Khasiat Obat Herbal Alfukat

Banyak orang yang mencari bahan-bahan pendukung untuk menjaga kesehatan mereka. Di antaranya, melalui minuman atau makanan suplemen. Tidak jarang pula orang-orang meluangkan waktu untuk berkonsultasi ke ahli kesehatan agar tubuh mereka tetap sehat dan bugar.


Namun, selain melalui minuman atau makanan dan tentunya obat-obatan, ada cara yang cenderung lebih baik dari itu semua, yaitu dengan cara kembali ke alam. Pola makan yang sehat, olahraga yang teratur, berpikir positif, dan menjaga kebersihan merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh kita.


Ternyata sangatlah banyak bahan-bahan dari alam yang bisa kita manfaatkan dan semakin hari semakin banyak dengan efek samping yang dominan kecil atau bahkan tanpa efek samping sekalipun. Bahan-bahan dari alam menjadi harapan baru bagi manusia untuk mewujudkan kehidupan yang lebih sehat lagi untuk masa yang akan datang. Selain itu, bahan-bahan dari alam tersebut juga dapat membantu pengobatan-pengobatan modern sehingga efek samping atau risiko yang lebih besar dapat diminimalkan.


Khasiat Herbal dari Alfukat

Alfukat berguna untuk menanggulangi berbagai penyakit, di  antaranya sariawan, kencing batu, darah tinggi, kulit muka kering, sakit gigi, bengkak karena peradangan dan kencing manis

Didalam buah alfukat mengandung berbagai macam mineral dan vitamin yang sangat dibutuhkan oleh badan kita. Maka dengan menkonsumsi buah alfukat setiap hari sama dengan menkonsumsi berbagai macam vitamin dan mineral. Alfukat sendiri memiliki beberapa kandungan vitamin, yaitu.

  • Vitamin K – 29%
  • Vitamin C – 25%
  • Vitamin E – 16%
  • Folate – 30%
  • Potassium / kalium 21%


Alfukat berguna untuk menanggulangi berbagai penyakit, di  antaranya sariawan, kencing batu, darah tinggi, kulit muka kering, sakit gigi, bengkak karena peradangan dan kencing manis. Selain itu, avokad juga dapat digunakan sebagai pelembap kulit kering, mengobati sakit kepala, nyeri syaraf, nyeri lambung, dan mengobati haid yang tidak teratur.


Berikut akan dijelaskan cara mengolah bahan dari alfukat agar dapat digunakan sebagai obat.

a. Sariawan

Isi avokad yang sudah masak diberi 2 sendok makan madu murni, aduk rata lalu dimakan. Lakukan setiap hari sampai sembuh.


b. Kencing Batu

Siapkan empat lembar daun alfukat, 3 buah rimpang teki, 5 tangkai daun randu, setengah biji pinang, 1 buah pala, 3 jari gula enau. Bahan-bahan tersebut dicuci lalu direbus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 21/4 gelas. Setelah dingin disaring lalu diminum. Sehari bisa diminum tiga kali, sekali minum sebanyak 3/4 gelas.


c. Darah Tinggi

Siapkan tiga lembar daun alfukat, lalu dicuci bersih dan diseduh dengan 1 gelas air panas. Setelah dingin diminum sekaligus.


d. Kulit Muka Kering

Untuk mengatasi kulit muka kering, ambil isi buah alfukat dan lumatkan sampai seperti bubur. Kemudian, pakailah untuk masker dengan cara memoles pada muka yang kering. Setelah kering, basuhlah lapisan masker yang mengering dengan air bersih.


e. Sakit Gigi Berlubang

Untuk mengatasi gigi berlubang, masukkan bubuk biji alfukat pada gigi yang berlubang.


f. Bengkak karena Peradangan

Bengkak karena peradangan dapat diatasi dengan mencampurkan bubuk biji alfukat secukupnya. Kemudian, tambahkan dengan sedikit air sampai menjadi adonan seperti bubur, balurkan ke bagian tubuh yang sakit.


g. Kencing Manis

Biji alfukat dipanggang di atas api lalu dipotong kecil-kecil. Rebus potongan biji tersebut dengan air bersih sampai airnya menjadi cokelat. Kemudian saring agar ampas tidak ikut terminum. Tunggu beberapa saat agar dingin lalu air rebusan itu di minum.


Dengan mengetahui berbagai manfaat dari Alfukat ini, kami harap bisa menambah informasi anda seputar pengobatan tradisional menggunakan bahan alami yang tentu akan memperkecil efek samping seperti yang ditimbulkan saat menggunakan berbagai obat-obatan.


Penggunaan tanaman herbal untuk mengobati berbagai penyakit memang seringkali dianggap lebih ekonomis.


Meskipun begitu, jika Anda sedang menjalani pengobatan tertentu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda tentang penggunaan alfukat sebagai pengobatan pendamping.Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya interaksi obat yang bisa menurunkan efektivitas obat. Selamat Mencoba dan semoga bermanfaat!

Belum ada Komentar untuk "Khasiat Obat Herbal Alfukat"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel