Khasiat Jambu Monyet Sebagai Obat Herbal

Banyak orang yang mencari bahan-bahan pendukung untuk menjaga kesehatan mereka. Di antaranya, melalui minuman atau makanan suplemen. Tidak jarang pula orang-orang meluangkan waktu untuk berkonsultasi ke ahli kesehatan agar tubuh mereka tetap sehat dan bugar.

Namun, selain melalui minuman atau makanan dan tentunya obat-obatan, ada cara yang cenderung lebih baik dari itu semua, yaitu dengan cara kembali ke alam. Pola makan yang sehat, olahraga yang teratur, berpikir positif, dan menjaga kebersihan merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh kita. 

Ternyata sangatlah banyak bahan-bahan dari alam yang bisa kita manfaatkan dan semakin hari semakin banyak dengan efek samping yang dominan kecil atau bahkan tanpa efek samping sekalipun.

Bahan-bahan dari alam menjadi harapan baru bagi manusia untuk mewujudkan kehidupan yang lebih sehat lagi untuk masa yang akan datang. Selain itu, bahan-bahan dari alam tersebut juga dapat membantu pengobatan-pengobatan modern sehingga efek samping atau risiko yang lebih besar dapat diminimalkan.

Apa Itu Jambu Monyet?

Jambu mete memiliki nama latin anacardium occidentale linn. Namun masyarakat kita biasanya mengenal buah ini dengan nama jambu monyet. Disebut jambu monyet karena pohon jambu ini memiliki buah kecil yang disebut mete (mende), tergantung di bagian bawah buah pohon ini. Jambu monyet banyak mengandung senyawa kimia yang bermanfaat sebagai anti bakteri dan anti septik, seperti tanim anacardik acid dan cordol.
Jambu Biji berkhasiat sebagai obat herbal diantaranya menanggulangi diabetes, maag, diare. masuk angin, beser, sariawan, sakit kulit, dan luka baru.


Jambu monyet merupakan buah yang saat ini sudah sangat jarang ditemui. Biasanya jambu monyet dikonsumsi buahnya yang berwarna oranye hingga agak kemerahan.

Daging buah jambu monyet memiliki kandungan Vitamin C, Vitamin A, Vitamin B1, Protein, Lemak, Fosfor, Zat Besi, Karbohidrat, hingga mineral lainnya. Selain itu daunnya yang masih muda mengandung Vitamin A sebesar 2689 SI per 100 gram, Vitamin C sebesar 65 gram per 100 gram, kalori 73 gram per 100 gram, protein 4,6 gram per 100 gram, lemak 0,5 gram per 100 gram, hidrat arang 16,3 gram per 100 gram, kalsium 33 miligram per 100 gram, fosfor 64 miligram per 100 gram, besi 8,9 miligram dan air 78 gram per 100 gram. Selain bijinya, daun mudanya biasa dimanfaatkan sebagai lalapan (baik mentah maupun dikukus terlebih dahulu).

Cara Menyajikannya Menjadi Obat Tradisional

Berikut beberapa khasiat Jambu monyet sebagai obat herbal yaitu dapat mengatasi diabetes melitus, disentri, dan radang mulut.

a.Diabetes Melitus 

Sediakan 2 potong kulit batang jambu monyet dan adas pulawaras secukupnya. Cara membuatnya,  rebuslah kedua bahan tersebut dengan 2 liter air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Minumlah 2 kali sehari secara rutin, pagi dan sore. 

b. Disentri 

Sediakan 1 genggam daun jambu monyet dan 1 potong kulit batang jambu monyet. Cara membuatnya, rebuslah kedua bahan tersebut dengan 11/2 liter air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Minumlah 2 kali sehari secara rutin, pagi dan sore. 

c. Radang Mulut 

Sediakan 1 genggam daun jambu monyet dan 1 potong kulit barang jambu monyet. Cara membuatnya, rebuslah kedua bahan tersebut dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Minumlah 2 kali sehari secara rutin, pagi dan sore. 

Dengan mengetahui berbagai manfaat dari Jambu Monyet ini, kami harap bisa menambah informasi anda seputar pengobatan tradisional menggunakan bahan alami yang tentu akan memperkecil efek samping seperti yang ditimbulkan saat menggunakan berbagai obat-obatan.

Penggunaan tanaman herbal untuk mengobati berbagai penyakit memang seringkali dianggap lebih ekonomis dan juga belum ditemukan efek samping dari penggunaan tanaman herbal jambu monyet untuk obat.

Meskipun begitu, jika Anda sedang menjalani pengobatan tertentu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda tentang penggunaan jambu monyet sebagai pengobatan pendamping. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya interaksi obat yang bisa menurunkan efektivitas obat. Selamat Mencoba dan semoga bermanfaat!

Belum ada Komentar untuk "Khasiat Jambu Monyet Sebagai Obat Herbal"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel