Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 6 Subtema 4 Literasi 3 Halaman 207 & 208.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 6 Subtema 4 Literasi 3 Halaman  207 & 208  - Literasi 3 Tema 6 Kelas 5 Panas dan Perpindahannya Subtema 4 yang materi dan kunci jawaban tematik mengenai Putri Alor tepatnya terdapat pada halaman 207 & 208.


Buku Tematik Siswa yang digunakan sebagai sumber pembelajaran di kelas 5 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (k13) Cetakan ke-2 Revisi 2017.


Dalam Materi Literasi 3 Subtema 4 Putri Alor terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan oleh siswa secara mandiri, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kunci jawaban tematik kelas 5 tema 6 pada halaman 207 & 208, setiap soal tematik yang ada pada buku siswa tematik  terpadu kurikulum 2013 (K13) kelas 5 ini. 


Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa dapat diharapkan membantu guru dan siswa khusus nya kelas 5 SD supaya dapat menemukan jawaban alternatif dari soal tematik, berikut ini kami bagikan alternatif Kunci Jawaban soal Tematik kelas 5 tema 6 subtema 4 Literasi 3 yang terdapat pada halaman 207 & 208.


Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 6 Literasi 3 Subtema 4 Putri Alor Halaman 207 & 208.

Kisah Kakak Beradik Nelayan

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 6 Subtema 4 Putri Alor Literasi 3 Halaman 207 & 208

Di sebuah perkampungan nelayan di daerah Teluk Kiluan, Lampung, hiduplah dua orang kakak beradik yang bekerja sebagai nelayan. Anak sulung bernama Rako, sementara adiknya bernama Maro.

Rako adalah nelayan yang malas. Saat mencari ikan, ia selalu menggunakan bom ikan untuk menghancurkan terumbu karang yang banyak ikannya. Setelah bom meledak, Rako mengambil ikan-ikan yang mati terapung karena bom itu.

Sementara itu, Maro, nelayan yang rajin. Ia rela seharian berada di tengah laut untuk mencari ikan dengan jaring yang sederhana demi menafkahi hidup.

Rako suka menertawakan Maro. “Buat apa kamu capai-capai seharian menebar jaring di tengah laut, Maro? Toh, hasilnya cuma sedikit. Sementara aku, cuma mengebom sekali sudah dapat ikan banyak sekali!”

Maro menjawab. “Biarlah, Kak. Walaupun hasil yang kudapat sedikit, ini adalah cara yang baik dan tidak merusak lingkungan alam.” “Ha-ha-ha… Kamu sok peduli kepada alam!” ujar Rako mencibir.

Keesokan hari, Rako tetap mencari ikan dengan cara mengebom terumbu karang di laut. Hasil yang didapat memang berlimpah. Namun, semakin lama, semakin banyak kerusakan pada terumbu karang di lautan sekitar Teluk Kiluan. Karena sering merusak alam, Rako akhirnya terkena batunya. Suatu hari, saat ia berada di tengah lautan untuk mengebom terumbu karang, bom tiba-tiba meledak di tangannya sendiri. Bom itu melukai tangan dan wajahnya!

Pada hari yang sama, di bagian lain lautan lepas, Maro dengan sabar mencari ikan dengan jaring. Sudah seharian, ia belum juga mendapatkan ikan.
 
Menjelang sore, jaring Maro berhasil menangkap sekumpulan ikan kerapu. Maro pun kegirangan. Lebih gembira lagi, beberapa tiram juga ikut tersangkut di jaring. Di dalam tiram itu, Maro menemukan butiran-butiran mutiara yang sangat indah dan berharga mahal.

Rako mengalami cedera pada tangan dan wajah akibat bom ikan. Sementara itu, Maro menjadi nelayan yang kaya raya karena mutiara yang telah ditemukan. Semua itu berkat kerajinan, kesabaran, dan kejujuran Maro. Namun, Maro tetap sayang kepada kakaknya. Sebagian harta miliknya diberikan kepada Rako, tetapi dengan syarat sang kakak tidak boleh mencari ikan dengan cara merusak terumbu karang lagi.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 6 Subtema 4 Literasi 3 Halaman 207


Gunakan tabel berikut ini untuk membantumu menjelaskan isi cerita di atas. Lalu, ceritakanlah isi cerita di atas kepada teman-teman dalam kelompokmu!

Judul Cerita
Kisah Kakak Beradik Nelayan
Pengarang -
Tokoh Utama:
Maro
Tokoh Lain: 
Rako
Di manakah cerita ini terjadi?
Di sebuah perkampungan nelayan di daerah Teluk Kiluan, Lampung,
Apa yang terjadi dengan tokoh utama?
Maro  mencari ikan dengan jaring yang sederhana.
Mengapa hal itu terjadi?
Maro tidak ingin merusak lingkungan alam
Bagaimana masalah dalam cerita ini diselesaikan?
Maro menemukan butiran-butiran mutiara yang sangat indah dan berharga mahal. Sementara Rako mengalami cedera pada tangan dan wajah akibat bom ikan
Kapankah waktu terjadinya cerita ini?
Menjelang sore
Pesan apakah yang kamu dapatkan dari cerita di atas?
Salah satu kewajiban kita sebagai warga ngara adalah menjaga kelestarian lingkungan

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 6 Subtema 4 Literasi 3 Halaman 208

Bacalah kembali cerita di atas dengan saksama. Lakukanlah perbandingan antara tokoh Rako dan Maro. Keduanya adalah nelayan yang memiliki hak, kewajiban, dan tanggung jawab yang sama. Tetapi, perhatikanlah bagaimana keduanya melakukan kewajiban dan tanggung jawabnya. Gunakanlah tabel berikut untuk membandingkan keduanya.

Apakah hak keduanya?
Rako
Mendapatkan ikan di laut
Maro
Mendapatkan ikan di laut

Apakah kewajiban keduanya?
Rako
Menjaga kelestarian lingkungan
Maro
Menjaga kelestarian lingkungan

Apakah ia melakukan kewajibannya Jelaskan!
Rako
Rako tidak melaksanakan kewajibannya karena mencari ikan dengan peledak
Maro
Maro  melakanakan kewajibannya dengan mencari ikan dengan jaring yang sederhana.
Apakah tanggung jawabnya?
Rako
Menjaga kelestarian lingkungan
Maro
Menjaga kelestarian lingkungan

Apakah ia melakukan tanggung jawabnya? Jelaskan?
Rako
Rako tidak melaksanakan tanggung jawabnya karena merusak lingkungan
Maro
Maro melaksanakan tanggung jawabnya karena menjaga kelestarian lingkungan

Apa saja akibat dari perbuatannya?
Rako
Kerusakan pada terumbu karang di lautan sekitar Teluk Kiluan
Maro
Lingkungan laut tetap lestari dan dapat memberikan manfaat.

Demikianlah hasil dari pembahasan soal tematik mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 6 Subtema 4 Literasi 3 Putri Alor  Halaman 207 & 208. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian serta juga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Terimakasih, Salam Pintar ☺

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 6 Subtema 4 Literasi 3 Halaman 207 & 208."

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel