Khasiat Obat Herbal Petai Cina

Banyak orang yang mencari bahan-bahan pendukung untuk menjaga kesehatan mereka. Di antaranya, melalui minuman atau makanan suplemen. Tidak jarang pula orang-orang meluangkan waktu untuk berkonsultasi ke ahli kesehatan agar tubuh mereka tetap sehat dan bugar.

Namun, selain melalui minuman atau makanan dan tentunya obat-obatan, ada cara yang cenderung lebih baik dari itu semua, yaitu dengan cara kembali ke alam. Pola makan yang sehat, olahraga yang teratur, berpikir positif, dan menjaga kebersihan merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh kita. 

Ternyata sangatlah banyak bahan-bahan dari alam yang bisa kita manfaatkan dan semakin hari semakin banyak dengan efek samping yang dominan kecil atau bahkan tanpa efek samping sekalipun.

Bahan-bahan dari alam menjadi harapan baru bagi manusia untuk mewujudkan kehidupan yang lebih sehat lagi untuk masa yang akan datang. Selain itu, bahan-bahan dari alam tersebut juga dapat membantu pengobatan-pengobatan modern sehingga efek samping atau risiko yang lebih besar dapat diminimalkan.

Apa Itu Petai Cina ?

Petai Cina memiliki bentuk yang sangat mirip dengan petai pada umum nya, hanya saja bijinya cenderung lebih kecil, dan rasanya netral namun agak sedikit manis. Petai Cina sering dipandang sebelah mata oleh sebagian orang. Tak banyak orang yang tahu, kalau petai Cina punya manfaat yang menakjubkan.
Khasiat Obat Herbal Petai Cina untuk mengobati beberapa penyakit, di antaranya diabetes melitus, cacingan, luka baru, bengkak, dan tlusuben (kasura).


Pernahkah Anda mencoba olahan dari bahan petai Cina? Petai Cina atau yang sering disebut sebagai lamtoro ini seringkali diolah menjadi botok, pepes atau olahan-olahan yang lainnya. Petai Cina dalam bahasa latin disebut Leucaena Leucocephala.

Sayur-mayur memiliki banyak varian yang bisa dipilih untuk disajikan sebagai menu makanan, tidak terkecuali dengan yang satu ini, petai cina. Anda mungkin sudah sangat kenal dengan petai yang berukuran besar, namun petai cina yang berukuran lebih kecil juga tidak kalah sehat dalam hal nutrisi.

Kandungan nutrisi dalam petai cina atau lamtoro atau petai Cina ini memiliki kandungan nutrisi yang sangat lengkap, dari mulai protein, lemak, karbohidrat, energi, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, dan mineral penting lainnya. Banyak bukan kandungan dari petai satu ini.


Khasiat Petai Cina Sebagai Obat Herbal

Bahkan di beberapa negara, pohon petai cina dijadikan salah satu tanaman obat yang bisa menyembuhkan beberapa penyakit. Petai Cina Petai cina berkhasiat untuk mengobati beberapa penyakit, di antaranya diabetes melitus, cacingan, luka baru, bengkak, dan tlusuben (kasura).

a. Diabetes Melitus

Sediakan biji petai cina yang sudah tua dan kering. Goreng tanpa minyak, lalu ditumbuk sampai halus. Kemudian, ambil satu sendok bubuk hasil tumbukan tersebut dan diseduh dengan air panas. Minumlah senari sekali satu gelas dan lakukan secara teratur.

b. Cacingan 

Siapkan biji petai cina yang sudah tua dan kering, goreng tanpa minyak. Buatlah bubuk dengan cara menumbuknya sampai halus. Kemudian, ambil satu sendok dan diseduh dengan 1/2 - 1 gelas air. Minumlah menjelang tidur. 

c. Luka Baru dan Bengkak

Siapkan daun petai cina secukupnya. Tumbuk sampai halus atau bisa juga dengan dikunyah. Kemudian, tempelkan pada bagian yang luka atau bengkak.

d. Tlusuben

Tlusuben disebabkan karena benda-benda (kayu atau bambu) yang masuk ke dalam daging. Siapkan daun petai cina yang masih muda dan terasi dapur. Tumbuklah daun petai cina tersebut sampai halus dan tambahkan terasi secukupnya saja. Aduklah sampai merata. Tempelkan pada bagian yang sakit. Kemudian, cabut kayu atau bambu yang masuk ke dalam daging dan balutlah dengan kain yang lembut. 

Dengan mengetahui berbagai manfaat dari Petai Cina ini, kami harap bisa menambah informasi anda seputar pengobatan tradisional menggunakan bahan alami yang tentu akan memperkecil efek samping seperti yang ditimbulkan saat menggunakan berbagai obat-obatan.

Penggunaan tanaman herbal untuk mengobati berbagai penyakit memang seringkali dianggap lebih ekonomis. 

Meskipun begitu, jika Anda sedang menjalani pengobatan tertentu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda tentang penggunaan petai cina sebagai pengobatan pendamping. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya interaksi obat yang bisa menurunkan efektivitas obat. Selamat Mencoba dan semoga bermanfaat!

Belum ada Komentar untuk "Khasiat Obat Herbal Petai Cina"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel