Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 3, 5, 6.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 3, 5, 6 - Pembelajaran 1 Tema 6 Kelas 6 Menuju Masyarakat Sejahtera Subtema 1 yang materi dan kunci jawaban tematik mengenai Masyarakat Peduli Lingkungan tepatnya terdapat pada halaman 3, 5, 6.

Buku Tematik Siswa yang digunakan sebagai sumber pembelajaran di kelas 6 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (k13) Cetakan ke-2 Revisi 2018.

Dalam Materi Pembelajaran 1 Subtema 1 Masyarakat Peduli Lingkungan terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan oleh siswa secara mandiri, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kunci jawaban tematik kelas 6 tema 6 pada halaman 3, 5, 6, setiap soal tematik yang ada pada buku siswa tematik  terpadu kurikulum 2013 (K13) kelas 6 ini. 

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa dapat diharapkan membantu guru dan siswa khusus nya kelas 6 SD supaya dapat menemukan jawaban alternatif dari soal tematik, berikut ini kami bagikan alternatif Kunci Jawaban soal Tematik kelas 6 tema 6 subtema 1 pembelajaran 1 yang terdapat pada halaman 3, 5, 6.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Pembelajaran 1 Subtema 1 Masyarakat Peduli Lingkungan Halaman 3, 5, 6.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Subtema 1 Masyarakat Peduli Lingkungan Pembelajaran 1 Halaman 3 5 6

Apakah kamu  telah  mengalami  masa  puber?  Bagaimana  kepedulianmu terhadap lingkungan saat mengalami masa puber? Sebelum mengalami masa puber hingga telah mengalami masa puber tentu kamu sudah peduli dengan lingkungan.

Kamu adalah bagian dari masyarakat.  Banyak kegiatan  yang   dapat kamu lakukan untuk peduli terhadap  lingkungan. Kegiatan berkaitan dengan kepedulian terhadap lingkungan merupakan bentuk pelaksanaan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam mengisi kemerdekaan. Mari,  berkegiatan dan belajar melalui subtema Masyarakat Peduli Lingkungan ini.

Ayo Mengamati

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Subtema 1 Masyarakat Peduli Lingkungan Pembelajaran 1 Halaman 3 5 6

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran Halaman 3

Ayo Berdiskusi

Bentuklah  kelompok  yang   terdiri atas  lima   anak.  Kemudian,  diskusikan pertanyaan berikut!

1.   Apa saja kegiatan masyarakat yang  ditunjukkan pada gambar di atas?

Jawaban:
Kegiatan masyarakat yang ditunjukkan pada gambar adalah kerja bakti membersihkan lingkungan sekitar, menanam pohon, antre untuk membayar pajak, dan melaksanakan kegiatan ronda malam.


2.   Mengapa warga masyarakat melakukan kegiatan seperti pada gambar?

Jawaban:
Warga masyarakat melakukan kerja bhakti, menanam pohon, membayar pajak, dan siskamling karena semua kegiatan itu merupakan kewajiban masyarakat untuk melaksanakan kewajiban sebagai warga negara.


3.   Apa  saja kewajibanmu sebagai warga negara dalam kehidupan sehari- hari?

Jawaban:
Kewajibanku sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari antara lain 
  • Kewajiban untuk menaati peraturan, 
  • Kewajiban untuk menghargai orang lain, 
  • Kewujudkan dan memelihara ketertiban, keamanan, keindahan dan kebersihan.


4.   Bagaimana cara menunjukkan kepedulianmu terhadap lingkungan?

Jawaban:
Cara menunjukkan kepedulian lingkungan adalah dengan cara:
  • Membuang sampah pada tempatnya
  • Membersihkan lingkungan, dan menyirami tumbuh-tumbuhan yang ada di rumah, 
  • Melakukan reboisasi
  • Menjaga dan melestarikan tanaman yang dilindungi dan lain-lain.

Sebagai  warga  negara  Indonesia  yang   baik   kita   harus  peduli  terhadap lingkungan.  Misalnya, ikut  membantu membersihkan lingkungan, menjaga keamanan  lingkungan, dan  mematuhi peraturan  yang   ada di  lingkungan. Apakah kamu sudah mematuhi peraturan yang  ada di lingkungan sekolahmu? Kamu  hendaknya selalu mematuhi peraturan yang  ada di lingkungan sekolah seperti memakai seragam sekolah sesuai ketentuan, tiba di sekolah sebelum bel tanda masuk berbunyi, menjaga ketenangan dan ketertiban di lingkungan sekolah, serta membuang sampah di tempat sampah.

Kegiatan  tersebut merupakan bentuk pelaksanaan kewajiban siswa sebagai warga masyarakat dalam mengisi kemerdekaan dengan  kegiatan-kegiatan yang  positif. Bangsa Indonesia telah merdeka sejak tahun 1945. Kemerdekaan bangsa  Indonesia diperoleh dengan  perjuangan penuh pengorbanan. Oleh karena itu, kemerdekaan bagi bangsa Indonesia merupakan sesuatu yang tidak ternilai harganya, sehingga untuk meraihnya, bangsa Indonesia harus berjuang dengan penuh pengorbanan. Bagaimana kamu memaknai kemerdekan bangsa ini?

Ayo Membaca

Makna Proklamasi bagi  Bangsa Indonesia

Proklamasi berasal  dari   kata “proclamatio”,  (dari bahasa  Yunani),  yang memiliki arti  ‘pengumuman resmi kepada seluruh rakyat’. Pengumuman yang dimaksud adalah pengumuman yang  berhubungan dengan ketatanegaraan.

Setiap bangsa  pasti  menginginkan kemerdekaan karena kemerdekaan merupakan cita-cita dan tujuan yang  ingin dicapai. Begitu juga dengan bangsa Indonesia. Bangsa Indonesia pernah mengalami masa penjajahan cukup lama dan membuat rakyatnya menderita. Karena alasan itulah bangsa Indonesia bekerja sama, bahu membahu dengan sekuat tenaga berjuang untuk memperoleh kemerdekaannya.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Subtema 1 Masyarakat Peduli Lingkungan Pembelajaran 1 Halaman 3 5 6

Perjuangan bangsa Indonesia terwujud secara resmi setelah Soekarno-Hatta, atas nama bangsa Indonesia memproklamasikan ke- merdekaan  Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.
 
Proklamasi kemerdekaan yang dikumandangkan Soekarno-Hatta memiliki makna  bahwa  bangsa Indonesia telah merdeka dan 

berdaulat, sehingga wajib dihormati oleh negara-negara lain. Indonesia menjadi bangsa dan negara yang  memiliki kedudukan yang  sama dan sederajat serta memiliki hak  dan kewajiban yang  sama dengan negara-negara lain yang  sudah merdeka dalam hubungan internasional.

Proklamasi kemerdekaan  juga  memiliki makna  yang   lain,   di  antaranya sebagai berikut.

a.   Proklamasi sebagai puncak perjuangan bangsa Indonesia.

b.   Proklamasi sebagai awal terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

c.   Proklamasi kemerdekaan  sebagai  titik  tolak   perubahan  hukum kolonial
menjadi hukum nasional.

d.   Proklamasi menjadi  pintu  gerbang  menuju  masyarakat  yang   adil   dan makmur.

Kemerdekaan merupakan cita-cita dan tujuan yang  ingin dicapai oleh  setiap bangsa di  dunia, begitu juga dengan  bangsa  Indonesia. Bangsa Indonesia telah mengambil sikap untuk menentukan nasib sendiri dalam segala aspek kehidupan.  Bangsa  Indonesia  memiliki kewajiban  untuk mempertahankan kemerdekaan  dan  mengisi  kemerdekaan  yang   telah  diraih, dengan  cara meningkatkan taraf kehidupan bangsanya, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut  melaksanakan ketertiban dunia. Proklamasi kemerdekaan dapat dijadikan jembatan emas bagi bangsa Indonesia menuju masyarakat yang  sejahtera, adil, dan makmur.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran Halaman 5

Ayo Berlatih

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan lisan!

1.   Apa judul  teks pada bacaan di atas?
Judul teks pada bacaan di atas adalah Makna Proklamasi bagi Bangsa Indonesia.


2.   Apa kata kunci  pada judul  bacaan di atas?
Kata kunci pada bacaan di atas adalah Makna Proklamasi


3.   Informasi apa yang  diperoleh dari  bacaan berdasarkan kata kunci?
Berdasarkan kata kunci "Makna Proklamasi" informasi yang diperoleh adalah proklamasi kemerdekaan dapat dijadikan sarana untuk menuju masyarakat yang sejahtera, adil, dan makmur.


4.   Apa yang  dapat kamu lakukan sebagai warga masyarakat dalam memaknai kemerdekaan?
Sebagai warga negara saya memaknail kemerdekaan dengan  belajar dengan giat, mengikuti berbagai perlombaan, dan menjaga persatuan dan kesatuan dengan tidak melakukan perbuatan-perbuatan yang merugikan masyarakat, belajar lebih tekun untuk memajukan bangsa, peduli terhadap lingkungan, dan menjaga kerukunan agar keutuhan NKRI terjaga.

Setiap judul  teks memiliki kata-kata penting yang  mencerminka informasi dari   dalam teks. Kata-kata penting pada  judul   da menjadi  pemandu  bagi  pembaca  untuk  menebak  isi   pokok   atau informasi  yang    terdapat   dalam  teks.  Dengan  demikian,  sebelum membaca teks secara keseluruhan kita  dapat menebak kira-kira apa isi teks dengan cara menemukan kata penting pada judul  teks. Kata-kata penting dapat disebut kata kunci.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran Halaman 6

Ayo Renungkan

Apa yang sudah kamu pelajari pada pembelajaran kali  ini?
Yang dipelejarai pada pembelajaran pada kali ini belajar peduli pada lingkungan sekitar, makna dari proklamasi kemerdekaan RI dan menentukan kata kunci pada bacaan.

Apakah kamu merasa kesulitan?
Saya tidak meras kesulitan

Demikianlah hasil dari pembahasan soal tematik mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 3, 5, 6. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian serta juga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Terimakasih, Salam Pintar ☺

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 3, 5, 6."

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel