Kiat Mengatasi Migraine

Migren (migraine) atau sakit kepala sebelah sungguh menyakitkan. Kepala terasa mau pecah dan seperti tertusuk-tusuk benda tajam. Sayangnya, sejauh ini belum diketahui penyebab pasti migren. Obat penyembuh migren pun belum ada. Para peneliti hanya bisa mengidentifikasi bahwa migren terkait dengan faktor genetik. 

iat cara mengatasi migren pada kepala yang sakit


a. Mekanisme Migren

Seperti penyebabnya yang tidak begitu jelas, tahapan terjadinya migren juga belum bisa dijelaskan secara tepat. Namun, banyak ahli saraf menyatakan bahwa kemunculan migren terkait dengan impuls listrik yang berlebihan di otak sehingga meningkatkan aliran darah serta menyebabkan pelebaran pembuluh dan peradangan. Keadaan ini merupakan sinyal sistem saraf yang kelebihan beban akibat terpaan informasi dari luar. Saat kelebihan beban, saraf berusaha menghalangi aliran informasi agar otak bisa rileks. 


b. Mengatasi Migren

Migren perlu dikelola agar serangannya tidak mengacaukan aktivitas dan produktivitas Anda. Berikut ini tips mengatasi migren.

1. Kenali dan hindari pemicu migren. Catat setiap episode serangan migren Anda dan cari tahu kemungkinan faktor pemicunya. Mungkin buruh beberapa bulan sebelum pemicu migren ditemukan.

2. Tetaplah berolahraga secara rutin. Jika serangan migren terjadi saat berolahraga, catat aktivitas yang baru dilakukan, apa yang Anda makan sebelumnya, dan keadaan cuaca hari itu. 

3. Jaga pola tidur yang rutin. Tidur terlalu banyak atau terlalu sedikit bisa memicu migren.

4. Hindari stres sebisa mungkin. Banyak penderita mendapatkan migren setelah melalui peristiwa yang menekan. 

5. Jaga pola makan. Makanlah secara teratur dan selingi dengan makanan ringan. Puasa diketahui bisa memicu migren. 


Makanan dengan pemams buatan (aspartam), makanan yang mengandung nitrat, berlebihan kafein atau berhenti tiba-tiba minum teh dan kopi, alkohol, MSG, cokelat juga diduga sebagai pemicu migren. 


Faktor pemicu lainnya adalah siklus menstruasi, rangsangan visual yang intensif, misalnya pantulan sinar matahari dan cahaya terang. ' 


Jika Anda diserang migren, atasi dengan cara istirahat dan tidur di kamar yang gelap serta tenang. Kompres bagian kepala yang sakit dengan air dingin untuk menyempitkan pembuluh darah. 


Jika migren tidak segera diatasi, Anda harus melewati tahap yang menyakitkan. Tahap puncaknya bisa berlangsung 4-72 jam, bahkan bisa lebih lama. Selama itu. Anda tidak akan bisa beraktivitas. 

Belum ada Komentar untuk "Kiat Mengatasi Migraine"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel