Tidak Banyak Orang Tau, Ternyata Buah Apel Dapat Mengobati Diabetes Melitus & Diare

Banyak orang yang mencari bahan-bahan pendukung untuk menjaga kesehatan mereka. Di antaranya, melalui minuman atau makanan suplemen. Tidak jarang pula orang-orang meluangkan waktu untuk berkonsultasi ke ahli kesehatan agar tubuh mereka tetap sehat dan bugar.


Namun, selain melalui minuman atau makanan dan tentunya obat-obatan, ada cara yang cenderung lebih baik dari itu semua, yaitu dengan cara kembali ke alam. Pola makan yang sehat, olahraga yang teratur, berpikir positif, dan menjaga kebersihan merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh kita. 


Ternyata sangatlah banyak bahan-bahan dari alam yang bisa kita manfaatkan dan semakin hari semakin banyak dengan efek samping yang dominan kecil atau bahkan tanpa efek samping sekalipun. Bahan-bahan dari alam menjadi harapan baru bagi manusia untuk mewujudkan kehidupan yang lebih sehat lagi untuk masa yang akan datang. Selain itu, bahan-bahan dari alam tersebut juga dapat membantu pengobatan-pengobatan modern sehingga efek samping atau risiko yang lebih besar dapat diminimalkan.


Apel (Pyrus malus) dapat hidup subur di daerah yang mempunyai temperatur udara dingin. Tumbuhan ini di Eropa dibudidayakan terutama di daerah subtropis bagian Utara. Sedang apel lokal di Indonesia yang terkenal berasal dari daerah Malang, Jawa Timur. Atau juga berasal dari daerah Gunung Pangrango, di Jawa Barat. Di Indonesia, apel dapat tumbuh dan berkembang dengan baik apabila dibudidayakan pada daerah yang mempunyai ketinggian sekitar 1200 meter di atas permukaan laut.

khasiat buah apel sebagai obat herbal untuk mengobati diabetes melitus dan diare

Tumbuhan apel dikatagorikan sebagai salah satu anggota keluarga mawar-mawaran dan mempunyai tinggi batang pohon dapat mencapai 7-10 meter. Daunnya sangat mirip dengan daun tumbuhan bunga mawar. Berbentuk bulat telur dan dihiasi gerigi-gerigi kecil pada tepiannya. Pada usia produktif, apel biasanya akan berbunga pada sekitar bulan Juli. Buah apel yang berukuran macam-macam tersebut sebenarnya merupakan bunga yang membesar atau mengembang sehingga menjadi buah yang padat dan berisi.


Buah apel adalah satu jenis buah-buahan asli Asia dan Eropa, yang memiliki manfaat bagi kesehatan  diantaranya mengurngi resiko kanker, mengurangi resiko diabetes, membantu pencernaan, dan memperkuat tulang serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan buah ini tumbuh di seluruh dunia di daerah beriklim.


Buah apel mempunyai bermacam-macam warna kulit mulai dari hijau terang, hingga merah tua, buah yang satu ini memang sangat memikat dari segi penampilannya. Selain itu buah apel ini juga memiliki segudang manfaat jika dikonsumsi secara rutin setiap hari.


KANDUNGAN KIMIA : Buah apel (Pyrus malus) selain mempunyai kandungan senyawa pektin juga mengandung zat gizi, antara lain (per 100 gram) : - Kalori 58 kalori - Hidrat arang 14,9 gram - Lemak 0,4 gram - Protein 0,3 gram - Kalsium 6 mg - Fosfor 10 mg - Besi 0,3 mg - Vitamin A 90 SI - Vitamin B1 0,04 mg - Vitamin C 5 mg - dan Air 84 %.


Apel Selain biasa dikonsumsi secara langsung, apel juga dapat dipakai untuk mengobati beberapa penyakit, di antaranya kencing manis (diabetes melitus) dan diare.


Cara mengolahnya, yaitu sebagai berikut.

 a. Diabetes Melitus 

Sediakan 1 buah apel berukuran sedang. Cara membuatnya, apel dibelah menjadi 4 bagian, rebus dengan air 3-4 gelas sampai mendidih hingga tinggal 2 gelas. Kemudian, diminum secara rutin setiap pagi dan sore. 


b. Diare 

Diare dapat diatasi dengan memakan buah apel yang belum begitu masak.


Dengan mengetahui berbagai manfaat dari Apel ini, kami harap bisa menambah informasi anda seputar pengobatan tradisional menggunakan bahan alami yang tentu akan memperkecil efek samping seperti yang ditimbulkan saat menggunakan berbagai obat-obatan.


Penggunaan tanaman herbal untuk mengobati berbagai penyakit memang seringkali dianggap lebih ekonomis. 


Meskipun begitu, jika Anda sedang menjalani pengobatan tertentu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda tentang penggunaan apel sebagai pengobatan pendamping.Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya interaksi obat yang bisa menurunkan efektivitas obat. Selamat Mencoba dan semoga bermanfaat!


Belum ada Komentar untuk "Tidak Banyak Orang Tau, Ternyata Buah Apel Dapat Mengobati Diabetes Melitus & Diare"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel