Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 3 Halaman 24, 32.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 3 Halaman  24, 32 -Pembelajaran 3 Tema 2 Kelas 5 Udara Bersih Bagi Kesehatan Subtema 1 yang materi dan kunci jawaban tematik mengenai Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih tepatnya terdapat pada halaman 24, 32.

Buku Tematik Siswa yang digunakan sebagai sumber pembelajaran di kelas 5 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (k13) Cetakan ke-2 Revisi 2017.

Dalam Materi Pembelajaran 3 Subtema 1 Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan oleh siswa secara mandiri, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kunci jawaban tematik kelas 5 tema 2 pada halaman 24, 32, setiap soal tematik yang ada pada buku siswa tematik  terpadu kurikulum 2013 (K13) kelas 5 ini.

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa dapat diharapkan membantu guru dan siswa khusus nya kelas 5 SD supaya dapat menemukan jawaban alternatif dari soal tematik, berikut ini kami bagikan alternatif Kunci Jawaban soal Tematik kelas 5 tema 2 subtema 1 pembelajaran 3 yang terdapat pada halaman 24, 32.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 2 Pembelajaran 3 Subtema 1 Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih Halaman 24, 32.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 2 Subtema 1 cara tubuh mengolah udara bersih Pembelajaran 3 Halaman 24 32

Ayo Membaca

Hari Menanam Pohon

Indonesia dikatakan sebagai paru-paru dunia. Sebutan itu  disematkan karena di  Indonesia terdapat hutan yang  sangat luas. Daun-daun di  hutan mengeluarkan  oksigen berlimpah. Oksigen merupakan  unsur penting  bagi kehidupan.

Namun, sayangnya, hutan kita  semakin berkurang akibat kebakaran atau penebangan pohon di hutan secara liar. Oleh  karena itu, pemerintah bersama rakyat berusaha mengurangi kerusakan hutan. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu  menanam kembali pohon di lingkungan.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 2 Subtema 1 cara tubuh mengolah udara bersih Pembelajaran 3 Halaman 24 32

Tanggal 28  November diperingati sebagai Hari  Menanam Pohon. Peringatan hari Menanam Pohon pada tahun 2015  diawali sejak tanggal 26 November. Presiden melakukan penanaman  pohon di  Taman  Hutan Rakyat Sultan Adam,  Kalimantan Selatan. Ada  10.000 pohon ditanam di  hutan itu. Pohon yang   ditanam pun   bermacam-macam,  termasuk pohon-pohon  yang buahnya dapat dimakan.

Kita  dapat berperan serta untuk mengembalikan paru-paru dunia. Menanam pohon tidak hanya dapat dilakukan di hutan. Kita dapat menanam pohon di lingkungan sekitar kita.  Semakin banyak pohon di lingkungan kita, semakin banyak pasokan oksigen bagi kehidupan.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 3 Halaman 24

Ayo Renungkan

Dari bacaan “Hari Menanam Pohon” di atas, lengkapilah peta pikiran berikut.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 2 Subtema 1 cara tubuh mengolah udara bersih Pembelajaran 3 Halaman 24 32

Kapan ?
Hari menanam pohon diperingati setiap tanggal 20 November

Dimana kegiatan dilakukan ?
Kegiatan dilakukan ditaman hutan rakyat Sultan Adam, Kalimantan Selatan

Pohon apa yang ditanam ?
Pohon yang ditanam bermacam-macam, termasuk pohon-pohon yang buahya dapat dimakan

Mengapa kita harus menanam pohon ?
Karena semakin banyak kita menanam pohon semakin banyak pasokan bagi oksigen

Siapa yang melakukan ?
Kegiatan dilakukan oleh presiden Joko Widodo

Apa yang dilakukan ?
Kegiatan yang dilakukan adalah menanam pohon

Kamu telah membaca bacaan “Hari  Menanam Pohon”. Menjaga lingkungan sekitar dengan cara menanam pohon merupakan salah satu tanggung jawab kita sebagai warga masyarakat. Semua  warga masyarakat mempunyai tanggung jawab dalam menciptakan kenyamanan dan keamanan lingkungan tempat tinggalnya.

Tanggung Jawab sebagai Warga Masyarakat

Tanggung jawab merupakan sikap terpuji yang hendaknya dimiliki setiap individu. Sikap tanggung  jawab mencerminkan nilai  karakter setiap individu. Jadi karakter seseorang tecermin dalam sikap tanggung jawabnya, baik terhadap diri sendiri, orang lain, masyarakat, maupun bangsa dan negara. Apa makna tanggung jawab dan apa saja jenis tanggung jawab sebagai warga masyarakat? Samakah tanggung jawab dengan hak  dan kewajiban sebagai warga masyarakat? Orang yang  bertanggung jawab dapat dikatakan sebagai orang yang  berkarakter.

1. Tanggung Jawab sebagai Warga Masyarakat

Tanggung jawab melekat pada diri setiap manusia di mana pun  ia berada, termasuk  dalam  masyarakat. Bagaimanakah  makna  tanggung  jawab sebagai  warga masyarakat? Untuk memahami  makna  tanggung jawab sebagai  warga masyarakat, secara urut perlu kamu pahami  pengertian tanggung jawab itu sendiri, pengertian masyarakat, dan baru memahami makna tanggung jawab sebagai warga masyarakat berikut ini.

a. Pengertian Tanggung Jawab

Tanggung jawab merupakan salah satu nilai karakter bangsa yang diharapkan tertanam  pada  setiap  individu, terutama  peserta  didik. Tanggung jawab adalah sikap dan perilaku seseorang untuk melaksana- kan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, baik terhadap diri sendiri, keluarga, masyarakat, lingkungan (alam, sosial, dan budaya), negara, maupun Tuhan Yang Maha Esa.

Menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia, tanggung jawab adalah keadaan wajib menanggung segala sesuatunya. Setiap individu mempunyai tanggung  jawab, karena tanggung  jawab bersifat kodrati yaitu   menjadi bagian  dari   kehidupan manusia.  Jadi,   setiap  individu mempunyai tanggung jawab. Tanggung Jawab setiap individu meliputi berbagai jenis sebagai berikut.

1) Tanggung Jawab terhadap Diri Sendiri

Tanggung  jawab terhadap  diri  sendiri menuntut kesadaran setiap orang untuk memenuhi kewajibannya sendiri dalam mengembangkan kepribadian sebagai manusia pribadi. Dengan demikian, bisa memecahkan  masalah-masalah   kemanusian  mengenai   dirinya sendiri.  Contohnya: Evi mendapat  pekerjaan rumah dari   Bu  Guru untuk dikumpulkan esok  hari. Akan  tetapi, Evi justru menghabiskan waktu untuk menonton acara televisi. Evi tidak mengerjakan pekerjaan rumah. Esok harinya, Evi ditegur Bu Guru  dan Evi mendapat sanksi. Dalam peristiwa ini Evi harus bertanggung jawab atas dirinya sendiri akibat tidak mengerjakan pekerjaan rumah dari  Bu Guru.

2) Tanggung Jawab terhadap Keluarga

Tanggung jawab terhadap keluarga menjadi tanggung jawab seluruh anggota keluarga, baik ayah,  ibu, maupun  anak. Dalam sebuah keluarga, tanggung jawab anggota keluarga menyangkut upaya menjaga nama baik keluarga, meningkatkan kesejahteraan keluarga, dan menjaga keselamatan. Contohnya seorang ayah bekerja keras untuk menafkahi anggota keluarganya dan demi memenuhi kebutuhan pendidikan anaknya. Ayah  tersebut telah melaksanakan tanggung jawabnya sebagai kepala keluarga. Jika kamu sebagai seorang anak bersikap disiplin dan sungguh-sungguh  dalam belajar berarti kamu melaksanakan tanggung jawab terhadap keluarga.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 2 Subtema 1 cara tubuh mengolah udara bersih Pembelajaran 3 Halaman 24 32
Tanggung jawab siswa ialah belajar
3) Tanggung Jawab terhadap Masyarakat

Tidak  ada seorang pun  yang  bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Hal  ini  sesuai dengan  kedudukan manusia sebagai makhluk sosial. Atas  dasar kebutuhan ini,  seseorang melakukan komunikasi dengan orang lain  sehingga terbentuklah masyarakat. Dalam sebuah masyarakat, setiap anggota mempunyai tanggung jawab ikut  serta menjaga kelangsungan hidup warga masyarakat. Oleh   karena  itu, segala tingkah laku  dan perbuatan setiap anggota masyarakat hendaknya dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat.

Contohnya Pak Budi warga masyarakat Desa Suka Makmur. Pada hari Minggu Pak Budi berencana  pergi  berlibur  bersama keluarganya ke pantai. Akan  tetapi, pada  hari Minggu yang sama warga  masyarakat Desa Suka Makmur akan mengadakan kerja bakti membersihkan selokan. Pak Budi  sebagai warga masyarakat memutuskan untuk menunda  acara berliburnya bersama keluarga, karena Pak  Budi harus ikut  bekerja bakti. Tindakan Pak  Budi tersebut mencerminkan sikap tanggung  jawab sebagai warga masyarakat.

4) Tanggung Jawab terhadap Bangsa dan Negara

Setiap orang yang  tinggal dan menetap dalam sebuah negara akan terikat oleh  aturan-aturan hukum dalam sebuah negara. Oleh  karena itu,  segala pikiran, perbuatan, tindakan, dan tingkah laku  manusia harus sesuai dengan norma-norma atau aturan-aturan yang  berlaku dalam negara setempat.  Individu sebagai warga negara hendaknya dapat mempertanggungjawabkan segala tindakan dan tingkah laku- nya kepada bangsa dan negara. Contohnya anggota tim nasional bulu tangkis Indonesia berusaha sekuat tenaga untuk mengharumkan nama bangsa Indonesia. Mengharumkan nama baik  bangsa Indonesia di mata dunia menjadi tanggung jawab setiap warga negara Indonesia.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 2 Subtema 1 cara tubuh mengolah udara bersih Pembelajaran 3 Halaman 24 32
Tim Nasional Bulu Tangkis
5) Tanggung Jawab terhadap Tahun

Tuhan menciptakan manusia sebagai makhluk yang  paling sempurna, mempunyai akal   dan pikiran. Oleh  karena itu,  Tuhan menurunkan ajaran berupa perintah dan larangan bagi makhluk-Nya, khususnya bagi manusia. Manusia bertanggung jawab untuk beribadah menjalankan perintah Tuhan dan menjauhi larangan-Nya. Jadi, contoh tanggung jawab manusia terhadap Tuhan Yang Maha Esa antara lain beribadah sesuai ajaran agama yang  dianut.

b.  Pengertian Masyarakat

Di  atas  telah  kamu pahami  tentang  bentuk tanggung  jawab individu terhadap masyarakat. Apa yang disebut masyarakat? Menurut Kamus Besar

Bahasa Indonesia, masyarakat adalah sejumlah manusia dalam arti seluas- luasnya dan terikat oleh suatu kebudayaan yang mereka anggap sama. Jadi, dalam sebuah masyarakat terdapat aturan-aturan yang  harus dipatuhi oleh setiap warga masyarakat. Pelaksanaan kewajiban mematuhi aturan-aturan dalam masyarakat ini menjadi tanggung jawab setiap warga masyarakat.

c.  Tanggung Jawab sebagai Warga Masyarakat

Berdasarkan pengertian tanggung jawab dan masyarakat dapat disimpulkan makna tanggung jawab sebagai warga masyarakat. Tanggung jawab sebagai warga masyarakat adalah tugas dan kewajiban yang  harus dilaksanakan seseorang dalam kedudukannya sebagai warga masyarakat. Hidup bersama dalam masyarakat berarti hidup dengan orang lain  dalam suatu tempat tertentu dan mempunyai kepentingan tertentu. Hidup bersama dalam masyarakat sangat penting karena Tuhan menciptakan manusia untuk saling melengkapi, saling membantu, dan saling menyayangi. Setiap orang tidak bisa hidup tanpa orang lain.  Sejak dalam kandungan sampai mati, setiap orang membutuhkan pertolongan orang lain. Kamu akan bahagia jika kamu bisa menjalin hubungan baik  dengan orang lain  dalam lingkungan masyarakat. Untuk menjaga hubungan baik dalam kehidupan masyarakat, setiap anggota masyarakat hendaknya sadar akan tanggung jawabnya sebagai warga masyarakat.

Ayo Bercerita

Kamu telah membaca bacaan “Tanggung Jawab sebagai Warga Masyarakat”. Tuliskan pemahamanmu atas bacaan tersebut, lalu  bacakan di depan teman- temanmu.

Salah satu contoh pelaksanaan tangung jawab warga masyarakat adalah mengikuti pemilihan pimpinan di lingkungannya, misalnya pemilihan ketua RT, ketua RW, atau kepala desa. Setiap warga masyarakat yang  memenuhi syarat dapat ikut  memilih atau dipilih menjadi ketua RT, ketua RW, atau kepala desa. Apabila di lingkungan tempat tinggalmu terjadi peristiwa pemilihan ketua RT, ketua RW, atau kepala desa, lakukan kegiatan berikut.
  1. Tanyakan kepada orang tuamu mengenai waktu dan tempat pelaksanaan pemilihan ketua RT, ketua RW, atau kepala desa di tempat tinggalmu.
  2. Hadirilah acara pemilihan ketua RT, ketua RW, atau kepala desa di tempat tinggalmu.
  3. Perhatikan dengan saksama pelaksanaan pemilihan ketua RT, ketua RW, atau kepala desa di tempat tinggalmu.
  4. Catatlah jalannya pelaksanaan acara pemilihan ketua RT, ketua RW, atau kepala desa di tempat tinggalmu itu.
Dari bacaan “Hari Menanam Pohon” ada kalimat “hutan kita semakin berkurang akibat kebakaran atau penebangan pohon di hutan secara liar”. Ada kebakaran hutan yang dilakukan secara sengaja oleh orang-orang tak bertanggung jawab. Mereka membakar hutan  untuk membuka lahan  bagi usaha  perkebunan mereka. Penebangan  pohon di  hutan  juga banyak dilakukan oleh   orang- orang yang   tidak bertanggung jawab. Mereka menebang pohon-pohon itu untuk dijual kembali. Padahal seharusnya pohon-pohon yang  akan digunakan untuk industri harus diambil dari  Hutan Tanaman Industri (HTI). Pemerintah memberikan hak  pengelolaan HTI kepada para pengusaha. Para pengusaha itu  harus mematuhi aturan yang  ditetapkan. Aturan itu  misalnya umur pohon yang  boleh ditebang dan penanaman kembali apabila pohon ditebang.

Batang pohon memang mempunyai banyak kegunaan. Banyak perajin yang memanfaatkannya sebagai sumber penghasilan. Mereka membuat beraneka barang  kerajinan,  lalu   menjualnya  dengan  harga  tinggi.  Berikut barang kerajinan dari  batang pohon.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 2 Subtema 1 cara tubuh mengolah udara bersih Pembelajaran 3 Halaman 24 32
Kerajinan dari Batang Pohon

Ayo Mengamati

Buatlah kelompok terdiri atas 4–5 anak. Lakukan wawancara kepada orang- orang di sekitarmu.

1. Carilah informasi-informasi  berikut.
  • Jenis  usaha yang  dilakukan.
  • Hasil  dari  jenis usaha yang  dilakukan.
  • Bahan baku yang  diperlukan untuk melakukan jenis usaha tersebut.
  • Pengetahuan dan keterampilan yang  diperlukan.
  • Kesulitan (kendala) yang  mungkin dihadapi.
2. Dari informasi-informasi yang akan digali tersebut, buatlah daftar pertanyaan yang  akan kalian tanyakan kepada orang yang  akan kamu wawancarai.

3. Lakukan wawancara  dengan  baik.    Ajukan    pertanyaan  dengan  sopan. Berterima kasihlah kepada orang yang  kalian wawancarai atas waktu dan jawaban yang  diberikan.

4. Catatlah  hasil  wawancara  kalian, lalu   bacakan  di  hadapan  kelompok- kelompok lain  dan bapak/ibu guru.

Ayo Berkarya

Dari hasil wawancara kalian, pilihlah salah satu jenis usaha di lingkungan sekitarmu. Kemudian, bersama kelompokmu, cobalah membuat satu hasil dari jenis usaha tersebut. Pilih  hasil jenis usaha yang  mudah untuk kalian buat. Catatlah bahan yang  dibutuhkan, langkah-langkah pembuatan, dan kesulitan yang   kalian hadapi  saat  melaksanakan  pembuatan  karya kalian. Buatlah bersama-sama di  rumah salah satu anggota kelompokmu dengan meminta izin kepada orang tuanya.

Selain jenis-jenis usaha  seperti yang   ada di  lingkungan sekitarmu, masih ada jenis usaha lain.  Jenis  usaha apakah itu?  Bacalah bacaan berikut untuk mengetahui berbagai jenis usaha.


Jenis-Jenis Usaha Ekonomi Masyarakat

Kondisi geografis Indonesia beragam. Ada wilayah daratan dan ada pula wilayah perairan.  Kondisi  geografis yang beragam menyebabkan beragam pula jenis kegiatan ekonomi masyarakat. Keragaman ini disesuaikan dengan kondisi alam atau geografi suatu wilayah. Kegiatan ekonomi tersebut bertujuan memenuhi kebutuhan hidup masyarakat. Agar  tercipta kehidupan yang   nyaman, setiap  penduduk perlu menghargai  jenis kegiatan  ekonomi penduduk lainnya.

Amatilah jenis kegiatan ekonomi di lingkungan daerah sekitarmu! Ada yang  bekerja di lahan persawahan. Ada yang  beternak ayam petelur atau ayam pedaging. Ada yang  berdagang di pasar. Ada yang  bekerja di sektor industri. Ada pula  yang  membudidayakan ikan  di kolam. Kegiatan ekonomi masyarakat ini   bertujuan  memperoleh pendapatan.  Selanjutnya, pendapatan  tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Apa yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi? Kegiatan  ekonomi adalah semua kegiatan yang  dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Jika dicermati, kegiatan ekonomi dilakukan dengan memanfaatkan sumber daya alam. Sebagai negara kepulauan, Indonesia dikarunia sumber daya alam melimpah. Karunia ini  sudah sepantasnya  kamu syukuri dengan memanfaatkan secara bijak.  Pemanfaatan sumber daya alam tersebut dapat dilihat pada berbagai bidang usaha.

1. Agraris

Indonesia dikenal sebagai negara agraris. Sebutan ini  disebabkan banyak penduduknya bermata pencaharian sebagai petani. Usaha agraris meliputi kegiatan  pertanian  dan  perkebunan.  Sektor usaha  agraris  terdapat  di daerah perdesaan dan pegunungan. Berbagai jenis tanaman tumbuh subur dan menghasilkan banyak bahan pangan. Hasil  pertanian dan perkebunan antara lain   padi, jagung, ubi,  kedelai, sagu, umbi-umbian, sayuran, dan buah-buahan.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 2 Subtema 1 cara tubuh mengolah udara bersih Pembelajaran 3 Halaman 24 32
Petani Cabai
Bagaimana cara meningkatkan hasil produksi sektor agraris? Ada  banyak cara yang  dapat dilakukan di antaranya melalui intensifikasi, ekstensifikasi, diversifikasi, rehabilitasi, dan mekanisasi.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 3 Halaman 32

Ayo Berdiskusi

Diskusikan beberapa istilah berikut bersama temanmu!

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 2 Subtema 1 cara tubuh mengolah udara bersih Pembelajaran 3 Halaman 24 32

Jawaban

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 2 Subtema 1 cara tubuh mengolah udara bersih Pembelajaran 3 Halaman 24 32

Perkebunan adalah kegiatan penanaman  lahan dengan tanaman  keras dengan  umur lebih   dari   enam  bulan. Tanaman  perkebunan  mencakup tanaman musiman dan tanaman tahunan. Tanaman  musiman berumur pendek, misalnya tanaman tebu, tembakau, dan rosella. Tanaman tahunan berumur panjang, misalnya tanaman kelapa sawit, kopi, cengkih, teh, karet, cendana, lada, dan kayu putih. Hasil perkebunan di  Indonesia menjadi komoditas unggulan ekspor.

2. Peternakan

Peternakan adalah kegiatan usaha budi daya hewan yang diambil hasilnya. Hasil peternakan terdiri atas daging, telur, susu, kulit, dan bulu. Jenis peternakan dapat dibedakan sebagai berikut.

a. Peternakan hewan kecil, misalnya kelinci, kambing, domba, dan biri-biri.
b. Peternakan hewan besar, misalnya sapi, kerbau, dan kuda.
c. Peternakan unggas, misalnya ayam, itik, burung, dan puyuh.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 2 Subtema 1 cara tubuh mengolah udara bersih Pembelajaran 3 Halaman 24 32
Perternakan Ayam
Kegiatan peternakan dapat dilakukan dalam skala kecil ataupun besar. Usaha peternakan skala kecil  dilakukan oleh  penduduk. Peternakan skala besar biasanya dikembangkan oleh  pihak swasta (pengusaha) dan pemerintah. Apa peran pemerintah dalam meningkatkan mutu peternakan di Indonesia?

Upaya yang  dilakukan pemerintah antara lain  memberikan bantuan  bibit unggul, menyediakan pakan ternak bermutu, dan memberikan penyuluhan kepada peternak.

3. Perikanan

Perhatikan usaha perikanan di  daerah sekitarmu! Di sekitarmu mungkin terdapat budi  daya ikan  di kolam. Inilah salah satu contoh usaha perikanan. Secara umum, usaha perikanan dibedakan menjadi perikanan darat dan perikanan laut.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 2 Subtema 1 cara tubuh mengolah udara bersih Pembelajaran 3 Halaman 24 32

a. Perikanan darat, yaitu  usaha memiara dan menangkap ikan  di perairan darat. Perikanan darat terdiri atas perikanan air tawar dan perikanan air payau. Perikanan air tawar dilakukan di sungai, danau, rawa, waduk atau bendungan, empang, sawah, dan kolam. Jenis  ikan  yang  dibudidayakan adalah lele, nila, mujair, guramih, dan mas. Perikanan air payau dilakukan di  tambak  di  pinggir pantai. Jenis ikan yang dibudidayakan adalah bandeng.

b. Perikanan air  laut,  yaitu  usaha menangkap ikan  di  pantai atau laut. Di Indonesia, usaha penangkapan ikan  di laut  dilakukan nelayan tradisional. Saat musim ikan, nelayan akan memperoleh banyak hasil tangkapan. Laut juga menghasilkan udang, kerang, rumput laut,  mutiara, dan garam. Selain untuk keperluan penduduk, hasil tangkapan ditujukan untuk ekspor.

4. Pertambangan

Dilihat dari kondisi geologisnya, wilayah Indonesia mengandung  banyak barang  tambang.  Potensi barang  tambang  yang   melimpah  hendaknya dimanfaatkan bagi  kemakmuran masyarakat. Barang tambang  dapat dibedakan sebagai berikut.

a. Barang tambang mineral logam, misalnya emas, perak, tembaga, timah, bauksit, dan nikel.

b. Barang tambang mineral nonlogam, misalnya belerang, gypsum, marmer, dan batu gamping.

c. Barang tambang  sumber energi, misalnya minyak bumi, batu bara, dan gas alam.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 2 Subtema 1 cara tubuh mengolah udara bersih Pembelajaran 3 Halaman 24 32
Pertambangan Batu Bara
Barang tambang di Indonesia termasuk sumber daya vital. Pemanfaatannya ditujukan bagi kemakmuran masyarakat Indonesia. Jika dieksploitasi terus- menerus, ketersediaan barang tambang akan cepat habis. Oleh  karena itu, pemanfaatan barang tambang dilakukan dengan bijak  dan memperhatikan kelestariannya. Contoh perusahaan yang  mengeksploitasi barang tambang di  Indonesia antara lain  PT. Pertamina, PT. Aneka   Tambang, PT. Freeport Indonesia, dan PT. Chevron Pacific  Indonesia.

5. Kehutanan
Dahulu hutan  Indonesia  bagaikan  hamparan  karpet  hijau  dilihat  dari udara. Hutan Indonesia berperan penting sebagai paru-paru dunia. Hutan juga berfungsi sebagai tempat berkembangnya berbagai fauna. Dari  segi

lingkungan, hutan menjadi daerah resapan air  hujan. Sayangnya, saat ini luas hutan Indonesia semakin sempit. Tidak lagi  terlihat “hamparan karpet hijau” dari  udara ketika melintasi wilayah Indonesia. Ini  tidak lepas dari alih   fungsi lahan  hutan  untuk kawasan  permukiman dan  perkebunan.

Apa akibat dari  menyempitnya kawasan hutan Indonesia? Kondisi  ini dapat menyebabkan  bencana  banjir  bandang  ataupun  tanah  longsor. Untuk meminimalisasi terjadinya bencana, kawasan hutan perlu dihijaukan kembali. Pembalakan liar  harus dicegah agar hutan tidak semakin rusak. Jika  hutan  Indonesia kembali hijau, hasil hutan  kembali melimpah. Hasil hutan Indonesia antara lain  kayu  jati, meranti, ulin damar, dan rotan.

6. Perdagangan

Perdagangan adalah kegiatan membeli barang dagang dan menjualnya kembali kepada konsumen. Kegiatan  perdagangan  muncul ketika kemampuan manusia atau suatu negara menyediakan barang kebutuhan bersifat terbatas. Akhirnya, terjadi saling ketergantungan dalam memenuhi barang kebutuhan.

Melalui kegiatan perdagangan, pedagang akan memperoleh keuntungan dari  selisih harga jual  dan harga beli.  Kegiatan perdagangan tidak hanya mencakup satu daerah atau satu negara. Akan tetapi, kegiatan perdagang- an dapat dilakukan antarnegara.  Secara ekonomi, kegiatan perdagangan antarnegara  ditandai dengan ekspor impor. Ekspor  adalah usaha menjual barang dari  dalam negeri ke pasar luar  negeri. Impor  adalah usaha memasukkan barang dari  negara lain  ke pasar dalam negeri.

7. Perindustrian

Perindustrian adalah kegiatan mengubah bahan mentah menjadi barang setengah jadi  atau barang jadi.  Bahan mentah diperoleh dari  melimpahnya sumber daya alam. Usaha industri dapat dilakukan secara perorangan atau kelompok. Usaha  industri  dapat  dikelompokkan industri  rumah  tangga (home  industry), industri  sedang,  dan  industri besar. Contoh industri di Indonesia adalah industri makanan dan minuman, kosmetik, obat-obatan, garmen, serta elektronik.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 2 Subtema 1 cara tubuh mengolah udara bersih Pembelajaran 3 Halaman 24 32
Industri Sandang

Demikianlah hasil dari pembahasan soal tematik mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 3 Halaman 24, 32. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian serta juga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi.. Terimakasih, Salam Pintar ☺

Kunci jawaban ini ditujukan sebagai bahan referensi dan latihan untuk siswa dirumah yang berasal dari buku siswa kelas 5 tema 2 kurikulum 2013 edisi revisi 2017

Pencarian yang paling banyak dicari :

  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 2 Halaman 24
  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 2 Halaman 32

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 3 Halaman 24, 32."

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel