Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 6 Halaman 58, 59, 60, 61.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 6 Halaman  58, 59, 60, 61 - Pembelajaran 6 Tema 1 Kelas 6 Selamatkan Makhluk Hidup Subtema 1 yang materi dan kunci jawaban tematik mengenai Tumbuhan Sahabatku tepatnya terdapat pada halaman 58, 59, 60, 61.

Buku Tematik Siswa yang digunakan sebagai sumber pembelajaran di kelas 6 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (k13) Cetakan ke-2 Revisi 2018.

Dalam Materi Pembelajaran 6 Subtema 1 Tumbuhan Sahabatku terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan oleh siswa secara mandiri, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kunci jawaban tematik kelas 6 tema 1 pada halaman 58, 59, 60, 61, setiap soal tematik yang ada pada buku siswa tematik  terpadu kurikulum 2013 (K13) kelas 6 ini.

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa dapat diharapkan membantu guru dan siswa khusus nya kelas 6 SD supaya dapat menemukan jawaban alternatif dari soal tematik, berikut ini kami bagikan alternatif Kunci Jawaban soal Tematik kelas 6 tema 1 subtema 1 pembelajaran 6 yang terdapat pada halaman 58, 59, 60, 61.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 1 Pembelajaran 6 Subtema 1 Tumbuhan Sahabatku Halaman 58, 59, 60, 61.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Tumbuhan Sahabatku Pembelajaran 6 Halaman 58 59 60 61

Ayo Mencoba

Masih ingatkah kamu dengan permainan ‘Ambil Benderanya!’?

Hari ini kamu akan bermain dengan permainan yang berbeda dengan menggunakan teknik berlari. Sebelumnya kamu bisa mendiskusikan terlebih dahulu teknik berlari dengan teman sekelasmu.

Kamu  akan bermain ‘Cepat,  Masuk!’

Perhatikan cara bermainnya.

Cepat, Masuk!

1. Bagilah siswa menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok terdiri dari enam orang.

2. Setiap kelompok memiliki satu bola kecil.

3. Setiap kelompok dibagi menjadi dua kelompok kecil dan berdiri saling berhadapan dengan jarak sekitar 15-20 m atau sesuai dengan kebutuhan.
Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Tumbuhan Sahabatku Pembelajaran 6 Halaman 58 59 60 61
4. Setiap pemain di sebelah kiri depan memulai permainan setelah mendengar peluit.

5. Pemain paling depan cepat berlari menuju rumah rekannya di seberang depan.

6. Saat memasuki batas rumah, pemain harus bersalaman dan lari untuk berdiri di barisan belakang.

7. Teman yang disalami berlari ke arah rumah di seberang depan dan menyalami teman yang berdiri di paling depan barisan. Kemudian dengan cepat ia berlari menuju ke belakang barisan.

8. Teman yang disalami berlari cepat menuju rumah di seberangnya dan melakukan hal yang sama. Begitu seterusnya sampai semua anggota kelompok selesai menempati rumah di seberang.

9. Kelompok yang seluruh anggotanya berpindah tempat ke rumah teman lebih dahulu adalah pemenangnya.
Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Tumbuhan Sahabatku Pembelajaran 6 Halaman 58 59 60 61

Ayo Membaca

Kamu  dapat memanfaatkan gizi dari  tumbuhan melalui makanan yang disantap sehari-hari. Teks berikut memberikan informasi bahwa tumbuhan sangat penting untuk tubuh kita.

Tumbuhan Sumber Karbohidrat, Protein, dan Vitamin

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Tumbuhan Sahabatku Pembelajaran 6 Halaman 58 59 60 61

Manusia dan  hewan memerlukan makanan  untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Oleh  karena itu,  jenis tumbuhan yang  banyak mengandung sumber energi perlu dikonsumsi setiap hari. Ada beragam jenis tumbuhan yang  mengandung karbohidrat, seperti padi, jagung, dan umbi-umbian.

Manusia dan hewan juga memerlukan makanan yang  cukup mengandung protein untuk pertumbuhannya, seperti untuk tumbuh tinggi, besar, dan mengganti sel-sel yang  rusak dalam tubuh. Ada beragam jenis tumbuhan yang  mengandung protein, sehingga membuat kita  tumbuh sehat. Tumbuhan tersebut adalah kacang kedelai yang  terdapat pada tahu dan tempe, kacang tanah, kacang merah, kacang hijau, serta jenis kacang- kacangan lain.

Manusia  membutuhkan  jenis  makanan   yang    mengandung   vitamin. Vitamin  diperlukan untuk menjaga  kesehatan  dan  melindungi tubuh kita  dari  serangan berbagai penyakit. Ada beragam jenis tumbuhan yang mengandung vitamin untuk menjaga tubuh kita  agar selalu sehat, yaitu sayuran dan buah-buahan. Sayuran dan buah-buahan  tersebut meliputi bayam, kangkung, kacang panjang, terong, buncis, tomat, pepaya, mangga, apel,  jeruk,  dan banyak lagi.

Bacalah teks dalam hati. Temukan ide  pokok  masing-masing paragraf dan buatlah kesimpulannya.

Kamu  bisa membuka halaman sebelumnya untuk membaca kembali apa yang  dimaksud dengan kesimpulan yang  baik.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 6 Halaman 58

Isilah  tabel berikut berdasarkan bacaan di atas.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Tumbuhan Sahabatku Pembelajaran 6 Halaman 58 59 60 61

Ide Pokok :
  • Manusia dan hewan memerlukan makanan untuk melakukan aktivitas sehari-hari
  • Manusia dan hewan juga memerlukan makanan yang cukup mengandung protein untuk pertumbuhannya 
  • Manusia membutuhkan jenis makanan yang mengandung vitamin
Kesimpulan :
  • Manusia dan hewan memerlukan makanan
  • Manusia dan hewan memerlukan protein
  • Manusia membutuhkan vitamin
Sampaikan hasilnya kepada teman kelompokmu.

Gabungkan kesimpulan 1, 2, dan 3 dalam tulisanmu. Gunakan kata baku dan kata penghubung.

Manusia dan hewan memerlukan makanan yang banyak mengandung sumber energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Beragam jenis tumbuhan yang mengandung karbohidrat, seperti padi, jagung, dan umbi-umbi serta memerlukan makanan yang cukup mengandung protein untuk pertumbuhannya, seperti untuk tumbuh tinggi, besar, dan mengganti sel-sel yang rusak dalam tubuh yaitu diantaranya kacang kedelai yang terdapat pada tahu dan tempe, kacang tanah, kacang merah, kacang hijau, serta jenis-jenis kacang lain dan Manusia membutuhkan jenis makanan yang mengandung vitamin untuk menjaga kesehatan dan melindungi tubuh kita dari serangan berbagai penyakit. Tumbuhan yang mengandung vitamin yaitu meliputi bayam, kangkung, kacang panjang, terong, buncis, tomat pepaya, mangga, apel, jeruk dan banyak lagi.
Sampaikan tulisanmu kepada guru.

Ayo Menulis

Kamu sudah belajar tentang pentingnya tumbuhan bagi kehidupan. Menjaga tumbuhan  tidak bisa dilakukan sendiri. Kamu harus bekerja sama dengan teman di sekitarmu untuk menjaganya.

Bekerja sama adalah wujud dari penerapan sila Persatuan Indonesia.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 6 Halaman 60

Tulislah cerita tentang penerapan sila Persatuan Indonesia terkait dengan merawat kebun atau taman sekolah.


Bersama-sama merawat kebun sekolah
Sekolah kami memiliki lahan kosong yang cukup luas. Sampai beberapa bulan lalu, lahan kosong ini tidak digunakan untuk kegiatan apapun. Namun, baru pada bulan ini, kepala sekolah dan para guru berinisiatif untuk mengubah lahan tidur tersebut menjadi lahan yang produktif. Para siswa pun diajak untuk mengubah lahan kosong tersebut menjadi kebun sekolah. Para siswa dari semua kelas dibagi jadwal tersendiri untuk merawat dan menanam tumbuhan yang akan mempercantik dan menambah manfaat kebun sekolah tersebut. Kami mungkin tidak mengenal satu sama lain, apalagi jika jenjangnya berbeda terlalu jauh, tapi sebagai warga satu sekolah, kami semua memiliki rasa kecintaan yang sama terhadap kebun sekolah kami yang baru. Berkat kerjasama kami semua, kini kebun sekolah kami menjadi tempat yang sangat bagus untuk sekadar beristirahat atau berkegiatan. Pohonnya rindang dan udaranya pun sejuk. Kami semua berjanji akan merawat kebun tersebut bahkan hingga kami lulus nanti

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 6 Halaman 61

Buatlah rencana tentang penerapan sila Persatuan Indonesia di sekolah. Isilah tabel berikut terkait rencanamu bekerja sama dengan teman satu kelompok untuk merawat lingkungan sekolah.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Tumbuhan Sahabatku Pembelajaran 6 Halaman 58 59 60 61

Nama : Nina

Tugas : Menyapu halaman depan kelas

Tempat : Halaman depan

Waktu : Pagi hari

Nama : Sinta

Tugas : Menyapu halaman belakang kelas

Tempat : Halaman belakang

Waktu : Pagi hari

Nama : Dika

Tugas : Menyiram tanaman bunga

Tempat : Halaman depan

Waktu : Pagi hari

Nama : Bayu

Tugas : Mengambil air dari sumur untuk menyiram air

Tempat : Halaman belakang

Waktu : Pagi hari


Bacalah rencanamu di depan teman  kelompokmu. Setelah itu dengarkan rencana mereka. Pilihlah  satu rencana yang paling mudah dilakukan. Sampaikan hasilnya kepada gurumu.

Ayo Renungkan

• Apa yang telah kamu pelajari hari ini?

Tumbuhan adalah sumber kehidupan baik Manusia maupun bagi hewan

• Bagaimana manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari?

Mengetahui pentingnya tumbuhan bagi kesehatan, sebagai sumber makanan, bahan obat-obatan, sumber bahan bakar, sumber oksigen dll.

• Sikap apa yang telah kamu terapkan saat bermain Cepat Masuk!’?

• Bagaimana cara kamu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah menciptakan beragam jenis tumbuhan?

Menjaga, merawat dan melestarikan tumbuhan sekitar

Demikianlah hasil dari pembahasan soal tematik mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 6 Halaman 58, 59, 60, 61. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian serta juga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi.. Terimakasih, Salam Pintar ☺

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 6 Halaman 58, 59, 60, 61."

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel