Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 3 Halaman 64, 65, 67, 70, 71.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 3 Halaman  64, 65, 67, 70, 71  - Pembelajaran 3 Tema 2 Kelas 5 Udara Bersih Bagi Kesehatan Subtema 2 yang materi dan kunci jawaban tematik mengenai Pentingnya Udara Bersih Bagi Pernapasan tepatnya terdapat pada halaman 64, 65, 67, 70, 71.

Buku Tematik Siswa yang digunakan sebagai sumber pembelajaran di kelas 5 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (k13) Cetakan ke-2 Revisi 2017.

Dalam Materi Pembelajaran 3 Subtema 2 Pentingnya Udara Bersih Bagi Pernapasan terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan oleh siswa secara mandiri, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kunci jawaban tematik kelas 5 tema 2 pada halaman 64, 65, 67, 70, 71, setiap soal tematik yang ada pada buku siswa tematik  terpadu kurikulum 2013 (K13) kelas 5 ini.

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa dapat diharapkan membantu guru dan siswa khusus nya kelas 5 SD supaya dapat menemukan jawaban alternatif dari soal tematik, berikut ini kami bagikan alternatif Kunci Jawaban soal Tematik kelas 5 tema 2 subtema 2 pembelajaran 3 yang terdapat pada halaman 64, 65, 67, 70, 71.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 2 Pembelajaran 3 Subtema 2 Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih Halaman 64, 65, 67, 70, 71.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 2 Subtema 2 cara tubuh mengolah udara bersih Pembelajaran 3 Halaman 64 65 67 70 71

Pada hari Minggu, warga di  daerah tempat tinggal Edo  mengadakan kerja bakti. Mereka membersihkan sampah-sampah yang  menumpuk. Selama ini  bau busuk dari  tumpukan sampah telah mencemari udara di  lingkungan tempat tinggal itu.  Warga harus  menutup  hidung  saat  melewati tumpukan sampah yang  membusuk itu.

Sebelum melakukan kerja bakti, seminggu sebelumnya warga bermusyawarah untuk mencari pemecahan dari  masalah sampah. Selain menggunung dan berbau busuk, kadang-kadang tempat sampah itu  terlihat berantakan karena ada beberapa orang yang  berusaha  mencari botol-botol bekas untuk didaur ulang. Akibatnya, pemandangan dan udara di lingkungan sekitar tempat sampah jadi  kotor  dan bau.

Setelah bermusyawarah, warga mendapat sebuah penyelesaian. Warga akan menyiapkan dua macam tempat sampah. Satu tempat sampah untuk menampung sampah-sampah  yang   dapat didaur ulang seperti kertas dan botol-botol bekas.  Tempat  sampah  lainnya digunakan untuk menampung sampah-sampah yang   dapat membusuk, misalnya dedaunan  dan sisa-sisa sayur. Selanjutnya sampah-sampah  yang   dapat membusuk itu  akan diolah menjadi pupuk kompos yang dapat digunakan warga untuk memupuk tanaman.

Dalam kegiatan musyawarah dan kerja bakti itu  seluruh warga ikut berperan  serta.  Keikutsertaan  warga  dalam  musyawarah  dan  kerja bakti merupakan salah satu bentuk tanggung jawab warga dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 3 Halaman 64 & 65

Ayo Menulis

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut berdasarkan bacaan “Kerja Bakti”.

1. Kapan kerja bakti dilakukan?

Kerja bakti dilakukan setiap hari minggu

2. Di mana kerja bakti dilakukan?

Kerja bakti dilakukan di daerah tempat tinggal Edo

3. Mengapa kerja bakti dilakukan?

Kerja bakti dilakukan untuk membersihkan sampah-sampah yang menumpuk

4. Siapa yang mengikuti kerja bakti?

Seluruh warga yang berada didaerah tempat tinggal Edo

5. Apa yang dilakukan warga seminggu sebelum melakukan kerja bakti?

Warga bemusyawarah terlebih dahulu bagaimana cara menanggulangi sampah-sampah tersebut

6. Bagaimana hasil musyawarah terkait penyelesaian dari masalah yang dihadapi warga?

Hasil dari musyawarah warga sepakat menyiaapkan dua tempat sampah

7. Mengapa warga menyediakan dua macam tempat

Warga menyediakan dua tempat sampah karena salah satu tempat sampah digunakan untuk menampung sampah-sampah yang dapat didaur ulang seperti kertas dan botol-botol bekas dan tempat sampah lainnya digunakan untuk menampung sampah-sampah yang dapat membusuk, misalnya dedaunan dan sisa-sisa sayur

Ayo Berdiskusi

Musyawarahkan cara menjaga kebersihan di lingkungan kelasmu dengan seluruh anggota kelas. Musyawarahkan hal-hal berikut.
  1. Kegiatan-kegiatan   yang   harus  dilakukan dalam  menjaga  kebersihan kelas.
  2. Peralatan kebersihan yang  diperlukan.
  3. Pengadaan peralatan kebersihan yang  diperlukan.
  4. Cara mengaktifkan regu piket.

Tuliskan hasil musyawarah sebagai kesepakatan siswa dalam satu kelas. Selanjutnya, jalankan kesepakatan itu bersama-sama.

Jawaban disesuaikan oleh masin-masing siswa sesuai dengan hasil musyawarah

Pada Subtema 1 kamu telah mengetahui makna tanggung jawab dan jenis-jenis tanggung jawab sebagai warga masyarakat. Selain tanggung jawab, kita  juga mempunyai hak  dan kewajiban sebagai warga masyarakat. Hak,  kewajiban, dan tanggung jawab merupakan tiga hal yang  berbeda, tetapi saling berkaitan erat satu sama lain  dan tidak bisa dipisahkan. Bagaimana tidak? Hak  dan kewajiban bersifat kodrati yakni  melekat bersama kelahiran manusia. Hak dan kewajiban tersebut harus dilaksanakan secara bertanggung jawab oleh  pihak yang  bersangkutan. Orang yang  tidak melaksanakan hak  dan kewajibannya dapat dikatakan sebagai orang yang  tidak bertanggung jawab. Bagaimanakah perbedaan antara hak,  kewajiban, dan tanggung jawab? Pahamilah uraian berikut ini.

1. Hak sebagai Warga Masyarakat

Hak berarti sesuatu yang  mutlak menjadi milik  seseorang dan penggunaannya tergantung kepada orang yang   bersangkutan. Jadi,  hak warga masyarakat adalah sesuatu yang  mutlak menjadi milik  seseorang yang  berkedudukan sebagai warga masyarakat. Bentuk hak  warga masyarakat seperti berikut.
  • Mendapatkan perlindungan hukum.
  • Mendapatkan pekerjaan dan penghidupan yang  layak. 
  • Menikmati lingkungan bersih.
  • Hidup  tenang dan damai.
  • Bebas memilih, memeluk, dan menjalankan agama. 
  • Berpendapat dan berorganisasi.
  • Mengembangkan kebudayaan daerah.
Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 2 Subtema 2 cara tubuh mengolah udara bersih Pembelajaran 3 Halaman 64 65 67 70 71

2. Kewajiban sebagai Warga Masyarakat

Kewajiban berarti sesuatu  yang  harus dilakukan dengan penuh rasa tanggung jawab. Jadi,  kewajiban warga masyarakat adalah sesuatu yang harus dilakukan seseorang sebagai warga masyarakat dengan penuh rasa tanggung jawab. Bentuk kewajiban warga masyarakat seperti berikut.
  • Mematuhi aturan atau norma yang  berlaku dalam masyarakat. 
  • Menjaga ketenangan dan ketertiban lingkungan masyarakat.
  • Mengikuti kegiatan yang  ada di lingkungan RT, RW, atau desa setempat, misalnya kegiatan kerja bakti, gotong royong, dan musyawarah warga masyarakat setempat.
  • Menghormati tetangga di lingkungan tempat tinggal. 
  • Membantu tetangga yang  terkena musibah.
  • Menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 3 Halaman 67

Ayo Berdiskusi

Diskusikan hak, kewajiban, dan tanggung jawab kalian sebagai:
  1. Anggota keluarga,
  2. Warga kelas,
  3. Warga sekolah, dan
  4. Warga desa.
Tuliskan hasil diskusi dalam buku tulismu. Setiap periode waktu tertentu (misalnya dua minggu sekali atau sebulan sekali), lakukan penilaian terhadap dirimu sendiri mengenai pelaksanaan hak, kewajiban, dan tanggung jawabmu.

Jawaban disesuaikan oleh masing-masing siswa sesuai dengan hasil pengamatan

Jenis Usaha Ekonomi yang  Dikelola Sendiri  ataupun Kelompok

Amatilah  kegiatan  ekonomi  di   lingkungan  sekitarmu! Bagaimana pengelolaan kegiatan ekonomi tersebut? Jika  dicermati, kegiatan ekonomi tersebut ada yang dikelola sendiri. Ada pula yang dikelola secara berkelompok. Mari simak pembahasan lebih  mendalam.

1. Jenis Usaha Ekonomi yang  Dikelola Sendiri

Tahukah kamu, apa sajakah jenis usaha ekonomi yang dikelola sendiri? Usaha yang  dikelola sendiri disebut usaha perorangan. Usaha ekonomi ini memiliki modal terbatas dan biasanya dikelola secara sederhana.

Contoh usaha ekonomi perorangan sebagai berikut. 

a. Usaha Pertanian
Sebagian besar usaha pertanian dikelola secara perorangan. Usaha ini memiliki modal terbatas. Lahan yang  digarap petani biasanya terbatas, lahan persawahan dan tegalan. Namun, ada juga usaha pertanian yang dilakukan secara besar-besaran.

b. Usaha Perdagangan
Usaha perdagangan  secara perorangan biasanya berskala kecil  dan sedang. Contohnya, pedagang asongan, pedagang keliling,  pedagang kaki lima,  pedagang di pasar, warung, dan toko  kelontong.

c. Usaha Jasa
Perhatikan usaha jasa perorangan di daerah sekitarmu! Coba  sebutkan usaha jasa tersebut! Secara umum, banyak usaha jasa yang  dikelola secara perorangan. Contohnya, usaha, fotokopi, bengkel, potong rambut, dan penjualan pulsa.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 2 Subtema 2 cara tubuh mengolah udara bersih Pembelajaran 3 Halaman 64 65 67 70 71

d. Industri Kecil
Industri kecil yang dikelola perorangan merupakan industri rumahan. Contohnya, usaha kerajinan  tangan berupa pembuatan  keramik, suvenir, tembikar, anyaman, dan mebel.

2. Usaha Ekonomi yang Dikelola Kelompok

Usaha ekonomi ini dikelola secara bersama, baik  modal, pengelolaan, maupun keuntungan. Bentuk usaha  ekonomi bersama adalah  sebagai berikut.

a.   Firma
Firma adalah usaha ekonomi bersama yang  didirikan oleh  sekurangnya dua sekutu. Pendiri firma biasanya orang-orang yang  saling kenal satu dengan yang  lain.  Setiap anggota firma memiliki hak  untuk bertindak atas nama firma. Anggota firma juga bertanggung jawab secara penuh atas risiko  kerugian firma. Usaha berbentuk firma biasa bergerak di bidang layanan konsultasi hukum dan keuangan.

b. Persekutuan Komanditer
Persekutuan komanditer (CV) didirikan oleh sekurangnya dua orang yang menyetorkan modal. Pada CV terdapat  dua jenis sekutu, yaitu sekutu aktif  dan sekutu pasif. Sekutu aktif  berperan sebagai investor dan pengelola CV. Sekutu pasif berperan sebagai investor tanpa terlibat dalam pengelolaan CV. Usaha berbentuk CV dapat dikembangkan dari firma. Ini  dimungkinkan jika  firma ingin memperluas usahanya dan membutuhkan banyak modal.

c. Perseroan Terbatas
Perseroan terbatas (PT) adalah usaha bersama yang  modalnya berupa kumpulan saham. Saham diartikan sebagai bukti   kepemilikan suatu perusahaan   atas  penyetoran  modal.  Setiap  saham  memiliki nilai nominal  tertentu.  Pemilik saham  akan  memperoleh  keuntungan berupa  dividen.  Bagi  perseroan  yang   ingin mengembangkan dan memperluas usaha, sahamnya dapat diperdagangkan di pasar modal.

d. Badan Usaha Milik Negara
Badan Usaha  Milik  Negara (BUMN)  atau  perusahaan  negara yaitu sebuah perusahaan  yang  seluruh atau  sebagian  modalnya dimiliki negara.  BUMN  dapat  berbentuk perusahaan  umum (perum) dan Perseroan Terbatas (PT). BUMN bergerak di bidang usaha yang  bersifat strategis atau vital.

Di Indonesia juga terdapat  Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)  atau perusahaan daerah. BUMD  merupakan perusahaan  yang   modalnya dimiliki pemerintah  daerah.  Apa  sajakah  tujuan  pendirian BUMD? Tujuan pendirian BUMD sebagai berikut.
  1. Ikut melaksanakan pembangunan  ekonomi daerah  dan  pem- bangunan ekonomi nasional.
  2. Memenuhi kebutuhan  rakyat dan  menyediakan lapangan  kerja untuk mewujudkan masyarakat adil  dan makmur.
e. Koperasi

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 2 Subtema 2 cara tubuh mengolah udara bersih Pembelajaran 3 Halaman 64 65 67 70 71

Di Indonesia berkembang usaha bersama yang  bertujuan menyejah- terakan anggotanya. Usaha yang  dimaksud adalah koperasi. Menurut Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992 tentang  Perkoperasian, koperasi adalah badan usaha yang  beranggotakan orang-orang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus gerakan ekonomi rakyat yang  berdasarkan asas kekeluargaan. Koperasi sesuai dengan UUD 1945 pasal 33 ayat (1), yaitu bentuk perekonomian disusun atas usaha bersama berdasarkan asas kekeluargaan. Koperasi sesuai dengan UUD 1945 pasal 33 ayat (1), yaitu  bentuk perekonomian disusun atas usaha bersama berdasarkan asas kekeluargaan. Koperasi pertama kali dikembangkan oleh  Drs.  Mohammad Hatta. Atas  perannya tersebut beliau dijuluki Bapak Koperasi Indonesia.

Ada berapa bentuk koperasi yang berkembang di Indonesia? Bentuk-bentuk koperasi di Indonesia sebagai berikut.
  1. Koperasi konsumsi, yaitu usaha bersama yang menyediakan berbagai barang konsumsi untuk memenuhi kebutuhan sehari- hari.  Contohnya beras,  gula,   minyak, sabun,  peralatan  rumah tangga, dan barang elektronik. Tujuannya memenuhi kebutuhan konsumsi sehari-hari bagi anggota dengan harga dan mutu layak.
  2. Koperasi simpan pinjam, yaitu  usaha bersama yang  menyediakan layanan  simpan  dan  pinjam.  Koperasi   jenis  ini   menerima simpanan dari  anggota. Selanjutnya, uang yang  telah terkumpul dipinjamkan kepada anggota.
  3. Koperasi produksi, yaitu  usaha bersama yang menyediakan bahan baku  produksi dan  menyalurkan  hasil  produksi anggotanya. Koperasi  ini   beranggotakan para  produsen atau  pengusaha, misalnya pengusaha batik, tahu dan tempe, serta sapi perah.
  4. Koperasi jasa, yaitu  usaha bersama yang  menyediakan layanan atau jasa   tertentu   bagi  anggotanya.  Contohnya,  koperasi angkutan.
  5. Koperasi  serbausaha, yaitu  usaha bersama mengelola berbagai jenis  usaha,  misalnya penyediaan  barang  konsumsi, simpan pinjam, penyediaan bahan baku, dan penyaluran hasil produksi. Contohnya, Koperasi Unit Desa (KUD).

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 3 Halaman 70

Ayo Renungkan

Apakah kamu pernah ikut  kerja bakti membersihkan lingkungan?

Jawaban disesuaikan oleh masing-masing siswa sesuai dengan hasil pengamatan.

Sikap-sikap apa yang ada pada kegiatan kerja bakti?

Tolong meenolong, kerjasama dan saling membantu.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 3 Halaman 71

Tulislah hak, kewajiban, dan tanggung jawab yang dimiliki masing-masing anggota keluargamu.

HAK

1. Ayah
  • Mendapatkan kasih sayang dari semua anggota keluarga
  • Dihormati sebagai kepala keluarga
2. Ibu
  • Mendapatkan kasih sayang dari semua anggota keluarga
  • Dihormati sebagai ibu dan istri
3. Kakak
  • Mendapatkan kasih sayang dari semua anggota keluarga
  • Dihormati sebagai anak dan kakak
4. Adik
  • Mendapatkan kasih sayang dari semua anggota keluarga
  • Dihormati sebagai anak dan adik

KEWAJIBAN

1. Ayah
  • Menghormati seluruh anggota keluarga
  • Bekerja untuk menghidupi keluarga
  • Melindungi semua isi keluarga
2. Ibu
  • Menghormati seluruh anggota keluarga
  • Melindungi keluarga
  • Jika dibutuhkan, bekerja untuk mencukupi kebutuhan keluarga
3. Kakak
  • Menghormati seluruh anggota keluarga
  • Menggapai pendidikan setinggi mungkin
  • Menjaga dan melindungi adik dan keluarga
4. Adik
  • Menghormati seluruh anggota keluarga
  • Menggapai pendidikan setinggi mungkin
  • Saling menghargai orang lain

TANGGUNG JAWAB

1. Ayah 
  • Memberikan nafkah lahir dan batin terhadap keluarganya.
  • Melindungi keluarganya dari segala bahaya yang mengancam.
  • Menjadi suri tauladan yang baik bagi keluarganya.
2. Ibu 
  • Mematuhi segala kebijakan dan aturan yang ditetapkan suami selama tidak melanggar ketentuan agama dan masyarakat.
  • Mengolah hasil nafkah lahiriyah yang diberikan suami untuk keluarganya (Seperti memasak, -mencuci, mensetrika, dan sejenisnya)
  • Menjadi suri tauladan bagi anak-anaknya.
3. Kakak
  • Mentaati segala perintah dan anjuran yang diberikan oleh kedua orangtuanya.
  • Membantu Ayah dan Ibu sesuai dengan kemampuan kita.
  • Menjaga kekondusifan di dalam rumah dengan cara senantiasa berusaha menyenangkan hati orangtua kita.
  • Memprioritaskan belajar daripada bermain guna menghormati hasil jerih payah yang dilakukan kedua orang tua kita.
4. Adik
  • Mentaati segala perintah dan anjuran yang diberikan oleh kedua orangtuanya.
  • Membantu Ayah dan Ibu sesuai dengan kemampuan kita.
  • Menjaga kekondusifan di dalam rumah dengan cara senantiasa berusaha menyenangkan hati orangtua kita.
  • Memprioritaskan belajar daripada bermain guna menghormati hasil jerih payah yang dilakukan kedua orang tua kita.

Demikianlah hasil dari pembahasan soal tematik mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 3 Halaman 64, 65, 67, 70, 71. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian serta juga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi.. Terimakasih, Salam Pintar ☺

Kunci jawaban ini ditujukan sebagai bahan referensi dan latihan untuk siswa dirumah yang berasal dari buku siswa kelas 5 tema 2 kurikulum 2013 edisi revisi 2017

Pencarian yang paling banyak dicari :

  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 2 Halaman 64
  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 2 Halaman 65
  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 2 Halaman 67
  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 2 Halaman 70
  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 2 Halaman 71

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 3 Halaman 64, 65, 67, 70, 71."

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel