14 Khasiat Obat Herbal Dari Asam Jawa

Banyak orang yang mencari bahan-bahan pendukung untuk menjaga kesehatan mereka. Di antaranya, melalui minuman atau makanan suplemen. Tidak jarang pula orang-orang meluangkan waktu untuk berkonsultasi ke ahli kesehatan agar tubuh mereka tetap sehat dan bugar.


Namun, selain melalui minuman atau makanan dan tentunya obat-obatan, ada cara yang cenderung lebih baik dari itu semua, yaitu dengan cara kembali ke alam. Pola makan yang sehat, olahraga yang teratur, berpikir positif, dan menjaga kebersihan merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh kita. 


Ternyata sangatlah banyak bahan-bahan dari alam yang bisa kita manfaatkan dan semakin hari semakin banyak dengan efek samping yang dominan kecil atau bahkan tanpa efek samping sekalipun. Bahan-bahan dari alam menjadi harapan baru bagi manusia untuk mewujudkan kehidupan yang lebih sehat lagi untuk masa yang akan datang. Selain itu, bahan-bahan dari alam tersebut juga dapat membantu pengobatan-pengobatan modern sehingga efek samping atau risiko yang lebih besar dapat diminimalkan.


Khasiat Herbal Asam Jawa

Asam jawa dengan nama latin Tamarindus indica Li merupakan salah satu jenis tanaman yang tumbuh ada iklim tropis. Secara klasifikasi ilmiahnya tanaman ini berada pada kingdom plantae. Asam jawa merupan sebuah kultivar daerah tropis dan termasuk  tumbuhan berbuah polong. Bunganya berwarna kuning kemerah-merahan dan buah polongnya berwarna cokelat dengan rasa khas asam. Di dalam buah polong  terdapat kulit yang membungkus daging buahnya. 

Asam jawa dapat dipakai sebagai obat, di antaranya asma, batuk, demam, sakit panas, rematik, sakit perut, morbili, alergi/biduren, sariawan, luka baru, luka borok, eksim, bisul, bengkak disengat lipan/lebah, gigitan ular bisa, dan rambut rontok.

Buah asam jawa ini sangat bermanfaat bagi tubuh karena mengandung kalori, protein, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, Vitamin B dan Vitamin C. Tidak hanya buahnya saja yang bermanfaat, kulit  juga mengandung phlobatannin, dan bijinya mengandung albuminoid.


Asam jawa dapat dipakai sebagai obat, di antaranya asma, batuk, demam, sakit panas, rematik, sakit perut, morbili, alergi/biduren, sariawan, luka baru, luka borok, eksim, bisul, bengkak disengat lipan/lebah, gigitan ular bisa, dan rambut rontok. 


a. Asma 

Sebagai bahan, sediakan 2 potong kulit pohon asam jawa dan adas pulawaras secukupnya. Rebus bahan-bahan tersebut dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian disaring. Lalu, secara teratur 2 kali sehari. 


b. Batuk Kering 

Sediakan 3 polong buah asam jawa dan '/2 genggam daun saga. Rebuslah kedua bahan tersebut dengan 4 gelas air putih sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas, kemudian saring. Minumlah 2 kali sehari secara teratur pada pagi dan sore hari. 


c. Demam

Sediakan 1 genggam daun asam jawa dan adas pulawaras secukupnya. Rebuslah kedua bahan tersebut dengan '/2 liter air sampai mendidih, kemudian disaring. Minumlah 2 kali sehari secara teratur pagi dan sore hari.


d. Sakit Panas

Sediakan 2 polong buah asam jawa yang telah masak, tambahkan garam secukupnya. Seduhlah kedua bahan tersebut dengan 1 gelas air panas, kemudian disaring dan minum secara teratur. Perhatian: bagi ibu hamil tidak boleh minum resep ini. 


e. Rematik

Untuk obat rematik, siapkan 1 genggam daun asam jawa, 2-3 biji asam jawa (klungsu=jawa). Tumbuklah daun tersebut sampai halus. Kemudian, kompreskan pada bagian yang sakit. 


f. Sakit Perut

  • Sediakan 3 polong buah asam jawa yang sudah masak, kapur sirih dan minyak kayu putih secukupnya. Cara membuatnya, campur semua bahan tersebut hingga merata. Kemudian, gosokkan terutama pada bagian perut.
  • Sediakan 3 polong buah asam jawa dan 1 potong gula aren. Cara membuatnya, kedua bahan tersebut diseduh dengan 1 gelas air panas, kemudian disaring, dan langsung diminum.
  • Sediakan 2 polong buah asam jawa, 1 rimpang kunyit sebesar ibu jari, dan 1 potong gula kelapa. Cara membuatnya, kunyit diparut, kemudian dicampur dengan bahan-bahan lainnya dan diseduh dengan 1 gelas air panas lalu disaring kemudian minumlah seperti biasa. 


g. Morbili

Sediakan 1-2 potong buah asam jawa yang telah masak, 2 rimpang kunyit sebesar ibu jari. Cara membuatnya, kunyit diparut. kemudian campurkan kedua bahan tersebut sampai merata. Gunakan sebagai bedak obat gosok bagi penderita morbili.


h. Alergi/Biduren (Jawa) 

Sebagai bahan siapkan 2-3 polong buah asam jawa yang telah tua, garam secukupnya, 1/4 sendok kapur sirih. Cara membuatnya, semua bahan tersebut direbus dengan 3 gelas air putih sampai mendidih hingga tinggal 2 gelas lalu disaring. Minum 2 kali sehari, pagi dan sore. 


I. Sariawan

Sediakan 2 polong buah asam jawa, 2 rimpang temulawak sebesar ibu jari, 1 potong gula kelapa. Rebuslah semua bahan tersebut dengan menggunakan air putih sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas, kemudian saring dan minumlah seperti biasa. 


J. Luka Borok 

Untuk luka borok, sediakan beberapa biji asam jawa. Tumbuklah biji asam jawa tersebut sampai halus. Tempelkan pada luka borok, kemudian perban yang rapat. 


k. Eksim dan Bisul 

Bahan yang harus disiapkan, 1 genggam daun asam jawa yang masih muda (sinom = jawa) dan 2 rimpang kunyit sebesar ibu jari. Tumbuk kedua bahan tersebut sampai halus. Tempelkan pada bagian yang sakit.


l. Bengkak karena Disengat Lipan atau Lebah 

Siapkan bahan yang terdiri atas 3-5 biji asam jawa dan minyak kayu putih secukupnya. Biji asam jawa ditumbuk sampai benar-benar halus. Bersihkan bagian yang bengkak menggunakan kain yang dibasahi dengan minyak kayu putih. kemudian taburi pada bagian yang bengkak atau tempelkan bubuk biji asam jawa tersebut.


m. mencegah Rambut Rontok

Sebagai pencegah rambut rontok cukup sediakan beberapa biji asam jawa. Sebelum keramas menggunakan shampo, kepala dipijat terlebih dahulu dengan buah asam jawa yang telah masak yang dicampur sedikit air. Kemudian, cuci rambut hingga bersih. 


n. Gigitan Ular Tidak Berbisa

Siapkan biji asam jawa sesuai kebutuhan. Kemudian, belah biji asam jawa hingga menjadi dua bagian. Belahan biji bagian dalam ditempelkan pada luka bekas gigitan ular tersebut. 


Itu dia manfaat Asam Jawa yang paling populer. Penggunaan tanaman herbal untuk mengobati berbagai penyakit memang seringkali dianggap lebih ekonomis.


Meskipun begitu, jika Anda sedang menjalani pengobatan tertentu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda tentang penggunaan asam jawa sebagai pengobatan pendamping. 


Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya interaksi obat yang bisa menurunkan efektivitas obat. Selamat Mencoba dan semoga bermanfaat!

Belum ada Komentar untuk "14 Khasiat Obat Herbal Dari Asam Jawa"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel