14 Khasiat Sirih Sebagai Obat Herbal

Banyak orang yang mencari bahan-bahan pendukung untuk menjaga kesehatan mereka. Di antaranya, melalui minuman atau makanan suplemen. Tidak jarang pula orang-orang meluangkan waktu untuk berkonsultasi ke ahli kesehatan agar tubuh mereka tetap sehat dan bugar.


Namun, selain melalui minuman atau makanan dan tentunya obat-obatan, ada cara yang cenderung lebih baik dari itu semua, yaitu dengan cara kembali ke alam. Pola makan yang sehat, olahraga yang teratur, berpikir positif, dan menjaga kebersihan merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh kita. 


Ternyata sangatlah banyak bahan-bahan dari alam yang bisa kita manfaatkan dan semakin hari semakin banyak dengan efek samping yang dominan kecil atau bahkan tanpa efek samping sekalipun.


Bahan-bahan dari alam menjadi harapan baru bagi manusia untuk mewujudkan kehidupan yang lebih sehat lagi untuk masa yang akan datang. Selain itu, bahan-bahan dari alam tersebut juga dapat membantu pengobatan-pengobatan modern sehingga efek samping atau risiko yang lebih besar dapat diminimalkan.


Apa Itu Sirih?

Sirih tumbuh secara merambat. Batangnya berkayu lunak, berbentuk lunak, beruas ruas, beralur, dan berwarna hijau abu-abu. Daunnya tunggal berbentuk hati. Sebagian orang sering mengunyah daunnya untuk menguatkan gigi, mengunyah sirih biasa di sebut menyirih.

Sirih, di antaranya berkhasiat untuk mengurangi produk ASI yang berlebihan, mengobatisakit mata, eksim, bau mulut, kulit gatal, menghilangkan jerawat, pendarahan gusi, mimisan, bronkitis, batuk, sariawan, luka, keputihan, sakit jantung, sifilis, alergi atau biduren, diare dan sakit gigi.

Tumbuhan ini dapat tumbuh dimana saja asal tanahnya subur. Untuk mendapatkan hasil yang sempurna, sebaiknya ia ditanam di tempat terbuka agar terkena sinar matahari.


Khasiat Pada Sirih & Cara Menjadikan Obat Herbal

Sirih, di antaranya berkhasiat untuk mengurangi produk ASI yang berlebihan, mengobatisakit mata, eksim, bau mulut, kulit gatal, menghilangkan jerawat, pendarahan gusi, mimisan, bronkitis, batuk, sariawan, luka, keputihan, sakit jantung, sifilis, alergi atau biduren, diare dan sakit gigi. 


a. Mengurangi Produk ASI yang Berlebihan

Siapkan 4 lembar daun sirih dan minyak kelapa secukupnya. Olesi daun sirih dengan minyak kelapa. Kemudian, panggang dengan api, dalam keadaan masih hangat ditempelkan di sekitar Payudara Anda.


b. Keputihan

Siapkan 7 sampai 10 lembar daun sirih, rebus dengan 21/2 iter air putih sampai mendidih. Gunakan air rebusan daun sirih tersebut dalam keadaan masih hangat untuk membasuh/membersihkan seputar kemaluan secara berulang-ulang.


c. Sakit Jantung

Siapkan 3 lembar daun sirih, 7 pasang biji kemukus, 3 siung bawang merah,dan 1 sendok jintan putih. Cara membuatnya, semua bahan tersebut ditumbuk sampai halus, ditambah 5 sendok air panas, biarkan selama beberapa menit, kemudian peras dan saring. Minum 2 kali sehari dan lakukan secara rutin.


d. Sifilis

Siapkan 25 sampai 30 lembar daun sirih bersama tangkainya, 14 kg gula aren dan garam dapur secukupnya. Cara membuatnya, semua bahan tersebut direbus bersama dengan 2 liter air sampai mendidih, kemudian disaring. Minum 3 kali sehari secara terus-menerus dan teratur. 


e. Alergi/Biduren

Siapkan 6 lembar daun sirih, 1 potong jahe kuning, dan 11/2 sendok minyak kayu putih. Cara membuatnya, semua bahan tersebut ditumbuk bersama-sama sampai benar-benar halus. Oleskan atau gosokkan pada bagian badan yang gatal-gatal.


f. Diare

Siapkan 4 sampai 6 lembar daun sirih, 6 biji lada, dan 1 sendok makan minyak kelapa. cara membuatnya, semua bahan tersebut ditumbuk bersama-sama sampai halus. Gosokkan pada bagian perut.


g. Menghentikan Pendarahan Gusi 

Siapkan 4 lembar daun sirih, rebuslah dengan 2 gelas air sampai mendidih. Setelah dingin, pakailah untuk berkumur-kumur. Lakukan secara berulang-ulang secara teratur sampai sembuh. 


h. Mengheutikan Pendarahan Hidung/Mimisan 

Siapkan selembar daun sirih, gulung daun sirih sambil ditekan-tekan sedikit supaya keluar minyaknya. Pakailah untuk menyumbat hidung yang berdarah/mimisan. 


i. Sakit Gigi Berlubang

Sakit gigi berlubang dapat diatasi dengan cara berikut.

  • Sediakan selembar daun sirih. Rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih. Setelah dingin, pakailah untuk berkumur-kumur, ulangi secara teratur sampai benar-benar sembuh. 
  • Sediakan 2 lembar daun sirih yang sudah diremas dan garam 1/2 sendok. Seduhlah bahan-bahan tersebut dengan air panas 1 gelas. Aduk sampai garam larut, biarkan sampai dingin. Pakailah untuk berkumur-kumur.


j. Bronkitis

Untuk mengatasi bronkitis, sediakan 7 lembar daun sirih dan 1 potong gula batu. Cara membuatnya, daun sirih dirajang, kemudian direbus bersama gula batu dengan air 2 gelas sampai mendidih hingga airnya tinggal 1 gelas, dan disaring. Minumlah 3 kali sehari 3 sendok makan.


k. Batuk

Mengobati batuk dapat dilakukan dengan beberapa pilihan berikut.

  • Sediakan 4 lembar daun sirih. Rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih. Setelah dingin pakailah untuk berkumur. Ulangi secara teratur sampai sembuh.
  • Sediakan 4 lembar daun sirih. Rebus dengan 2 gelas air, sampai mendidih. Setelah dingin, pakailah untuk berkumur. Ulangi secara teratur sampai sembuh.
  • Sediakan 4 lembar daun sirih, 3 lembar daun widoro upas dan madu secukupnya. Daun sirih diiris-iris, kemudian direbus bersama daun widoro dengan 2 gelas air sampai mendidih. Setelah dingin, pakailah untuk berkumur. Ulangi secara teratur sampai sembuh.
  • Sediakan 4 lembar daun sirih. Rebus dengan 1 gelas air sampai mendidih. Setelah dingin, pakailah untuk berkumur. Ulangi secara teratur sampai sembuh. 


l. Eksim 

Untuk mengatasi eksim, sediakan 1 genggam daun sirih, 1 genggam daun cabai, 1 butir biji buah pinang yang telah dihaluskan. Cara membuatnya, semua bahan tersebut direbus dengan 1 liter air sampai mendidih. Gunakan air rebusan ramuan tersebut dalam keadaan hangat untuk dipakai mengompres bagian yang terkena sakit.


m. Gatal-Gatal Setelah Melahirkan

Untuk megatasi gatal-gatal sehabis melahirkan, sediakan segenggam daun sirih. Cara membuatnya, daun sirih diiris-iris, kemudian direbus dengan 1 liter air sampai mendidih. Setelah dingin, pakailah untuk berkumur. Ulangi secara teratur sampai sembuh.


n. Menghilangkan Bau Mulut

Sediakan 4 sampai 7 lembar daun sirih. Rebus dengan 4 gelas air sampai mendidih. Air rebusan daun sirih tersebut dipakai untuk berkumur. 


Dengan mengetahui berbagai manfaat dari Sirih ini, kami harap bisa menambah informasi anda seputar pengobatan tradisional menggunakan bahan alami yang tentu akan memperkecil efek samping seperti yang ditimbulkan saat menggunakan berbagai obat-obatan.


Penggunaan tanaman herbal untuk mengobati berbagai penyakit memang seringkali dianggap lebih ekonomis. 


Meskipun begitu, jika Anda sedang menjalani pengobatan tertentu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda tentang penggunaan sirih sebagai pengobatan pendamping. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya interaksi obat yang bisa menurunkan efektivitas obat. Selamat Mencoba dan semoga bermanfaat!

Belum ada Komentar untuk "14 Khasiat Sirih Sebagai Obat Herbal"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel