Tidak Banyak Orang Tau, Ternyata Seledri Bisa Mengobati Hipertensi, Sakit Mata, & Rematik

Banyak orang yang mencari bahan-bahan pendukung untuk menjaga kesehatan mereka. Di antaranya, melalui minuman atau makanan suplemen. Tidak jarang pula orang-orang meluangkan waktu untuk berkonsultasi ke ahli kesehatan agar tubuh mereka tetap sehat dan bugar.


Namun, selain melalui minuman atau makanan dan tentunya obat-obatan, ada cara yang cenderung lebih baik dari itu semua, yaitu dengan cara kembali ke alam. Pola makan yang sehat, olahraga yang teratur, berpikir positif, dan menjaga kebersihan merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh kita. 


Ternyata sangatlah banyak bahan-bahan dari alam yang bisa kita manfaatkan dan semakin hari semakin banyak dengan efek samping yang dominan kecil atau bahkan tanpa efek samping sekalipun.


Bahan-bahan dari alam menjadi harapan baru bagi manusia untuk mewujudkan kehidupan yang lebih sehat lagi untuk masa yang akan datang. Selain itu, bahan-bahan dari alam tersebut juga dapat membantu pengobatan-pengobatan modern sehingga efek samping atau risiko yang lebih besar dapat diminimalkan.


Apa Itu Seledri?

Seledri adalah salah satu sayuran paling kaya akan nutrisi. Tidak hanya sumber magnesium dan kalium, seledri juga memiliki banyak vitamin A, B, C, dan K yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Khasiat seledri, di antaranya untuk mengobati hipertensi, sakit mata, dan rematik.

Selain itu seledri juga sangat kaya fitonutrien yang bersifat anti-inflamasi dan antioksidan, penguat sistem kekebalan pada tubuh. Makan seledri setiap hari bisa memelihara kesehatan secara menyeluruh. Ini sejumlah manfaat makan seledri bagi kesehatan, seperti dikutip dari Powerfulmind.


Bagaimana cara kerja Seledri?

Tidak ada penelitian yang cukup mengenai bagaimana cara kerja suplemen herbal yang satu ini. Diskusikan dengan ahli herbal atau dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.


Namun, ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa senyawa kimia yang terkandung dalam daun seledri berfungsi sebagai antihipertensi dan antikolesterol. Selain itu, salah satu komponen kimia seledri, alkaloid, telah terbukti menjadi antikejang yang sangat efektif.


Berapa dosis  yang biasa digunakan untuk daun seledri?

Tidak ada bukti klinis yang terbaru untuk petunjuk dosis seledri. Jika digunakan untuk mencegah atau mengurangi perut kembung (flatulen), dosis yang biasanya dipakai berkisar 1-4 gram.


Meski begitu, dosis penggunaan daun seledri dapat berbeda pada setiap orang. Dosis yang Anda perlukan tergantung pada usia, kesehatan, dan beberapa kondisi lain. Tanaman herbal tidak selalu aman untuk dikonsumsi. Diskusikan dengan ahli herbal atau dokter untuk dosis yang cocok untuk Anda.


Khasiat seledri, di antaranya untuk mengobati hipertensi, sakit mata, dan rematik.

a. Hipertensi

Untuk mengatasi hipertensi, siapkan daun seledri secukupnya. Peras dengan air masak secukupnya kemudian disaring. Minumlah 3 kali sehari 2 sendok makan. Lakukan secara teratur. 

Perhatian: berbahaya jika penggunaan berlebihan. 


b. Sakit Mata Kering

Siapkan 2 tangkai daun seledri, 2 tangkai daun bayam, dan 1 tangkai daun kemangi. Cara membuatnya, semua bahan tersebut ditumbuk, kemudian diseduh dengan 1 gelas air panas dan disaring dan minumlah.


c. Rematik

Siapkan setangkai daun seledri, kemudian dimakan sebagai lalapan setiap kali makan. 


Dengan mengetahui berbagai manfaat dari Seledri ini, kami harap bisa menambah informasi anda seputar pengobatan tradisional menggunakan bahan alami yang tentu akan memperkecil efek samping seperti yang ditimbulkan saat menggunakan berbagai obat-obatan.


Penggunaan tanaman herbal untuk mengobati berbagai penyakit memang seringkali dianggap lebih ekonomis. 


Meskipun begitu, jika Anda sedang menjalani pengobatan tertentu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda tentang penggunaan seledri sebagai pengobatan pendamping. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya interaksi obat yang bisa menurunkan efektivitas obat. Selamat Mencoba dan semoga bermanfaat!

Belum ada Komentar untuk "Tidak Banyak Orang Tau, Ternyata Seledri Bisa Mengobati Hipertensi, Sakit Mata, & Rematik"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel