Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 2, 4, 6, 14, 16.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 2, 4, 6, 14, 16 - Pembelajaran 1 Tema 1 Kelas 6 Selamatkan Makhluk Hidup Subtema 1 yang materi dan kunci jawaban tematik mengenai Tumbuhan Sahabatku tepatnya terdapat pada halaman 2, 4, 6, 14, 16.

Buku Tematik Siswa yang digunakan sebagai sumber pembelajaran di kelas 6 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (k13) Cetakan ke-2 Revisi 2018.

Dalam Materi Pembelajaran 1 Subtema 1 Tumbuhan Sahabatku terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan oleh siswa secara mandiri, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kunci jawaban tematik kelas 6 tema 1 pada halaman 2, 4, 6, 14, 16, setiap soal tematik yang ada pada buku siswa tematik  terpadu kurikulum 2013 (K13) kelas 6 ini.

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa dapat diharapkan membantu guru dan siswa khusus nya kelas 6 SD supaya dapat menemukan jawaban alternatif dari soal tematik, berikut ini kami bagikan alternatif Kunci Jawaban soal Tematik kelas 6 tema 1 subtema 1 pembelajaran 1 yang terdapat pada halaman 2, 4, 6, 14, 16.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 1 Pembelajaran 1 Subtema 1 Tumbuhan Sahabatku Halaman 2, 4, 6, 14, 16.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Tumbuhan Sahabatku Pembelajaran 1 Halaman 2 4 6 14 16

Ayo Berdiskusi

Amatilah gambar berikut

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Tumbuhan Sahabatku Pembelajaran 1 Halaman 2 4 6 14 16

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 2

Buatlah dua pertanyaan mengenai tumbuhan sebagai sumber kehidupan.

Mintalah temanmu untuk menjawabnya lalu diskusikanlah.

1. Jelaskan apa yang terjadi jika tidak ada tumbuhan ?

Tidak akan ada kehiduan dan oksigen, karena tumbuhan menyumbang sekitar 70% Oksigen.

2. Apa manfaat tumbuhan bagi hewan ?

Sebagai sumber makanan bagi hewan

Ternyata, tumbuhan dimanfaatkan oleh  manusia dan hewan sebagai bahan makanan.

Jadi, tumbuhan merupakan sumber kehidupan bagi semua makhluk hidup.

Ayo Membaca

Setelah mengetahui manfaat  tumbuhan bagi kehidupan, Edo  ingin belajar lebih  jauh mengenai perkembangbiakan tumbuhan. Cermati kisah Edo berikut ini.

Liburan sekolah telah tiba. Edo mengunjungi pamannya di desa. Dia seorang petani jagung. Edo datang ke rumah pamannya tidak untuk berlibur saja. Edo juga ingin belajar. Ibu guru memberikan tugas selama liburan. Ibu guru ingin anak-anak memberikan laporan tentang satu hal yang menarik dan bermanfaat yang  dilihat selama liburan. Edo ingin mengetahui tentang tanaman jagung, terutama tentang perkembangbiakannya.

Berikut adalah laporan pengamatan Edo.

Bagaimana Jagung Berkembang Biak?

Jagung merupakan salah satu tanaman yang dijadikan bahan makanan pokok di berbagai, negara, salah satunya di Indonesia. Di Indonesia, penduduk Pulau Madura menjadikan jagung sebagai makanan pokoknya. Jagung merupakan salah  satu  tanaman penghasil karbohidrat yang  sangat diperlukan oleh  tubuh.
Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Tumbuhan Sahabatku Pembelajaran 1 Halaman 2 4 6 14 16
Seorang petani jagung, memulai pembiakan tanamannya dengan menanam biji jagung. Setelah tiga sampai empat hari bakal tanaman akan muncul di permukaan tanah. Tanaman jagung akan terus tumbuh menjadi besar. Tiga  hingga tiga setengah bulan, buah jagung dapat dipanen oleh  petani. Buah jagung yang  berbentuk seperti tongkol pada mulanya berupa sekuntum bunga.

Bunga jagung memiliki helai-helai rambut halus pada bagian ujungnya. Pada helai rambut tersebut terdapat tepung sari. Tepung sari akan terbang terbawa angin ketika angin bertiup. Tepung sari yang  terbawa angin, sebagian akan jatuh di kepala putik yang terletak di bagian bawah bunga pada pohon jagung yang lain. Ketika itulah terjadi pembuahan.
Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Tumbuhan Sahabatku Pembelajaran 1 Halaman 2 4 6 14 16
Setelah terjadi pembuahan, bunga jagung tersebut terus berkembang hingga menjadi buah jagung. Perkembangan itulah yang dapat diamati dari waktu ke waktu. Buah jagung akan siap dipanen ketika rambut jagung sudah berwarna kecokelatan dan bagian tongkolnya sudah mengering. Apabila buah jagung tersebut dikupas akan  memperlihatkan biji jagung  yang kekuningan. Bagian yang dimakan oleh  manusia adalah biji jagung.

Supaya jagung selalu tersedia sebagai bahan makanan manusia, maka petani jagung harus menanam kembali sebagian biji jagung dari hasil panen. Biji jagung yang  tua dapat ditanam kembali. Dari  sinilah akan dimulai lagi perkembangbiakan jagung.

Edo senang sekali. Ia menikmati tinggal di lingkungan yang berbeda. Edo juga senang memperoleh pengetahuan baru tentang tanaman jagung yang merupakan salah satu makanan kesukaannya.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 4

Bacalah dengan saksama.

Tulislah ide pokok dan informasi penting dari teks berjudul ‘Bagaimana Jagung Berkembang Biak?’ dengan mengisi diagram berikut.
Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Tumbuhan Sahabatku Pembelajaran 1 Halaman 2 4 6 14 16

Paragraf 1
Jagung merupakan salah satu tanaman yang dijadikan bahan makanan pokok di berbagai negara, salah satunya Indonesia.

Paragraf 2
Jagung dikembang biakkan dengan biji

Paragraf 3
Pembuahan pada jagung terjadi ketika serbuk sari jatuh di kepala putik

Paragraf 4
Bunga yang sudah mengalami pembuahan akan terus tumbuh dan berkembang menjadi jagung

Paragraf 5
Bila jagung yang sudah tua bisa ditanam kembali dan akan tumbuh menjadi jagung

Ayo Mengamati

Salah satu contoh tumbuhan yang  berkembang biak dengan bunga adalah tumbuhan jagung. Tepung sari pada bunga jagung akan terbang terbawa angin ketika angin bertiup. Tepung  sari  yang  terbawa angin, sebagian akan jatuh di kepala putik yang  terletak di bagian bawah bunga pada pohon jagung yang  lain.  Ketika  itulah terjadi pembuahan.

Perkembangbiakan ini dinamakan perkembangbiakan generatif. Tahukah kamu bagaimana proses perkembangbiakan generatif?

Amatilah gambar bagian–bagian bunga berikut ini.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Tumbuhan Sahabatku Pembelajaran 1 Halaman 2 4 6 14 16
  1. Perkembangbiakan generatif (secara  kawin) terjadi melalui proses penyerbukan dan pembuahan.
  2. Perkembangbiakan generatif pada tumbuhan diawali dengan penyerbukan, yaitu melekatnya atau jatuhnya serbuk sari  ke  kepala putik.
  3. Setelah terjadi penyerbukan, pada serbuk sari  tumbuh buluh serbuk sari yang menuju ke ruang bakal biji. Kemudian serbuk sari akan masuk ke ruang bakal biji melalui buluh serbuk sari.
  4. Di dalam ruang bakal biji terjadi pembuahan, yaitu  peleburan serbuk sari  (sel  kelamin jantan atau spermatozoid) dengan kepala putik (sel kelamin betina atau sel telur).
  5. Hasil dari pembuahan adalah zigot.
  6. Zigot berkembang menjadi lembaga, lembaga berkembang menjadi bakal biji, bakal biji berkembang menjadi biji dan bakal buah, kemudian bakal buah berkembang menjadi daging buah.
  7. Lembaga yang berada di dalam biji merupakan calon tumbuhan baru.
  8. Tumbuhan yang berkembang biak secara generatif antara lain padi, mangga, durian, dan jambu.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 6

Ayo Berdiskusi

Amatilah lingkungan di sekitarmu. Temukan satu jenis tumbuhan yang sedang berbunga. Gambarkan bagian-bagian bunga dan tuliskan cara penyerbukannya pada kolom  berikut ini.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Tumbuhan Sahabatku Pembelajaran 1 Halaman 2 4 6 14 16

Cara Penyerbukan :

Bunga kembang sepatu atau dalam bahasa latin dikenal dengan nama Hobiscus rosba - Sinensis L merupakan bunga lengkap, artinya dalam satu bunga memiliki Putik sebagai alat kelamin betina, dan serbuk sari sebagai alat kelamin jantan, sehingga penyerbukan autogami atau penyebukan sendiri, artinya benang sari dan kepala putik berasal dari satu bunga.

Sampaikan hasilnya kepada teman kelompokmu. Adakah perbedaan dengan hasil temanmu?

Apakah perbedaannya? Diskusikan perbedaan tersebut dengan temanmu! Menurutmu, apa manfaat perkembangbiakan generatif?

Carilah informasinya dan tuliskan pada tempat yang  disediakan.

Manfaat perkembang biakkan generatif:
  • Mempunyai sistem akar yang lebih kuat
  • Menghasilkan variasi-variasi baru
  • Menghasilkan buah tanpa biji
  • Memiliki kemampuan adaptasi yang tinggi
Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Tumbuhan Sahabatku Pembelajaran 1 Halaman 2 4 6 14 16

Ayo Berlatih

Bunga yang  indah bukan hanya tumbuh di Indonesia. Negara-negara lain  seperti negara tetangga pun  memiliki bunga yang  cantik. Karena kondisi geografis yang  hampir sama, bunga yang  tumbuh tidak jauh berbeda jenisnya. Perhatikan jenis-jenis bunga yang  tumbuh di negara-negara tetangga.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Tumbuhan Sahabatku Pembelajaran 1 Halaman 2 4 6 14 16

Bunga kembang sepatu tumbuh di Indonesia  dan Malaysia. Bunga ini  dapat digunakan sebagai pewarna. Di Malaysia, bunga kembang sepatu dinamakan Bunga Raya  dan merupakan bunga nasional.

Perhatikan bunga kamboja pada gambar disamping. Bunga ini  sering digunakan dalam  perlengkapan  tari di Bali. DorChampa atau bunga kamboja dapat ditemukan di Indonesia dan Laos.   Di negara tersebut bunga ini digunakan untuk dekorasi upacara keagamaan dan penyambutan  tamu.
Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Tumbuhan Sahabatku Pembelajaran 1 Halaman 2 4 6 14 16
Malaysia, Laos, dan Indonesia hidup berdampingan. Meskipun berbeda negara, namun ketiganya memiliki persamaan  dalam kehidupan sosial dan budaya. Masih banyak  negara  lainnya  yang   memiliki kesamaan.  Oleh   sebab  itu, mereka menggabungkan diri  dalam suatu organisasi yang  bernama ASEAN, yaitu  persatuan negara-negara se-Asia Tenggara. Berikut adalah ke-10 negara ASEAN.
Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Tumbuhan Sahabatku Pembelajaran 1 Halaman 2 4 6 14 16

Untuk menambah wawasanmu tentang negara-negara  ASEAN, bacalah informasi berikut dengan saksama.

ASEAN Menjawab Kebutuhan Hidup Bertetangga

Kamu  pasti pernah merasakan nyamannya hidup bertetangga. Hal  ini terasa saat semua keluarga saling mendukung, saling membantu, dan bekerja sama. Kenyamanan dalam bertetangga perlu diwujudkan karena tiap keluarga memiliki kepentingan yang  sama.

Hal itu juga yang mendasari terbentuknya ASEAN. ASEAN adalah sebuah organisasi internasional yang beranggotakan negara-negara di kawasan Asia Tenggara. Negara-negara ini  bersatu karena adanya persamaan letak geografis dan kemiripan budaya. Kepentingan yang sama dalam memajukan pertumbuhan ekonomi, sosial budaya, serta menjaga keamanan kawasan menjadi dasar pertimbangan para tokoh-tokoh dunia pendiri ASEAN. Pada tahun 1967 ASEAN berdiri atas dasar Deklarasi Bangkok. Saat itu, tokoh-tokoh dari lima  negara yang terlibat dalam diskusi menjadi pencetus dan pendiri organisasi ini.

Lima negara yang  menjadi anggota pertama ASEAN di tahun 1967 adalah Indonesia, Malaysia, Thailand,  Singapura, dan Filipina. Para utusan  dari kelima negara tersebut, yang  sekaligus merupakan tokoh-tokoh pendiri ASEAN, adalah Adam   Malik  (Indonesia),  Tun  Abdul   Razak   (Malaysia), Thanat Khoman (Thailand), S. Rajaratnam (Singapura), dan Narciso Ramos (Filipina).

ASEAN harus dapat memberikan manfaat bagi semua anggotanya. Untuk itu, berbagai kerja sama dikembangkan untuk memajukan kesejahteraan semua anggotanya. Kerja  sama di bidang ekonomi, sosial, budaya, serta politik   dikembangkan demi  kemajuan  semua  anggota.  Manfaat yang dirasakan  oleh    anggota-anggota  ASEAN,  membuat  semakin  banyak negara yang   kemudian bergabung dengan  organisasi ini.  Saat ini  ada sepuluh negara yang  menjadi anggota ASEAN. Berdasarkan urutan waktu bergabungnya, negara anggota ASEAN tersebut adalah:
  1. Lima negara pendiri, yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura, Filipina,  yang  bergabung pada tanggal 8 Agustus 1967
  2. Brunei Darussalam, bergabung pada tanggal 7 Januari 1984
  3. Vietnam, bergabung pada tanggal 28 Juli 1995
  4. Laos dan Myanmar, bergabung pada tanggal 23 Juli 1997
  5. Kamboja, bergabung pada tanggal 30 April 1999
Masyarakat negara-negara  ASEAN memiliki kehidupan  sosial budaya yang unik.  Kamu  dapat mempelajarinya dengan membaca teks berikut.

Kehidupan Sosial Budaya Masyarakat ASEAN

A. Brunei  Darussalam

Kampung Ayer adalah desa terapung di Brunei Darussalam. Tahun 1400 Kampung Ayer sempat menjadi pusat pemerintahan. Saat ini banyak penduduknya yang memiliki perahu pribadi dan disimpan di  bawah rumah apung mereka.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Tumbuhan Sahabatku Pembelajaran 1 Halaman 2 4 6 14 16

Budaya Brunei banyak dipengaruhi oleh ajaran Islam. Mayor itas penduduknya adalah  orang  Melayu. Kata “Brunei” berasal dari kata “Nah Baru” yang diucapkan oleh Awang Alak Betatar,  penemu negara ini. Kata “Darussalam”  berarti “Tempat yang Damai” atau “Rumah

Keamanan”. Dalam percakapan, menunjuk dengan jari telunjuk dianggap kasar. Secara tradisional,  orang  Brunei tidak berjabat  tangan  dengan lawan jenis. Melepaskan sepatu adalah kebiasaan umum orang Brunei sebelum memasuki rumah orang lain.

B.  Malaysia

Patung Dewa Murungga di  Malaysia merupakan patung berukuran 42.7  meter. Patung ini terletak di  Batu Caves,  gua yang merupakan salah satu kuil Hindu di luar India yang paling populer, yang didedikasikan untuk Dewa Murungga.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Tumbuhan Sahabatku Pembelajaran 1 Halaman 2 4 6 14 16

Malaysia memiliki kota yang  bernama George Town, yaitu kota yang terdaftar dalam UNESCO World Heritage. Kota ini terletak di Pulau Penang. George Town  adalah kota yang   memiliki ragam jenis budaya. Banyak gedung peninggalan masa Eropa dan bangunan bernuansa Melayu Tionghoa. Tiga kaum utama di Malaysia adalah Melayu,  Cina, dan India. Musik tradisionalnya banyak dipengaruhi oleh budaya Cina, Islam, India, dan Indonesia. Makanan khasnya adalah nasi lemak.

C. Filipina

Budaya Filipina merupakan hasil perpaduan  antara  budaya barat dan timur. Kehidupan budayanya dipengaruhi oleh  budaya Melayu,  Cina, dan Spanyol.

Bahasa  Filipina adalah  bahasa  Nasional dengan  bahasa  Inggris sebagai bahasa pengantar untuk urusan perdagangan atau pergaulan. Ada  delapan dialek utama yang digunakan oleh masyarakat Filipina, yaitu  Tagalog, Cebuano, Ilocano, Hiligaynon atau Ilonggo, Bicol, Waray,  Pampango, dan Pangasinense.

‘Po’ dan ‘opo’ adalah sebutan orang Filipina terhadap  orang yang  lebih  tua. Mereka    memanggilnya dengan  menggunakan  kata-kata  seperti  “Kuya”, “Ate”, “Manong” atau “Manang” yang menunjukkan rasa penghormatan. Jabat tangan adalah bentuk salam yang  paling sering dijumpai di Filipina.
Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Tumbuhan Sahabatku Pembelajaran 1 Halaman 2 4 6 14 16

Tarian Tinikling merupakan tarian masyarakat Filipina.Tarian ini menceritakan tentang burung Tinikling yang  berjalan melompat menghindari perangkap bambu petani padi.

D. Kamboja

Banyak candi di Kamboja terbuat dari  batu. Dewa-dewa dari  agama Hindu dan Buddha terukir pada tembok.

Tari Apsara lahir pada 2.000 tahun lalu. Relief tarian banyak ditemukan di bangunan- bangunan keagamaan di  Kamboja.
Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Tumbuhan Sahabatku Pembelajaran 1 Halaman 2 4 6 14 16

Orang Khmer mengenakan syal kotak-kotak yang  disebut Krama. Pria  dan wanita Khmer mengenakan  bandul Buddha pada kalungnya. Tujuannya adalah untuk menjaga dari  roh  jahat dan membawa keberuntungan. Makanan terkenal Kamboja adalah chha yang berarti tumisan.

D. Myanmar

Myanmar disebut  sebagai  negara  seribu Pagoda. Hal ini disebabkan karena  sangat  mudah  menemukan  kuil-kuil suci Buddha. Mayoritas penduduk  Myanmar adalah keturunan Tibet. Bahasa  yang digunakan adalah bahasa Birma.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Tumbuhan Sahabatku Pembelajaran 1 Halaman 2 4 6 14 16

Pakaian tradisional Myanmar yang  disebut Longyi mirip  sarung Indonesia, namun kain  ini membelit bagian tubuh mereka mulai dari perut hingga betis. Longyi  yang  berbahan kain  katun bukan saja dikenakan  pria   dewasa,  namun  juga anak- anak dan wanita.

F. Vietnam

Permainan ‘Menangkap Jangkrik dengan Mata Tertutup adalah permainan tradisional anak Vietnam. Anak yang berada di tengah lingkaran matanya ditutup kain. Menangkap salah satu teman dan  menebak namanya.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Tumbuhan Sahabatku Pembelajaran 1 Halaman 2 4 6 14 16

Vietnam terkenal dengan baju khasnya yang disebut Ao Dai. Topi caping pun banyak ditemui di  sana. Orang Vietnam gemar duduk di  dingklik, yaitu kursi yang sangat pendek. Bukan hanya  untuk  makan,  bahkan  untuk mengobrol pun   mereka senang  duduk di  atas  dingklik. Mayoritas orang Vietnam  memiliki nama  keluarga  Nguyen. Hal ini disebabkan  karena Dinasti Nguyen berkuasa mulai 1803-1945 dan merupakan dinasti terakhir di Vietnam.

G. Laos

Nama Laos berhubungan dengan penemunya, yaitu Ai Lao. Orang Laos ter kenal kesabaran dan kesederhanaannya. Hal ini terkait dengan ajaran agama Buddha yang banyak dianut masyarakatnya. Olahraga tradisional di Laos adalah Kataw, seperti olahraga bola voli, namun menggunakan  kaki   untuk menangkap dan memukul bola. Bola terbuat dari  anyaman bambu.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Tumbuhan Sahabatku Pembelajaran 1 Halaman 2 4 6 14 16

Tahun baru Laos disebut Bun Pi Mai. Semua penduduk membersihkan rumah, mengenakan pakaian baru, dan mencuci patung-patung Buddha.

Makanan utama bangsa Laos adalah nasi atau beras ketan yang dimakan dengan tangan langsung. Orang Laos menyebut dirinya ”luk khao niaow”, yang artinya “anak turun nasi ketan”.

Upacara sakral pemberian sedekah, atau dikenal dengan Sai  Bat  merupakan upacara di Laos. Para biksu membawa bakul kecil mengitari sebagian kecil kota untuk menerima sedekah dari  penduduk setempat yang  mayoritas beragama Buddha.

H. Singapura

Singapura memiliki lambang negara, yaitu Merlion. Merlion adalah  patung berkepala singa dan berbadan ikan. Menurut mitos, Singapura dahulunya adalah kampung ikan.  Kampung  ini   ber nama  Temasek yang berasal dari  bahasa Jawa yang artinya  lautan. Singapura  berasal  dari kata Sansekerta yang  berar ti kota Singa.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Tumbuhan Sahabatku Pembelajaran 1 Halaman 2 4 6 14 16

Penduduk Singapura berasal dari  Cina,  Melayu,  India,  dan Eropa. ‘Kaum Baba’ adalah  sebutan  bagi  keturunan  Cina-Melayu. Singapura  memiliki empat bahasa resmi, yaitu  Melayu,  Mandarin, Inggris, dan Tamil.

Masyarakat Singapura memiliki budaya jalan kaki.  Sekitar 80  persen masyarakatnya memilih untuk berjalan kaki ke mana-mana. Hal ini disebabkan harga kendaraan, yaitu  mobil  dan bahan bakar sangat mahal.

Kepiting cabai adalah makanan yang  sangat digemari masyarakat Singapura.

I. Thailand

Thailand adalah satu-satunya negara di ASEAN yang  tidak pernah dijajah bangsa Eropa.

Thailand dalam bahasa Thai adalah Prathet Thai,  yang   ar tinya “Tanah  Kebebasan”. Sejak  tahun 1800-an, Thailand berubah nama, antara  lain   Siam  (dari  bahasa Sansekerta yang artinya  gelap  atau cokelat) dan Thailand.
Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Tumbuhan Sahabatku Pembelajaran 1 Halaman 2 4 6 14 16

Ramakien adalah  cerita nasional Thailand yang  memengaruhi kehidupan masyarakatnya. Di Thailand, Kepala adalah bagian  tubuh yang  paling  dihormati. Tidak ada orang yang  akan berani menyentuh kepala, bahkan kepala anak-anak. Sebaliknya, bagian kaki  dianggap bagian yang paling hina karena dipakai sebagai alat untuk menapak di  tanah. Oleh sebab itu,  kaki  tidak boleh dihadapkan  ke  patung suci  atau orang lain.

Indonesia dan Thailand  memiliki tradisi minum teh. Di beberapa daerah di Indonesia, kebiasaan minum teh dilakukan secara turun temurun. Salah satunya adalah teh yang   diseduh di  poci.  Oleh   sebab itu,  teh tersebut dinamakan dengan teh poci.

Di Thailand, teh disajikan dengan susu dan rempah-rempah. Teh tersebut dinamakan Thai  Ice  Tea  dan disajikan dingin.

Bagaimana dengan kehidupan dan budaya Indonesia?

Diskusikanlah budaya dan kehidupan sosial masyarakat Indonesia dengan temanmu. Kamu  dapat menemukan tambahan informasi melalui gurumu atau buku   bacaan di  perpustakaan.

Kondisi Geografis Asia Tenggara

Letak  geografis Asia Tenggara berada di antara tiga perairan, yaitu:
  • Samudra Hindia dan Teluk Benggala di bagian barat;
  • Laut Cina  Selatan di utara; dan
  • Samudra Pasifik di timur.
Wilayah Asia Tenggara dibagi menjadi dua dataran yaitu:

1. Daratan Berbentuk Semenanjung
Wilayah yang  berbentuk semenanjung adalah Myanmar, Thailand, Laos, Kamboja, Vietnam, dan wilayah Malaysia bagian barat.

2. Daratan Berbentuk Gugusan Kepulauan
Wilayah yang berbentuk gugusan kepulauan adalah Filipina, Indonesia, wilayah Malaysia bagian timur, Singapura, dan Brunei Darussalam.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 14

Ayo Menulis

Kamu sudah belajar keunikan negara-negara ASEAN mulai dari kondisi geografis, bunga, hingga kebudayaannya.

Pilihlah dua negara ASEAN. Carilah perbedaan dan persamaan karakteristik dari kedua negara tersebut mulai dari tumbuhan yang hidup, khususnya bunga yang menjadi ciri khas negara dan kondisi sosial budaya mereka. Kamu bisa menyebutkan nama bunga, nama sebutan (apabila ada), pemanfaat, dan tempat tumbuhnya.

Tulislah pemikiranmu tentang karakteristik negara pada diagram Venn  yang telah disiapkan.
Perhatikan caranya berikut ini.

1. Tentukan dua negara yang  akan kamu cari informasinya lebih dalam lagi.
Tulislah di kotak yang tersedia.

2. Tulis masing-masing karakteristiknya di lingkaran sesuai dengan negaranya.

3. Di tengah lingkaran,kamu dapat menuliskan persamaan karakteristik yang dimiliki oleh kedua negara.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Tumbuhan Sahabatku Pembelajaran 1 Halaman 2 4 6 14 16

Karakteristik Negara Indonesia :
  • Pemanfaatan anggrek digunakan sebagai bunga hias
  • Luas Indonesia 1.905.000 Km2
  • Bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi
  • Potensi wisata karena kekayaan budaya dan alam yang indah

Karakteristik Negara Singapura :
  • Pemanfaatan anggrek dijadikan sebagai aroma terapi
  • Luas Singapura 719,1 Km2
  • Bahasa Inggris sebagai bahasa resmi
  • Potensi wisata karena modemisasi negara

Persamaan Karakteristik Negara Indonesia & Singapura :
  • Negara tropis
  • Anggreki sebagai bunga khas
  • Negara berbentuk Republik pernah dijajah

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 16

Ayo Renungkan

Apa yang  kamu pelajari dari kegiatan hari ini?

Manfaat tumbuhan bagi kehidupan

Hal paling menarik apa yang kamu pelajari? Mengapa?

Yang paling menarik adalah cara penyerbukan bunga, karena bisa mengamati bunga langsung di lingkungan yang sangat indah.

Demikianlah hasil dari pembahasan soal tematik mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 2, 4, 6, 14, 16. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian serta juga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi.. Terimakasih, Salam Pintar ☺

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 2, 4, 6, 14, 16."

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel