Tidak Banyak Orang Tau, Ternyata Ciplukan Dapat Mengobati Diabetes Meletus, Paru-Paru, Ayan & Borok.

Banyak orang yang mencari bahan-bahan pendukung untuk menjaga kesehatan mereka. Di antaranya, melalui minuman atau makanan suplemen. Tidak jarang pula orang-orang meluangkan waktu untuk berkonsultasi ke ahli kesehatan agar tubuh mereka tetap sehat dan bugar.


Namun, selain melalui minuman atau makanan dan tentunya obat-obatan, ada cara yang cenderung lebih baik dari itu semua, yaitu dengan cara kembali ke alam. Pola makan yang sehat, olahraga yang teratur, berpikir positif, dan menjaga kebersihan merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh kita. 


Ternyata sangatlah banyak bahan-bahan dari alam yang bisa kita manfaatkan dan semakin hari semakin banyak dengan efek samping yang dominan kecil atau bahkan tanpa efek samping sekalipun.


Bahan-bahan dari alam menjadi harapan baru bagi manusia untuk mewujudkan kehidupan yang lebih sehat lagi untuk masa yang akan datang. Selain itu, bahan-bahan dari alam tersebut juga dapat membantu pengobatan-pengobatan modern sehingga efek samping atau risiko yang lebih besar dapat diminimalkan.


Kandungan Buah dan Daun Ciplukan

Tanaman ini tumbuh liar di lahan kosong, pekarangan rumah, atau tempat lain yang tanahnya tidak becek, baik didataran rendah maupun di dataran tinggi.

Beberapa penyakit yang dapat diobati dengan ciplukan, yaitu diabetes meletus, paru-paru, ayan, dan borok.

Dahulu buah cecenet atau ciplukan hanya dibiarkan saja, namun kini mulai diburu. Hal itu tak berlebihan sebenarnya karena harganya selangit.


Meski begitu, mahal harga buah ciplukan saat ini bisa menjadi sebanding dengan manfaatnya bagi kesehatan kita. Sebab di dalam ciplukan, baik buah dan daunnya, terkandung berbagai senyawa yang sangat penting. Beberapa diantaranya seperti saponin, flavonoid, polifenol, fisalin, asam sitrun, asam malat, alkaloid, tanin, kriptoxantin dan vitamin C yang kesemuanya itu memiliki andil besar terhadap kesehatan.


Daun ciplukan atau daun cecendet dikenal dalam dunia herbal bisa membantu mengobati sejumlah penyakit. Tanaman ini dikenal dengan nama latin Physalis. Physalis juga dikenal dengan yang berbeda seperti Aztec Berry, Barbados Gooseberry, bladderberry, Cape Gooseberry, Cherry Tomato Goldenberry, Gooseberry Tomato, dan nama lainnya.


Beberapa penyakit yang dapat diobati dengan ciplukan, yaitu diabetes meletus, paru-paru, ayan, dan borok.

a. Diabetes Melitus

Untuk mengobati diabetes melitus, sediakan tumbuhan  yang sudah berbuah dicabut beserta akar-akarnya dan dibersihkan.


Cara membuatnya, tumbuhan ciplukan yang sudah dicabut tersebut kemudian dilayukan dan direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas, kemudian disaring. Minumlah  1 kali sehari secara rutin.


b. Sakit Paru-Paru

Sediakan tumbuhan ciplukan lengkap (akar, batang, daun, bunga, dan buahnya). Cara membuatnya, yaitu direbus dengan 3-5 gelas air sampai mendidih dan disaring. Minum 3 kali sehari 1 gelas secara rutin. 


c. Ayan

Sediakan 8-10 butir buah ciplukan yang sudah dimasak. Makan setiap hari secara rutin. 


d. Borok 

Sediakan 1 genggam daun ciplukan ditambah 2 sendok air kapur sirih. Cara membuatnya, bahan-bahan ditumbuk sampai halus, dan tempelkan pada bagian yang sakit.


Dengan mengetahui berbagai manfaat dari Ciplukan ini, kami harap bisa menambah informasi anda seputar pengobatan tradisional menggunakan bahan alami yang tentu akan memperkecil efek samping seperti yang ditimbulkan saat menggunakan berbagai obat-obatan.


Penggunaan tanaman herbal untuk mengobati berbagai penyakit memang seringkali dianggap lebih ekonomis. 


Meskipun begitu, jika Anda sedang menjalani pengobatan tertentu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda tentang penggunaan ciplukan sebagai pengobatan pendamping. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya interaksi obat yang bisa menurunkan efektivitas obat. Selamat Mencoba dan semoga bermanfaat!


Belum ada Komentar untuk "Tidak Banyak Orang Tau, Ternyata Ciplukan Dapat Mengobati Diabetes Meletus, Paru-Paru, Ayan & Borok."

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel