Khasiat Kemuning Sebagai Obat Herbal

Banyak orang yang mencari bahan-bahan pendukung untuk menjaga kesehatan mereka. Di antaranya, melalui minuman atau makanan suplemen. Tidak jarang pula orang-orang meluangkan waktu untuk berkonsultasi ke ahli kesehatan agar tubuh mereka tetap sehat dan bugar.

Namun, selain melalui minuman atau makanan dan tentunya obat-obatan, ada cara yang cenderung lebih baik dari itu semua, yaitu dengan cara kembali ke alam. Pola makan yang sehat, olahraga yang teratur, berpikir positif, dan menjaga kebersihan merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh kita. 

Ternyata sangatlah banyak bahan-bahan dari alam yang bisa kita manfaatkan dan semakin hari semakin banyak dengan efek samping yang dominan kecil atau bahkan tanpa efek samping sekalipun. Bahan-bahan dari alam menjadi harapan baru bagi manusia untuk mewujudkan kehidupan yang lebih sehat lagi untuk masa yang akan datang. Selain itu, bahan-bahan dari alam tersebut juga dapat membantu pengobatan-pengobatan modern sehingga efek samping atau risiko yang lebih besar dapat diminimalkan.

Apa Itu Kemuning ?

Kemuning biasanya tumbuh liar di semak belukar, tepi hutan, atau ditanam orang sebagai tanaman hias, atau tanaman pagar. Kemuning dapat ditemukan dari dataran rendah hingga ketinggian 400 meter di atas permukaan laut. Kemuning berasa pedas, pahit, dan hangat yang berkhasiat mematikan rasa (anesthesia), penenang (sedatif), antiradang (antiinflamasi), menghilangkan bengkak (antiswelling), antirematik, dapat melancarkan peredaran darah, dan antitiroida. 

Untuk keperluan pengobatan herbal, bagian yang dipakai adalah akar, batang, dan daun. Kemuning berkhasiat untuk mengobati penyakit rematik, sakit pinggang (lumbago), sakit gigi, radang Otak (epidemik encephalitis B), local anesthesia, radang buah zakar (orkitis). Selain itu, penyakit radang saluran napas (bronkitis), infeksi saluran kemih, batu kandung kemih, batu ginjal, haid tidak teratur, keputihan, lemak tubuh berlebihan (obesitas), gigitan serangga dan ular, bisul, koreng, eksim, borok, dan gatal-gatal.

Khasiat Kemuning Sebagai Obat Herbal

Untuk mengobati batu ginjal, batu kandung kemih, daun kemuning segar ditambah 150 cc air putih lalu dijus. Setelah itu disaring kemudian diminum airnya secara rutin. Bagi penderita rematik dan memar akibat terpukul, cucilah 15-30 gr akar kering kemuning dan 15 gr jahe merah (zingiber offcinale rosc) lalu direbus dengan air 600 cc hingga tersisa 200 cc. Kemudian disaring dan airnya diminum secara teratur. 
Mengobati batu ginjal, batu kandung kemih, daun kemuning segar ditambah 150 cc air putih lalu dijus, disaring kemudian diminum airnya secara rutin.


Untuk pemakaian luar, tumbuhan kemuning segar dihaluskan lalu ditempelkan pada bagian tubuh yang sakit. Selain itu, bisa dengan cara direbus kemudian airnya dipakai untuk mencuci bagian yang sakit. Adapun untuk pemakaian dalam (minum), rebuslah 9-15 gr kemuning kering atau 30-60 gr yang segar dan minum airnya secara rutin.

Itu dia manfaat Kemuning yang paling populer. Penggunaan tanaman herbal untuk mengobati berbagai penyakit memang seringkali dianggap lebih ekonomis.

Meskipun begitu, jika Anda sedang menjalani pengobatan tertentu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda tentang penggunaan kemuning sebagai pengobatan pendamping. 

Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya interaksi obat yang bisa menurunkan efektivitas obat. Selamat Mencoba dan semoga bermanfaat!

Belum ada Komentar untuk "Khasiat Kemuning Sebagai Obat Herbal"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel