Tidak Hanya Bisa Dimakan, Ternyata Ini Dia Khasiat Pare Sebagai Obat

Banyak orang yang mencari bahan-bahan pendukung untuk menjaga kesehatan mereka. Di antaranya, melalui minuman atau makanan suplemen. Tidak jarang pula orang-orang meluangkan waktu untuk berkonsultasi ke ahli kesehatan agar tubuh mereka tetap sehat dan bugar.


Namun, selain melalui minuman atau makanan dan tentunya obat-obatan, ada cara yang cenderung lebih baik dari itu semua, yaitu dengan cara kembali ke alam. Pola makan yang sehat, olahraga yang teratur, berpikir positif, dan menjaga kebersihan merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh kita. 


Ternyata sangatlah banyak bahan-bahan dari alam yang bisa kita manfaatkan dan semakin hari semakin banyak dengan efek samping yang dominan kecil atau bahkan tanpa efek samping sekalipun. Bahan-bahan dari alam menjadi harapan baru bagi manusia untuk mewujudkan kehidupan yang lebih sehat lagi untuk masa yang akan datang. Selain itu, bahan-bahan dari alam tersebut juga dapat membantu pengobatan-pengobatan modern sehingga efek samping atau risiko yang lebih besar dapat diminimalkan.


Apa Itu Pare?

Jika anda mendengar nama pare, pasti yang ada dalam pikiran anda adalah rasanya yang pahit dan tidak enak untuk dimakan. Sebagian besar orang enggan untuk memakan pare pahit dikarenakan rasanya. Namun, ternyata ada banyak manfaat pare pahit yang baik untuk kesehatan tubuh kita.

Pare berkhasiat mengobati demam, malaria, kencing manis, rematik, sariawan, bisul, abses, demam, malaria, sakit lever, sembelit dan cacingan.

Pare Pahit (Momordica Charantia) merupakan salah satu jenis tanaman yang merupakan anggota keluarga dari mentimun (Cucurbitaceae). Pare biasanya tumbuh di daerah beriklim tropis seperti Indonesia. Oleh karena itu, Pare memiliki beberapa sebutan di tiap-tiap daerah. Di daerah Jawa Barat buah pare disebut dengan nama Paria, sedangkan di daerah Sumatera disebut pepare, dan di Eropa buah ini disebut dengan nama Bitter Mellon.


Bentuk buah pare juga sangat mudah untuk dikenali. Buah ini memiliki permukaan kulit yang bebiku-biku dan berwana hijau gelap atau terang bergantung tempat tumbuhnya tanaman tersebut.


Manfaat Pare Untuk Kesehatan

Pare berkhasiat untuk mengobati batuk, radang tenggorokan, sakit mata merah, demam, malaria, menambah nafsu makan, kencing manis, rematik, sariawan, bisul, abses, demam, malaria, sakit lever, sembelit dan caacingan.

a. Haus karena Panas dalam Demam (Heat Stroke)

Sediakan 1 buah pare mentah yang masih segar dicuci bersih, lalu dibelah. Buang isinya, potong-potong secukupnya, lalu direbus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring dan minum. 


b. Diabetes

  • Sediakan 200 gr buah pare segar, cuci bersih lalu diblender. Tambahkan air minum secukupnya, lalu diperas dengan sepotong Kam sampai terkumpul sebanyak 50 ml (seperempat gelas). Perasan dihangatkan dengan api kecil selama 15-30 menit. Setelah dingin diminum, lakukan setiap hari.
  • 200 gr buah pare dicuci bersih lalu diiris tipis-tipis. Rebus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring lalu minum, lakukan setiap hari. 


c. Disentri

Buah pare segar dicuci lalu dibelah, isinya dibuang. Parut atau diblender, airnya diminum. Sekali minum 200 cc. 


d. Disentri Amuba dan Diare 

Ambil akar pare yang masih segar sebanyak 30 gr. Dicuci bersih lalu dipotong-potong seperlunya. Rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring, tambahkan gula pasir secukupnya lalu diminum.


e. Cacingan pada Anak 

Daun segar sebanyak 7 gr, diseduh dengan 1/2 cangkir air panas. Setelah dingin disaring, tambahkan 1 sendok teh madu. Aduk sampai rata, minum sekaligus sebelum makan pagi.

Ambil dua sampai tiga biji pare. Giling sampai halus, aduk dengan sedikit air masak. Minum, disusul dengan minum air hangat. Ramuan ini untuk pengobatan infeksi cacing gelang.


f. Menyuburkan Rambut yang Tipis dan Kemerahan

Ambil segenggam daun pare, cuci sampai bersih. Daun kemudian ditumbuk sampai seperti bubur, tambahkan air 3/4 gelas. Ramuan ini kemudian diembunkan semalaman. Pagi-pagi ramuan ini disaring, airnya dipakai untuk membasuh kulit kepala. 

Ambil daun pare yang masih segar secukupnya, lalu dicuci bersih. Daun pare tadi ditumbuk sampai halus, lalu diperas dengan sepotong kain. Airnya dipakai untuk melumas kulit kepala. Lakukan setiap hari secara rutin. Ramuan ini terutama digunakan untuk bayi dan anak balita.


g. Bisul dan Abses

Ambil segenggam daun pare, cuci bersih lalu direbus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring lalu di minum.


h. Demam, Malaria, Sakit Lever, Sembelit, dan Cacingan

Segenggam penuh daun pare dicuci bersih, lalu ditumbuk halus. Tambahkan 1 cangkir air matang, diaduk merata lalu disaring. Air saringannya ditambahkan sedikit garam, lalu diminum pada pagi hari sebelum makan.


i. Kencing Nanah

Siapkan 6 lembar daun pare, 2 jari akar jayanti, 2 jari kulit kamboja, 1 jari rimpang temulawak, 3 jari gula enau, dicuci dan dipbtong-potong, rebus dengan 4 gelas air. 


Dengan mengetahui berbagai manfaat dari Pare ini, kami harap bisa menambah informasi anda seputar pengobatan tradisional menggunakan bahan alami yang tentu akan memperkecil efek samping seperti yang ditimbulkan saat menggunakan berbagai obat-obatan.


Penggunaan tanaman herbal untuk mengobati berbagai penyakit memang seringkali dianggap lebih ekonomis. 


Meskipun begitu, jika Anda sedang menjalani pengobatan tertentu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda tentang penggunaan pare sebagai pengobatan pendamping. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya interaksi obat yang bisa menurunkan efektivitas obat. Selamat Mencoba dan semoga bermanfaat!

Belum ada Komentar untuk "Tidak Hanya Bisa Dimakan, Ternyata Ini Dia Khasiat Pare Sebagai Obat"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel