Tidak Banyak Orang Tau, Ternyata Kunyit Mempunyai 12 Khasiat Sebagai Obat Herbal

Banyak orang yang mencari bahan-bahan pendukung untuk menjaga kesehatan mereka. Di antaranya, melalui minuman atau makanan suplemen. Tidak jarang pula orang-orang meluangkan waktu untuk berkonsultasi ke ahli kesehatan agar tubuh mereka tetap sehat dan bugar.

Namun, selain melalui minuman atau makanan dan tentunya obat-obatan, ada cara yang cenderung lebih baik dari itu semua, yaitu dengan cara kembali ke alam. Pola makan yang sehat, olahraga yang teratur, berpikir positif, dan menjaga kebersihan merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh kita. 

Ternyata sangatlah banyak bahan-bahan dari alam yang bisa kita manfaatkan dan semakin hari semakin banyak dengan efek samping yang dominan kecil atau bahkan tanpa efek samping sekalipun.

Bahan-bahan dari alam menjadi harapan baru bagi manusia untuk mewujudkan kehidupan yang lebih sehat lagi untuk masa yang akan datang. Selain itu, bahan-bahan dari alam tersebut juga dapat membantu pengobatan-pengobatan modern sehingga efek samping atau risiko yang lebih besar dapat diminimalkan.

Apa Itu Kunyit?

Kunyit adalah salah satu tanaman herbal yang biasa digunakan sebagai bumbu masak. Namun, kunyit bukan hanya bermanfaat sebagai penyedap maupun pewarna masakan saja, bisa juga digunakan sebagai obat-obatan alami.
Khasiat kunyit sebagai obat herbal mengobati diabetes melitus, tifus, usus buntu, disentri, sakit keputihan, haid tidak lancar, perut mulas saat haid, memperlancar ASI, amandel, berak lendir, morbili, dan cangkrang waterproken

Ternyata manfaat dari kunyit tidak hanya dibicarakan oleh masyarakat Indonesia. Beberapa peneltian di Dunia Barat membuktikan bahwa aneka manfaat pada kunyit tersebut.

Dari sejarahnya, kunyit ialah rempah berwarna oranye yang diimpor dari Negara India. Kunyit merupakan dari keluarga jahe dan telah menjadi makanan pokok di Timur Tengah dan masakan Asia Tenggara selama ribuan tahun lalu.

Cara Menyajikan Kunyit Sebagai Obat Tradisional

Khasiat kunyit meliputi diabetes melitus, tifus, usus buntu, disentri, sakit keputihan, haid tidak lancar, perut mulas saat haid, memperlancar ASI, amandel, berak lendir, morbili, dan cangkrang (waterproken).

a. Diabetes Melitus 

Sediakan 3 rimpang kunyit, 1/2 sendok teh garam. Cara membuatnya, kedua bahan tersebut direbus dengan 1 liter air sampai mendidih. kemudian disaring. Minumlah 2 kali seminggu 1/2 gelas. 

b. Tifus 

Sediakan 2 rimpang kunyit, 1 bonggol sere, 1 lembar daun Sambiloto. Cara membuatnya, semua bahan tersebut ditumbuk halus dan dipipis, kemudian ditambah 1 gelas air masak yang masih hangat, dan disaring. Setelah itu, diminum dan lakukan selama 1 minggu berturut-turut. 

c. Usus Buntu 

Sediakan 1 rimpang kunyit, 1 buah jeruk nipis, 1 potong gula kelapa/aren, dan garam secukupnya. Cara membuatnya, parut kunyit dan peras jeruk nipis, kemudian dicampur dengan bahan lainnya dan diseduh dengan 1 gelas air panas, kemudian disaring. Setelah itu, diminum setiap pagi setelah makan, secara teratur. 

d. Disentri 

Sediakan 1-2 rimpang kunyit, gambir, dan kapur sirih secukupnya. Cara membuatnya, semua bahan tersebut direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas kemudian disaring. Setelah itu, diminum dan diulangi sampai sembuh. 

e. Sakit Keputihan

Sediakan 2 rimpang kunyit, 1 genggam daun beluntas, 1 gagang buah asam, dan 1 potong gula aren. Cara membuatnya, semua bahan tersebut direbus dengan 1 liter air putih sampai mendidih, kemudian disaring. Setelah itu, diminum 1 gelas sehari secara rutin. 

f. Haid Tidak Lancar 

Sediakan 2 rimpang kunyit, 1/2 sendok teh ketumbar, 1/2 sendok teh biji pala, 1/2 genggam daun srigading. Cara membuatnya, semua bahan tersebut ditumbuk halus kemudian direbus dengan 1 liter air putih sampai mendidih, kemudian disaring. Setelah itu. diminum 1 gelas sehari secara rutin. 

g. Perut Mulas Ketika Haid

Sediakan 1 rimpang kunyit sebesar 4 cm. 1 rimpang jahe sebesar 4 cm, 1/2 rimpang kencur sebesar 4 cm. Cara membuatnya, semua bahan tersebut dicuci bersih dan diparut untuk diambil airnya, tambah dengan perasan jeruk nipis, diseduh dengan 1/2 gelas air panas dan disaring. Setelah itu, ditambah garam dan gula secukupnya saja. Minum pada hari pertama haid.

h. Memperlancar ASI

Sediakan 1 rimpang kunyit. Cara membuatnya, kunyit ditumbuk sampai halus. Kemudian, dioleskan sebagai kompres di seputar payudara sekali setiap 2 hari.

i. Cangkrang (Waterproken)

Sediakan 2 rimpang kunyit, 1 genggam daun eceng. Cara membuatnya, semua bahan tersebut ditumbuk sampai halus. Kemudian, dioleskan pada bagian yang kena cangkrang.

j.  Amandel

Sediakan 1 rimpang kunyit, 1 butir jeruk nipis, 2 sendok madu. Cara membuatnya, kunyit diparut, jeruk diperas untuk diambil airnya, kemudian dicampur dengan madu dan 1/2 gelas air hangat, diaduk sampai merata dan disaring. Kemudian, diminum secara rutin 2 hari sekali. 

k. Berak Lendir

Sediakan 1 rimpang kunyit, 1 potong gambir, 1/4 sendok makan kapur sirih. Cara membuatnya, semua bahan tersebut direbus bersama dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas dan disaring. Setelah itu, diminum 2 kali sehari 1/2 gelas, pagi dan sore.

l. Morbili

Sediakan 1 rimpang kunyit dan 1 rimpang dlingo bengle. Cara membuatnya, kedua bahan tersebut ditumbuk bersama sampai halus. Setelah itu, dioleskan pada seluruh badan sebagai bedak. 

Dengan mengetahui berbagai manfaat dari Kunyit ini, kami harap bisa menambah informasi anda seputar pengobatan tradisional menggunakan bahan alami yang tentu akan memperkecil efek samping seperti yang ditimbulkan saat menggunakan berbagai obat-obatan. Penggunaan tanaman herbal untuk mengobati berbagai penyakit memang seringkali dianggap lebih ekonomis.

Meskipun begitu, jika Anda sedang menjalani pengobatan tertentu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda tentang penggunaan kunyit sebagai pengobatan pendamping. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya interaksi obat yang bisa menurunkan efektivitas obat. Selamat Mencoba dan semoga bermanfaat!

Belum ada Komentar untuk "Tidak Banyak Orang Tau, Ternyata Kunyit Mempunyai 12 Khasiat Sebagai Obat Herbal"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel