11 Khasiat Obat Herbal Tapakdara

Banyak orang yang mencari bahan-bahan pendukung untuk menjaga kesehatan mereka. Di antaranya, melalui minuman atau makanan suplemen. Tidak jarang pula orang-orang meluangkan waktu untuk berkonsultasi ke ahli kesehatan agar tubuh mereka tetap sehat dan bugar.


Namun, selain melalui minuman atau makanan dan tentunya obat-obatan, ada cara yang cenderung lebih baik dari itu semua, yaitu dengan cara kembali ke alam. Pola makan yang sehat, olahraga yang teratur, berpikir positif, dan menjaga kebersihan merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh kita. 


Ternyata sangatlah banyak bahan-bahan dari alam yang bisa kita manfaatkan dan semakin hari semakin banyak dengan efek samping yang dominan kecil atau bahkan tanpa efek samping sekalipun. Bahan-bahan dari alam menjadi harapan baru bagi manusia untuk mewujudkan kehidupan yang lebih sehat lagi untuk masa yang akan datang. Selain itu, bahan-bahan dari alam tersebut juga dapat membantu pengobatan-pengobatan modern sehingga efek samping atau risiko yang lebih besar dapat diminimalkan.


Selain wujudnya cantik dan banyak ditanam sebagai tanaman hias, bunga tapak dara ternyata merupakan tanaman obat yang berkhasiat. Tanaman ini sebenarnya terdiri dari berbagai jenis, dan hanya beberapa di antaranya yang bisa digunakan untuk pengobatan. 


Salah satu jenis bunga tapak dara yang paling dikenal untuk pengobatan adalah Catharanthus roseus. Tanaman apotek hidup ini berbatang lentur, daunnya berbentuk oval, dan bunganya biasa berwarna ungu muda. Sebagai tumbuhan perdu, tapak dara tumbuh bergerombol dengan tinggi maksimal 1 meter.


Bunga tapak dara dan kandungannya

Tapakdara mengobati diabetes hipertensi leukimia asma bronkitis demam radang perut disentri kurang darah gondong bisul borok luka bakar luka baru dan bengkak

Bunga yang terlihat sederhana ini ternyata mengandung senyawa flavonoid dan alkaloid yang bersifat antikanker. Senyawa alkaloid inilah yang menghasilkan dua obat yang ampuh menyembuhkan kanker.Dua obat itu adalah vinblastin, obat kanker kelenjar getah bening dan vincristin, obat kemoterapi. Vincristin bekerja dengan menghentikan perkembangbiakan sel kanker saat sel akan memperbanyak diri dengan membelah diri menjadi dua


Manfaat Tapakdara Bagi Kesehatan

Tumbuhan tapakdara berkhasiat untuk mengobati diabetes, hipertensi, leukimia, asma, bronkitis, demam, radang perut, disentri, kurang darah, gondong, bisul, borok, luka bakar, luka baru, dan bengkak. 


a. Diabetes Melitus.

  • Siapkan 19-16 lembar daun tapakdara. Cara membuatnya, rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tersisa 1 gclas. Setelah dingin diminum, ulangi sampai sembuh. 
  • Siapkan 35-45 gr daun tapakdara kering dan adas pulawaras. Cara membuatnya, bahan tersebut direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas. Setelah dingin diminum, ulangi sampai sembuh. 
  • Siapkan 3 lembar daun tapakdara dan 15 kuntum bunga tapakdara. Cara membuatnya, direbus dengan 4 gelas air sampai mendidih hingga tersisa 11/2 gelas. Diminum pagi dan sore setelah makan. 


b. Hipertensi 

  • Sediakan 15-20 gr daun tapakdara kering, 10 gr bunga krisan. Cara membuatnya, direbus dengan 21/2 gelas air sampai mendidih dan disaring. Kemudian, diminum tiap sore. 
  • Sediakan 7 lembar daun atau bunga tapakdara. Cara membuatnya, diseduh dengan 1 gelas air dan dibiarkan beberapa saat dan disaring. Kemudian, diminum menjelang tidur. 


c. Leukimia 

Sediakan 20-25 gr daun tapakdara kering, adas pulawaras. Cara membuatnya, direbus dengan 1 liter air dan disaring. Setelah itu, diminum 2 kali sehari, pagi dan sore. 


d. Asma dan Bronkitis 

Sediakan 1 potong bonggol akar tapakdara. Cara membuatnya, direbus dengan 5 gelas air. Diminum 2 kali sehari, pagi dan sore. 


e. Demam

Sediakan 1 genggam (12-20 gr) daun tapakidara, 3 potong batang dan akar tapakdara. Cara membuatnya, direbus dengan 4 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 11/2 gelas. Diminum pagi dan sore ditambah gula kelapa.


f. Radang Perut dan Disentri

Sediakan 15-30 gr daun tapakdara kering. Cara membuatnya, direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih. Diminum pagi dan sore dan ditambah dengan gula kelapa.


g. Kurang Darah

Sediakan 4 putik bunga tapakdara putih. Cara membuatnya, direndam dengan 1 gelas air, kemudian ditaruh di luar rumah semalam. Diminum pagi hari dan dilakukan secara teratur.


h. Tangan Gemetar

Sediakan 4-7 lembar daun tapakdara. Cara membuatnya, diseduh dengan 1 gelas air panas dan disaring. Diminum biasa.


i. Condong, Bengkak, Bisul, dan Borok

Sediakan 1 genggam daun tapakdara. Cara membuatnya, ditumbuk halus. Tempelkan pada luka bakar.


j. Luka Bakar

Sediakan beberapa daun tapak dara, 1/2 genggam beras. Cara membuatnya, direndam dengan air, kemudian ditumbuk bersama-sama sampai halus. Tempelkan pada luka bakar.


k. Luka Baru

Sediakan 2-5 lembar daun tapakdara. Cara membuatnya, dikunyah sampai lembut. Tempelkan pada luka baru.


Dengan mengetahui berbagai manfaat dari Tapakdara ini, kami harap bisa menambah informasi anda seputar pengobatan tradisional menggunakan bahan alami yang tentu akan memperkecil efek samping seperti yang ditimbulkan saat menggunakan berbagai obat-obatan.


Penggunaan tanaman herbal untuk mengobati berbagai penyakit memang seringkali dianggap lebih ekonomis. 


Meskipun begitu, jika Anda sedang menjalani pengobatan tertentu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda tentang penggunaan tapakdara sebagai pengobatan pendamping.Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya interaksi obat yang bisa menurunkan efektivitas obat. Selamat Mencoba dan semoga bermanfaat!

Belum ada Komentar untuk "11 Khasiat Obat Herbal Tapakdara"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel