12 Khasiat Kencur Sebagai Obat Herbal

Banyak orang yang mencari bahan-bahan pendukung untuk menjaga kesehatan mereka. Di antaranya, melalui minuman atau makanan suplemen. Tidak jarang pula orang-orang meluangkan waktu untuk berkonsultasi ke ahli kesehatan agar tubuh mereka tetap sehat dan bugar.

Namun, selain melalui minuman atau makanan dan tentunya obat-obatan, ada cara yang cenderung lebih baik dari itu semua, yaitu dengan cara kembali ke alam. Pola makan yang sehat, olahraga yang teratur, berpikir positif, dan menjaga kebersihan merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh kita. 

Ternyata sangatlah banyak bahan-bahan dari alam yang bisa kita manfaatkan dan semakin hari semakin banyak dengan efek samping yang dominan kecil atau bahkan tanpa efek samping sekalipun.

Bahan-bahan dari alam menjadi harapan baru bagi manusia untuk mewujudkan kehidupan yang lebih sehat lagi untuk masa yang akan datang. Selain itu, bahan-bahan dari alam tersebut juga dapat membantu pengobatan-pengobatan modern sehingga efek samping atau risiko yang lebih besar dapat diminimalkan.

Apa Itu Kencur?

Kencur yang punya nama latin Kaempferia Galanga L, ternyata masih satu keluarga dengan jahe atau Zingiberaceae. Jadi, jangan heran jika banyak orang sering keliru membedakan kencur dengan jahe maupun lengkuas karena bentuknya yang hampir sama. Padahal nyatanya, kencur bisa membawa manfaat yang berbeda dari jahe untuk kesehatan tubuh.
Khasiat Kencur Sebagai Obat Herbal untuk mengobai radang lambung, radang anak telinga influenza pada bayi. masuk angin,  sakit  kepala, batuk, menghilanglun darah  kotor, diare, memperlancar haid, pegal, keseleo, dan lelah.

Tanaman kencur termasuk tananaman semak tahunan. Batangnya semu, pendek, berbentuk rimpang, berwarna coklat keputih-putihan. Daunnya daun tunggal, berbentu lonjong, dan berwarna hijau.

Kencur akan tumbuh sempurna jika ditanam diketinggian 80 – 700 m dpl. Proses pembiaknnya dilakukan dengan cara rimpang.  Setelah muncul tunas, kencur dapat ditanam didalam polibag atau langsung d tanam ke tanah.

Tanaman ini berkhasiat sebagai obat penyembuhan penyakit batuk, kembung, mual, bengkak, bisul, rematik, sakit perut, infeksi bakteri, mwnghilangkan bau keringat, dan menambah nafsu makan.

Cara Menyajikan Kencur Sebagai Obat Herbal Tradisional

Kencur berkhasiat untuk menanggulangi radang lambung, radang anak telinga influenza pada bayi. masuk angin,  sakit  kepala, batuk, menghilanglun darah  kotor, diare, memperlancar haid, pegal, keseleo, dan lelah. 

 a. Radang Lambung 

Untuk mengobati radang lambung, siapkan 2 rimpang kencur sebesar ibu jari. Kemudian, kuliti kencur sampai bersih dan dikunyah. Telan airnya dan ampasnya  dibuang, kemudian minum 1 gelas air putih. Ulangi sampai sembuh. 

b. Radang Anak Telinga 

Untuk mengobati radang anak telinga, siapkan 2 rimpang kencur sebesar ibu jari dan l/2 biji buah pala. Tumbuk halus kedua bahan tersebut dan beri 2 sendok air hangat. Oleskan di seputar hidung. 

c. Influenza pada Bayi 

Untuk mengatasi influenza pada bayi, sediakan 1 rimpang  kencur sebesar ibu jari dan 2 lembar daun kemukus (lada berekor/cubeb). Tumbuk halus kedua bahan tersebut,  kemudian tambahkan beberapa sendok air hangat. Oleskan di  seputar hidung. 

d. Masuk Angin 

Masuk angin dapat diobati dengan menyiapkan 1 rimpang  kencur sebesar ibu jari dan garam secukupnya, kuliti kencur  hingga bersih. Kemudian, kencur dimakan dengan garam  secukupnya, kemudian minum 1 gelas air putih. Lakukan 2 kali sehari secara rutin. 

e. Sakit Kepala

Untuk mengatasi sakit kepala, siapkan 2-3 lembar daun kencur.  Kemudian, daun kencur ditumbuk sampai halus. Oleskan  sebagai kompres atau pilis pada dahi. 

f. Batuk 

Untuk mengobati batuk dapat dilakukan dengan cara sebagai  berikut. 
  • Sediakan 1 rimpang kencur sebesar ibu jari dan garam secukupnya saja. Cara membuatnya, kencur diparut, kemudian ditambah 1 cangkir air hangat, diperas, dan disaring. Setelah  itu, minumlah dengan ditambah garam secukupnya. 
  • Sediakan rimpang kencur sebesar ibu jari. Cara membuatnya, kencur dikuliti sampai bersih dan dikunyah. Telan airnya dan buang ampasnya. Lakukan setiap pagi secara rutin. 

g. Diare

Untuk mengobati diare dapat dilakukan cara berikut. 
  • Sediakan 2 rimpang kencur sebesar ibu jari dan garam secukupnya. Cara membuatnya, kencur di parut, kemudian ditambah 1 cangkir air hangat, diperas dan disaring. Setelah itu, oleskan pada perut sebagai bedak. 
  • Sediakan 2 rimpang kencur  sebesar ibu jari dan garam secukupnya.  Cara  membuatnya, kencur diparut,  kemudian ditambah garam secukupnya. Setelah itu,  oleskan pada perut sebagai bedak .

h. Menghilangkan Darah Kotor

 Sediakan 4 rimpang kencur sebesar ibu jari, 2 lembar daun trengguli, 2 biji cengkeh kering, dan adas pulawaras secukupnya. Cara  membuatnya,  rebus semua bahan tersebut bersama dengan 1 liter air sampai mendidih kemudian disaring. Minumlah 2 kali sehari secara teratur. 


i.  Memperlancar Haid

Sediakan 2 rimpang kencur sebesar ibu jari, 1 lembar daun trengguli, 1 biji buah cengkeh tua, dan adas pulawaras secukupnya. Cara membuatnya, kencur dicincang, kemudian dicampur dengan bahan lain dan rebus bersama dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 2 gelas, kemudian disaring. Minumlah sekali sehari 2 cangkir. 

j. Mata Pegal 

Sediakan 1 potong rimpang kencur, belah menjadi 2 bagian. Gunakan permukaan yang masih basah untuk menggosok pelupuk mata. 

k. Keseleo  

Sediakan 1 rimpang kencur dan beras yang sudah direndam air. Cara membuatnya, kedua bahan tersebut dipipis dengan air secukupnya. Kemudian, oleskan pada bagian yang keseleo. 

l. Menghilangkan Lelah 

Sediakan 1 rimpang besar kencur, 2 sendok beras digoreng tanpa minyak, dan 1 biji cabai merah. Cara membuatnya, rebus semua bahan tersebut bersama 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas, kemudian disaring. Minum sekaligus dan diulangi sampai sembuh. Untuk pria dapat ditambah 1 potong lengkuas dan tepung lada secukupnya. 

Dengan mengetahui berbagai manfaat dari Kencur ini, kami harap bisa menambah informasi anda seputar pengobatan tradisional menggunakan bahan alami yang tentu akan memperkecil efek samping seperti yang ditimbulkan saat menggunakan berbagai obat-obatan.

Penggunaan tanaman herbal untuk mengobati berbagai penyakit memang seringkali dianggap lebih ekonomis. 

Meskipun begitu, jika Anda sedang menjalani pengobatan tertentu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda tentang penggunaan kencur sebagai pengobatan pendamping. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya interaksi obat yang bisa menurunkan efektivitas obat. Selamat Mencoba dan semoga bermanfaat!

Belum ada Komentar untuk "12 Khasiat Kencur Sebagai Obat Herbal"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel