10 Khasiat Jambu Biji Sebagai Obat Herbal Yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Banyak orang yang mencari bahan-bahan pendukung untuk menjaga kesehatan mereka. Di antaranya, melalui minuman atau makanan suplemen. Tidak jarang pula orang-orang meluangkan waktu untuk berkonsultasi ke ahli kesehatan agar tubuh mereka tetap sehat dan bugar.

Namun, selain melalui minuman atau makanan dan tentunya obat-obatan, ada cara yang cenderung lebih baik dari itu semua, yaitu dengan cara kembali ke alam. Pola makan yang sehat, olahraga yang teratur, berpikir positif, dan menjaga kebersihan merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh kita. 

Ternyata sangatlah banyak bahan-bahan dari alam yang bisa kita manfaatkan dan semakin hari semakin banyak dengan efek samping yang dominan kecil atau bahkan tanpa efek samping sekalipun.

Bahan-bahan dari alam menjadi harapan baru bagi manusia untuk mewujudkan kehidupan yang lebih sehat lagi untuk masa yang akan datang. Selain itu, bahan-bahan dari alam tersebut juga dapat membantu pengobatan-pengobatan modern sehingga efek samping atau risiko yang lebih besar dapat diminimalkan.

Apa itu Jambu Biji?

Tentu Anda sudah mengenal buah jambu biji. Ya, banyak orang yang percaya bahwa jambu biji bisa mempercepat penyembuhan demam berdarah. Namun, sebenarnya manfaat dari jambu biji tidak sebatas itu saja, masih banyak manfaat lainnya.
Jambu Biji berkhasiat sebagai obat herbal diantaranya menanggulangi diabetes, maag, diare. masuk angin, beser, sariawan, sakit kulit, dan luka baru.

Jambu biji merupakan buah yang cukup mudah ditemui dan disukai banyak orang di Indonesia. Rasa yang lezat dari buah ini serta kemudahan dalam menemukannya membuat jambu biji sangat populer dikalangan masyarakat.

Jambu biji merupakan tanaman yang berasal dari negara di Amerika Tengah, seperti Meksiko, Brazil, Kolombia, dan Venezuela. Buah yang juga biasa disebut guava ini, kini telah banyak dibudidayakan dan dapat dinikmati di banyak negara beriklim tropis dan subtropis, seperti Indonesia.

Kandungan Yang Ada Didalam Jambu Biji

Jambu biji kaya akan kandungan Vitamin C, Vitamin A, serta kalium, dan antioksidan. Selain itu juga, jambu biji juga mengandung nutrisi lain, seperti serat, zat besi, protein, magnesium, serta folat, meski dalam jumlah yang agak sedikit.

Khasiat Jambu Biji Sebagai Obat Herbal & Cara Penyajiannya

Jambu Biji berkhasiat menanggulangi diabetes melitus, sakit maag, diare. masuk angin, beser, prolapsisani, sariawan, sakit kulit, dan luka baru.

a.  Diabetes Melitus 

Sediakan 1 buah jambu biji setengah masak. Cara membuatnya, buah jambu biji dibelah menjadi empat bagian dan direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Minum 2 kali sehari secara rutin, pagi dan sore. 

b. Sakit Maag

Sediakan 8 lembar daun jambu biji yang masih segar. Cara membuatnya, rebus dengan 11/2 liter air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Minum 3 kali sehari secara rutin, pagi, siang dan sore. 

c.  Diare

Sediakan 5 lembar daun jambu biji, 1 potong akar, kulit dan batangnya. Cara membuatnya, direbus dengan 11/2 liter air sampai mendidih kemudian disaring untuk diambil airnya. Minum 2 kali sehari secara rutin pagi dan sore. 

d. Sakit Perut atau Diare pada Bayi yang Masih Menyusu 

Sediakan jambu biji yang masih muda dan garam secukupnya. Dikunyah oleh ibu yang menyusui bayi tersebut, airnya ditelan dan ampasnya dibuang. 

e. Masuk Angin

Sediakan 10 lembar daun jambu biji yang masih muda, 1 butir cabai merah, 3 mata buah asam, 1 potong gula kelapa, dan garam secukupnya. Cara membuatnya, rebus semua bahan tersebut bersama dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Minum 2 kali sehari. 

f. Beser

Sediakan 1 genggam daun jambu biji yang masih muda, 3 sendok bubuk beras yang digoreng tanpa minyak. cara membuatnya, kedua bahan tersebut direbus bersama dengan 21/2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas, kemudian disaring. Minum tiap 3 jam sekali 3 sendok makan. 

g. Prolapsisani 

Sediakan 1 genggam daun jambu biji, 1 potong kulit batang jambu biji. Cara membuatnya, rebus bersama dengan 2 gelas air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Gunakan air ramuan tersebut dalam keadaan masih hangat dipakai untuk mengompres selaput lendir poros usus (pusar) pada bayi. 

h. Sariawan 

Sediakan 1 genggam daun jambu biji, 1 potong kulit batang jambu biji. Cara membuatnya, rebus bersama dengan 2 gelas air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Minum 2 kali sehari secara rutin. 

i. Sakit Kulit 

Sediakan 1 genggam daun jambu biji yang masih muda, 7 kuntum bunga jambu biji. Cara membuatnya. tumbuk bersama-sama sampai halus. Kemudian, gosoklah bagian kulit yang sakit. 


j. Obat Luka Baru 

Sediakan 3 pucuk daun jambu biji. Cara membuatnya. dikunyah sampai lembut. Tempelkan daun jambu biji pada bagian tubuh yang luka agar tidak mengeluarkan  darah terus menerus. 

Dengan mengetahui berbagai manfaat dari Jambu Biji ini, kami harap bisa menambah informasi anda seputar pengobatan tradisional menggunakan bahan alami yang tentu akan memperkecil efek samping seperti yang ditimbulkan saat menggunakan berbagai obat-obatan.

Penggunaan tanaman herbal untuk mengobati berbagai penyakit memang seringkali dianggap lebih ekonomis. 

Meskipun begitu, jika Anda sedang menjalani pengobatan tertentu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda tentang penggunaan jambu biji sebagai pengobatan pendamping. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya interaksi obat yang bisa menurunkan efektivitas obat. Selamat Mencoba dan semoga bermanfaat!

Belum ada Komentar untuk "10 Khasiat Jambu Biji Sebagai Obat Herbal Yang Jarang Diketahui Banyak Orang"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel