1000 Khasiat Herbal Dari Air Kelapa Hijau

Banyak orang yang mencari bahan-bahan pendukung untuk menjaga kesehatan mereka. Di antaranya, melalui minuman atau makanan suplemen. Tidak jarang pula orang-orang meluangkan waktu untuk berkonsultasi ke ahli kesehatan agar tubuh mereka tetap sehat dan bugar.

Namun, selain melalui minuman atau makanan dan tentunya obat-obatan, ada cara yang cenderung lebih baik dari itu semua, yaitu dengan cara kembali ke alam. Pola makan yang sehat, olahraga yang teratur, berpikir positif, dan menjaga kebersihan merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh kita. 

Ternyata sangatlah banyak bahan-bahan dari alam yang bisa kita manfaatkan dan semakin hari semakin banyak dengan efek samping yang dominan kecil atau bahkan tanpa efek samping sekalipun.

Bahan-bahan dari alam menjadi harapan baru bagi manusia untuk mewujudkan kehidupan yang lebih sehat lagi untuk masa yang akan datang. Selain itu, bahan-bahan dari alam tersebut juga dapat membantu pengobatan-pengobatan modern sehingga efek samping atau risiko yang lebih besar dapat diminimalkan.

Apa Itu Kelapa?

Indonesia merupakan Negara dengan garis pantai terpanjang di dunia. Salah satu tanaman yang biasa tumbuh di tepi pantai adalah pohon kelapa. Pohon yang bisa tumbuh hingga setinggi 30 meter ini disebut sebagai tanaman paling serbaguna. Mulai dari atas sampai bawah, semuanya bisa dimanfaatkan!
Khasiat herbal dari kelapa mengobati keracunan, panas dalam, sakit panas, demam berdarah, morbili, Influenza, kencing batu, sakit saat haid, cacing kremi, sakit gigi, ubanan, dan ketombe.

Dikenal dengan segudang manfaatnya, air kelapa memang terbukti memiliki banyak nutrisi bermanfaat. Minuman ini diketahui tinggi akan elektrolit, klorida, kalium, magnesium, sejumlah gula, natrium, dan protein. Air kelapa juga merupakan sumber serat makanan, mangan, kalsium, riboflavin, dan Vitamin C yang baik.

Bebera Penyakit Yang Bisa Diobati Dengan Air Kelapa:

Khasiat kelapa di antaranya dapat mengatasi keracunan, panas dalam, sakit panas, demam berdarah, morbili, Influenza, kencing batu, sakit saat haid, cacing kremi, sakit gigi, ubanan, dan ketombe. 

a. Keracunan

Sediakan 1 butir kelapa hijau,  lubangi ujungnya. Kemudian, airnya diminum sampai habis.

b. Sakit Panas Dalam

Sediakan 1 butir buah kelapa hijau dan 1 butir telur ayam kampung mentah. Cara membuatnya, buah kelapa dilubangi ujungnya, telur ayam kampung yang masih mentah dipecah dan dibuang kulitnya, kemudian dimasukkan ke dalam buah kelapa tersebut. Setelah itu, minum pada siang hari. 

c. Sakit Panas

Sediakan 1 gelas air kelapa muda dan 1 sendok madu. Cara membuatnya, kedua bahan tersebut dicampur dan diaduk sampai rata. Cara penggunaannya sebagai berikut. 
  • Untuk dewasa : diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.
  • Untuk balita : 2 kali sehari. 1/2 cangkir teh.

d. Demam Berdarah 

Sediakan 1 butir buah kelapa dan 1 butir jeruk nipis. Cara membuatnya, buah kelapa dilubangi ujungnya, jeruk nipis diperas untuk diambil airnya. kemudian air jeruk nipis dimasukkan ke dalam buah kelapa dan diaduk sampai merata. Setelah itu. diminum 2 kali sehari. pagi dan sore. 

e. Kencing Batu 

Sediakan 1 butir buah kelapa hijau dan 1 butir telur ayam kampung mentah. Cara membuatnya, buah kelapa dilubangi ujungnya, telur ayam kampung yang masih mentah dipecah dan dibuang kulitnya, kemudian dimasukkan ke dalam buah kelapa tersebut. Minumlah 2 kali sehari, pagi dan sore.

f. Mengurangi Sakit Ketika Haid

Sediakan 1 gelas air kelapa hijau dan l potong gula aren. Cara membuatnya, kedua bahan tersebut dicampur dan diaduk sampai merata. Setelah itu, diminum 2 kali sehari 1 gelas, pagi dan sore. selama 3 hari benurut-turut. 

g. Influenza

Sediakan 1/4  butir buah kelapa dan 1 rimpang kencur sebesar ibu jari. Cara membuatnya, buah kelapa dan kencur diparut, kemudian kedua bahan tersebut dicampur merata, ditambah 1 gelas air masak dan diperas untuk diambil airnya. Setelah itu, diminum 1 kali sehari.

h. Morbili

Sediakan 2 helai daun kelapa kering, 1/2 genggam daun kerokot, 1/2 rimpang dingo bengle, 1/2 genggam daun petai cina, dan adas pulawaras secukupnya. Cara membuatnya, semua bahan tersebut ditumbuk bersama sampai halus. Kemudian, digunakan sebagai bedak untuk seluruh tubuh penderita. 

i. Mengusir Cacing Kremi

Sediakan 1/4 butir buah kelapa dan 1 buah wortel. Cara membuatnya, buah kelapa dan wortel diparut, kemudian kedua bahan tersebut dicampur, ditambah 1 gelas air. diperas dan disaring. Setelah itu, diminum malam hari menjelang tidur.

j. Sakit Gigi Berlubang 

Sediakan tempurung (batok). Cara membuatnya, tempurung kelapa dibakar dan minyak yang keluar di pinggir api diambil dengan kapas dan digulung sebesar lubang gigi. Setelah itu, dimasukkan ke dalam lubang gigi yang sakit. 

k. Ubanan 

Sediakan 1/2 butir buah kelapa tua dan airnya. Cara membuatnya, buah kelapa diparut dan diperas dengan air kelapa untuk diambil santannya. Kemudian, air santan tersebut diberi garam secukupnya dan diaduk sampai merata, kemudian diembunkan semalam di luar rumah. Setelah itu, sebagian dari santan tersebut digunakan untuk mengurut bagian yang beruban dan dibiarkan 10-15 menit, sebagian santan lagi digunakan untuk keramas secara teratur 3 hari sekali.

l. Ketombe 

Sediakan 1/2 butir buah kelapa tua dan 1/4 buah nanas, 1 butir jeruk nipis, 11/2gelas air kelapa itu sendiri. Cara membuatnya, buah kelapa dan nanas diparut untuk diambil airnya, kemudian semua bahan tersebut dicampur sampai merata dan disaring. Gunakanlah untuk keramas 5 hari sekali.

Dengan mengetahui berbagai manfaat dari Kelapa ini, kami harap bisa menambah informasi anda seputar pengobatan tradisional menggunakan bahan alami yang tentu akan memperkecil efek samping seperti yang ditimbulkan saat menggunakan berbagai obat-obatan.

Penggunaan tanaman herbal untuk mengobati berbagai penyakit memang seringkali dianggap lebih ekonomis dan juga belum ditemukan efek samping dari penggunaan tanaman herbal kelapa untuk obat.

Meskipun begitu, jika Anda sedang menjalani pengobatan tertentu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda tentang penggunaan kelapa sebagai pengobatan pendamping. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya interaksi obat yang bisa menurunkan efektivitas obat. Selamat Mencoba dan semoga bermanfaat!

Belum ada Komentar untuk "1000 Khasiat Herbal Dari Air Kelapa Hijau"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel