Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 5 Halaman 29, 32, 33, 34, 35.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 5 Halaman 29, 32, 33, 34, 35 - Pembelajaran 5 Tema 6 Kelas 6 Menuju Masyarakat Sejahtera Subtema 1 yang materi dan kunci jawaban tematik mengenai Masyarakat Peduli Lingkungan tepatnya terdapat pada halaman 29, 32, 33, 34, 35.

Buku Tematik Siswa yang digunakan sebagai sumber pembelajaran di kelas 6 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (k13) Cetakan ke-2 Revisi 2018.

Dalam Materi Pembelajaran 5 Subtema 1 Masyarakat Peduli Lingkungan terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan oleh siswa secara mandiri, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kunci jawaban tematik kelas 6 tema 6 pada halaman 29, 32, 33, 34, 35, setiap soal tematik yang ada pada buku siswa tematik  terpadu kurikulum 2013 (K13) kelas 6 ini. 

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa dapat diharapkan membantu guru dan siswa khusus nya kelas 6 SD supaya dapat menemukan jawaban alternatif dari soal tematik, berikut ini kami bagikan alternatif Kunci Jawaban soal Tematik kelas 6 tema 6 subtema 1 pembelajaran 5 yang terdapat pada halaman 29, 32, 33, 34, 35.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Pembelajaran 5 Subtema 1 Masyarakat Peduli Lingkungan Halaman 29, 32, 33, 34, 35.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Subtema 1 Masyarakat Peduli Lingkungan Pembelajaran 6 Halaman 36 37 38 40 41 43

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 5 Halaman 29

Ayo Menulis

Apakah yang  dimaksud dengan poster? Coba  tuliskan pengetahuanmu tentang poster pada kolom  berikut!

Poster adalah suatu media yang terdiri dari tulisan dan gambar untuk menyampaikan suatu informasi tertentu. Poster biasanya ditempel pada dinding bangunan.

Ayo Berdiskusi

Perhatikan kembali gambar poster tersebut. Untuk membuat poster, terdapat berbagai unsur yang harus diperhatikan. Berikut unsur-unsur yang harus diperhatikan dalam pembuatan poster.

1. Judul

Judul poster harus  singkat, padat, dan  jelas. Judul poster juga  harus mencakup keseluruhan isi poster. Selain itu, perhatikan juga ukuran huruf yang   digunakan dalam membuat  poster. Judul   poster sebaiknya dapat terbaca dari  jarak sekitar 2 meter. Contoh judul  poster yang  dapat dibuat adalah Cara Menyikapi Ciri-ciri  Pubertas.

2. Informasi (Isi)

Isi  poster  berisi penjelasan  tentang judul poster.  Isi poster sebaiknya dibuat dalam bentuk poin-poin sehingga lebih  efektif dan efisien. Ukuran huruf yang  digunakan dalam isi poster juga harus diperhatikan. Isi poster sebaiknya dapat terbaca dari  jarak sekitar 1 meter. Contoh isi poster yang dapat  dibuat berdasarkan judul   di  atas yaitu   pengertian  pubertas, ciri kelamin sekunder pada pubertas, dan cara menyikapi ciri-ciri pubertas.

3. Gambar

Gambar membuat poster menjadi lebih  menarik. Selain itu,  gambar juga memperjelas isi poster. Carilah atau buatlah gambar yang  sesuai dengan judul  poster. Hal tersebut bertujuan agar gambar poster sesuai dan dapat memperjelas isi poster.

4. Sumber (Daftar Pustaka)

Informasi dan gambar yang digunakan dalam pembuatan poster dapat berasal dari berbagai sumber. Sumber-sumber tersebut dapat berasal dari buku  atau internet. Pada bagian sumber (daftar pustaka) ini, cantumkanlah sumber-sumber pustaka dari  isi dan gambar yang  digunakan dalam poster. Contoh penulisan daftar pustaka dari   buku   dengan satu orang penulis sebagai berikut.

Nama penulis. Tahun. Nama buku. Kota penerbit: Nama penerbit.

Nama penulis ditulis nama belakangnya terlebih dahulu, lalu diikuti tanda koma dan nama depan penulis. Judul  buku  ditulis miring (italic).

Kamu sudah mengetahui unsur-unsur poster. Kemudian, bentuklah kelompok yang terdiri atas  empat  anak. Diskusikan bersama kelompokmu tentang kerangka (perencanaan) poster dengan tema pubertas. Kamu  dapat mengembangkan tema tersebut untuk dibuat judul.  Contohnya tentang tanda- tanda pubertas, cara mengatasi permasalahan pubertas dari  sisi  kesehatan, serta cara mengatasi atau permasalahan pubertas dari  sisi perilaku atau sikap. Tulislah juga nama-nama anggota kelompokmu dalam kerangka (perencanaan) poster tersebut. Tuliskan  perencanaan  kelompokmu pada  selembar kertas. Kemudian, kumpulkan pada gurumu.

Jika  kamu telah  memasuki masa  pubertas, isilah masa-masa  itu   dengan kegiatan yang  positif. Apa  kegiatan positif yang  dapat kamu lakukan? Kamu bisa melakukan kegiatan rutin berolahraga untuk menjaga kesehatan, kamu bisa melakukan kegiatan rutin membaca buku  untuk menambah pengetahuan, dan masih banyak kegiatan lain yang  bisa kamu lakukan. Pada masa purbetas hendaknya juga isi  hari-harimu dengan sikap-sikap positif, sebagai contoh, peduli lingkungan. Peduli lingkungan tidak tidak hanya dilakukan oleh  orang dewasa atau orang tua. Peduli lingkungan bisa dan harus dilakukan oleh semua lapisan masyarakat. Bacalah bacaan berikut, semoga mengispirasi dirimu.

Ayo Membaca

Jadi Aktivis Peduli  Lingkungan, Bocah  Ini Kumpulkan 650 Kg Koran Bekas

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Subtema 1 Masyarakat Peduli Lingkungan Pembelajaran 6 Halaman 36 37 38 40 41 43

Peduli dengan lingkungan bisa dilakukan siapa saja, tidak terkecuali anak-anak. Seperti yang dilakukan Flavian Abe Sam, bocah 11  tahun di  Abu  Dhabi yang telah   mengumpulkan  lebih    dari 650 kilogram koran  bekas  dan 60 telepon genggam  tak   terpakai untuk didaur ulang. “Kita semua harus melakukan apa yang  kita bisa  untuk menjaga lingkungan. Sebuah perbuatan kecil  bisa berdampak besar,” ujar  bocah yang  masih duduk di bangku kelas 6 sekolah dasar itu.

Apa yang  dilakukan Sam itu sebagai bagian dari  gerakan daur ulang yang diprakarsai Kelompok Lingkungan Emirat (EEG)  dalam  kampanye  ‘Recycle, Reforest,  Repeat’.  Sam   yang   tercatat  sebagai  siswa di  Sekolah  Dasar  Al Wathba  di Abu Dhabi, memulai keikutsertaannya dalam gerakan itu  dengan menyumbang 450 kg  koran bekas. Kemudian kembali lagi  dengan  200 kg koran bekas lainnya.

Sam, dikutip dari Gulfnews, mulai tertarik pada gerakan lingkungan di usia enam tahun saat dirinya mengikuti kegiatan serupa di sekolah. Setelahnya, Sam mulai kerap mengikuti kampanye lingkungan seperti mengumpulkan kertas dan kaleng bekas, serta penghijauan. Sam  bahkan mendatangi sejumlah toko elektronik untuk mengumpulkan telepon  genggam tak  terpakai. ”Aku pernah membaca tentang telepon genggam bekas yang  harus dibuang secara khusus karena mengandung racun,” ujarnya.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 5 Halaman 33 & 34

Ayo Berlatih

Jawablah pertanyaan-pertanyaan  berikut. Tuliskan pada kolom yang telah tersedia!

1. Apa judul  bacaan di atas?

Jadi Aktivis Peduli Lingkungan, Bocah Ini Kumpulkan 650 Kg Koran Bekas.

2. Apa kata kunci  pada judul  bacaan di atas? Sebutkan dua kata kunci  pada judul  bacaan di atas!

Aktivitas Lingkungan

3. Apa informasi dari  bacaan berdasarkan kata kunci?

Flavian Abe Sam merupakan anak yang peduli terhadap lingkungan. Ia mengumpulkan dan mendaur ulang lebih dari 650 kg koran dan 60 telepon genggam tak terpakai. 

4. Apakah isi bacaan dalam teks sama dengan isi informasi sesuai kata kunci berdasarkan perkiraanmu?

Sama

Demikianlah hasil dari pembahasan soal tematik mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 5 Halaman 29, 32, 33, 34, 35. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian serta juga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Terimakasih, Salam Pintar ☺

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 5 Halaman 29, 32, 33, 34, 35."

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel