Sebagai warga masyarakat kita  mempunyai beberapa tanggung jawab. Tanggung jawab itu  harus dilaksanakan untuk mewujudkan kehidupan bermasyarakat yang   nyaman   bagi seluruh warga masyarakat.  Begitu pula kehidupan dalam sekolah dan kelas. Sebagai warga sekolah kamu mempunyai tanggung jawab. Kini lakukan kegiatan berikut.

Ayo Berdiskusi

Lakukan kegiatan berikut bersama teman-teman sekelasmu.
  1. Pilihlah salah seorang anggota kelas sebagai pemimpin diskusi.
  2. Dengan dipimpin oleh  pemimpin diskusi, bagilah seluruh anggota kelas menjadi 4 kelompok: A, B, C, dan D.
  3. Kelompok A dan B mencari contoh lagu  bertangga nada mayor.
  4. Kelompok C dan D mencari contoh lagu  bertangga nada minor.
  5. Kelompok A selanjutnya akan berlatih menyanyikan lagu  yang telah dipilih diiringi oleh  kelompok B.
  6. Kelompok C selanjutnya akan berlatih menyanyikan lagu  yang telah dipilih diiringi oleh  kelompok D.
  7. Catatlah hasil kegiatan ini.

Ayo Bercerita

Kamu  telah melakukan kegiatan diskusi untuk melakukan pembagian tugas mencari dan berlatih lagu   bertangga nada mayor dan minor. Sekarang ceritakan pengalamanmu berdiskusi dalam proses pengambilan keputusan bersama teman-teman  sekelasmu. Ceritakan di depan kelas. Lakukan bergantian.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 6 Halaman 50

Ayo Renungkan

Apa  jenis-jenis  tanggung  jawab warga  masyarakat?

  • Memelihara Ketertiban dan Keamanan Hidup Bermasyarakat
  • Menjaga dan Memelihara Rasa Persatuan dan Kesatuan Masyarakat
  • Meningkatkan Rasa Solidaritas Sosial sebagai Sesama Anggota Masyarakat
  • Menghapuskan Bentuk-Bentuk Tindakan Diskriminasi dalam Kehidupan di Masyarakat untuk Menghindari Perpecahan Masyarakat, Bangsa, dan Negara.

Apa  perbedaan  lagu bertangga nada mayor dan lagu  bertangga nada minor?

Perbedaan antara tangga nada mayor dan minor, antara lain :
  • Mayor berpola 1-1-1/2-1-1-1-1/2 sedangkan Minor berpola 1-1/2-1-1-1/2-1-1
  • Mayor bersifat Menggembirakan sedangkan Minor bersifat Menyedihkan
  • Mayor bernada dasar C=do sedangkan Minor bernada dasar A=la
  • Mayor jarak tertnya besar (2) sedangkan Minor jarak tertnya kecil (1 ½)
  • Mayor nada terakhirnya do sedangkan Minor nada terakhirnya la

Demikianlah hasil dari pembahasan soal tematik mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 6 Halaman 46, 50. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian serta juga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi.. Terimakasih, Salam Pintar ☺

Kunci jawaban ini ditujukan sebagai bahan referensi dan latihan untuk siswa dirumah yang berasal dari buku siswa kelas 5 tema 2 kurikulum 2013 edisi revisi 2017

Pencarian yang paling banyak dicari :

  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 2 Halaman 24
  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 2 Halaman 32

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 6 Halaman 46, 50."

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel