Khasiat Obat Herbal Sembung

 Banyak orang yang mencari bahan-bahan obat herbal seperti sembung sebagai bahan pendukung untuk menjaga kesehatan mereka. Di antaranya, melalui minuman atau makanan suplemen dari bahan-bahan herbal. Tidak jarang pula orang-orang meluangkan waktu untuk berkonsultasi ke ahli kesehatan mengenai obat herbal sembung agar tubuh mereka tetap sehat dan bugar.


Namun, selain melalui minuman atau makanan dan tentunya obat-obatan, ada cara yang cenderung lebih baik dari itu semua, yaitu dengan cara kembali ke obat herbal yang berasal dari alam. Pola makan yang sehat, olahraga yang teratur, berpikir positif, dan menjaga kebersihan merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh kita. 


Ternyata sangatlah banyak bahan-bahan obat herbal yang berasal dari alam yang bisa kita manfaatkan dan semakin hari semakin banyak dengan efek samping yang dominan kecil atau bahkan tanpa efek samping sekalipun. Bahan-bahan obat herbal yang berasal dari alam seperti sembung menjadi harapan baru bagi manusia untuk mewujudkan kehidupan yang lebih sehat lagi untuk masa yang akan datang. Selain itu, bahan-bahan obat herbal dari alam tersebut juga dapat membantu pengobatan-pengobatan modern sehingga efek samping atau risiko yang lebih besar dapat diminimalkan.


Sembung (Blumea balsamifera), tanaman ini ternyata memiliki banyak sekali manfaat berkhasiat herbal untuk mengatasi kesehatan tubuh dan untuk dijadikan herbal atau obat tradisional alami. Bagian tanaman yang bisa Anda gunakan adalah daun dan akar.

obat herbal Sembung berkhasiat mengobati rematik nyeri haid influenza kembung diare dan sakit tulang

Daun sembung termasuk ke dalam jenis tanaman semak yang pertumbuhannya liar sangat mudah ditemukan di sekitar sawah maupun kebun. Ketinggian tanaman sembung bisa mencapai 5 meter. Bentuk daunnya panjang dan juga bergerigi. Tekstur daunnya tidak halus, cenderung agak kasar. Sedangkan bagian bawah daun memiliki permukaan yang agak halus dan berbulu. Ujung daun sembung berwarna kuning kehijauan, sedangkan keseluruhan daunnya berwarna hijau cerah.


Tanaman sembung ternyata memiliki banyak kandungan, diantaranya: Minyak atsiri, antara lain sineol dan borneol, selain itu juga kamper dan zat samak (tatin). Karena mengandung flavanol, tanaman ini juga berkhasiat sebagai anti radang, melancarkan peredaran darah, menghambat pertumbuhan kuman, mempermudah pengeluran keringat, mempermudah keluarnya air seni, mengencerkan dahak dan menghangatkan tubuh.


Sembung berkhasiat mengobati rematik, nyeri haid, influenza kembung, diare, dan sakit tulang. 

a. Obat Herbal Sembung dapat mengobati Diare 

Siapkan 1 genggam daun sembung direbus dengan 3 gelas air menjadi 11/2 gelas. Minum dengan madu seperlunya, sehari 3 x 1/2 gelas. 


b. Obat Herbal Sembung dapat mengobati Haid Tidak Teratur dan Tidak Nafsu Makan 

3/5 genggam daun sembung dicuci lalu direbus dengan 3 gelas ajr sampai 3/4 nya. Minum dengan madu, sehari 3 x 3/4 gelas. 


c. Obat Herbal Sembung dapat mengobati Nyeri Dada Akibat Penyempitan Pembuluh Darah Jantung. 

Siapkan 1/2 genggam daun sembung dicuci lalu direbus dengan 3 gelas air menjadi 3/4-nya. Setelah dingin disaring lalu diminum dengan madu seperlunya. Sehari 3 x 3/4 gelas.


d. Obat Herbal Sembung dapat mengobati Nyeri Haid 

Sediakan 5 lembar daun sembung ditambah beberapa biji kedaung dipanggang dan dihaluskan, rebus dengan 2 gelas air sampai sisa 1/2-nya, minum setelah dingin.


Dengan mengetahui berbagai manfaat dari obat herbal Sembung ini, kami harap bisa menambah informasi anda seputar pengobatan tradisional menggunakan bahan alami yang tentu akan memperkecil efek samping seperti yang ditimbulkan saat menggunakan berbagai obat-obatan.


Penggunaan tanaman herbal untuk mengobati berbagai penyakit memang seringkali dianggap lebih ekonomis. 


Meskipun begitu, jika Anda sedang menjalani pengobatan tertentu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda tentang penggunaan sembung sebagai pengobatan pendamping. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya interaksi obat yang bisa menurunkan efektivitas obat. Selamat Mencoba dan semoga bermanfaat!

Belum ada Komentar untuk "Khasiat Obat Herbal Sembung"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel