Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 4 Halaman 21, 25, 26, 27.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 4 Halaman 21, 25, 26, 27 - Pembelajaran 4 Tema 6 Kelas 6 Menuju Masyarakat Sejahtera Subtema 1 yang materi dan kunci jawaban tematik mengenai Masyarakat Peduli Lingkungan tepatnya terdapat pada halaman 21, 25, 26, 27.

Buku Tematik Siswa yang digunakan sebagai sumber pembelajaran di kelas 6 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (k13) Cetakan ke-2 Revisi 2018.

Dalam Materi Pembelajaran 4 Subtema 1 Masyarakat Peduli Lingkungan terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan oleh siswa secara mandiri, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kunci jawaban tematik kelas 6 tema 6 pada halaman 21, 25, 26, 27, setiap soal tematik yang ada pada buku siswa tematik  terpadu kurikulum 2013 (K13) kelas 6 ini. 

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa dapat diharapkan membantu guru dan siswa khusus nya kelas 6 SD supaya dapat menemukan jawaban alternatif dari soal tematik, berikut ini kami bagikan alternatif Kunci Jawaban soal Tematik kelas 6 tema 6 subtema 1 pembelajaran 4 yang terdapat pada halaman 21, 25, 26, 27.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Pembelajaran 4 Subtema 1 Masyarakat Peduli Lingkungan Halaman 21, 25, 26, 27.

Siti dan teman-teman sedang berkegiatan di sekolah. Mereka menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan sekolah. Apa kegiatan yang  sedang mereka lakukan?

Ayo Mengamati

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Subtema 1 Masyarakat Peduli Lingkungan Pembelajaran 4 Halaman 21 25 26 27

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 4 Halaman 21

Apa  yang  sedang dilakukan oleh  Siti dan teman-teman?

Siti dan teman-temannya sedang menanam pohon.

Bagaimana caramu menunjukkan  kepedulian  terhadap  lingkungan sekolah?

Cara kita menunjukkan kepedulian di lingkungan sekolah yaitu denan cara membuang sampah pada tempat nya, tidak mencoret dinding sekolah dll.

Setiap manusia  hendaknya  peduli dengan  lingkungan. Peduli lingkungan dapat dilakukan di mana saja. Baik  di lingkungan rumah, lingkungan sekitar rumah, maupun di lingkungan sekolah. Ingatkah kamu tentang lagu  Aku Cinta Lingkungan? Lagu  Aku Cinta Lingkungan menceritakan kepedulian terhadap lingkungan rumah.  Apakah kamu sudah  bisa  menyanyikan lagiu tersebut sesuai intervalnya? Perhatikan penggalan lagu  Aku Cinta Lingkungan berikut.

Ayo Membaca

Bentuk  Kepedulian Remaja  terhadap Lingkungan

Masa remaja adalah masa penyesuaian dari  masa awal anak-anak hingga masa awal dewasa. Masa remaja awal kira-kira masuk pada usia 10  hingga 12 tahun. Masa remaja  berakhir kira-kira pada  usia 18  hingga 22  tahun. Pada perkembangan ini, pencapaian kemandirian dan identitas anak sangat menonjol. Bagaimana menumbuhkan kepedulian remaja pada lingkungan?

Salah satu langkah yang  bisa ditempuh supaya para remaja peduli lingkungan adalah dengan meningkatkan kepedulian terhadap  lingkungan. Sebagai contoh, melalui kegiatan  pencinta  alam.  Kegiatan  pencinta alam dapat meningkatkan kepedulian remaja terhadap lingkungan alam. Kecintaan remaja  terhadap  lingkungan alam  tercermin pada  sikap peduli terhadap lingkungan. Kegiatan pecinta alam untuk menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan di antaranya seperti berikut.
  1. Kegiatan reboisasi di lahan gundul.
  2. Pengadaan tempat pembuangan sampah secara bersama-sama.
  3. Penanaman pohon di sekitar pekarangan rumah.
  4. Berhemat air dalam kegiatan sehari-hari.

Dengan demikian, generasi muda kita  dapat menjadi generasi muda yang cinta alam dan tumbuh menjadi pemimpin yang  berwawasan lingkungan.

Dengan adanya kesadaran para remaja akan pentingnya penghijauan kembali, kelestarian hutan dan alam sekitar akan terjaga. Hutan-hutan di Indonesia terlihat hijau. Pinggir-pinggir jalan raya akan terdapat banyak pohon dan asri.  Udara di  sekitar lingkungan pun  menjadi sejuk. Kesadaran remaja akan lingkungan biasanya diawali dari  lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat sekitar.

Kepedulian remaja terhadap lingkungan sangat penting dalam menjaga kelestarian lingkungan. Coba perhatikan mengenai kondisi bumi saat ini. Terjadinya  pemanasan  global (global warming) dapat  berdampak terhadap perubahan iklim/cuaca yang  semakin ekstrim. Pola curah hujan berubah-ubah tanpa dapat diprediksi sehingga menyebabkan banjir di  satu tempat, tetapi kekeringan di  tempat yang  lain.  Topan dan badai tropis akan bermunculan dengan kecenderungan semakin lama semakin kuat. Selain itu,  dampak dari pemanasan global akan mengancam ketersediaan air  bersih sulit  ditemukan. Oleh  karena itu,  partisipasi remaja untuk peduli dengan  lingkungan hidup sangat diharapkan.   Para remaja dapat mengajak masyarakat untuk sadar akan menjaga lingkungan hidup.  Dengan demikian pemanasan  global dan dampaknya terhadap masyarakat bisa dihindari. Para remaja menjadi motor penggerak pembangunan bangsa. Kepedulian  remaja terhadap  lingkungan akan berpengaruh positif bagi masyarakat untuk peduli lingkungan.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 4 Halaman 25

Ayo Berlatih

Apa judul yang tepat untuk bacaan di atas? Coba temukan kata kunci pada judul teks! Lalu tuliskan kata kunci tersebut ke dalam kolom di bawah ini. Tuliskan juga informasi yang  terdapat pada teks berdasarkan kata kunci  yang kamu temukan.

Kata Kunci
  1. Kepedulian Remaja
  2. Bentuk Kepedulian Linkungan
Perkiraan Informasi Yang Dapat Dalam TeksBerdasarkan Kata Kunci
  1. Bacaan berisi tentang kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh remaja
  2. Bacaan berisi tentang kegiatan untuk menjaga lingkungan

Masa remaja adalah masa memasuki pubertas. Berapa usiamu saat ini? Apakah usiamu sudah masuk masa remaja? Apakah kamu sudah mengalami pubertas?
Masa pubertas terjadi pada anak laki-laki dan juga anak perempuan. Ingatkah kamu
ciri-ciri pubertas pada anak laki-laki?

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 4 Halaman 26

Ayo Mengamati

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Subtema 1 Masyarakat Peduli Lingkungan Pembelajaran 4 Halaman 21 25 26 27

Amatilah gambar di atas. Gambar manakah yang menunjukkan masa remaja? Berdasarkan gambar di atas, ingat kembali ciri-ciri pubertas pada anak laki-laki. Kemudian,  tuliskan pada kolom  berikut.

Ciri-ciri Pubertas pada anak laki-laki :
  • Badan bertambah tinggi
  • Jakun mulai tumbuh
  • Bahu bertambah lebar
  • Tumbuh bulu di daerah tertentu

Sama halnya dengan anak laki-laki, anak perempuan pun   juga mengalami masa puber. Pubertas pada anak perempuan umumnya terjadi lebih  dahulu daripada anak laki-laki. Pubertas anak perempuan  pada  umumnya terjadi antara usia 10-15 tahun. Bagaimana ciri-ciri pubertas pada anak perempuan dilihat dari  fisiknya?

Ayo Berdiskusi

Bentuklah kelompok terdiri atas lima  anak. Kemudian,  diskusikan mengenai ciri-ciri pubertas pada anak perempuan. Tuliskan  hasil diskusi pada  kolom berikut.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 4 Halaman 27

Ciri Fisik Pubertas Pada Anak Perempuan
  • Bertambahnya berat dan tinggi badan
  • Tumbuh rambut di area tertentu
  • Perubahan bentuk tubuh
  • Perubahan bentuk payudara
  • Menstruasi pertama (menarche)

Demikianlah hasil dari pembahasan soal tematik mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 4 Halaman 21, 25, 26, 27. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian serta juga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Terimakasih, Salam Pintar ☺

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 4 Halaman 21, 25, 26, 27."

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel