Selain Bisa Dimakan Belimbing asam dapat Mengobati Batuk, Beguk, Encok, Sariawan, Hipertensi & Beberapa Penyakit Lainnya

Banyak orang yang mencari bahan-bahan pendukung untuk menjaga kesehatan mereka. Di antaranya, melalui minuman atau makanan suplemen. Tidak jarang pula orang-orang meluangkan waktu untuk berkonsultasi ke ahli kesehatan agar tubuh mereka tetap sehat dan bugar.


Namun, selain melalui minuman atau makanan dan tentunya obat-obatan, ada cara yang cenderung lebih baik dari itu semua, yaitu dengan cara kembali ke alam. Pola makan yang sehat, olahraga yang teratur, berpikir positif, dan menjaga kebersihan merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh kita. 


Ternyata sangatlah banyak bahan-bahan dari alam yang bisa kita manfaatkan dan semakin hari semakin banyak dengan efek samping yang dominan kecil atau bahkan tanpa efek samping sekalipun. Bahan-bahan dari alam menjadi harapan baru bagi manusia untuk mewujudkan kehidupan yang lebih sehat lagi untuk masa yang akan datang. Selain itu, bahan-bahan dari alam tersebut juga dapat membantu pengobatan-pengobatan modern sehingga efek samping atau risiko yang lebih besar dapat diminimalkan.


Tanaman Belimbing Asam Itu Seperti Apa?

Belimbing asam termasuk pohon yang berbatang tegak, bercabang-cabang, banyak tonjolan pada batangnya, serta berwarna hijau. Bunganya majemuk, berbentuk malai. Biasanya, bunga tersebut terletak pada tonjolan batang dan cabang.

Belimbing asam dapat mengobati beberapa penyakit, antara lain batuk, beguk, encok, sariawan, hipertensi, diabetes melitus, demam, radang poros usus, menghilangkan jerawat

Tumbuhnya menggantung, kelopaknya berwarna merah dengan daun mahkotahnya berwarna ungu. Buahnya bulat memanjang berwarna hijau kekuning-kuningan. Pohon ini tumbuh di daerah dataran rendah sampai daerah di atas ketinggian 500 m dpl. Sebaiknya, pohon ini ditanam di daerah yang sering terkena sinar matahari dengan tanah yang subur.


Belimbing asam dapat mengobati beberapa penyakit, antara lain batuk, beguk, encok, sariawan, hipertensi, diabetes melitus, demam, radang poros usus, menghilangkan jerawat. 


Cara Penyajian Belimbing Asam Sebagai Obat Herbal

a. Batuk

  • Siapkan 1 genggam bunga belimbing & asam dan 1 potong gula batu. Cara membuatnya, rebus bersama-sama dengan 1 gelas air sampai mendidih, hingga tinggal 1/2 gelas. Minum pagi dan sore secara rutin.
  • Siapkan daun, bunga, dan buah belimbing asam ditambah gula merah dan adas pulawaras. Cara membuatnya, rebus bersama-sama dengan 1 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1/2 gelas. Minum pagi dan sore secara rutin.


b. Beguk

Siapkan 10 lembar daun belimbing asam dan 4 siung bawang merah. Cara membuatnya, ditumbuk bersama-sama sampai halus. Gunakan untuk bobok dan obat luar.


c. Encok

  • Siapkan 1 genggam daun belimbing asam ditambah kapur sirih. Cara membuatnya, ditumbuk halus bersama-sama. Gosokkan sebagai param.
  • Siapkan 4 genggam daun belimbing asam. Cara membuatnya, ditumbuk halus. Gunakan untuk menggosok bagian pinggang. 


d. Sariawan

Siapkan 11 kuntum bunga belimbing asam, asam Jawa, dan gula merah. Cara membuatnya, bahan-bahan tersebut direbus bcrsama-sama dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas. Minum pagi dan sore secara rutin. 


e. Hipertensi 

Siapkan buah belimbing asam, 1/2 ikat daun kemangi. Cara membuatnya, rebus bersama-sama dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1/2 gelas, kemudian disaring untuk diambil airnya Minum menjelang tidur dan diulangi 3 hari sekali. 


f. Diabetes Melitus, Demam, dan Radang Poros Usus

Siapkan 3 genggam daun belimbing asam. Cara membuatnya, rebus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Minum 2 kali sehari, pagi dan sore secara rutin. 


g. Menghilangkan jerawat 

Siapkan 3 buah belimbing asam dan garam secukupnya. Cara membuatnya, buah belimbing diparut kemudian kedua bahan tersebut dicampur sampai merata. Gunakan sebagai bedak pada bagian wajah yang berjerawat. 


Dengan mengetahui berbagai manfaat dari Belimbing Asam ini, kami harap bisa menambah informasi anda seputar pengobatan tradisional menggunakan bahan alami yang tentu akan memperkecil efek samping seperti yang ditimbulkan saat menggunakan berbagai obat-obatan.


Penggunaan tanaman herbal untuk mengobati berbagai penyakit memang seringkali dianggap lebih ekonomis. 


Meskipun begitu, jika Anda sedang menjalani pengobatan tertentu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda tentang penggunaan belimbing asam sebagai pengobatan pendamping. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya interaksi obat yang bisa menurunkan efektivitas obat. Selamat Mencoba dan semoga bermanfaat!

Belum ada Komentar untuk "Selain Bisa Dimakan Belimbing asam dapat Mengobati Batuk, Beguk, Encok, Sariawan, Hipertensi & Beberapa Penyakit Lainnya"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel