12 Khasiat Tersembunyi Pepaya Sebagai Obat Herbal

Banyak orang yang mencari bahan-bahan pendukung untuk menjaga kesehatan mereka. Di antaranya, melalui minuman atau makanan suplemen. Tidak jarang pula orang-orang meluangkan waktu untuk berkonsultasi ke ahli kesehatan agar tubuh mereka tetap sehat dan bugar.

Namun, selain melalui minuman atau makanan dan tentunya obat-obatan, ada cara yang cenderung lebih baik dari itu semua, yaitu dengan cara kembali ke alam. Pola makan yang sehat, olahraga yang teratur, berpikir positif, dan menjaga kebersihan merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh kita. 

Ternyata sangatlah banyak bahan-bahan dari alam yang bisa kita manfaatkan dan semakin hari semakin banyak dengan efek samping yang dominan kecil atau bahkan tanpa efek samping sekalipun.

Bahan-bahan dari alam menjadi harapan baru bagi manusia untuk mewujudkan kehidupan yang lebih sehat lagi untuk masa yang akan datang. Selain itu, bahan-bahan dari alam tersebut juga dapat membantu pengobatan-pengobatan modern sehingga efek samping atau risiko yang lebih besar dapat diminimalkan.

Apa Itu Pepaya ?

Pepaya adalah salah satu jenis buah kaya nutrisi yang banyak memberikan manfaat kesehatan. Melansir Healhline, buah yang aslinya berasal dari Amerika Tengah dan Meksiko Selatan ini mengandung enzim papain.
Khasiat pepaya sebagai obat herbal untuk menggulangi batu ginjal, hipertensi, malaria, sakit keputihan, kekurangan ASI, rematik, malnutrisi, gangguan saluran kencing, haid berlebihan, sakit perut saat haid, disentri, diare, jerawat, dan ubanan.

Kandungan di Dalam Pepaya

Pepaya mengandung banyak sekali nutrisi, bahkan sangat kaya akan vitamin C. Satu buah pepaya setidaknya mengandung 235 mg vitamin C. Jumlah tersebut 2-3 kali lebih banyak dari rekomendasi harian yang disarankan.

Dalam satu buah pepaya kecil seberat 152 gram, terdapat kalori sebanyak 59 kkal, karbohidrat sebanyak 15 gram, dan satu gram protein. Pepaya juga kaya akan vitamin dan mineral penting bagi tubuh. Dalam takaran sama, pepaya dapat mencukupi: 157 persen kebutuhan vitamin C per hari 55 persen kebutuhan vitamin A per hari 14 persen kebutuhan folat per hari 11 persen kalium per hari Selain itu, pepaya juga mengandung kalsim, magnesium, vitamin B1, B3, B5, E, K, antioksidan karotenoid jenis likopen.

Khasiat Pepaya Sebagai Obat Herbal

Pepaya berkhasiat untuk menggulangi batu ginjal, hipertensi, malaria, sakit keputihan, kekurangan ASI, rematik, malnutrisi, gangguan saluran kencing, haid berlebihan, sakit perut saat haid, disentri, diare, jerawat, dan ubanan.

a. Batu Ginjal

Sediakan 7 lembar daun pepaya.
Cara membuatnya, menggunakan formula 3-5-7 plus, artinya sebagai berikut.
  • Hari Pertama, 3 lembar daun pepaya yang masih segar direbus dengan air secukupnya, kemudian air rebusan daun pepaya tersebut diminum 1 gelas sekaligus. 
  • Hari Kedua, 5 lembar daun pepaya yang masih segar direbus dengan air secukupnya, kemudian air rebusan daun pepaya tersebut diminum 1 gelas sekaligus. 
  • Hari Ketiga, 7 lembar daun pepaya yang masih segar direbus dengan air secukupnya, kemudian air rebusan daun pepaya tersebut diminum 1 gelas sekaligus. 
  • Sebagai penutup, minumlah air kelapa muda (degan = Jawa) yang dipilih dari buah kelapa hijau. 
Perhatian: bagi yang mengidap hipertensi tidak boleh minum resep ini. 

b. Hipertensi (Tekanan Darah Tinggi) 

  • Siapkan 2 potong akar pepaya. Cara membuatnya, direbus dengan 1 liter air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas, kemudian disaring. Diminum 2 kali sehari 1 cangkir.
  • Siapkan 7 lembar daun atau bunga tapak dara. Cara membuatnya, diseduh dengan 1 gelas air, biarkan beberapa saat dan disaring. Minumlah menjelang tidur. 


c. Malaria

Sediakan 1 lembar daun pepaya, tempe busuk sebesar ibu jari, dan garam secukupnya. Cara membuatnya, semua bahan tersebut ditumbuk halus, kemudian diperas dan disaring untuk  diambil airnya. Minumlah sekali sehari selama 7 hari berturut-turut. 

d. Sakit Keputihan

Sediakan 1 lembar daun pepaya, 1 potong akar rumput alang - alang. dah adas pulosari secukupnya. Cara membuatnya, daun pepaya dicincang halus, kemudian ditebus bersama bahan lainnya dengan 11/2 liter air sampai mendidih dan disaring. Minumlah sekali sehari 1 gelas dan dilakukan secara teratur.

e. Kekurangan ASI 

Siapkan buah pepaya yang masih hijau (muda) tanpa dikuliti. Kemudian, dibelah menjadi 2 bagian. Sebagian direbus dengan air dan sebagian yang lain menggunakan cuka. Minumlah air rebusan tersebut 2-3 sendok teh sehari dan dilakukan secara teratur.

f. Rematik

  • Siapkan buah pepaya dan 2 butir telur ayam kampung. Cara membuatnya, buah pepaya diporong penampangnya, kemudian telur dimasukkan dalam pepaya melalui lubang yang telah dibuat dengan memotong penampang tadi. Tutup kembali rapat-rapat dan dibakar hingga telur yang ada di dalamnya masak. Cara menggunakannya, telur yang sudah masak tersebut dimakan pagi dan sore. 
  • Siapkan 2 potong akar pepaya dan l lembar daun pepaya. Cara membuatnya, kedua bahan tersebut ditumbuk halus, kemudian direbus dengan 1 liter air sampai mendidih dan disaring. Setelah itu, minum 1 kali sehari 1 gelas pada sore hari. 

g. Malnutrisi/Gejala Kekurangan Salah Satu Zat Makanan pada Balita 

  • Sediakan 2 lembar daun pepaya, 3 tangkai daun dadap serep, dan kapur sirih secukupnya. Cara membuatnya, semua bahan ditumbuk sampai halus. Kemudian, gunakan sebagai bedak dan oleskan pada perut balita yang sakit. 
  • Sediakan 1 lembar daun pepaya. Cara membuatnya, rebuslah daun pepaya dengan satu setengah gelas air sampai mendidih. kemudian disaring untuk diambil airnya. Minumkan pada balita 2 sendok makan setiap hari. 

h. Gangguan Saluran Kencing 

Sediakan 3 potong akar pepaya, rebus dengan 1 liter air sampai mendidih, kumudian saring. Minum 1 kali sehari setengah gelas.

i. Haid Berlebihan

Siapkan buah pepaya yang masih hijau (muda). Cara membuatnya, rebus dengan ai r sampai masak. Kemudian, makan dagingnya.

j. Sakit Perut Ketika Haid

Siapkan 1 lembar daun pepaya, buah asam, dan garam secukupnya. Cara membuatnya, tumbuk daun pepaya hingga halus, tambahkan asam, garam, dan sedikit air masak, kemudian aduk sampai rata. Tambahkan air masak secukupnya, kemudian diperas dan disaring. Minumlah pada saat haid. 

k. Disentri

Sediakan 2 iembar daun pepaya dan 1 sendok teh kopi bubuk. Cara membuatnya, kedua bahan tersebut direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian disaring. Minum sekali sehari 1 cangkir.

l. Diare

  • Sediakan 7-10 biji buah pepaya. Cara membuatnya, cuci biji pepaya, kemudian kunyah,telan, dan makan 1 kali sehari.
  • Sediakan 1 lembar daun pepaya dan 1 sendok minyak kelapa. Cara membuatnya, direbus dengan air dan diberi minyak kelapa sebanyak 1 sendok. Daun pepaya yang sudah layu ditempelkan pada perut yang sakit dalam keadaan masih hangat. 

Dengan mengetahui berbagai manfaat dari Pepaya ini, kami harap bisa menambah informasi anda seputar pengobatan tradisional menggunakan bahan alami yang tentu akan memperkecil efek samping seperti yang ditimbulkan saat menggunakan berbagai obat-obatan. Penggunaan tanaman herbal untuk mengobati berbagai penyakit memang seringkali dianggap lebih ekonomis.

Meskipun begitu, jika Anda sedang menjalani pengobatan tertentu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda tentang penggunaan pepaya sebagai pengobatan pendamping. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya interaksi obat yang bisa menurunkan efektivitas obat. Selamat Mencoba dan semoga bermanfaat!

Belum ada Komentar untuk "12 Khasiat Tersembunyi Pepaya Sebagai Obat Herbal"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel