Tidak Hanya Bisa Dimakan, Ternyata Wortel Juga Berkhasiat Sebagai Obat Herbal

Banyak orang yang mencari bahan-bahan pendukung untuk menjaga kesehatan mereka. Di antaranya, melalui minuman atau makanan suplemen. Tidak jarang pula orang-orang meluangkan waktu untuk berkonsultasi ke ahli kesehatan agar tubuh mereka tetap sehat dan bugar.


Namun, selain melalui minuman atau makanan dan tentunya obat-obatan, ada cara yang cenderung lebih baik dari itu semua, yaitu dengan cara kembali ke alam. Pola makan yang sehat, olahraga yang teratur, berpikir positif, dan menjaga kebersihan merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh kita. 


Ternyata sangatlah banyak bahan-bahan dari alam yang bisa kita manfaatkan dan semakin hari semakin banyak dengan efek samping yang dominan kecil atau bahkan tanpa efek samping sekalipun.


Bahan-bahan dari alam menjadi harapan baru bagi manusia untuk mewujudkan kehidupan yang lebih sehat lagi untuk masa yang akan datang. Selain itu, bahan-bahan dari alam tersebut juga dapat membantu pengobatan-pengobatan modern sehingga efek samping atau risiko yang lebih besar dapat diminimalkan.


Apa Itu Wortel?

Wortel (Daucus Carota) adalah tumbuhan sayur yang ditanam sepanjang tahun. Tumbuhan wortel sangat membutuhkan sinar matahari dan dapat tumbuh pada semua musim.

Selain baik untuk kesehatan mata, wortel juga dapat berkhasiat sebagai obat herbal, di antaranya dapat mengobati kejang jantung, eksim, dan cacingan.

Wortel dapat dibedakan atas beberapa jenis. Di antaranya jenis imperator, yaitu wortel yang memiliki umbi akar berukuran panjang dengan ujung meruncing dan rasanya kurang manis, jenis chantenang, yaitu wortel yang memiliki umbi akar berbentuk bulat panjang dan rasanya manis dan jenis mantes, yaitu wortel hasil kombinasi dari jenis wortel imperator dan chantenang. 


Wortel sering kita dapati dalam sup ayam atau masakan lainnya. Di balik kelezatannya, kita dianjurkan untuk meningkatkan konsumsi wortel, sebab manfaat wortel untuk kesehatan ternyata begitu besar.


Kandungan dalam wortel

Wortel mengandung beragam jenis nutrisi dan manfaat lainnya. Nutrisi wortel termasuk serat, vitamin, dan mineral. Beberapa zat gizi pada wortel juga ada yang bertindak sebagai molekul antioksidan.


Senyawa karotenoid dalam wortel, seperti beta-karoten dan alfa-karoten, menjadi zat gizi kunci yang dipercaya bermanfaat untuk kesehatan, termasuk untuk melawan penyakit kanker. Manfaat wortel lainnya juga bersumber pada kandungan vitamin, termasuk vitamin C dan A.


Cara Menyajikannya Sebagai Obat

Selain baik untuk kesehatan mata, wortel juga dapat berkhasiat mengobati beberapa penyakit, di antaranya kejang jantung, eksim, dan cacingan.

a. Kejang Jantung

Sediakan umbi wortel, 2 sendok madu, dan 1 potong gula aren. Cara membuatnya, wortel diparut dan diperas dengan 2 gelas air, kemudian dioplos dengan bahan lainnya sampai merata. Minum 1 kali sehari secara teratur.


b. Eksim

Untuk mengatasi eksim, dapat dilakukan dengan dua. pilihan , berikut.

  • Siapkan 1 umbi wortel dan 1 sendok teh kapur sirih. Parut wortel dan campur dengan kapur sirih sampai merata. Tempelkan pada bagian yang sakit dan dibalut dengan perban.
  • Siapkan 3 umbi wortel lalu parut dan seduhlah dengan 2 gelas air masak. Minumlah 2 kali sehari secara teratur.


c. Cacingan (Kremi)

Sediakan 5-7 umbi wortel, garam, dan santan kelapa secukupnya. Parut wortel lalu tambahkan garam dan santan kelapa secukupnya. Peras bahan tersebut lalu saring. Minumlah menjelang tidur malam.


Dengan mengetahui berbagai manfaat dari Wortel ini, kami harap bisa menambah informasi anda seputar pengobatan tradisional menggunakan bahan alami yang tentu akan memperkecil efek samping seperti yang ditimbulkan saat menggunakan berbagai obat-obatan.


Penggunaan tanaman herbal untuk mengobati berbagai penyakit memang seringkali dianggap lebih ekonomis. 


Meskipun begitu, jika Anda sedang menjalani pengobatan tertentu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda tentang penggunaan wortel sebagai pengobatan pendamping. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya interaksi obat yang bisa menurunkan efektivitas obat. Selamat Mencoba dan semoga bermanfaat!

Belum ada Komentar untuk "Tidak Hanya Bisa Dimakan, Ternyata Wortel Juga Berkhasiat Sebagai Obat Herbal"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel