Cara Mejaga Kesehatan Mata

Organ tubuh kita sangat peka terhadap sentuhan dari lingkungan luar, misalnya mata. Mata sangat peka terhadap cahaya. Sering orang yang berada di luar kantor, bekerja di lapangan, atau bekerja di bidang yang sangat dekat dengan komputer mengeluhkan beberapa permasalahan mengenai mata. 

cara mengobati dan menjaga kesehatan mata

Beberapa cara untuk menjaga kesehatan mata Anda, di antaranya sebagai berikut. 

1. Periksa Mata setiap 12 Bulan

Masalah penglihatan yang tidak ditangani dengan baik akan berkembang semakin parah. Pemakaian lensa kontak atau kacamata yang tidak cocok dapat menyebabkan masalah penglihatan dan sakit kepala. 


2. Pakailah Kacamata di Musim Panas 

Sinar UV dapat membuat kerusakan serius pada mata. Kacamata yang baik dapat mencegah hal ini. Ketika membeli kacamata, pasukan yang dapat memantulkan paling tidak 98% radiasi UV. 


3. Makanlah Nutrisi yang Baik untuk Anda dan Mata Anda 

Studi baru-baru ini menunjukkan bahwa vitamin dan kelompok antioksidan dapat mencegah atau paling tidak memperlambat degenerasi makular dan pertumbuhan katarak pada mata Anda. Nutrisi yang baik bagi tubuh juga baik untuk mata. 


4. Penggunaan Cahaya yang Tepat Ketika Membaca atau Bekerja Menggunakan Komputer 

Bekerja dengan cahaya minim dapat menyebabkan kelelahan pada mata, tetapi cahaya yang terlalu terang juga tidak baik bagi kesehatan mata. Jika bekerja menggunakan komputer arah cahaya yang terbaik adalah dari lampu meja bercahaya lembut dari arah samping. Kurangi tingkat terang (brightness) monitor. Warnanya memang menjadi tidak terlalu tajam, tetapi mata akan jadi lebih nyaman. 


5. Istirahatkan Mata Anda 

Hampir semua orang merasakan mata mereka menjadi tidak nyaman setelah duduk seharian di depan layar komputer. Hal ini disebabkan mata berkedip 25% lebih sedikit dari biasanya sehingga mata menjadi kering. 


6. Cari Lensa Kontak dengan Kualitas Baik 

Tidak semua lensa kontak sama. Ada yang aman untuk mata Anda, dan ada juga yang berisiko tinggi merusak mata. 


7. Jika Memakai Lensa Kontak, Rawatlah dengan Baik

Lensa kontak tidaklah begitu merepotkan, tetapi Anda juga tidak dapat mengabaikan kebersihannya. Bilaslah lensa kontak Anda setiap kali akan memakai atau melepaskan lensa kontak tersebut. Anda juga harus mengganti cairannya ketika Anda akan tidur di malam hari.


8. Pakailah Lensa Kontak Sesuai Jadwal yang Disarankan 

Ada orang yang menghemat lensa kontak dengan memakainya lebih lama daripada yang disarankan. Ini bukanlah pilihan yang baik. Meskipun kualitas lensanya tidak akan berkurang, tumpukan protein dapat mengaburkan penglihatan Anda. Hal lain yang harus dipertimbangkan adalah semakin lama Anda memakai lensa kontak Anda, semakin tinggi risiko mata Anda akan terkena infeksi. 

Belum ada Komentar untuk "Cara Mejaga Kesehatan Mata"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel