Khasiat Obat Herbal Cengkeh

Banyak orang yang mencari bahan-bahan pendukung untuk menjaga kesehatan mereka. Di antaranya, melalui minuman atau makanan suplemen. Tidak jarang pula orang-orang meluangkan waktu untuk berkonsultasi ke ahli kesehatan agar tubuh mereka tetap sehat dan bugar.


Namun, selain melalui minuman atau makanan dan tentunya obat-obatan, ada cara yang cenderung lebih baik dari itu semua, yaitu dengan cara kembali ke alam. Pola makan yang sehat, olahraga yang teratur, berpikir positif, dan menjaga kebersihan merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh kita. 


Ternyata sangatlah banyak bahan-bahan dari alam yang bisa kita manfaatkan dan semakin hari semakin banyak dengan efek samping yang dominan kecil atau bahkan tanpa efek samping sekalipun. Bahan-bahan dari alam menjadi harapan baru bagi manusia untuk mewujudkan kehidupan yang lebih sehat lagi untuk masa yang akan datang. Selain itu, bahan-bahan dari alam tersebut juga dapat membantu pengobatan-pengobatan modern sehingga efek samping atau risiko yang lebih besar dapat diminimalkan.


Apa Itu Cengkeh ?

Cengkih merupakan salah satu rempah serbaguna yang sering digunakan dalam membuat makanan, minuman dan bahkan sebagai campuran dalam pembuatan rokok. Di balik kegunaannya tersebut, cengkih juga kerap dimanfaatkan sebagai obat-obatan tradisional atau wewangian. Rempah-rempah ini banyak dijumpai di negara beriklim tropis, termasuk Indonesia. 

Cengkih berkhasiat mengobati penyakit campak dan kolera. Selain itu, cengkih juga digunakan untuk menghitamkan alis mata dan menambah denyut jantung.


Kandungan Nutrisi Penting Dalam Cengkih

Meski bertubuh kecil, jangan sepelekan kandungan nutrisi dalam cengkih. Satu sendok teh cengkih (2 gram) mengandung energi sebesar 21 kalori, 1 gram karbohidrat, dan 1 gram serat. Satu sendok teh cengkih juga mampu memenuhi 30% Vitamin C dari kebutuhan harian tubuh kita. Cengkih juga mengandung kalsium, magnesium, dan Vitamin E, meski jumlahnya hanya sedikit.


Berbagai vitamin dan mineral penting inilah yang mendukung manfaat cengkh untuk kesehatan tubuh Anda.


Cengkih berkhasiat mengobati penyakit campak dan kolera. Selain itu, cengkih dapat juga digunakan untuk menghitamkan alis mata dan menambah denyut jantung. Minyak cengkih dapat memperkuat lendir usus dan lambung serta menambah jumlah darah putih. 


Cara Mengolah Cengkih Menjadi Obat Tradisional

a. Kolera dan Menambah Denyut Jantung

Untuk mengobati kolera dan menambah denyut jantung, sediakan cengkih yang sudah kering. Kunyah cengkih tersebut kemudian sesap airnya. Lakukanlah kegiatan ini setiap hari secara rutin. 


b. Campak

Sediakan 10 biji bunga cengkih dan gula batu. Rendam bunga cengkih tersebut ke dalam air selama semalam. Setelah direndam, tambahkan gula batu sebagai pemanis dan aduklah sampai merata. Minumlah sedikit demi sedikit secara rutin. 


c. Menghitamkan Alis Mata 

Untuk menghitamkan alis mata, sediakan 5-7 biji bunga cengkih kering dan minyak kemiri. Bakarlah bunga cengkih sampai hangus. Kemudian, tumbuk bunga cengkih yang sudah dibakar tersebut sampai halus. Tambahkan minyak kemiri secukupnya. Oleskan campuran tumbukan bunga cengkih dan minyak kemiri ini pada bagian yang ingin dihitamkan setiap sore hari. 


Dengan mengetahui berbagai manfaat dari Cengkeh ini, kami harap bisa menambah informasi anda seputar pengobatan tradisional menggunakan bahan alami yang tentu akan memperkecil efek samping seperti yang ditimbulkan saat menggunakan berbagai obat-obatan.


Penggunaan tanaman herbal untuk mengobati berbagai penyakit memang seringkali dianggap lebih ekonomis. 


Meskipun begitu, jika Anda sedang menjalani pengobatan tertentu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda tentang penggunaan cengkeh sebagai pengobatan pendamping. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya interaksi obat yang bisa menurunkan efektivitas obat. Selamat Mencoba dan semoga bermanfaat!

Belum ada Komentar untuk "Khasiat Obat Herbal Cengkeh"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel