Selain Bisa Dimakan, Ternyata Cermai Bermanfaat Sebagai Obat Sembelit, Asma, Kanker, & Melangsingkan Badan

Banyak orang yang mencari bahan-bahan pendukung untuk menjaga kesehatan mereka. Di antaranya, melalui minuman atau makanan suplemen. Tidak jarang pula orang-orang meluangkan waktu untuk berkonsultasi ke ahli kesehatan agar tubuh mereka tetap sehat dan bugar.


Namun, selain melalui minuman atau makanan dan tentunya obat-obatan, ada cara yang cenderung lebih baik dari itu semua, yaitu dengan cara kembali ke alam. Pola makan yang sehat, olahraga yang teratur, berpikir positif, dan menjaga kebersihan merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh kita. 


Ternyata sangatlah banyak bahan-bahan dari alam yang bisa kita manfaatkan dan semakin hari semakin banyak dengan efek samping yang dominan kecil atau bahkan tanpa efek samping sekalipun. Bahan-bahan dari alam menjadi harapan baru bagi manusia untuk mewujudkan kehidupan yang lebih sehat lagi untuk masa yang akan datang. Selain itu, bahan-bahan dari alam tersebut juga dapat membantu pengobatan-pengobatan modern sehingga efek samping atau risiko yang lebih besar dapat diminimalkan.


Cermai diketahui menyimpan banyak mineral seperti zat besi, seng, vitamin seperti karotenoid dan vitamin B kompleks dan juga mengandung vitamin C yang kadarnya cukup tinggi sehingga buah cermai mempunyai rasa yang sangat asam bila dimakan langsung. Buah cermai ini mempunyai nama latin Phyllanthus Acidos memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Cermai berkhasiat mengatasi batuk berdahak, mual, kanker, sariawan, asma, sakit kulit, sembelit, muai akibat perut koror, dan mengutuskan badan.

Di Indonesia, tumbuhan ini disebut cermai, ceremai, atau cereme. Buah ini, menurut Wikipedia, dikenal juga dengan nama lain seperti ceureumoe (Aceh). Tumbuhan ini dapat mencapai tinggi 10 meter atau lebih, batangnya tegak, bulat, berkayu, mudah patah, kasar, percabangan monopodial, dengan warna cokelat muda.


Cermai berkhasiat mengatasi batuk berdahak, mual, kanker, sariawan, asma, sakit kulit, sembelit, muai akibat perut koror, dan mengutuskan badan.


Cara Mengolah Cermai Menjadi Obat Herbal

a. Sembelit

  • Siapkan biji cermai sebanyak 3/4 sendok teh, dicuci lalu digiling sampai halus. Seduh dengan 1/2 cangkir air panas. Sewaktu masih hangat tambahkan madu 1 sendok makan, aduk sampai merata kemudian diminum sekaligus. Lakukan 2 kali sehari secara rutin.
  • Siapkan daun cermai segar sebanyak 3 gr, dicuci lalu ditumbuk halus. Seduh dengan 1/2 gelas air panas, lalu didinginkan. Hasil seduhan diminum sekaligus bersama ampasnya. 


b. Asma 

Siapkan biji cermai sebanyak 6 biji, bawang merah 2 butir, akar kara 1/4 genggam, buah lengkeng 8 butir, dicuci lalu ditumbuk seperlunya. Rebuslah bahan-bahan tersebut dengan 2 gelas air bersih sampai tersisa 11/2 gelas. Setelah dingin disaring, lalu diminum dengan air gula secukupnya. Sehari 2 kali, masing-masing 3/4 gelas secara rutin.


c. Kanker 

Siapkan daun cermai yang masih muda sebanyak 1/4 genggam, daun belimbing 1/3 genggam, bidara upas ½ jari, gadung cina 1/2 jari, gula enau 3 jari, dicuci lalu dipotong-potong seperlunya. Bahan-bahan tadi lalu direbus dengan 3 gelas air bersih sampai tertinggal kira-kira 3/4 bagian. Setelah dingin disaring, siap untuk diminum. Sehari 3 kali secara rutin, masing-masing 3/4 gelas. 


d. Melangsingkan Badan 

Minum air rebusan daun cermai. Obat ini bekerja kuat, jangan menggunakan dalam jangka waktu lama. 


Dengan mengetahui berbagai manfaat dari Cermai ini, kami harap bisa menambah informasi anda seputar pengobatan tradisional menggunakan bahan alami yang tentu akan memperkecil efek samping seperti yang ditimbulkan saat menggunakan berbagai obat-obatan.


Penggunaan tanaman herbal untuk mengobati berbagai penyakit memang seringkali dianggap lebih ekonomis. 


Meskipun begitu, jika Anda sedang menjalani pengobatan tertentu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda tentang penggunaan cermai sebagai pengobatan pendamping.Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya interaksi obat yang bisa menurunkan efektivitas obat. Selamat Mencoba dan semoga bermanfaat!

Belum ada Komentar untuk "Selain Bisa Dimakan, Ternyata Cermai Bermanfaat Sebagai Obat Sembelit, Asma, Kanker, & Melangsingkan Badan"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel