Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 6 Halaman 36, 37, 38, 40, 41, 43.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 6 Halaman 36, 37, 38, 40, 41, 43 - Pembelajaran 6 Tema 6 Kelas 6 Menuju Masyarakat Sejahtera Subtema 1 yang materi dan kunci jawaban tematik mengenai Masyarakat Peduli Lingkungan tepatnya terdapat pada halaman 36, 37, 38, 40, 41, 43.

Buku Tematik Siswa yang digunakan sebagai sumber pembelajaran di kelas 6 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (k13) Cetakan ke-2 Revisi 2018.

Dalam Materi Pembelajaran 6 Subtema 1 Masyarakat Peduli Lingkungan terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan oleh siswa secara mandiri, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kunci jawaban tematik kelas 6 tema 6 pada halaman 36, 37, 38, 40, 41, 43, setiap soal tematik yang ada pada buku siswa tematik  terpadu kurikulum 2013 (K13) kelas 6 ini. 

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa dapat diharapkan membantu guru dan siswa khusus nya kelas 6 SD supaya dapat menemukan jawaban alternatif dari soal tematik, berikut ini kami bagikan alternatif Kunci Jawaban soal Tematik kelas 6 tema 6 subtema 1 pembelajaran 6 yang terdapat pada halaman 36, 37, 38, 40, 41, 43.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Pembelajaran 6 Subtema 1 Masyarakat Peduli Lingkungan Halaman 36, 37, 38, 40, 41, 43.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Subtema 1 Masyarakat Peduli Lingkungan Pembelajaran 6 Halaman 36 37 38 40 41 43

Ayo Mencoba

Bagaimanakah kamu menjalankan kewajiban, baik di lingkungan rumah, sekolah, masyarakat serta lingkungan bangsa dan negara? Coba  ceritakan di depan teman-temanmu.

Ayo Berlatih

Tuliskan hal-hal berikut.

1. Contoh kewajiban di rumah yang sudah kamu laksanakan.

Kewajiban yang sudah saya laksanakan ialah, Membantu orang tua, membersihkan lingkungan sekitar rumah, melaksanakan kewajiban perintah agama.

2. Manfaat yang kamu peroleh dengan melaksanakan kewajiban secara bertanggung jawab.

Alternatif Jawaban
  • Mempermudah/memperlancar kegiatan sehari-hari
  • Mendapat kepercayaan orang tua dan saudara
  • Mendapat kepuasan pribadi karena mampu melaksanakan

3. Hal-hal yang perlu diperbaiki dalam melaksanakan kewajiban.

Alternatif Jawaban
  • Harus lebih rutin dan berkelanjutan
  • Harus lebih ikhlas tanpa paksaan
  • Harus lebih bersemangat

Tuliskan pada selembar kertas. Kemudian, ceritakanlah di depan teman-temanmu.

Setiap keluarga mempunyai peraturan yang dibuat secara bersama-sama oleh anggota keluarga dengan dipimpin kepala keluarga (ayah). Peraturan dalam keluarga mengikat semua anggota keluarga untuk melaksanakannya secara bertanggung  jawab.  Dengan  adanya  kesadaran  setiap  anggota  keluarga dalam melaksanakan kewajiban akan tercipta ketertiban, ketenangan, dan keharmonisan dalam keluarga.

Kamu telah mengenal banyak kewajiban, baik kewajiban sebagai anggota keluarga, warga sekolah, maupun sebagai warga negara Indonesia. Selain itu, kamu mempunyai  kewajiban  terhadap   diri   sendiri  dan  lingkungan. Contoh kewajiban terhadap  diri  sendiri adalah menjaga kesehatan dengan memperhatikan pola   makan sehat. Cermati bacaan dengan judul  “Bahaya Jajanan tidak sehat di Sekitar Sekolah”. Sebelum mencermati bacaan lakukan kegiatan berikut.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 6 Halaman 37

Ayo Berlatih

Ada bacaan dengan judul “Bahaya Jajanan tidak Sehat di Sekitar Sekolah”. Coba temukan kata kunci pada judul tersebut. Lalu tuliskan kata kunci tersebut ke dalam kolom  di bawah ini. Tuliskan juga perkiraan informasi yang  terdapat pada teks berdasarkan kata kunci  yang  kamu temukan.

Kata Kunci
1. Bahaya memakan jajanan tidak sehat di sekitar sekolah
2. Bahaya jajanan anak sekolah yang tidak sehat

Perkiraan Informasi yang terdapat dalam Teks Berdasarkan kata kunci
  1. Dalam 5 tahun terakhir Badan POM (Pengawas Obat dan Makanan), menunjukkan banyak  jajanan anak sekolah yang tidak sehat berkisar 40-44%. Siswa cenderung lebih tertarik dengan makanan berwarna cerah yang berbahaya.
  2. Jajanan berbahaya mengandung Rhodamin, Formalin, Boraks dan pemanis buatan. Rhodamin adalah zat pewarna tekstil/kain. Formalin adalah zat pengawet jenazah. Boraks adalah bahan untuk campuran deterjen.

Ayo Membaca

Bahaya Jajanan tidak Sehat di Sekitar Sekolah

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Subtema 1 Masyarakat Peduli Lingkungan Pembelajaran 6 Halaman 36 37 38 40 41 43

Terik matahari seakan membakar siang. Sekelompok siswa SD berhamburan keluar dari sekolah. Di depan sekolah, berbagai jenis jajanan sudah berjajar menanti pelanggan ciliknya.  Panasnya   siang   membuat    para siswa tak   segan  merogoh uang  di  sakunya untuk membeli minuman dingin berwarna merah menyala. Sebagian lagi  membeli bakso bertusuk  lidi   yang    dicelup  ke   dalam  saus yang   tak  kalah merah warnanya. Anak-anak tersebut tidak sadar betapa bahaya menanti mereka. Mereka tidak paham bahwa beberapa tahun ke  depan merahnya sirup dan saus tersebut akan menggerogoti organ tubuh mereka.

Pengawasan Badan POM dalam lima  tahun terakhir menunjukkan, masih banyak jajanan anak sekolah yang   tidak sehat. Hasil  pemantauan pangan jajanan anak berkisar 40-44 persen mengandung rhodamin, formalin, boraks, serta  pemanis  buatan  dalam kadar tinggi seringkali ditemukan di  antara jajanan di  sekitar SD  (Kompas, 31  Januari   2011).  Sesungguhnya rhodamin adalah zat  pewarna tekstil, sementara formalin adalah bahan pengawet yang juga dipakai untuk mengawetkan jenazah, dan boraks adalah bahan kimia yang kerap dipakai sebagai pencampur dalam pembuatan deterjen. Bayangkan reaksi organ  tubuh  kita   ketika menerima  bahan-bahan  kimia berbahaya tersebut!

Lingkungan di sekitar sekolah patut mendapat perhatian khusus terhadap bahaya ini.  Mengapa? Siswa sekolah dasar cenderung lebih  mudah tertarik dengan makanan yang  berwarna-warni cerah. Oleh  karenanya, sangat diharapkan peran sekolah untuk menyediakan kantin yang  menjual makanan sehat. Menyikapi hal  ini BPOM menggalakkan aksi  nasional menuju makanan jajanan  anak  sekolah yang   aman,  sehat,  dan  bergizi. Komunitas  sekolah menjadi mitra yang  akan diberdayakan untuk bekerja sama menjalankan aksi ini.  Untuk itu  orang tua,  siswa, dan sekolah perlu meningkatkan kesadaran akan pentingnya makanan bergizi serta mengenal tanda-tanda makanan yang tidak aman dikonsumsi. Mari  kita  ciptakan generasi sehat melalui makanan yang  sehat!

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 6 Halaman 38

Ayo Berlatih

Setelah membaca teks di atas apakah isi bacaan sama dengan isi bacaan sesuai kata kunci berdasarkan perkiraanmu?

Isian bacaan setelah membaca teks di atas adalah susuai dengan kata kunci

Mulai  sekarang, perhatikan jajanan sekolah yang  aman, sehat, dan bergizi demi memenuhi kewajibanmu menjaga kesehatan tubuh. Akan  lebih  aman, bawalah bekal dari  rumah yang  lebih  sehat. Dengan demikian, kamu telah melaksanakan kewajiban terhadap diri sendiri.

Bagaimanakah wujud kewajibanmu terhadap lingkungan? Ikut melestarikan adat dan budaya di lingkungan tempat tinggal merupakan kewajiban setiap warga masyarakat, termasuk kamu. Apakah kamu mengenal adat dan budaya di lingkunganmu? Banyak bentuk adat dan budaya bangsa Indonesia, seperti alat musik daerah dan lagu-lagu daerah. Dapatkah kamu menyanyikan lagu- lagu  daerah yang  ada di daerah tempat tinggalmu? Amatilah berbagai gambar permainan alat musik daerah berikut. Kemudian, nyanyikan satu lagu  daerah.

Ayo Mengamati

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Subtema 1 Masyarakat Peduli Lingkungan Pembelajaran 6 Halaman 36 37 38 40 41 43

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 6 Halaman 40

Apa musik yang dimainkan pada gambar di atas? Dari daerah manakah alat musik tersebut? Tuliskan pada kolom  berikut.

  1. Angklung berasal dari Provinsi Jawa Barat
  2. Gamelan Bali berasal dari Provinsi Bali
  3. Tifa berasal dari Provinsi Papua
  4. Gordang Sambilan berasal dari Sumatera Utara

Ayo Bernyanyi

Nyanyikan lagu daerah berikut!

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Subtema 1 Masyarakat Peduli Lingkungan Pembelajaran 6 Halaman 36 37 38 40 41 43

Ayo Berlatih

  1. Nyanyikan nada do sampai dengan do tinggi (do`) naik dan turun. Ucapkan nada secara berulang-ulang. Sambil bernyanyi dengarkan suaramu agar interval nada tepat.
  2. Nyanyikan lagu di atas. Sebelum menyanyikan syair  lagu, terlebih dahulu baca dan nyanyikan dengan solmisasi.
  3. Bagaimana interval pada lagu di atas? Banyakkah nada-nada yang  sama berturut-turut? Ungkapkan pendapatmu.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 6 Halaman 41

Ayo Mengamati

Amati isi lagu di atas berdasarkan syairnya. Tanyakan kepada orang yang kamu anggap tahu. Kamu juga bisa meminta orang dewasa untuk mencari isi lagu di atas melalui media internet. Kemudian tuliskan dalam kolom  berikut.

Lagu Mariam Tomong berisi lirik yang menggambarkan kasih sayang seorang ibu yang berusaha menidurkan anaknya, berharap anaknya bermimpi indah. Dalam lirik lagu ini juga terdapat harapan-harapan sang ibu terhadap anaknya kelak.

Demikianlah hasil dari pembahasan soal tematik mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 6 Halaman 36, 37, 38, 40, 41, 43. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian serta juga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Terimakasih, Salam Pintar ☺

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 6 Halaman 36, 37, 38, 40, 41, 43."

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel