Pentingnya Sarapan Pagi

Bagi Anda yang beraktivitas dari pagi sampai sore hari, sebelum melakukan aktivitas tersebut, sangat disarankan untuk melakukan sarapan pagi. Sarapan pagi sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Menu sarapan pagi yang sehat dapat membantu kita menurunkan berat badan, risiko diabetes, penyakit jantung, dan Stroke.

Pentingnya Sarapan Pagi bagi kesehatan tubuh dan menguatkan stamina

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang sarapan pagi mempunyai tubuh yang lebih langsing dibandingkan mereka yang tidak melakukan sarapan pagi. Sebuah laporan yang dimuat di Harvard, Men’s Health Watch edisi Februari menyatakan bahwa akibat tidak sarapan berkaitan dengan peningkatan risiko obesitas sebesar empat kali lipat. 


Sereal berkadar serat tinggi sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita, bahkan dapat menurunkan risiko berbagai penyakit termasuk polip usus dan kanker kolon. Sereal yang baik adalah sereal yang mengandung 6 gram serat per porsi, tetapi rendah gula (kurang dari 10 gram per porsi). 


Sarapan pagi yang menyehatkan bukan hanya dapat diperoleh dari sereal berkadar serat tinggi, tetapi dilakukan dengan cara pemilihan menu yang sangat tepat. Memakan telur tidak dilarang untuk sarapan pagi, tetapi sebuah penelitian menunjukkan bahwa pria yang memakan lebih dari satu butir telur setiap hari akan mengalami risiko penyakit kardiovaskular dua kali lebih tinggi.


Selain sarapan pagi, kita juga harus banyak mengonsumsi buah-buahan agar asupan vitamin ke dalam tubuh seimbang dengan bahan makanan yang mengandung terlalu banyak zat yang dapat merugikan tubuh. 


Pada 2005, Claire Bates dalam Daily Mail menuliskan bahwa parai ilmuwan menemukan khasiat jus delima yang kaya antioksidan dan baik untuk jantung. Dengan meminum 1 gelas per hari dapat memperbaiki aliran darah sebesar sepertiga bagian. Selain itu, mereka juga merekomendasikan tujuh jenis jus buah yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita, di antaranya sebagai berikut. 


l. Jus Delima 

khasiat obat herbal delima bagi kesehatan

Jus delima sangat bermanfaat membantu jantung. ]us delima kaya antioksidan yang membantu mencegah penyumbatan pada pembuluh darah arteri oleh kolesterol. Jus delima juga dihubungkan dengan pencegahan terjadinya kanker prostat. Jus delima dilengkapi dengan vitamih A, C, dan E serta asam folat yang penting pada tahap awal kehamilan. 


2. Jus Jeruk 

khasiat obat herbal jus jeruk untuk kesehatan tubuh

]us jeruk bermanfaat untuk sistem kekebalan proteksi terhadap anemia. Jus jeruk merupakan sumber vitamin C yang paling baik dan juga sumber asam folat sehingga wanita hamil sebaiknya meminum jus jeruk dalam jumlah yang cukup banyak. Penelitian baru menyarankan minum segelas jus jeruk per hari, ternyata dapat membantu mencegah terjadinya radang sendi (arthritis). 


3. Jus Anggur 

khasiat obat herbal jus anggur bagi kesehatan tubuh

Jus anggur bermanfaat untuk sistem kekebalan dan kaya akan Vitamin C. Buah anggur merupakan sejenis jeruk sehingga kaya beta-karoten. Hal ini dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. 


Jika sedang melakukan medikasi, sebaiknya dihindari mengkonsumsi jus ini. Medikasi adalah terapi dengan pemberian obat pada tulang. Jus anggur mengandung suatu substansi yang dapat memperlambat pemecahan beberapa obat. 


4. Jus Apel 

khasiat obat herbal jus apel bagi kesehatan tubuh

Jus apel bermanfaat untuk energi dan proteksi jantung. ]us apel kaya flavonoid yang dapat membantu melindungi jantung. Memiliki sepertiga kadar vitamin C jus jeruk dan mengandung banyak gula fruktosa. Namun, penggunaannya dihindari pada anak-anak Karena dapat menyebabkan keluhan gangguan pada lambung.


5. Jus Nanas

khasiat obat herbal jus nanas bagi kesehatan tubuh

Jus nanas bermanfaat untuk pencernaan. Buah ini mengandung enzim bromelain yang dapat  membantu mencerna protein. Buah ini juga mengandung gula alamiah untuk meningkatkan energi dan mengandung 11 mg Vitamin C per 100 ml.


6. Jus Tomat

khasiat obat herbal jus tomat bagi kesehataan

Jus tomat bermanfaat untuk menguruskan badan dan berguna bagi kesehatan pria. Jus tomat hanya mengandung 50 kalori per 250 ml. Jus tomat juga mengandung bioflavonoid yang dapat membantu memperkuat pembuluh darah kapiler sehingga tidak menimbulkan kebocoran pada pembuluh darah dan pembentukan kantong yang mengandung air pada kulit yang menyebabkan selulit. Kandungan likopen dalam tomat berkaitan dengan penurunan risiko terjadinya kanker prostat. . 


Namun, penggunaan jus tomat sebaiknya dihindari pada individu yang memiliki tekanan darah tinggi karena jus tomat mengandung kadar garam yang tinggi. 


7. Jus Cranberry 

khasiat obat herbal Jus Cranberry bagi kesehatan tubuh

Jus cranberry bermanfaat untuk mencegah terjadinya sistitis (radang buli-buli). Proanthocyanidin dalam jus cranberry dapat menghentikan perlekatan bakteri yang berbahaya pada dinding buli-buii sehingga menurunkan risiko terjadinya infeksi saluran kemih. 


Jus ini mengandung vitamin C dalam kadar yang sangat tinggi. Jus ini dijual dengan penambahan gula karena rasanya pahit. 


Penggunaannya jus cranberry dihindari pada pasien-pasien yang menggunakan obat anti pembekuan darah, yaitu warfarin karena hal itu dapat meningkatkan risiko terjadinya perdarahan. Hal tersebut dikemukakan oleh The Committee on Safety Medicines. 


Disarankan untuk bisa membuat sarapan yang kita makan menjadi sumber energi yang baik, ialah dengan memilih sarapan dengan makanan rendah lemak, hindari makanan daging berlemak tinggi saat sarapan, makanan tinggi protein, makanan kaya serat, sayuran dan buah-buahan sangat baik untuk sarapan, jangan lupa juga untuk pilih telur dan susu yang sangat baik untuk sarapan.


Apalagi bagi kamu yang super sibuk nggak sempat untuk memasak atau menyiapkan sarapan makanan berat, kamu bisa tetap sarapan dengan roti gandum ditemani susu.


Jangan lupa untuk memilih susu sapi segar yang yang tidak menambahkan garam karena kandungan asam pada garam bisa mengurangi ikatan kalium. Juga susu yang diproduksi dengan teknologi nutrikeep yang menjaga rasa, semua nutrisi dan kebaikan susu, sehingga tidak mudah terkontaminasi bakteri.


Yuk, mulai sarapan dan minum susu & jus buah! Selamat beraktivitas!

Belum ada Komentar untuk "Pentingnya Sarapan Pagi"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel