Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 4 Halaman 40, 41, 42, 43, 45.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 4 Halaman  40, 41, 42, 43, 45  - Pembelajaran 4 Tema 6 Kelas 5 Panas dan Perpindahannya Subtema 1 yang materi dan kunci jawaban tematik mengenai Suhu dan Kalor tepatnya terdapat pada halaman 40, 41, 42, 43, 45.

Buku Tematik Siswa yang digunakan sebagai sumber pembelajaran di kelas 5 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (k13) Cetakan ke-2 Revisi 2017.

Dalam Materi Pembelajaran 4 Subtema 1 Suhu dan Kalor terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan oleh siswa secara mandiri, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kunci jawaban tematik kelas 5 tema 6 pada halaman 40, 41, 42, 43, 45, setiap soal tematik yang ada pada buku siswa tematik  terpadu kurikulum 2013 (K13) kelas 5 ini. 

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa dapat diharapkan membantu guru dan siswa khusus nya kelas 5 SD supaya dapat menemukan jawaban alternatif dari soal tematik, berikut ini kami bagikan alternatif Kunci Jawaban soal Tematik kelas 5 tema 6 subtema 1 pembelajaran 4 yang terdapat pada halaman 40, 41, 42, 43, 45.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 6 Pembelajaran 4 Subtema 1 Suhu dan Kalor Halaman 40, 41, 42, 43, 45.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 4 Halaman 40 41 42 43 45

Pernahkah kamu melihat gambar di atas? Gambar tersebut merupakan pesan kepada masyarakat dalam bentuk papan iklan layanan masyarakat. Papan iklan tersebut, merupakan salah satu media yang digunakan untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat melalui media cetak. Pesan atau informasi apa saja yang kamu dapatkan dari papan iklan tersebut? Pernahkah kamu melihat papan iklan serupa?
 

Ayo Membaca

Pengaruh Negatif Interaksi Manusia dengan Lingkungan Alamnya
Manusia tidak dapat hidup tanpa mengandalkan lingkungan alamnya. Dari alam manusia memperoleh banyak manfaat untuk memenuhi kebutuhannya. Pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan, merupakan bentuk-bentuk interaksi manusia dengan lingkungan alamnya untuk

memenuhi kebutuhan hidupnya. Manusia memelihara alam sedemikian rupa, agar dapat dimanfaatkan dengan baik untuk memenuhi kebutuhan manusia dan mahluk hidup lainnya.
Tetapi, tidak semua interaksi manusia dengan alam berdampak baik bagi alam. Perilaku masyarakat yang suka membuang sampah sembarangan misalnya, dapat merusak lingkungan alam di sekitarnya. Membuang sampah di sungai dan di laut, dapat merusak makhluk hidup lain yang ada di dalamnya. Tidak hanya itu, kerusakan lingkungan yang ditimbulkannya dapat membahayakan manusia sendiri.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 4 Halaman 40 41 42 43 45

Interaksi manusia dengan lingkungan yang kurang baik, juga dapat menyebabkan beberapa bencana yang merugikan manusia dan lingkungannya. Contohnya, terjadi banjir karena saluran air yang terganggu oleh sampah dari kegiatan manusia merupakan salah satu contohnya. Demikian juga dengan bencana tanah longsor, disebabkan karena manusia sering menebang pohon di tanah yang landai. Kebakaran hutan karena kecerobohan manusia pun, menyebabkan kerusakan dan kerugian yang sangat besar.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 4 Halaman 40 & 41


Berdasarkan bacaan di atas, jawablah beberapa pertanyaan berikut!
1. Dapatkah manusia hidup tanpa mengandalkan lingkungan alamnya? Mengapa?

Manusia tidak akan pernah sanggup hidup tanpa mengandalkan lingkungan alamnya, sebab manusia mendapatkan sumber sandang, pangan, dan papanya dari alam, sehingga hal yang mustahil manusia dapat hidup tanpa mengandalkan lingkungan alamnya.

2. Jelaskanlah dua atau tiga contoh interaksi manusia dengan lingkungan alamnya yang terjadi di sekitarmu!
 
Interaksi manusia dengan lingkungan alam contohnya adalah manusia melakukan penghijauan atau reboisasi. Manusia bercocok tanaman sayur-sayuran dan buah-buahan. Manusia memelihara hewan ternak seperti sapi, kerbau dan kambing. Manusia menangkap ikan di laut.

3. Sebutkan dan jelaska contoh interaksi manusia dengan lingkungan alamnya yang merugikan manusia dan lingkungannya!

Contoh interaksi manusia dengan lingkungan alamnya yang merugikan manusia dan lingkungannya adalah
  • Membuang sampah sembarangan menyebabkan banjir
  • Menebang pohon sembarangan menyebabkan tanah longsor dan banjir
  • Mengambil batu karang dan pasir di pesisir pantai sebagai bahan bangunan menyebabkan abrasi
  • Membakar hutan gambut dapat menyebabkan kabut asap dan polusi udara

4. Apa saja akibat interaksi negatif manusia terhadap lingkungan alamnya? Jelaskan!

Maka lingkungan alam akan hancur,karena interaksi manusia itu berupa negatif sedangkan arti negatif itu adalah peebuatan yg tidak baik seperti menebang pohon secara liar.

Ayo Menulis

Berdasarkan bacaan di atas, gunakan diagram berikut untuk menjelaskan apa yang telah kamu baca. Jelaskan dan tuliskanlah pemahamanmu pada setiap paragraf bacaan tersebut. Lalu tuliskanlah kata-kata kunci pada setiap paragraf yang kamu anggap penting.

Judul Bacaan
Pengaruh Negatif Interaksi manusia dengan Lingkungan  Alamnya
Paragraf 1
Manusia tidak dapat hidup tanpa mengandalkan lingkungan alam
Kata Kunci
Manusia, Hidup, Lingkungan Alam

Paragraf 
Tidak semua interaksi manusia berdampak baik bagi alam
Kata Kunci
Interaksi, Manusia, Alam

Paragraf
Interaksi manusia dengan lingkungan dapat menyebabkan bencana
Kata Kunci
Interaksi, Lingkungan, Bencana

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 4 Halaman 42

Setelah melakukan kegiatan di atas, ceritakanlah kembali apa  yang kamu ketahui tentang bacaan di atas dalam sebuah paragraf. Tuliskanlah penjelasanmu di bawah ini dengan menggunakan kata-kata baku yang tepat.


Manusia tidak dapat hidup tanpa mengandalkan lingkungan alamnya, akan tetapi tidak semua interaksi manusia dengan alam berdampak baik bagi alam.

Dalam kelompok yang terdiri atas empat orang, tunjukkanlah hasil pekerjaanmu satu sama lain. Apakah teman-temanmu menceritakan hal yang sama pada setiap paragraf bacaan di atas? Mengapa?

Ayo Mengamati

Perhatikanlah masyakarat di sekitar tempat tinggalmu! Lakukanlah kegiatan berikut untuk mengamati interaksi masyarakat di sekitarmu terhadap lingkungan alam dan pengaruh negatifnya. Gunakan tabel berikut untuk membantumu!

Bentuk kegiatan Interaksi
  • Membuang sampah di aliran sungai
  • Menebang dan membakar hutan
  • Menggunakan pupuk kimia untuk menyuburkan tanaman
  • Berburu hewan yang dilindungi secara hukum
Pengaruh Negatif yang terjadi
  • Merusak makhluk hidup lain yang ada di dalamnya
  • Banjir dan tanah longsor
  • Merusak kesuburan tanah
  • Berkurangnya populasi hewan
Usaha untuk memperbaikinya
  • Mendaur ulang sampah
  • Reboisasi
  • Menggunakan pupuk kompos untuk tanaman
  • Merelease kembali hewan-hewan yang dilindungi

Perlihatkanlah hasil pengamatanmu kepada teman dalam kelompokmu. Presentasikanlah hasil temuanmu di dalam kelompok. Jawablah pertanyaan yang diberikan temanmu terhadap hasil presentasimu. Berikan juga tanggapan atas pekerjaan temanmu yang lain.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 4 Halaman 43


Kesimpulanku :
Mendapatkan manfaat dari lingkungan alam merupakan hak kita, namun memeliharanya adalah kewajiban bagi kita semua.

Ayo Membaca

Bacalah artikel berikut ini untuk membantumu memahami makna kewajiban secara umum.
Kewajiban Warga Negara dan Siswa
Apakah yang kamu rasakan jika sekolahmu dipenuhi dengan sarana belajar yang kotor, penuh coretan, dan rusak? Demikian juga dengan dinding sekolah yang penuh coretan, buku siswa yang sobek-sobek, kamar mandi sekolah yang kotor, dan bangku-bangku kelas yang penuh dengan tulisan-tulisan. Kamu tentu sedih dan prihatin, karena dengan demikian kamu tidak dapat belajar dengan baik.

Salah satu hak siswa adalah mendapatkan pendidikan yang layak. Tetapi pada saat yang sama siswa juga mempunyai kewajiban untuk menjaga sarana pendidikan agar haknya terpenuhi. Jika siswa tidak melakukan kewajiban tersebut, maka sarana belajarnya akan rusak sehingga kegiatan belajar akan terganggu.

Apakah yang dimaksud de- ngan kewajiban? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kewajiban berasal dari kata wajib yang berarti harus dilakukan atau diamalkan. Sehingga kewajiban adalah sesuatu yang wajib dilaksanakan. Kewajiban merupakan sesuatu yang harus dilakukan untuk menjamin haknya terpenuhi.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 4 Halaman 40 41 42 43 45

Semua siswa yang sedang belajar di Indonesia, wajib mengikuti peraturan yang ditetapkan Negara melalui undang-undang. Semua kewajiban ini, harus dilakukan untuk menjamin seorang siswa mendapatkan haknya. Seorang siswa berhak untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Maka kewajiban siswa, antara lain menaati peraturan yang berhubungan dengan pendidikan, misalnya menaati peraturan sekolah.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 4 Halaman 45

Ayo Berdiskusi

Sebagai warga negara dan anggota masyarakat, kita perlu mengetahui hak dan kewajiban kita. Sebelumnya kamu telah mengetahui hak-hakmu sebagai siswa dan sebagai seorang anak. Bersama dengan teman sebangkumu, gunakan tabel di bawah ini, untuk menentukan hak-hakmu sebagai siswa. Setelah itu, kamu dapat menentukan kewajibanmu untuk mendapatkan hak- hakmu.

Hak Sebagai Siswa Di Sekolah
  • Menggunakan fasilitas belajar yang layak di sekolah
  • Mendapatkan kualitas pendidikan dan pengajaran yang layak dari guru
  • Mendapatkan bimbingan atau layanan konseling dari guru (BK)
  • Diperlakukan sama (tidak diskriminatif)
  • Memperoleh perlindungan selama proses belajar di sekolah

Kewajiban Sebagai Siswa Di Sekolah
  • Siswa wajib untuk mengikuti seluruh proses belajar hingga selesai
  • Siswa wajib menaati semua tata tertib di sekolah tanpa terkecuali
  • Siswa wajib menghadiri upcara bendera di sekolah setiap senin pagi
  • Siswa wajib memenuhi tugasnya untuk piket sesuai dengan jadwal yang disepakati
  • Siswa wajib untuk memelihara fasilitas umum di sekolah

Hak Sebagai Anak Di Rumah
  • Hak memperoleh perlindungan dari orang tua
  • Hak untuk mendapat sandang, pangan yang cukup
  • Hak untuk beristirahat
  • Hak untuk berada di suasana yang kondusif untuk belajar
  • Hak untuk bermain dan mengekplorasi dunianya

Kewajibanmu Sebagai Anak Di Rumah
  • Kewajiban anak di rumah
  • Wajib belajar dirumah
  • Wajib membantu orang tua
  • Wajib mendukung keluarganya
  • Wajib menjaga kebersihan
  • Wajib menghormati orang tua

Presentasikanlah hasil diskusimu di dalam kelompok kecil yang terdiri atas empat orang. Buatlah beberapa pertanyaan tentang presentasi yang dibuat teman-teman di dalam kelompokmu. Catatlah beberapa hal yang kamu anggap penting. Lalu, buatlah kesimpulan tentang makna kewajiban dari hasil diskusimu.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 4 Halaman 46

Semua orang mempunyai hak dan kewajiban, jika kita memiliki hak pasti ada kewajiban. Salah satu contoh hak dan kewajibanku sebagai siswa dan anak adalah :
  • Hakku sebagai siswa =mendapatkan bimbingan dari guru
  • Kewajibanku sebagai siswa =mematuhi tata tertib sekolah
  • Hakku sebagai anak =mendapatkan perlindungan orang tua
  • Kewajibanku menjadi anak= membantu orang tua

Demikianlah hasil dari pembahasan soal tematik mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 4 Halaman 40, 41, 42, 43, 45. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian serta juga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Terimakasih, Salam Pintar ☺

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 4 Halaman 40, 41, 42, 43, 45."

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel