Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 5 Halaman 179, 180, 181, 182, 186, 187.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 5 Halaman 179, 180, 181, 182, 186, 187 - Pembelajaran 5 Tema 6 Kelas 5 Panas dan Perpindahannya Subtema 3 yang materi dan kunci jawaban tematik mengenai Pengaruh Kalor terhadap Kehidupan tepatnya terdapat pada halaman 179, 180, 181, 182, 186, 187.

Buku Tematik Siswa yang digunakan sebagai sumber pembelajaran di kelas 5 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (k13) Cetakan ke-2 Revisi 2017.

Dalam Materi Pembelajaran 5 Subtema 3 Pengaruh Kalor terhadap Kehidupan terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan oleh siswa secara mandiri, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kunci jawaban tematik kelas 5 tema 6 pada halaman 179, 180, 181, 182, 186, 187, setiap soal tematik yang ada pada buku siswa tematik  terpadu kurikulum 2013 (K13) kelas 5 ini. 

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa dapat diharapkan membantu guru dan siswa khusus nya kelas 5 SD supaya dapat menemukan jawaban alternatif dari soal tematik, berikut ini kami bagikan alternatif Kunci Jawaban soal Tematik kelas 5 tema 6 subtema 3 pembelajaran 5 yang terdapat pada halaman 179, 180, 181, 182, 186, 187.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 6 Pembelajaran 5 Subtema 3 Perpindahan Kalor di Sekitar Kita Halaman 179, 180, 181, 182, 186, 187.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 Pengaruh Kalor terhadap Kehidupan Pembelajaran 5 Halaman 179 180 181 182 186 187

Ingatkah kamu cara membuat Bolu Meranti yang sangat terkenal itu? Ya! Adonan bolu itu harus dipanggang ke dalam oven dalam waktu tertentu. Oven adalah alat untuk memanggang kue atau makanan lainnya. Pemanggang atau oven itu, biasanya diletakkan di atas kompor. Ada juga oven listrik yang menggunakan listrik sebagai sumber energi.

Sore itu, Beni tidak sabar menunggu hasil kue kering yang dibuat ibunya. Ibu tampak memasukkan dua loyang kue kering kesukaannya ke dalam sebuah oven. Ibu harus menunggu beberapa saat sampai oven itu panas, sebelum memasukkan kue di atas loyang itu.

Tahukah kamu, bahan apa yang digunakan untuk membuat oven atau pemanggang milik ibunya Beni? Proses perpindahan panas apa sajakah yang terjadi dan perlu diperhitungkan untuk membuat dan menggunakan alat tersebut? Bagaimana dengan peralatan lain di rumahmu? Terbuat dari bahan apa sajakah alat-alat tersebut?

Ayo Membaca

Bahan Konduktor dan Isolator di Sekitar Kita

Barang-barang dalam kehidupan sehari-hari, banyak yang memanfaatkan sifat benda sebagai konduktor atau isolator. Benda apakah itu? Selimut dan panci merupakan benda yang memanfaatkan sifat ini.

Bagaimana cara kerja selimut? Selimut memerangkap udara. Udara adalah isolator sehingga tidak menghantarkan panas yang keluar dari tubuhmu. Dengan demikian, badanmu tetap terasa hangat. Jaket dan sarung tangan wol memiliki cara kerja yang sama, yaitu untuk memerangkap udara agar badan tetap hangat dan tidak kedinginan.

Bagaimana dengan panci yang biasa digunakan di dapur? Panci terbuat dari bahan logam, misalnya Aluminium. Aluminium merupakan penghantar panas yang baik. Panci akan menghantarkan panas ke makanan yang dimasak. Ada bagian pada panci yang justru berfungsi sebagai isolator. Pegangan panci terbuat dari plastik. Plastik merupakan isolator sehingga kamu tidak akan kepanasan ketika memegangnya.

Oven atau pemanggang, juga menggunakan prinsip perpindahan panas secara konduksi. Dengan menggunakan bahan konduktor seperti Aluminium, diharapkan panas dari sumber panas seperti kompor, tidak keluar. Sehingga, panas tersebut dapat mematangkan kue atau masakan yang dipanggang. Pemanggang biasanya berbentuk kotak dan tertutup. Bentuk yang tertutup ini ingin memaksimalkan panas untuk mematangkan makanan secara merata.

Mesin mobil dan motor, terbuat dari bahan yang dapat menghantarkan panas. Mesin memerlukan panas untuk memperoleh kinerja mesin yang ideal. Mesin juga memerlukan energi listrik sehingga perlu bahan konduktor sebagai penghantar listrik.

Kamu tentu memiliki setrika di rumah. Dahulu, ketika listrik belum banyak digunakan, masyarakat menggunakan bara arang sebagai sumber panas. Arang hitam dibakar terlebih dahulu, setelah menjadi bara baru kemudian dimasukkan ke dalam setrika. Setrika ditutup dengan pegangan yang terbuat dari kayu. Biasanya setrika arang ini terbuat dari tembaga yang berat. Berbeda dengan setrika listrik yang digunakan saat ini.
 
Sumber panas berasal dari aliran listrik yang memanaskan kumparan di bagian bawah setrika. Agar panasnya sampai dari kabel listrik ke pakaian maka pada alas atau bagian bawah setrika dibuat dari bahan logam. Sedangkan bagian pegangan setrika terbuat dari plastik yang bersifat isolator.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 5 Halaman 179

Ayo Menulis

Berdasarkan bacaan di atas, tuliskan hal-hal yang kamu pahami dari setiap paragraf pada bacaan dalam sebuah kalimat. Kalimat-kalimat tersebut akan mewakili isi dari bacaan yang kamu baca. Tuliskan pada tempat yang telah disediakan.

Isi Paragraf 1
Barang-barang dalam kehidupan sehari-hari memanfaatkan konduktor atau isolator. Misalnya saja panci dan selimut. 
Isi Paragraf 2
Bagaimana cara kerja selimut? Selimut memerangkap udara sehingga badan tetap hangat. 
Isi Paragraf 3
Bagaimana dengan panci yang biasa digunakan di dapur? Panci terbuat dari bahan logam yang merupakan penghantar panas. 
Isi Paragraf 4
Oven atau pemanggang menggunakan prinsip perpindahan panas secara konduksi. Panas dari sumber panas akan mematangkan maskan yang dipanggang.
Isi Paragraf 5
Mesin mobil dan motor terbuat dari bahan yang dapat menghantarkan panas. Mesin juga memerlukan energi listrik sehingga perlu bahan konduktor sebagai penghantar listrik. 
Isi Paragraf 6
Kamu tentu memiliki setrika di rumah. Agar panasnya sampai ke pakaian bagian bawah setrika dibuat dari bahan logam, sedangkan bagian pegangan setrika terbuat dari plastik yang bersifat isolator.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 5 Halaman 180

Buatlah sebuah paragraf untuk menjelaskan isi bacaan yang melibatkan semua isi dalam setiap paragraf! Jangan lupa untuk memperhatikan penggunaan kata-kata baku dan ejaan yang tepat.

Barang-barang dalam kehidupan sehari-hari memanfaatkan konduktor atau isolator. Misalnya saja panci dan selimut. Bagaimana cara kerja selimut? Selimut memerangkap udara sehingga badan tetap hangat. Bagaimana dengan panci yang biasa digunakan di dapur? Panci terbuat dari bahan logam yang merupakan penghantar panas. Oven atau pemanggang menggunakan prinsip perpindahan panas secara konduksi. Panas dari sumber panas akan mematangkan maskan yang dipanggang. Mesin mobil dan motor terbuat dari bahan yang dapat menghantarkan panas. Mesin juga memerlukan energi listrik sehingga perlu bahan konduktor sebagai penghantar listrik. Kamu tentu memiliki setrika di rumah. Agar panasnya sampai ke pakaian bagian bawah setrika dibuat dari bahan logam, sedangkan bagian pegangan setrika terbuat dari plastik yang bersifat isolator.

Berdasarkan bacaan di atas, buatlah sebuah diagram untuk menjelaskan apa yang telah kamu baca. Gunakan beberapa bentuk diagram yang sudah diberikan contoh sebelumnya. Namun, kali ini kamu dapat menambahkan gambar-gambar yang mewakili pokok pikiran pada paragraf bacaan.

Jelaskanlah isi bacaan dengan menggunakan diagram di atas dan menggunakan gambar-gambar yang telah kamu buat. Mintalah saran dan tanggapan dari temanmu setelah kamu mempresentasikan hasil pekerjaanmu. Lalu, lakukanlah hal yang sama pada saat temanmu melakukan presentasi.

Ayo Mengamati

Perhatikanlah beberapa peralatan yang ada di rumahmu! Jika kamu perhatikan, ada beberapa peralatan yang menggunakan bahan isolator dan konduktor sebagai bagian dari peralatan tersebut. Lakukanlah pengamatan secara saksama di rumahmu. Temukan beberapa peralatan yang menggunakan bahan isolator dan konduktor dengan kegunaannya masing-masing. Identifikasikan nama, kegunaan, dan sifat hantaran yang ada pada alat tersebut. Gunakanlah tabel berikut untuk membantumu! Lihatlah contoh yang telah disediakan.
 

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 5 Halaman 182

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 Pengaruh Kalor terhadap Kehidupan Pembelajaran 5 Halaman 179 180 181 182 186 187

Nama Alat dan Bagiannya
  1. Pegangan panci
  2. Alas Setrika
  3. Ujung Solder
  4. Gagang Solder
  5. Pegangan Setrika
  6. Panci
Bahan
  1. Plastik
  2. Tembaga
  3. Besi
  4. Plastik
  5. Plastik
  6. Aluminium
Kegunaan
  1. Untuk membuka dan menutup tutup panci
  2. Menghaluskan pakaian
  3. Melekatkan patri
  4. Memegang solder saat digunakan
  5. Memegang setrika saat digunakan
  6. Memasak dan merebus air
Sifat Hantaran (Konduktor/Isolator)
  1. Isolator
  2. Konduktor
  3. Konduktor
  4. Isolator
  5. Isolator
  6. Konduktor

Presentasikanlah hasil pengamatanmu di dalam kelompokmu! Catatlah hal menarik apa saja yang kamu dapatkan dari kegiatan pengamatan maupun dari presentasi teman-temanmu! Tuliskanlah pertanyaan yang ingin kamu ketahui tentang topik ini dan juga kesimpulanmu dari kegiatan ini!

Kesimpulanku :

Banyak peralatan di sekitar kita yang mengandung bahan isolator dan konduktor yang mempermudah hidup kit.

Pertanyaanku :

Alternatif jawaban disesuaikan dengan masing-masing siswa.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 5 Halaman 186

Ayo Mencoba

Setelah kamu mengetahui alat dan bahan yang digunakan untuk membuat gambar cerita, gunakanlah informasi di atas untuk melakukan kegiatan berikut bersama dengan kelompokmu.
1. Jelaskanlah, apa yang kamu ketahui tentang gambar cerita. Tuliskan pemahamanmu dengan menggunakan kata-katamu sendiri, pada buku catatanmu!

Gambar cerita adalah gambar yang menceritakan suatu adegan atau peristiwa tertentu.

2. Berdasarkan pemahamanmu tentang gambar cerita, bersama kelompok- mu, carilah beberapa gambar cerita dari majalah dan koran.
3. Guntinglah gambar cerita tersebut dan tempelkan di beberapa kertas gambar ukuran A4.
4. Tuliskanlah di bawah cerita tersebut beberapa keterangan, seperti:
  • Pembuat gambar,
  • Teknik yang digunakan, dan
  • Alat yang digunakan.
5. Amatilah gambar cerita yang telah kamu pilih, lalu diskusikan dengan teman sekelompokmu, cerita apa yang disampaikan dari gambar cerita tersebut. Tuliskanlah cerita yang kamu tangkap dari gambar tersebut di bawah keterangan gambar.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 5 Halaman 187

Gambar cerita adalah gambar yang menunjukkan kegiatan orang-orang atau binatang-binatang dalam suatu peristiwa. Menggambar cerita dapat dilakukan dengan teknik kering dan teknik basah. Alat dan bahan untuk menggambar cerita dengan teknik kering, menggunakan beberapa alat misalnya, pensil, kapur, krayon, atau bahan lain yang tidak memerlukan air. Pada teknik basah, media yang diperlukan berupa cat air, tinta bak atau tinta Cina, cat poster yang menggunakan air sebagai pengencer.

6. Pajanglah hasil pekerjaan kelompokmu di dinding kelas. Lakukanlah pengamatan pada gambar-gambar cerita milik kelompok lain. Apakah yang dapat kamu simpulkan dari kegiatan di atas? Tuliskanlah kesimpulanmu di tempat yang tersedia di bawah ini.

Demikianlah hasil dari pembahasan soal tematik mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 5 Halaman 179, 180, 181, 182, 186, 187. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian serta juga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Terimakasih, Salam Pintar ☺

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 5 Halaman 179, 180, 181, 182, 186, 187."

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel