Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 1 Halaman 47, 48, 49, 50, 51.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 1 Halaman 47, 48, 49, 50, 51 – Kunci Jawaban Pembelajaran 2 Tema 6 Kelas 6 Menuju Masyarakat Sejahtera Subtema 2 yang materi dan kunci jawaban tematik mengenai Membangun Masyarakat Sejahtera tepatnya terdapat pada halaman 3, 5, 6.

Buku Tematik Siswa yang digunakan sebagai sumber pembelajaran di kelas 6 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (k13) Cetakan ke-2 Revisi 2018.

Dalam Materi Pembelajaran 1 Subtema 2 Membangun Masyarakat Sejahtera terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan oleh siswa secara mandiri, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kunci jawaban tematik kelas 6 tema 6 pada halaman 47, 48, 49, 50, 51, setiap soal tematik yang ada pada buku siswa tematik  terpadu kurikulum 2013 (K13) kelas 6 ini akan kami sajikan alternatif Kunci Jawaban sebaik mungkin. 

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa dapat diharapkan membantu guru dan siswa khusus nya kelas 6 SD supaya dapat menemukan jawaban alternatif dari soal tematik, berikut ini kami bagikan alternatif Kunci Jawaban soal Tematik kelas 6 tema 6 subtema 2 pembelajaran 1 yang terdapat pada halaman 47, 48, 49, 50, 51.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Pembelajaran 1 Subtema 2 Membangun Masyarakat Sejahtera Halaman 47, 48, 49, 50, 51.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Subtema 2 Masyarakat Peduli Lingkungan Pembelajaran 1 Halaman 47 48 49 50 51

Melalui pelatihan membatik, ibu-ibu PKK di tempat tinggal Siti telah mendapatkan haknya sebagai warga negara Indonesia, baik hak mendapatkan pendidikan, mendapatkan pekerjaan, maupun penghidupan yang layak. Apakah sebenarnya hak itu?

Ayo Membaca

Hak sebagai Warga Negara Indonesia

Hak adalah sesuatu yang  mutlak menjadi milik  seseorang atau sesuatu yang  seharusnya diterima seseorang. Hak warga negara Indonesia ditentukan dalam pasal-pasal  Undang-Undang  Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Berdasarkan ketentuan dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 hak  warga negara Indonesia banyak bentuknya. Berikut beberapa bentuk hak  warga negara Indonesia.

Setiap warga negara Indonesia berhak mendapatkan perlindungan hukum. Hak ini dapat diperoleh warga negara Indonesia salah satunya dalam bentuk perlindungan hukum saat menjadi saksi dalam perkara hukum. Perlindungan hukum juga bisa diberikan atas hak  kekayaan intelektual seseorang seperti hak  cipta. sebagai contoh, hak  cipta dalam penerbitan buku. Biasanya yang diberikan hak  cipta atas isi buku  adalah penulis atau penerbit.

Selain itu, setiap warga negara Indonesia berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak. Hak ini seperti yang telah diperoleh ibu-ibu PKK di tempat tinggal Siti melalui pelatihan membatik. Melalui pelatihan membatik diharapkan masyarakat khususnya ibu-ibu PKK bisa menciptakan lapangan pekerjaan demi meningkatkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Subtema 2 Masyarakat Peduli Lingkungan Pembelajaran 1 Halaman 47 48 49 50 51

Satu lagi  hak  warga negara yang  tidak kalah pentingnya untuk mencapai tujuan nasional Indonesia yaitu  hak  memperoleh pendidikan dan pengajaran. Pemenuhan hak  warga negara Indonesia ini dapat mencerdaskan kehidupan bangsa yang  merupakan salah satu tujuan nasional Indonesia.

Masih banyak hak  warga negara Indonesia lainnya yang  ditetapkan dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Beberapa di ntaranya adalah memiliki kedudukan yang sama di mata hukum dan di dalam pemerintahan, kebebasan memilih dan memeluk serta menjalankan agama dan kepercayaan yang  diyakini, mempertahankan  wilayah Negara Kesatuan Indonesia dari  serangan musuh, serta kebebasan berserikat, berkumpul, dan mengeluarkan pendapat  secara  lisan dan  tulisan sesuai  undang-undang yang  berlaku. Penuhilah hakmu secara seimbang dengan cara melaksanakan ewajiban sebagai warga negara Indonesia.

Ayo Berlatih

Teks yang  telah disajikan di atas merupakan jenis teks nonfiksi yaitu  teks atau tulisan yang dibuat berdasarkan fakta, realita, atau hal-hal yang  benar- benar terjadi. Teks  nonfiksi tersebut terdiri atas  lima   paragraf yang   setiap paragrafnya terdapat gagasan utama. Gagasan utama adalah suatu gagasan (ide) yang  sedang dibicarakan atau dibahas dalam sebuah paragraf. Gagasan utama disebut juga gagasan pokok,  pikiran utama, pokok  pembicaraan, atau pokok  pikiran.

Dalam setiap  paragraf terdapat gagasan  utama, baik tertulis maupun tersirat. Gagasan utama dapat kamu kenali dengan dua cara. Pertama, membaca teks dengan  cermat, kemudian menjawab pertanyaan apa  yang sedang dibahas pada teks tersebut? Kedua, menemukan kalimat utama pada setiap  paragraf,  kemudian menarik kesimpulan gagasan-gagasan  utama setiap paragraf dan menyimpulkan gagasan utama teks. Kalimat utama adalah kalimat yang  bersifat umum dan mengandung gagasan utama.

Bacalah kembali dengan cermat teks nonfiksi yang telah disajikan di depan. Kemudian tentukan kalimat utama dan gagasan utama masing-masing paragraf. Sampaikan secara lisan di depan teman-teman kalimat utama dan gagasan  utama  tersebut. Buatlah rangkuman dari   yang   disampaikan  oleh teman-temanmu dalam bentuk tabel seperti contoh berikut.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 1 Halama 47

Kalimat Utama
  1. Hak warga negara Indonesia banyak bentuknya
  2. Setiap warga negara Indonesia berhak mendapatkan perlindungan hukum
  3. Setiap warga negara Indonesia berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak
  4. Hak mencapai tujuan nasional Indonesia yaitu hak memperoleh pendidikan dan pengajaran
  5. Masih ada banyak hak warga negara Indonesia lainnya yang diterapkan dalam UUD 1945

Gagasan Utama
  1. Hak warga negara Indonesia
  2. Hak mendapat perlindungan hukum
  3. Hak mendapat pekerjaan dan penghidupan layak
  4. Hak memperoleh pendidikan dan pengajaran
  5. Hak warga negara ditetapkan dalam UUD 1945

Ayo Berdiskusi

Kamu telah mengetahui beberapa hak warga negara Indonesia. Hak-hak warga negara Indonesia tersebut ditetapkan dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia  Tahun 1945. Pasal-pasal berapa sajakah yang  mengatur tentang hak-hak warga negara Indonesia? Diskusikan bersama teman satu kelompokmu. Selanjutnya, tuliskan hasil diskusimu dalam bentuk tabel seperti contoh berikut.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 1 Halaman 48 & 49

Tuliskan kesimpulan tentang pasal-pasal dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang  mengatur tentang hak-hak warga negara Indonesia.

Hak-Hak Warga Negara Indonesia
  1. Mendapat perlindungan hukum
  2. Mendapat pekerjaan dan penghidupan yang ayak
  3. Ikut serta dalam upaya bela negara
  4. Kemerdekaan berserikat dan berkumpul serta mengeluarkan pikiran
  5. Kemerdekaan memeluk agama dan beribadat menurut agama dan kepercayaan masing-masing
  6. Ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara
  7. Mendapat pendidikan
  8. Bebas memelihara dan mengembangkan nilai-nilai budaya nasional
  9. Memanfaatkan sumber daya alam
  10. Fakir miskin dan anak-anak yang terlantar dipelihara oleh negara
  11. Memperoleh fasilitas pelayanan kesehatan

Ketentuan dalam UUD 1945
  1. Pasal 27 ayat 1
  2. Pasal 27 ayat 2
  3. Pasal 27 ayat 3
  4. Pasal 28E ayat 3
  5. Pasal 28E ayat 1
  6. Pasal 30 ayat 1
  7. Pasal 31 ayat 1
  8. Pasal 28C ayat 1
  9. Pasal 33 ayat 3
  10. Pasal 34 ayat 1
  11. Pasal 28H ayat 1

Tuliskan kesimpulan  tentang pasal-pasal  Undang-Undang Dasar  Negara epublik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang hak-hak warga negara ndonesia berdasarkan hasil diskusi kelompokmu!

Kesimpulan : Setiap warga negara Indonesia mempunyai hak. Hak-hak mereka tersebut dilindungi oleh Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945.

Ibu-ibu PKK di tempat tinggal Siti sudah mahir membatik. Secara swadaya dan subsidi dari pemerintah  desa, ibu-ibu PKK membuka usaha  produksi kain  batik. Akhirnya ibu-ibu PKK dapat menciptakan lapangan pekerjaan dan meningkatkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat.

Dengan membuka usaha produksi batik, berarti ibu-ibu PKK di tempat tinggal Siti telah ikut serta melestarikan warisan budaya nenek moyang kita. Mengapa demikian? Batik  adalah identitas budaya Indonesia. Bahkan sejak tahun 2009, UNESCO telah mengakui bahwa batik merupakan warisan budaya bangsa Indonesia. Batik memiliki beragam motif yang mencerminkan identitas dari tiap-tiap daerah. Oleh karena itu, batik menjadi salah satu akar budaya bangsa Indonesia yang wajib dilestarikan oleh setiap warga negara Indonesia.

Melestarikan budaya bangsa Indonesia termasuk upaya mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Negara Republik Indonesia (NKRI). Cara lainnya yang  dapat dilakukan masyarakat untuk mempertahankan kemerdekaan NKRI, misalnya dengan sikap cinta tanah  air,  membina persatuan dan kesatuan, serta rela  berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara.

Sudahkah perilakumu mencerminkan sikap cinta tanah air, membina persatuan dan kesatuan, serta rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara sebagai upaya mempertahankan kemerdekaan NKRI? Bagaimanakah contoh perilaku tersebut?

Ayo Menulis

Setiap warga negara Indonesia berhak dan wajib ikut serta dalam usaha mempertahankan kemerdekaan NKRI. Tuliskan perilaku-perilaku warga negara Indonesia yang mencerminkan sikap cinta tanah air, membina persatuan dan kesatuan, serta rela  berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara sebagai upaya mempertahankan kemerdekaan NKRI dalam bentuk tabel seperti contoh berikut.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 1 Halaman 50

Upaya Mempertahankan Kemerdekaan NKRI
  1. Cinta Tanah Air
  2. Membina persatuan dan kesatuan
  3. Rela Berkorban
Perilaku yang Mencerminkan Sikap Mempertahankan Kemerdekaan NKRI
  1. Melestarikan budaya bangsa, menjaga kelestarian lingkungan, rajin belajar
  2. Berteman dengan siapa saja, mempelajari kesenian dari daerah lain, menolong siapa saja tanpa membedakan suku
  3. Bersedia menolong dengan tenaga, pikiran dan harta

Ayo Renungkan

Untuk mengetahui seberapa jauh pemahamanmu tentang gagasan pokok pada setiap paragraf dalam teks nonfiksi, bacalah kembali teks nonfiksi berjudul Hak sebagai Warga Negara Indonesia.

Kemudian jawablah pertanyaan berikut!

1. Apakah kamu dapat menentukan kata kunci dari judul teks maupun dari isinya?

2. Apakah kamu juga dapat memperkirakan isi teks dari judul yang telah kamu baca?

3. Apakah kamu sudah dapat menentukan kalimat utama dan gagasan utama pada setiap paragraf? Tuliskan hasil renunganmu pada kolom berikut.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 1 Halaman 51

Bersama orang tuamu, amatilah kehidupan dan perilaku warga masyarakat disekitar tempat tinggalmu. Tuliskan perilaku mereka yang mencerminkan sikap mempertahankan kemerdekaan NKRI. Tuliskan pula hak-hak masyarakat sebagai warga negara Indonesia yang sudah terpenuhi.

Perilaku yang Mencerminkan Siap Mempertahankan Kemerdekaan
  1. Melaksanakan kegiatan sosial
  2. Ikut serta menjaga keamanan di sekitar tempat tinggal dan desa
  3. Memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat
  4. Mengamalkan nilai - nilai yang ada di Pancasila
  5. Menghargai sesama warga negara Indonesia yang berbeda pandangan
  6. Menggunakan produk buatan dalam negeri dan memfilter produk dari luar negeri

Hak-hak Masyarakat sebagai Warga Negara Indonesia yang Sudah Terpenuhi
  1. Hak untuk mendapatkan pekerjaan dan juga kehidupan yang layak
  2. Hak untuk mendapatkan hidup dan juga bertahan hidup
  3. Hak untuk menciptakan keluarga dan meneruskan keturunan yang berasal dari perkawinan yang sah
  4. Hak untuk melangsungkan kehidupan
  5. Hak unutk melakukan pengembangan diri dari berbagai macma bentuk kebutuhan yang ada.
  6. Hak untuk mendapatkan pendidikan dan ilmu pengetahuan serta seni dan budaya

Demikianlah hasil dari pembahasan soal tematik mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 1 Halaman 47, 48, 49, 50, 51. Semoga artikel Kunci Jawaban Tematik ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian serta juga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Terimakasih, Salam Pintar ☺

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 1 Halaman 47, 48, 49, 50, 51."

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel