Manfaat Beristirahat Bagi Tubuh

Setelah seharian melakukan berbagai kegiatan, sampai di rumah ingin segera beristirahat dengan nyaman. Namun, kadang kadang setelah sampai di rumah malah tidak bisa beristirahat dengan nyaman. 

manfaat beristirahat bagi tubuh yang kelelahan

Kapan tidur dan bangun dari tidur yang bagus untuk kesehatan tubuh? Untuk menjawab pertanyaan ini, Anda dapat membuat jadwal istirahat. Tentukan jam pergi tidur dan waktu bangun Anda. Usahakan patuhi jadwal tersebut secara teratur setiap harinya. 


Tubuh akan merekamnya dan memberikan informasi ke Otak bahwa pada jam tertentu Anda seharusnya mulai mengantuk, tertidur, lalu bangun beberapa jam kemudian. Jika tubuh sudah menangkap ritme waktu tidur Anda, saat mendekati Waktu tidur, Otomatis kantuk akan datang dengan sendirinya.


Setelah pulang dari melakukan aktivitas, sebelum tidur Anda sangat disarankan mandi dengan air hangat. Hal ini bertujuan untuk membantu merilekskan otot dan saraf sehingga dapat mempercepat datangnya kantuk dan memungkinkan Anda tidur dengan lelap. 


Selain itu, meminum segelas susu hangat sebelum tidur akan membuat Anda lebih cepat mengantuk. Ada dua hal yang menyebabkan susu patut dijadikan minuman wajib bagi orang-orang yang mendambakan tidur nyenyak. Pertama, susu kaya akan kalsium. Selain berkhasiat memperkuat tulang dan gigi, kalsium juga menebarkan efek penenang (calming efffect) yang menyebabkan kantuk. Kedua, susu juga mengandung asam amino nyptopban yang apabila masuk ke tubuh berubah menjadi serotonin. Salah satu manfaat serotonin adalah merilekskan tubuh sekaligus menimbulkan kantuk. 


Kasur dan tempat tidur yang nyaman dapat memengaruhi kualitas tidur Anda. Apapun modelnya, pilihlah tempat tidur yang kokoh dan aman, jangan sampai tidur Anda terganggu hanya karena engsel-engsel tempat tidur berbunyi saat Anda membolak-balikkan badan. Ada baiknya Anda mengganti kasur setelah dipakai beberapa tahun. 


Tatalah kamar sesuai keinginan sehingga Anda merasa sangat nyaman untuk tidur. Tatalah kamar Anda selalu bersih dan wangi. Pilihlah sprei atau alas kasur yang terbuat dari bahan kain lembut dan tidak panas. Gunakan lampu tidur atau matikan lampu. Suasana gelap merangsang Otak mengeluarkan hormon tidur sehingga meski ada gangguan, tidur tidak mudah terusik. 

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Beristirahat Bagi Tubuh"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel